Diskusi

[kulwapp] How to Make Powerfull Vision Board

How to Make Powerfull Vission Board

Resume Diskusi Sakola Bumi (Muslim Homeschooling Bandung)

10518339_10205941871568252_4949537080575452664_o

21 Pebruari 2015

🎓Narasumber:
Ara Kusuma

⌚Moderator:
Mesa Dewi

📝Notulen:
Maya Dewi

***

Selamat siang bunda 😊 nama saya Ara, sekarang saya kuliah di Singapura, ambil jurusan management with marketing.

Sejak kecil saya lebih tertarik ke gambar dibandingkan tulisan, vission board ini jadi efektif untuk saya dan membantu memvisualisasi mimpi yg saya bayangkan.

1. Vission board menggambarkan (visualize) masa depan impian kita (image of the future). Gambaran nyata tentang arah dan tujuan kita, cita2, mimpi, harapan, dll.

2. “A picture is worth a thousand words.

3. Pikiran atau otak kita dapat merespon rangsangan visual dengan sangat baik. Dengan adanya VB, kita bisa melihat tujuan atau impian kita lebih jelas. Hal ini memperkuat serta merangsang getaran energi yg mendekatkan kita dengan apa yg kita pikirkan dan fokuskan (The Law of Attraction).

4. Apakah para bunda pernah merasakan, ketika bunda ingin panci merah, bunda bayangkan panci idaman itu, merah menyala, mulus, mengkilat, dan kokoh. Ketika pergi ke toko swalayan, panci merah kelihatan paling menarik mata bunda, ketika ke rumah teman, terlihat lagi panci merah (mungkin panci itu sudah ada di rumah teman bunda jauh hari, tetapi baru kelihatan sekarang ketika bunda terus memikirkannya). Orang yg jualan panci pun akan mendekat menawarkan panci merah tsb.

5. Start with dream big! Bermimpilah setinggi2nya selagi mimpi belum dipungut pajak.

6. Visualisasikan mimpi keluarga bunda! Bunda dan keluarga bisa print foto rumah idaman, tempat yg ingin dikunjungi, atau menggunting gambar dari majalah, melukis mimpinya, dll.

7. Ingat untuk tetap fokus. Buatlah sejelas, sesimpel, dan semenarik mungkin.

8. Buat juga tangga perubahan. Cantumkan kapan mimpi itu akan dicapai, breakdown dalam skala tahun, bulan, hingga minggu agar terlihat jelas sudah sampai mana kita dalam merealisasikan mimpi itu.

9. Masing2 anggota keluarga bisa buat VB pribadi dan satu VB bersama, mau diarahkan kemana keluarga bunda.

10. Poin utama yg harus ada:
– niat
– mimpi
– usaha
– disiplin
– semangat
– FUN!

Selamat membuat vission board!

“If you can dream it, you CAN do it.” — Walt Disney
Yet, dreams dont work unless you DO.

***

🙋🎓Tanya Jawab

🙋Baiknya bikin VB dibuat utk jangka waktu brp lama?
Misal VB tahunan gitu berarti tiap tahun ganti capaian ya?
(Maya,Bandung)

🎓 Bebas bunda, VB bisa dibuat untuk cita2 ketika besar nanti. Biasanya saya bagi goalsnya menjadi 2 jangka waktu. Satu untuk pencapaian 1 tahun ini, dan 1 lagi untuk jangka waktu panjang (3-5 tahun lagi apa yg ingin dicapai).

Contoh goal jangka pendek: tahun ini mahir bahasa jepang.
Panjang: Saya ingin sekolah di jepang 4 tahun lagi
Kedua hal di atas berkaitan satu sama lain, dimana goal jangka pendek juga mensupport goal jangka panjang.

Jika untuk anak2, masih wajar jika tiap tahun impiannya berganti2. Bebaskan imajinasi anak akan impiannya, di sini, orang tua berperan sebagai pemandu dan fasilitator.

Dulu saya ingin mengelola sapi, tahun berikutnya ingin mengelola kuda, tahun berikutnya lagi ganti.

Untuk anak di atas 12 tahun yg sudah menemukan passionnya, biasanya mimpinya akan terarah dan fokus. Maka impian jangka pendeknya akan konsisten dengan impian jangka panjangnya.

*

🙋Bagaimana cara menyeimbangkan antara mimpi yg besar dengan mimpi yg realistis?
Saat membuat mimpi besar lalu tdk tercapai, seringkali malah bikin down dan kecil hati utk mewujudkan impian besar lainnya.
(Lintang,Bandung)

🎓 Seolah2 impian besar itu sulit dan lama sekali tercapai. Kadang kita yg bermimpi pun tidak yakin apakah bisa mencapainya. Pertama kita harus YAKIN untuk mencapainya. Kedua, kita potong2 mimpi besar ini menjadi sederhana dengan jangka waktu yg relatif lebih pendek yg attainable.

Ketika seorang astronot ingin pergi ke bulan, membutuhkan persiapan yg lama. Mimpi besarnya adalah pergi ke bulan. Setelah itu disederhanakan jadi pencapaian tahunan, bulanan, mingguan. Bulan 1, latihan berjalan di anti gravitasi. Bulan 2, belajar makan makanan astronot. Dsb.

Dengan membuatnya jadi lebih sederhana, pencapaiannya pun jadi relatif lebih mudah. Alhamdulillah, bulan ini sudah bisa terlaksana A, tahun ini sudah bisa terlaksana B. Jangan lupa untuk senantiasa diawali dengan niat yang baik, dijalani, dinikmati perjalanannya menuju mimpi tsb, ambil pelajaran dari pengalaman menuju mimpi dan berusaha lebih baik lagi, semangat!

*

🙋 Bagaimana menyamakan visi dg anggota keluarga yg lain shgg VB keluarga dpt terwujud? Mgkn bs dipaparkan step2 yg dijalankan oleh keluarga Ara (Faridah, Jakarta)

🎓 VB individual anggota keluarga boleh berbeda2, di sini, yg sama adalah shared values di keluarga bunda.

Untuk VB keluarga (sebagai sebuah team) peran seorang kepala rumah tangga atau pemimpin team penting dalam mengarahkan tujuan dan impian keluarga, mau dibawa kemana keluarganya. Biasanya kami berdiskusi sekeluarga, apa tema, visi, dan impian keluarga kami tahun ini. Pendapat anak pun akan dihargai.

Tetap, yg menjadi pemimpinnya adalah sang kepala keluarga. Ketika sudah tercapai kesepakatan, ketika kepala keluarga menginstruksikan A, semua anggota keluarga akan mengikuti A. Bersama2 mencapai impian bersama.

Contohnya, ketika kami sepakat untuk mengambil tema: “Good is not enough anymore, we must be different.”
Dalam VB keluarga maupun individu, kami berusaha untuk tampil unik dan beda.

🙋Bagaimana jika anggota keluarga lain, semisal suami, bukan tipikal konseptor? Lbh suka mengalir sj.

🎓Mungkin “mengalir” adalah konsep sang suami, hehehe… Jika memang sang istri yg seorang konseptor, tidak ada salahnya jika yg jadi pemimpin team adalah Bunda.

Kalau memang “mengalir” adalah tema sang keluarga, yg perlu diperhatikan adalah mengalir kemana? Sang pemimpin team (boleh bunda, ayah, atau anak yg sudah cukup dewasa) perlu mengarahkan alirannya.

🙋Jd pengendali itu tdk hrs suami?

🎓Betul bunda, kesepakatan team siapakah yg akan jadi pemimpin.

*

🙋Bagaimana cara memulai membuat VB? Apa saja yg harus disiapkan? Baiknya apakah tiap anggota keluarga membuat VB? Untuk anggota keluarga yg balita bagaimana mengkondisikannya?
(Uci,Bdg)

🎓Mulai dengan bermimpi. List apa saja impian bunda dan anggota keluarga lainnya. Siapkan kertas besar, alat tulis warna warni, gambar2 (bisa dari internet, majalah, dll). Libatkan semua anggota keluarga, agar semuanya ikut merasakan asyiknya membuat VB.

Anggota keluarga yg balita pun bisa ikut membuat VB ala mereka, namun, masih belum diwajibkan untuk mencapai goal besarnya. Bunda atau Ayah bisa membantu dengan goal sederhana (tentunya dengan diskusi dan persetujuan sang anak), seperti: mahir memakai baju sendiri, membereskan tempat tidur, dll. Yang penting enjoy dan have fun 😊

*

🙋 Bisa diceritakan mengenai foto VB Ara diatas? Isinya ttg apa?(Nadia,Bdg)

🎓Foto tersebut VB saya tentang impian saya mengelola Desa Inc. yg banyak sapinya. Saya beri nama “Moo’s Project” moo dari suara sapi, hehehe… Saya ingin para peternak jadi “Mulyo Sesarengan” (sejahtera bersama2) dengan memanfaatkan 6 emas yg dimiliki sapi.

Emas putih= susu sapi 🍼
Emas kuning= kencing sapi
Emas merah= daging sapi
Emas coklat= kotoran sapi
Emas biru= biogas
Emas hijau= penghijauan dan agrowisata

Di gambar paling kiri adalah suasana hijau dan asri, dengan adanya sapi, saya ingin lingkungan kita jadi semakin hijau, lewat pupuk kompos. Di tengah ada gambar wayang dan dibalik wayang ada warga desa tersenyum bersama sapinya, saya ingin bersosialisasi dengan warga desa tentsng projek ini lewat pertunjukan wayang.

*

🙋 Tolong diperjelas poin-poin dlm tangga perubahan utk vb mbak ara ?
Ety – makassar

🎓 Tangga perubahan berisi penjelasan plan projek, poin2nya:
-Mantra
-Identitas
-Pengembangan
-Perubahan

Kalimat mantra adalah semboyan projek tersebut. Misalnya untuk projek saya: Mulyo Sesarengan.

Identitas adalah nama projek. Misalnya untuk projek saya: Moo’s Project

Pengembangan adalah step2 pengembangan projek, apa yg akan diperbaiki, apa plan kedepannya.

Terakhir adalah perubahan. Dampak2 apa saja atau perubahan apa yg akan terjadi dengan berjalannya projek tersebut.

Tangga perubahan di atas diperuntukkan sebuah projek, bisa juga diaplikasikan ke impian masing2. Seperti: perubahan apa yg akan terjadi jika kelak sang anak menjadi dokter?

🎓Selain tangga perubahan, time table berisi to do list dalam skala mingguan dan bulanan juga dpt membantu.

*
🙋Kalo mau bikin vb di keluarga..tapi suami nampak menyerahkan ke ibu..sok aja mau gmn.. itu baiknya apakah ya udah bikin aja sendiri atau emg suami hrus ‘dipaksain’ kudu bikin bareng2? (Myrna,Bdg)

🎓Keluarga adalah team. Seluruh anggotanya ikut terlibat untuk mencapai tujuan bersama. Tidak ada paksaan dalam membuat VB, yg ada hanya rayuan .

Jika sang ayah bisa membina sebuah perusahaan atau pemerintahan, kenapa tidak untuk meluangkan waktu sebentar di weekend, diskusi tentang keluarganya.

Bunda bisa mulai dengan membuat VB individu, salah satu goalnya adalah berhasil memotivasi suami untuk berpartisipasi dalam VB keluarga😉.

*

🙋Apa pernah Ara hopeless liat visioning dream yg belum juga keliatan jalan2nya? (Ayi, tangerang)

🎓Waktu pertama kali membuat VB, saya belum kebayang bagaimana caranya saya bisa mencapai impian itu, pokoknya saya tulis aja. Setelah itu saya share impian saya itu ke ortu, saudara, teman saya, teman ortu, hingga orang yg baru saja saya kenal.

Dari situ kita bisa mendapat link dan membuka jalan. Barangkali orang tsb punya interest, kenalan, atau keahlian yg berhubungan dengan mimpi kita.

Ada suatu ketika dimana kita down dan putus asa. Peran anggota keluarga yg lain adalah saling menyemangati dan membantu.

*

🙋Bagaimana kaitan antara antara Family Strategic Planning dg Vision Board? Apa VB merupakan visualisasi dr FSP? (Mesa,Bandung)

🎓 Family Strategic Planning, adalah sarana komunikasi tahunan keluarga kami untuk membicarakan gagasan-gagasan, baik sebagai individu maupun sebagai sebuah team. Vision board merupakan visualisasi gagasan dan mimpi kami.

Maka biasanya setelah Family Strategic Planning, muncul berbagai vision board yg menjadi road map perjalanan mimpi kami.

*

🙋 Seringnya kalau punya rencana, semangat tinggi di awal saja. Apa tips yg dilakukan di keluarga Mba Ara utk menjaga konsistensi semangat ini? (Maya, Bandung)

🎓Semangat itu menular. Jadi kalau sdg drop kami mendekat ke orang2 yg sedang tinggi semangatnya biar ketularan.

Bisa juga kami mengerjakan hal kecil yg menyenangkan, yg pasti akan sukses. Jadi kita gembira. Karena success breeds success, kesuksesan itu melahirkan kesuksesan lagi.

Atau kami break, main aja. Pokoknya happy.

*

🙋Mba ara mulai membuat vision board sendiri sejak umur berapa?
Ibu dan Bapak mulai mengajarkan vision board kpd anak2 sejak anak2 umur berapa? Dan melalui pengajaran apa memulai Vision board kpd anak2 di bawah usia SD? (Zakia,Bandung)

🎓 Saya mulai mengenal vision board umur 11 di sebuah kegiatan yg saya ikuti bersama kakak saya (12 thn). Sesampainya di rumah, kami berdua mengenalkan konsep VB ke bapak, ibu, dan adik (5 thn). Untuk anak di bawah usia SD, bisa diajarkan sambil bermain dan berkreasi dengan menempel gambar2, mewarnai, dsb dengan tema “impianku” atau “my dreams”.

*

🙋Bagaimana agar tetap fokus pada visi? Terkdang keinginan lebih dr satu jd bngung mau dahulukn yg mana (Hannat,Malang)

🎓Dibuat prioritas Bund. Lalu saling mengingatkan satu dgn yg lain.
Buat acara ngopi weekend untuk monitor sdh sampai mana perjalanannya? Biar kalo melenceng kejauhan segera tahu dan bisa balik fokus lagi.

*

🙋 Apakah kita perlu membuat plan A, B atau C dalam VB kita? Atau cukup satu plan saja? (Mazaya,Tangerang)

🎓 Vision board itu menggambarkan mimpi/tujuan/cita2. Mimpinya bisa lebih dari satu tapi bukan merupakan pilihan/alternatif. Rencana untuk mencapainya (action plan) yang perlu diberi alternatif A B, C.
Misalnya Ingin punya peternakan sapi <== kandangnya bisa bangun atau sewa atau nitip dll.

*

🙋 Boleh minta contoh VB yg pernah dibuat ara bersama keluarga? Terimakasih (Gita,Bandung)

🎓 Contoh dengan gambar2 hasil menggunting dari majalah ada di foto yg saya share di grup. Contoh lain ada juga yg berupa mind map, bisa klik di link berikut:

http://youtu.be/AQlRwdknBZk
http://youtu.be/89GOuS8Wpow
http://youtu.be/jfTetFgjtYg

*

🙋 Mbak Ara, dalam membuat VB, bagaimana peran bunda peni&ayah? nuhun (kartika,bandung).

🎓Bapak Ibu memandu dgn pertanyaan misalnya ‘tahun depan pengin apa?’ ‘Tahun ini temanya apa ya?’ Dll.

Terus ngajak corat coret, kadang main, atau mengunjungi tempat/orang yg inspiratif.
Terus mandu bikin action plan.
Terakhir ndoain 😊

***

Terimakasih banyak atas kesempatan untuk bisa sharing di sini.

Selamat membuat vision board masing2 dan jangan lupa untuk share dengan satu sama lain, berdoa dan berusaha agar impiannya terwujud.

Dream it, Do it, Share it, Grow it.

Anggaplah keluarga bunda sebagai sebuah TEAM, menuju impian bersama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s