Diskusi · Homeschooling Highlight

Membuat Kurikulum HS

1446336851677

Resume Diskusi Muslim HS Bandung.
Tips Membuat kurikulum HS dan Menumbuhkan Semangat Belajar Anak.

Selasa, 21 Oktober 2014
Narasumber: Ida Nur’aini Noviyanti (Dosen Unisba, pelaku homeschooling utk 3 anakny, pendamping pembuatan kurikulum beberapa universitas di Indonesia)

Notulen: @maya_dm

Prolog:

Ada beberapa istilah dlm hs yakni deschooling yakni pernah sklh dan berhenti sklh krn bbrp alsn. Unschooling yakni tdk sklh sjk usia sklh smpai anak bs mencukupi kbthn hdpnya dan flexi school yakni dg mengundang guru2 sklh dtg k rmh utk mengajari anak pljrn tertentu shg anak spt sklh tp d rumah,biasanya dilakukan oleh artis.

Sejatinya kurikulum hs itu tdk ada standarnya krn kurikulum hs adalah menjwb keingintahuan anak dan hs itu menjadikan keluarga sbg sarana bljr dan ortu sbg fasilitator dan coach.

Jk utk usia dini,sbtlnya bkn hs tapi lbh k he krn istilah hs itu dimulai d usia sklh.namun byk pertyan lalu bgmn dg pembelajaran d usia dini?

Kita ketahui bersama bhw anak usia dini sll sj py aktivitas tanpa mengenal lelah shg jk sy sarankan adalah mengikuti kegiatan anak misal ketika anak sdg bermain air itulah sarana anak bermain dg bantuan ibu,anak mengeksplorasi byk hal dari air misal belajar bentuk,warna,fisika,matematika,dll.

Sdgkan jika usia sklh dg memakai buku rasa ingin tahuku spt yg dilakukan bu septi,jika sy beri jdl buku ide belajarku ato proses belajarku dg mengacu pada 4tujuan pendidikan yakno intelectual curiousity,creative imagination,art of discovery and invention dan noble attitudes. Dr 4 tujuan pendidikan itu anak belajar dan sehari cukup 3-4 jam stlh itu anak py waktu utk melakukan kegiatan lain spt memperdalam agama,membaca,olahraga,seni,kreativitas

HE wjb hkmnya bagi setiap ortu krn HE itu adalah tgs ortu dr anak 0-18h (sampai anak usia akil baligh). Mau milih HS ato tdk HE tetap harus dilakukan ortu sbg nutrisi utama bagi anak.

utk usia 0-6th lebih byk mendampingi anak bermain dan dari bermain anak belajar banyak hal mulai dr agama,science,social,math.dll. kurikulum jg fleksibel yg penting memuat 4 tujuan belajar dg pertanyaan how,what,where,when,who,why dan which one (usia 0-9) dan why not,why dan bagaimana jika (usia 13 th k atas). Krn usia 0-9th itu anak mesti terampil bertanya bukan menjawab.kurikulum itu ssi dg kemampuan anak krn semua anak py 7 kecerdasan majemuk shg ketika kita milih hs dan anak orla sdh lebih bisa dlm kegiatan tertentu,jgn minder dan menyalahkan metode yg tdk tepat.dlm hs harus memperhatikan karakter keluarga,kesuksesan sebuah keluarga tdk bs mjd indikator kesuksesan keluarga yg lain. Yg penting ktk memilih hs adalah buat dulu visioning board keluarga dan ajarkan k anak mulai usia 9th utk membuatnya juga.

Oya usia akil baligh ini ada yg menyebut 0-14 dan 0-18 th.klo sy pribadi memilih 0-18th dg pertimbangan bhw otak anak laki baik otak ka-ki berkembang smpurna d usia 18th sdgkan perempuan di usia 16th.

Tanya Jawab

T:
Dalam prolog ibu tadi, perihal sehari 4 jam..apkah waktunya nonstop 4 jam atau boleh selang seling?

J:
Boleh selang seling bu, yg dipentingkan adalah tuntasnya anak dlm menyelesaikan tugasnya,jika anak terlihat bosan bisa diselingi dg kegiatan lain,tp tgs hari itu mesti tuntas hr itu jg.anak belajar karakter utk berkomitmen dan brtanggungjwb.

T:
Bu ida, dari segi moral, bagaimana yah caranya agar anak mulai tau bahwa shalat itu wajib?
anak saya (cowo, 4th) kalo semisal saya dan suami shalat diajakin..

Kita: “Lian kita shalat yuk”
Lian: “ga mau ah, lian shalatnya di rumah yangkung aja”

Padahal kondisi kita shalat di rumah sendiri dan di rumah eyangnya, sama berjamaah

kadang kita bingung menanggapi kalimat anak saya.

Jadi paling tidak kita tanggapi.
kita tau kewajiban shalat masih lama buat lian. Cuma menumbuhkan rasa “lian butuh shalat” dari sekarang itu gimana yah?

J:
Utk anak usia 4-6th ckp dg memberi contoh,model,keteladanan,anak tahu bhw tiap wk shalat ortunya melakukan salat.otak anak usia 0-7th itu mengertinya konsep yg konkret jika anak kadang mau kadang tidak itu wajar,jgn dijelaskan konsep surga,neraka,dosa.hal itu tdk msk d otak anak.yg penting anak diajak bercerita mengenai asmaul husna dan cerita 25 rasul dan sahabat nabi.

Di usia 7th anak mulai kita ajak scr konsisten,kita katakan bhw jika mau disayang Allah dan ingin ngobrol sm Allah lewat shalat tapi Allah menjwbnya lain tdk spt bunda menjwb k adek misal tiba2 adek td nya nyari barang susah eh ketemu,adek bilang k Allah agar Allah menurunkan malaikatnya membantu adek mencarikan brg yg hilang,anak akhirnya ngerti klo Allah itu ada dan kita keras ktk anak usia 10th.

Ortu keras utk ursn shalat d usia 10th,jk anak ngerti maka anak akan py kesadaran kok spt yg sy alami dg ank pertama,sy ckp bilang Allah berkata d surat al isra mengenai keutamaan waktu subuh shg anak akan bgn sbh dg mdh meski capek.

T:
Saya skr tengah mendampingi adik yg HS krn deschooling,
Bagaimanakah membangun kembali minat belajarnya? Sejauh ini proses yang saya lakukan sebatas menjawab pertanyaan2 yg ingin dy ketahui.

J:
Minat belajar sebaiknya mcl internal dr diri anak caranya dg memberikan pertyan spt yg sdh ada d prolog.misal ketika ada benda kmdn ajukan 7 pertyan spt what,when,who,why,where,how,which one.

Sy ksh contoh ada pisang,anak diminta ty dg btk prtyan d atas,kita ksh cth misal vitamin apa yg ada d pisang,kpn pisang itu bs dimakan,dimana bisa mendapatkan pisang,siapa yg menciptakan pisang,kenapa kita makan pisang,bagaimana pisang itu diolah dan dari beberapa buah yg ada mana yg akan kita pilih pisang ato buah yg lain?
(utk usia 0-8th).

Utk usia d ats 8th dg prtyan mengapa kita makan pisang?mengapa kita tidak makan buah lain?bagaimana jika kita makan pisang saja?itu hy cth dan btk prtyan itu utk stimulasi bagi anak dlm menmbhkan minat bljrnya apalagi dg permainan spt kartu,wah pasti seru lho…silahkan mencoba.

T:
Bu, usia 7 thn itu kn sdh masuk pndisiplinan tp blm kena kwajibn sholat/jilbab.
Apakah kami salah jika mMarahi anak kami yg brusia 7 thn yg meninggalkn sbagian waktu sholat atw kdng sesekali tdk brjilbab kl kluar rmh? Shngg mrk kdng brargumen ” biarin kan aku blm wajib solat n brjilbab”.

J:
Wow keren jwbn anakny, anak spt itu kritis shg mesti dijwb dg dalil…ini tjd dg anak pertama sy ktk memintanya k msjd bhw laki2 itu hkmnya wjb k msjd meskipun dg merangkak,itu hadis.dan sy cukup mengatakan ingat hadis keutamaan laki2 d msjd,tanpa babibu anak brkt k msjd

T1:
Bu ida putra saya baru 16 bln,, mgkin lebih tepat HE untuk skrg ya bu??
Skrg sy masih belum punya program apa2 mgkin hanya mengecek tumbuh kembangnya saja dan memberikan stimulasi2.., nah terkait nanti sy berencana HS persiapan apa kira2 yg perlu saya lakukan sejak dini bu?

T2:
Saya ingin menerapkan HS.. Tapi ko saya sedikit ragu dengan diri saya.. Sering jadi bahan introspeksi..Saya sanggup tidak ya mndidik anak2 dgn mlakukan HS..
Meskipun basic pend saya dr jurusan pendidikan..
Gimana ya bu ida, ada tipsnya kah membangkitkan kepercayaan diri?
Yang kedua Kelebihan dan kekurangan HS itu apa ya bu? Suami punya pendapat yg berbeda juga “masa ga punya ijazah” begitu bu… (kebetulan beliau sekolah di sekolah fav, jd serasa gimana gitu kl cm paket C)

Terimakasih. Mohon saran, dan masukannya.

J utk T1 dan T2:
Utk melakukan hs yg perlu diperhatikan adalah mental ortu jika ada prtyan anak gak disklhin mau jadi apa?kedua mental anak jika diolok spt kmu mau jadi pengemis dan gelandangan y kok gak sklh.klo anak ajari dg mnjwb ak bljr d rmh sm ortu,ak bljr ssi dg yg ingin ak tau,ak libur trs tapi aku jg bljr trs..asyik kan?trakhir adalah perkuat pola asuh.

Alasan ortu memilih hs adalah utk menyelamatkan akidah/keimanan dan memperkuat pola asuh ortu k anak shg stlh akil baligh karakter anak kuat.

Semua kelg sy pendidik,sy dan suami jg pendidik.bisa dibayangkan sm ibu2 d grup ini,anak sy tinggal d rmh neneknya yg guru besar dan rmh diujung kompleks jd sll dilewati oleh anak yg mau sklh,tiap pagi ktk anak2 brkt sklh,anak sy sdg asyik nyapu halaman dan jemur pakaian,sy diolok2 ibunya jahat,tega krn anak bknnya diminta sklh tp malah kerja.mrk tdk tau akdms itu bs didrilling tp life skills itu proses. Semangat utk abaikan semua omongan orla, yg tau yg terbaik utk anak kita y pastinya kita ortunya.

T:
Bu Ida,terkait dg HS yg dimulai dr usia sekolah,apa dlm penerapannya,selain mengacu pd 4 tujuan pendidikan,jg perlu mengintip kurikulum SD yg kemudian kita adaptasi ke pembelajaran d rmh sehingga kelak anak siap menghadapi ujian paket? *saya kebayangnya ujian paket kyk soal2 unas*

J:
Jd jk anak akhirnya milih tdk py ijasah spt wacana dr anak pertama sy bhw dia bilang ak gak mau py ijasah,ikt kursus aj toh ak mau jd pengusaha jd bwt apa ijasah,yg penting ak ahli di bidang yg ak minati dan dr bidang itu ak bisa menuhin kebutuhanku,ckp kan bun?toh nanti d akhirat tdk dity ijasah kan bun?nah lho klo anak sdh ty spt itu gmn?bnr kan bu klo di akhirat tdk d ty ijasah.
Jd klo milih hs hrs siap jk anak milih tdk py ijasah.

Jk anak sdh pasti kul d indo ya mesti lihat kurikulum diknas tp klo tdk buat apa?cm buang2 waktu.
Jd saran sy smpai usia 10th biarkan ank bljr dg bebas,kec anak sdh pasti kul di indo.

T:
Anak2 bu ida kan pernah sekolah formal, bu ida dan suami jg bekerja. Dgn kondisi spt itu apa yg bs ortu lakukan d rumah utk mengembangkan potensi anak selain yg dia dapat di sekolah? Dari usia brp bu ida mulai bisa melihat minat dan potensi tiap2 anak?

J:
Sy membuat kspktn dan anak membuat laporan k sy yg dikrm k imel sy jg suami.nanti akan direview lwt skype dan ada wk 3 jam utk dmpngi mrk bljr

Dr usia 6-9th anak ikt 3 kegiatan yakni olahraga, seni dan kreativitas,blh berganti kegiatan jka min 1 bln msk.sdgkan d atas usia 9th-12th blh ganti kegiatan jk sdh selesai 1 level.nah d usia 12th akan kelihatan 1 bidang yg digeluti dr usia 6th. anak pertama usia 6-9th pernah ikt robot dan animasi,dia py prestasi d bidang itu.tp trnyt skrg dia tdk mau,yg digeluti gambar abstraknya yg sdh dia lakukan sjk umr 2th tanpa pernah sy iktkan d les.jd prestasi bukan jaminan passion anak.

T:
Bu, sy sdh mnjlnkn home edu dr sjk anak sy ga bs baca qur’an n latin. Sdh hmpir 4thn. Pljrn yg sy ksh cm math, englsh, sains n hapalan qur’an sdgkn u ilmu2 agama lain mrk k madrasah PERSis.
Tp skr sy masukn mrk k MI krn sy pny bayi lg alias teu kageroh. Sy msg deg2an jg dg kondisi d skul skr. Bnyk wkt trbuang jg y. Mhn masukn bu kpn sy sbaikny mnarik mrk lg k rmh?
Pntn lg prtnyn sy send.sy mo jmpt skolah.
Jazakumulloh

J:
Ditarik jk muka anak sdh kusut tdk ceria dan matanya berbinar jk kita ty perasaan mrk saat d sklh.

Kmdn kita tawrkan k anak,apakh ttp mau sklh ato d rmh.jgn menariknya tanpa ada komunikasi sblmnya.

T:
anak sy 2thn suka multitasking deh. Sy bingung jdnya klo mau ngikutin stimulasi yang mana. Baca buku iya, liat video nyanyi nari iya. Tp Hrs bareng. Bs begitu ya? Maksudnya boleh ya multi indera bersamaan

J:
Utk usia 2th sebaiknya fokus,jk sdg membaca buku jgn melihat video,satu2,usia 2th konsentrasinya msh sebentat hanya 2-5mnt.jk anak sdh bosan membaca buku dan maunya lht video,ksh tau anak jk mau lht video,bukunya ditutup dulu krn jk tdk spt itu anak kelak akan ssh fokus dan berkonsentrasi.

T:
Untuk kurikulum itu sendiri apakah ibu ida bekerja sama dng suami ? Dan dlm proses HS peran suami seberapa besar? Apakah tertulis kurikulumnya jd panduan ibu dng suami dlm proses HS.

J:
Utk kurikulum sy dan suami lbh dg berty k anak.anak pertama fksnya dg passionnya shg lbh k memperdalam passionnya dg mengumpulkan portofolio sdgkan utk anak kedua krn lbh k akdms,lbh srg mengerjakan soal cambridge dan anak ketiga fleksibel ssi keingintahuan anak.peran suami sgt besar trutama dlm hal akdms krn sy ada krg d bhs english shg ktk mengerjakan soal spt itu pendampingnya adlh ayhnya.tdk ada kurikulum tertulis,yg jd patokan adalah persyaratan yg diminta utk kuliah d luar yakni O level dg 3 subjek yaitu math,english dan satu subjek ssi minat anak.

T:
Waktu kopdar Kemarin bu ida cerita penulis yg tdk punya ijazah tp terus bisa jd dosen. Ceritakan lg bu, utk motivasi, kemarin kurang menyimak

J:
D smg ada desainer terkenal dg jaringan rumah usahanya,beliau ini tdk punya ijasah tp mengajar d s2 ugm,ui,rmh perubahan dan prasetya mulia krn skills nya dlm desain dan bisnis lbh aplikatif drpd para pengajar dg modal ijasah.

T:
Bu Ida maaf pertanyaan saya agak oot dari kurikulum hs, kalau kita sbg orang tua niat hs, tapi anak terlihat sangat suka ke sekolah dan bnr2 ingin, misal pagi2 bangun bawa tas, pengen ke sekolah dg teman2 yg lain, dan dia pun sgt menikmati belajar sesuai kurikulum yg berlaku, apa lbh baik si anak disekolahkan di sklh formal drpd hs?

J:
Jk anak ingin sklh dan semangat sklh dan stlh sklh anak sll ceria,berbinar matanya meskipun anak py mslh dg tmnnya,biarkan anak sklh,perkuat HE nya.

Jgn hy krn ibunya ingin hs trs ortu memaksakan hs pdhl ibunya tdk konsisten dan tdk berkomitmen agar mendampingi anak hingga tuntas,ini justru bahaya utk anak.

Anak itu py hak utk bahagia,ini srg terlupakan.

T:
Mengenai konsentrasi anak2. Tadi kan usia 2 th hrs fokus. Gimana dgn usia 5-6 tahun? Nuhun yaaa

J:
Anak dr usia dini mesti diajarkan fokus mesti rentang konsentrasi anak utk fks itu msh sbntr.krn anak yg brmslh dg konsentrasi ktk bsrnya,silahkan cek d usia dininya,ortu tdk mengajarkan anak utk fks.

Cth tdk fks adlh mkn smbl nonton tv ato d dpn laptop.

T:
Jd sebaiknya cobain anak masuk sekolah dulu atau ngga untuk anak yg senang lihat orang lain sekolah?

J:
Saran sy sebaiknya dmskkan k sklh,indikatornya sdh sy paparkan d atas.

T:
Klo u/ HE ,perangkat apa aja yg hrs ortu siapkan ato miliki.
Sbg bekal…maksud y sumber  belajarnya.

J:
HE itu berkaitan dg pola asuh jd yg perlu ortu siapkan adlh mjd ortu semestinya dan sabar dg byk membaca buku parenting spt tarbiyatul aulad,prophetic parenting,abah ihsan,dll.

Penutup:

Di hs itu tdk ada kurikulum standar,kurikulumnya itu dg brtanya k anak dg menyesuaikan kbthn keingintahuan anak. Kurikulum standar baru diperlukan jika anak sdh jls mau kuliah dmn dan itu baru bs ditanyakan d usia 10-11 th.klo anak sdh jls2 mau kuliah di luar,ya tdk usah ambil ujian paket,buang2 waktu dan uang.

Jd tdk ada hs paud,sd,smp dan sma.hs itu tdk perlu registrasi dan membayar bulanan.klo spt itu lalu apa bedanya dg sklh?

D hs jg tdk perlu ada sklh payung dr sklh berakreditasi nasional.semoga dg pnjlsn ini,ibu2 mulai paham utk memulai hs

Jk ada lembaga yang menawarkan homeschooling dg membayar dan registrasi apalagi bayarnya mahal maka  jika sudah berupa lembaga, bukan homeschooling lagi namanya y ibu2 semua..
Resume sy utk diskusi hr ini bhw utk melakukan hs hal yg perlu diperhatikan adalah siapkan mental ortu,anak juga perkuat pola asuh krn he itu baik melakukan hs ato tdk hkmnya wajib sbg ortu.utk melakukan hs maka ortu perlu berkomitmen dan konsisten dlm mendampingi anak bljr hingga anak belajar dg tuntas.inti hs adlh pendidikan ada d keluarga dan ortu mjd fasilitator dan coach.

Jika anak memilih sklh dan anak bahagia dg hal itu meskipun anak punya masalah dg temannya adalah dg memperkuat pola asuh yg tepat.hs ini bukan persoalan keimanan,jd jk anak tdnya tdk sklh dan mau sklh itu bukan murtad dan itu sah2 sj.

Selamat menjalani kebersamaan dg anak,bermain dan belajar,keberhasilan anak itu proses.kita baru bisa melihat hasilnya setelah 20th,jadi perlu sabar dan terus recharge kesabaran kita sblm batrenya habis biar tdk rusak dan tdk perlu diganti dg terapi anak2 kita…jk sdh mulai emosi dan tenaga berkurang,itu pertanda perlu recharge.senantiasa happy agar anak2 kita juga happy..

Pesan sy terakhir..jd ortu mesti trs bljr..mulailah jadi ortu pembelajar sejati jk menginginkan anak2 kita mjd pembelajar sejati.aamiin yra.sekian dari saya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s