Diskusi · Sharing Hikmah

Manajemen Waktu, Kuncinya Allah Dulu

Manajemen Waktu,
Kuncinya Allah Dulu

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Hari ini kita akan berdiskusi soal “Managemen Waktu” ⏰

Allah sudah memberi petunjuk di surat
Al ~Ashr

1. Wal’asri, demi masa
2. Innal-insana lafi khusr(in), sungguh manusia berada dlm kerugian
3. Illal lazina amanu wa amilus salihati watasau bil haqqi, wa tawasaubis shabr(i)
Kecual org2 yg beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati utk kebenaran dan saling menasihati utk kesabaran

Kita semua, diberi waktu yg sama 24 jam dlm sehari, tp terkadang waktu itu kita rasakan belum cukup..blm selesei ngerjain yg 1, egh kerjaan yg lain dah mengantri..dan seterusny..

Nah, ada yg punya tips2 khusus ga nih gmna biar waktu yg sempit bisa termanfaatkan dgn efektif..

Yuks sharing disini, gmna ateu2 solihah mengatur waktuny..

⏰⏰⏰

Teh Wafaa:
Bukan tips sih,,tp membiasakan utk tidak mnunda melakukan apapun lumayan bisa bikin berkurang perasaan bersalah krn rumah jarang rapih.

Teh Deasy:
Nah bener teh wafa..apa yg bisa dikerjakan saat itu, lsg dikerjakan ya..jgn ditunda..*msh pe er jg ini😭

*

Teh Ina:
Allah dulu.. baca Alquran jngn disisa waktu.. tp diawal.. insyaAllah sisanya pasti dimudahkan.. masak paling lama 2 jam, masak menu yg bisa dimakan semua anggota keluarga, masak sambil nyuci sambil ngasuh.. nyetrika bisa ke laundry (klu lg capek n males😄).. yg ibu RT usahakan tdr siang wlu cm 1/2 jam.. *curhat😁

*

Teh Lily:
<intermezo>

Pusing liat rumah berantakan???

Kini ada solusinyaa….
1. Taarriikkk napaaaassshhh… Hempaskaaann…
2. Pura2 g liat
3. Ikut main bareng, lupain umur n tugas negara beresin cucian
4. Hepi2 ajaaaahh
5. Jikalau hati masih emosi, ulangi langkah pertama grin emoticon

Rumah yg 1×24 jam rapih terus dan sepi pertanda:
a. anak sedang sakit
b. emak nya ky singa
c. blm pny anak
d. mudik

*

Teh Wafaa:
Drpd rumah rapih tp anak anteng depan gadget terus,,aku jg lbh memilih abang sulung 31bln ber eksplorasi (bahasa kerennya ngeberantakin rmh).

Bener bgt teh ina,,kalo tilawah duluan,,secape2 nya ngikutin ritme anak main tp g pernah cape hati.

*

Teh Asri:
Kalau ada budget lebih utk beli mesin cuci, usahain beli yg otomatis. Itu ngebantu bgt. Sambil nyuci bisa sambil kerjain yg lain. Disini ada yg ga nyeterika baju ga?

Saya skrg nyeterika baju utk keluar rumah aja. Baju yg keluar dr mesin cuci otomatis biasanya ga terlalu kusut. Dikebat2in sebelum dijemur, trus kalo kering langsung lipat rapi.

Teh Deasy:
🙋ikutan gts..gerakan tanpa setrika..qiqiqi

Teh Asri:
Soal tips ga nyeterika baju ini pernah saya baca di blog siapa gt ya… ternyata ga nyeterika itu buka sebuah ‘dosa’ haha..

Teh Rara:
Saya ga nyetrika baju juga, cuma nyetrikaa baju suami aja sama baju yg dipake keluar 😁

Kata tetangga coba pake setrika uap, jd cepet, tapi mahal juga setrikaannya.

*

Teh Sri:

Kalau saya semua pekerjaan rumah harus beres sebelum suami nya brgkat kerja.
Cuci piring : Malam sebelum tidur
Cuci baju : Sebelum subuh
Nyapu, ngepel, siram tanaman : Dilakukan oleh suami sambil gendong anak kedua pake ergo baby 😁.

Jam 6 belanja bahan masakan ke mang sayur yg mangkal di komplek, sambil ajak anak pertama. Lanjut masak masak while pak suami mandiin anak dua duanya.
Setelah ayahnya kerja, bisa fokus nemenin anak anak main.

Daan.. Usahakan jam tidur anak anak bersamaan, jadi enaknya bisa me time saat keduanya bobok.

*

Saya belajar dari ibu mertua saya (waktu awal awal nikah kami masih tinggal bareng). Beliau PNS, bberangkat kerja jam 06.45 dalam keadaan rumah sudah rapi, makanan tersedia. Bangun dari jam 03.00 pagi, nyuci baju di mesin cuci sambil beliau nya tahajud. Ngaji sebelum subuh. Bada subuh masak sambil dengerin MQ FM.

Tapi kalau nyetrika mah ada yg bantu.

*

Teh Siti:

Wahh seru..dah byk aja nih notifnya..
Alhamdulillah sy bekerja msh bsa ngelakuin pekerjaan rumah jg, sebelum brangkat kerja jam 6 anak2 udah pd mandi,dh disiapin makan,jg udah nyuci2 piring dan baju,bahkan dihari mnggu off kerja pun dibiasakan jam 6 dh pd selesai,jd main sama anak pun tenang..

Tp ya itu klo nyetrika hmmm sungguh kegiatan yg memalaskan *berfikir klo saja ada mesin strika yg baju keluar tuh dh rapi dah dilipat😂
Jdnya nyetrika sepentingnya aja😁

*

Teh Anastasia:

Wah saya mah msh hrs berguru sama mama mertua saya. Beliau bangun jm 3, tahajud lalu masak & beberes rumah. Jm 06.30 beliau udah hrs otw SD tempat beliau bekerja. Kalo nginep di rmh ortu, rasanya malu, bangun tidur udah ada makanan, lantai udah licin, jemuran ud ngegantung😁

Saya mah semenjak si baby bisa bobo panjang di malam hari selalu bangun mepet injury time shalat subuh😪 dan si baby ikut bangun pula. Huhuuu… Kacau.

Teh Ratih:

Saya biasanya diusahakan jam 7 sudah beres nyuci baju, nyuci piring, nyiapin sarapan dan anak pada mandi. Bangun mmg hrs sblm shubuh krn hrs mandi lbh dulu sblm anak2 bangun. Walaupun sy sdh resign dr tmpt kerja. Krn pny 2 batita yg satu msh menyusui kadang msh nyambi, atw hrs ttp komit bangun jm segitu walau mata sepet..😓 biasanya nyetrika di siang hari ketika anak tidur tp smnjk ada bayi ada yg bantu utk nyetrika satu minggu dua kali.

Walau kadang molor juga sih klo ada kerjaan tmbahan atau anak kurang sehat, jadi aktivitas pagi beres jm 8 atau 9.😁

*

Teh Frizka:

Spakat bgt utk dahulukan al quran.penuhi hak al quran.

Dl pernah dg sengaja krn ngerasa pekerjaan rumah lg banyak bgt,sy skip kbiasaan pagi bersama al quran. Tp kerjaan malah ga selesai2..stlh muhasabah..kayany krn meninggalkan hak al quran. Jadi akhrny kembali k rutinitas biasa,lupain dl sgala cucian dan kekhawatiran pas anak bangun g bs ngapa2in,alhamdulillah lancar smua smile emoticon

Kl ga disibukkan dg al quran, Allah akn sibukkan dg yg lain smile emoticon

Teh Wida:

Bener teh Frizka, saya kmrn sblm pindah ke bandung sempat ditinggal sendiri ber4 dg anak2.(suami ke bandung duluan).no ART juga.kebetulan anak saya yg kedua kembar.kebayang deh kalo bertengkar. Jd semua urusan dr bangun tdr,antar sekolah,bikin bekal,masak,cuci dsb saya yg urus.kmn2 bawa anak 3. Ya belanja,ya antar sekolah,pokoknya kmnpun mereka sll saya bawa.

Tp alhamdulillah Allah sll memudahkan & meringankan. Sehabis shalat shubuh sll saya sempatkan baca quran walopun cm selembar,stlh antar anak sekolah,shalat dhuha,stlh itu saya sempatkan baca quran lg. Pokoknya sll saya sempatkan.Alhamdulillah Allah sll meringankan langkah saya. Krn saya percaya Allah sudah memberi kepercayaan maka berarti Allah sudah mengerti batas kemampuan saya.

*

Teh Liza:

Klau saya..
Kunci manajemen waktu itu..

“Menurunkan standar”

😁😁😁😁😁😁😁😁

Idealis itu bagus. Boleh.
Tapi harus tau gimana caranya mewujudkan idealisme.

Idealnya :
Rumah beres
Setrikaan licin
Makanan di meja siap
Anak2 kaya iklan susu pada ceria tok waw waw
Tangan wangi
Lipstikan
Pokoknya mah hebring suhebring

Bisa? 👆
Ngga pake marah? Ngga pake panik..
Bisa? 👆

Alhamdulillah..

Soalnya kalo saya…😂😂
Yaaa…gitu deeeh….
*Liriksetrikaan numpuk*

Awalnya,
Waktu masih pengantin baru, secara sekolah disain, rumah itu kudu kaya di majalah.. Asa siap dijenguk reporter dan difoto2 gitu..
Semua harus pada tempatnya..ada law of oder yg tak tertulis. Semua yg di rumah kudu paham dan sejalan (dalam hal ini paksu)

Punya anak1,
Baby blues
Tidur berkurang
Mata panda
No me time
No khadimat
Guwe bisaaaaaaa….. *Idung udah kembang kempis aja*

Ibu mertua udah bolak balik ingetin ” wes to wuk.. Ngga usah rapi2. Ora usah beberes..sing penting anakmu”

Sampe adeknya lahir, baru 2 bari lahiran pulang kerumah asa gateeeeeel aja tangan liat yg berantakan. Cucian piring dikerjain dan so on dan so on…

Yah…
Akhirnya
Yuk kontemplasi sebentar.

Anak2 masih umurnya sering ngeberantakin. suka sutris semacam parno liat bola di kamar mandi atau mobilan di kolong meja. Diberesin ya udah aja ntar berantakan lagi.
Di saat bersamaan setrikaan numpuk
Cucian piring okelah lumayan
Kamar mandi …aduh si6 akang blm nyikat2in dr kemaren2 diminta
Kebun belum disiram..
Antar jemput anak sekolah mulai jam 7
Mandiin cebokin bajuin…

Dilist aja ngga bakal cukup jg kertas A3.

Innallaha ma’ana..
Jgn lupakan tanggung jawab fitrahnya dl seperti yg ibu2 di atas share.. Ibadah. Jam sholat , sholat jgan tunda jgn nanti.

Setelah itu, delegasikan sesuatu yg sekiranya terasa berat. Bisa, tp sok mampu. Akhirnya numpuk. Cuci mesin setrika bawa ke laundry–yg ngga perlu disetrika lgsg masuk lemari.

Turunkan ekspektasi.
Mau rumah rapi? Yaudah ngga usah punya anak! 😱
Cara anak belajar itu salah satunya dr ngeberantakin rumah. Mau rumah gede atau besar ngga jamin bakal beres.
Tutup mata. Biarin aja bersntakan, ntar deket jam tidur ajarin anak2 untk tidy up.. Setelah mereka tidur, kl ngga capek bebersih sepuasnya. Kalau capek, ikut tidur!

😁😁😁😁😁

Makanya sy bilang td menurunkan standar (bukan mengabaikan standar loh yaaa). Ada waktunya kok ntar bagi kita menjadi bingung liat rumah rapi 😂😂

Wkwkwkwk

*

Teh Hilda:

Prnh ngalamin ngepel tengah malam 🙈

Kalo nyetrika ga bisa diskip. Ga rapi kalo ga disetrika.

Tp enaknya rumah rapi dan bersih itu jd gampang kalo nyari barang. Trus seisi rumah terutama anak jg jd meniru. Malah aku mikirnya kalo rumah wajib bersih krn anak kan mainnya sampai ke kolong2 kasur.

*

Teh Liza:

Pokoknya teh dlm hidup mah…

Bikin skala prioritas. Manajemen waktu itu korelasinya erat bgt sama masalah skala prioritas.

Mana dulu sih yg pnting
Mana dulu yg bisa dikerjain

Kerjain satu2 sampe selesai.

Yg saya pegang dr kecil, kl punya kerjaan kerjain smpe beres dulu baru loncat ke kerjaan lain. Kalau ngga…asa adaaa aja yg ngga beres. Akhirnya kembali ke kerjaan sebelumnya–terbuanglah waktu.

*

Teh Ima:

Ikutan curcol ah..
Muhasabah pribadi😭😭

😍Amal pagi

Tilawah pribadi odoj
Tilawah kaka n hafalan kaka
Hafalan umiy maksimal sehalaman or semampunya😁😅,bahkan bisa blank😭 klo padat merayap..
Almatsurat dzikir pagi
Dhuha
Siapin sarapan pagi
Nyalain mesin cuci, nyuci2 edisi pagi
Maksimal jam 9 beres

Jam 10.. Bel berbunyi..
Belajar sama anak2 sampai dzuhur.. Break ishoma..

😍amal sholih siang
Jam 14..
Lanjut belajar..anak2 Bebas berkreasi.. Sambil
Jemur, kadang nyetrika, nyiapin buat snack sore dan makan malam.. Sampe ashar..

😍Amal sholih ashar
Bada ashar.. Anak2 maen sepedaan..kita me time.. Laporan murojaah sama temen.. Almatsurt petang..
Kadang masih bergulat didapur nyuci2..😄, anak2 beresin mainan, mandi,

kelemahan selama ini daftar menu sudah disusun prakteknya suka berubah ditengah jalan.. Or suka banyak acara dan rapat ini itu.. Mulai dari nol lagi ngemenej

Anehnya anak2 saya juga kr malam itu kebawa lingkungan.. Tidak bisa tidur habis isya.. Malah semakin aktif dan semangat belajar, membaca dan bongkar2 yg sdh dibereskan..tidur larut bisa jam 12 bahkan jam 13(mdh2n bisa dirubah seperti disini setelah masa liburan ini)😊

Tapi diatas semuanya klo kitanya tegas pada diri sendiri.. Istiqomah dan disiplin plus hubungan sama Allahnya bagus..(amalan yaumiannya mulus) Anak2 dengan sendirinya ngikutin dan teratur..

Penyakit utama saya itu disiplin terhadap diri sendiri.. Target utama skrng g muluk.. Bisa istiqomah aja selama minimal 3bulan..terhadap target dan jadwal yang sdh ditetapkan.. Yuuuks.. Ah… Sama2 berSemangaaaat..buncanshol💪👏👏

*

Teh Mesa:

MasyaAllah, alhamdulillah dapet banyak amunisi semangat dan dlm manajemen waktu 😍

Manajemen waktu itu tantangan bgt. Seringkali di tgh2 ngerjain tgs A, nyabet jg tgs B. Sering g fokus. Sblmnya suka setel alarm untuk cut off time jdwl harian, tp sering ga terpenuhi karena ternyata krg fleksibel buat sy, ada aja gangguannya.

Skrg lg bljr menerapkan teknik pomodoro, setiap 25mnt bekerja, istirahat 5mnt. Stlh 4x, istirahat 20-30mnt. Msh bnyk bolongnya jg, tp berazzam buat istiqomah n jd kebiasaan 💪

Teh Rara:
Iya teh, kl buat kerjaan saya pake pomodoro juga. Ngaruh buat orang yg gampang ilang fokus macem saya. Aplikasinya ada di google play juga. Coba donlot clear fokus, dll, aplikasi timer pomodoro 😄

*

Teh Asri:

Pernah
baca tips tentang declutter setiap hari 15 menit. Intinya, selama 15 menit itu beberes mulai dari yang paling mudah, yang paling ‘sepele’, misal mungutin sampah berceceran, naroh barang2 ke tempat semestinya, kalau masih ada sisa waktu beralih ke pekerjaan yg lebih besar. Kalo perlu pake timer selama 15 menit itu. Sy pernah coba tp blm sampai konsisten. Kalo buat saya, cara itu efektif. Ternyata kalo fokus, 15 menit itu kita bisa membereskan banyak hal.

*

Teh Ratih:

Beberes mmg hal yg kesekian dan bisa dilakukan pas anak tidur. Krn ya itu g pernah rapih😅 jadi perlu skala prioritas mn pekerjaan yg penting mendesak, yg penting tp g mendesak dsb.. setuju bgt dgn teh liza. Hatur nuhun sharenya teteh2😍

*

Teh Ayu:

Saya…🙋 mama pekerja..

Kl secara teori, qt hrs bagi aktivitas qt dlm kuadran waktu..

– urgent penting
– urgent ga penting
– penting tp ga urgent
– ga penting ga urgent

1. urgent penting –> jangan ditunda
Misal, sholat, tidur, makan. Harus teratur.

2. urgent ga penting –> Siasati
Misal, nyari2 jarum di kotak, motong sayuran sblm masak,dsb.
Aktivitas di kuadran ini yg menyita waktu qt scr tdk sadar.

3. penting tp ga urgent –> sandingkan stlh aktivitas di kuadran 1.
Misal, belajar, baca2, hafalan

4. ga penting ga urgent –> tinggalkan
Misal, nonton tv,dsb.

Teh Hilda:
Motong sayuran sblm masak, mksdnya ga penting gmn ya? Bisa dilakukan di lain waktu mksdnya?

Teh Ayu:
Kl belanja seminggu, udh dipotong2in pas hr minggu, masukin plastik bwt sekali masak…tapi jgn dicuci (sayur)

Lauk udah diungkep.. Bawang udah diiris..

Bikin 5 paketan bwt senin-jmt..

Jd kl jm5 masak, jm stgh 6 beres, mandi, sarapan trus brgkt krja deh.. 😁

Barang2 stlh dipakai, ditaro d tmptnya coz nyari brg yg ditaro sembarangan jg termasuk aktivitas pencuri waktu..

Teh Hilda:
I see. Nuhun, Teh Ayu. Cocok buat working mom eta mah ya 👍

*

Share pengingat:
APAKAH ANDA ORANG SIBUK ???

Ada seorang ulama berguru kepada seorang ulama

Selang beberapa lama, saat dia ingin
melanjutkan belajar ke guru lain.gurunya
berpesan :

“Jangan tinggalkan membaca Al Qur’an ,Semakin banyak baca Al Qur’an urusanmu semakin mudah”

Dan muridnya pun melakukan. Dia
membaca Al Qur’an 3 juz per hari.

Dia menambahkan hingga 10 juz per hari.

Dan urusannya semakin mudah.

Allah yang mengurus semua urusannya.

Waktu ⌚ pun
semakin berkah.

Apa yang dimaksud dengan berkahnya waktu⌚?

Bisa melakukan banyak hal dalam waktu sedikit.
Itulah berkah Al Qur’an .

Al Qur’an membuat kita mudah mengefektifkan manajemen waktu.

Bukan kita yang atur waktu⌚ kita, tapi Allah

Padahal teorinya orang yang membaca AlQur’an menghabiskan banyak waktu.

mengurangi jatah kegiatan lain, tapi Allah yang membuat waktunya itu jadi berkah.

Hingga menjadi begitu efektif.

Hidup pun efektif.

Dan Allah akan mencurahkan banyak berkah dan kebaikan pada kita karena
Al Qur’an .

Salah satu berkahnya adalah membuka
pintu 🚪🚪 kebaikan, membuka kesempatan
untuk amal shalih berikutnya.

Dan Salah satu balasan bagi amal shalih yang
kita lakukan adalah kesempatan untuk amal
baik berikutnya. Jagalah Allah maka Allah akan menjagamu
Dan sbaliknya waktu yg selalu sibuk shg hanya habis u urusan dunia, bisa jadi itu adalah tandanya ada yg salah dlm hidup kita,

Rasulullah SAW bersabda,”Barangsiapa yg bangun di pagi hari dan hanya dunia yg di pikirkannya, sehingga seolah-olah ia tidak melihat HAK ALLAH dalam dirinya, maka ALLAH akan menanamkan 4 macam penyakit padanya :
😥1. Kebingungan yang tiada putus-putusnya.
😥2. Kesibukan yang tidak pernah jelas akhirnya.
😥3. Kebutuhan yang tidak pernah merasa terpenuhi.
😥4. Khayalan yang tidak berujung wujudnya. ”
[Hadits Riwayat Muslim]

Note :
“Keberkahan waktu yaitu bs melakukan banyak amal kebaikan dalam waktu sedikit”

😊 Selamat membaca Alquran dn beraktifitas dg bekal Alqur an.

**

🌺🌺🌺🌺😊😊🌺🌺🌺

Alhamdulillah…
Diskusi manajemen waktu kita akhiri sampai disini..

Semoga ilmunya terserap dan terlaksana dg baik dg cara masing2 . Terimakasih untuk sharingnya ya bundas 😊😊

Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.

Selamat beribadah sholat magrib dan membaca serta mengamalkan alquran..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s