Diskusi · Parenting

Prinsip-prinsip Perkembangan Anak Usia Dini sebagai Dasar dan Pegangan dalam Mengasuh Anak

1446568491521

KULWAPP Sabumi (HSMN Bandung)

👸 Pemateri : Rahma Kamarullah
📋 Waktu : Selasa, 04 Agustus 2015
💡 Tema : Prinsip-prinsip Perkembangan Anak Usia Dini sebagai Dasar dan Pegangan dalam Mengasuh Anak”
🎤 Moderator: Ibu Neneng
📝 Notulen: Ibu Nisa

🍂🍂 🍂 PROLOG 🍂🍂 🍂

Assalamualaikum. Yth para orangtua yg penuh cinta kasih kpd putra-putrinya. Konsep dasar pola asuh yg sangat besar ada di orangtua dan yang sangat besar dalam asuhannya adalah IBU. Selanjutnya faktor bawaan dan lingkungan.

Faktor bawaan harus diterima apa adanya, artinya anak lahir sudah membawa bekal sebagai potensi yang siap dikembangkan.

Lingkungan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak.

Oleh karena itu lingkungan perlu dirancang sedemikian rupa agar dapat mengembangkan dan menyempurnakan apa yg d bawa anak sejak lahir.

Rancangan itu dpt dilakukan di rumah,di sekolah atau dimana saja tempat yang merasa aman dan nyaman bagi anak. Rancangan kegiatan pembelajaran berkaitan dengan karakteristik anak. Perkembangannya menjadi sempurna melalui pengalaman dari HARi ke HARI.

Howard gardner mengemukakan masa anak merupakan masa terjadinya peningkatan perkembangan kecerdasan dari 50% menjadi 80%

Peningkatan ini akan tercapai bila lingkungan memberikan rangsangan atau stimulan yg tepat.

Prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini menjadi dasar dan pengangan dlm mengasuh anak.

Ada 6 prinsip, yaitu :

1 Kematangan dan proses belajar sbg dasar perkembangan

2 Proses perkembangan : konkret dan sederhana menuju kompleksitas.

3. Tumbuh kembang: proses berkelanjutan

4. Tumbuh kembang : dari ketrampilan umum ke khusus

5. Perbedaan individual pd proses tumbuh kembang anak.

6. Anak : partisipasi aktif dalam proses perkembangan dan belajar ✅

🙋 🙋 TANYA-JAWAB 🙋 🙋

1⃣ Anak saya yang ke 2 untuk konsentrasinya kurang.
Di sekolahnya selalu tertinggal tapi kalau rasa percaya tingginya besar bahkan pernah juara adzan di sekolahnya. Faktor penyebab tdk fokus itu apa ya teh? Yang disayangkan teman sekitarnya suka main PS dan tablet jd walaupun dilarang main di rumah dia pasti nyari ke rumah temannya

✅ Setiap anak itu unik. Sepertinya cara belajarnya visual ya bu dan harus d ksh kepercayaan, jadi setiap mengerjakan tugas sekolah dia hrs enjoy dan senang, dia akan melihat lihat duli utk mendaptkan kesenangan baru dia bs selesai.
Kalau di sekolah tolong tempat duduknya hrs dipindah-pindah agar tdk bosan dg teman sebangkunya.
Yakinkan kalau dia bisa menyelesaikan semua tepat waktu, dengan memberi jadwal yg sdh dikompromikan dg anak ibu dan ada reward dan punishment agar dia bisa teratur pada tugas2nya.
Sudah bisa diminta untuk mengerjakan pekerjaan rumah spt membereskan kamar,menyapu dan mengepel yg dimulai dr kamarnya
Untuk mengasah emosinya daripada maen gedget diminta melipat baju Tanpa hrs diawasi ibunya.
Yakinkan krn ALLAH maha melihat dan nanti akan memberitahu ibu lho.
Umur 0-18 th dapat berubah tergantung pola asuh, > 18th sdh terbentuk karakternya.

2⃣ Bagaimana prinsip mendidik anak usia 14m, apa saja stimulan2 yg sebaiknya diberikan? Anak saya bicaranya baru bisa 5 kata, dan sulit sekali senyum kalau di sapa orang baru. Apakah sifat pemalu dan penakut itu bawaan atau pengaruh lingkungan bu?

✅ Stimulasi pd umur 14 bln. Berdiri sendiri tanpa berpegangan, membungkuk memungut mainan kemudian berdiri sendiri, berjalan mundur 5 langkah, memanggil ibu dg mama dan ayah dg kata papa. Menumpuk 2 kubus, memasukkan kubus d kotak, menunjuk apa yg diinginkan tanpa menangis /merengek. Anak dpt mengeluarkan suara yg menyenangkan atau dg menarik tangan ibu. Memperlihatkan rasa cemburu/bersaing. Sesuai dg pedoman stimulasi dan perkembangan tumbuh kembang anak dr depkes. Spt itu ibu sarah perkembangan umur 14bln.
Memang br 5 kata bu.tlg sering untuk dibacakan dongeng dan sering untuk bertetangga agar bisa bertemu dg orang baru.

3⃣ Anak saya ada 4.. 3 perempuan dan 1 laki laki (2 tahun)
Bagaimana prinsip mendidik anak yang laki laki supaya tidak terbawa karakter saudara saudaranya yang perempuan?

✅ Kasih mainan laki-laki dan sering interaksi dg ayahnya.krn sdh dpt d kenalkan dg kegiatan laki2. Libatkan juga dlm bermain dg kakak prrempuan dg menganggap kalau anak laki-laki itu pemimpin walau ada kaka perempuannya. Jd anak laki-laki menjd PD sbg laki-laki walau saudara-saudaranya perempuan.

5⃣ Bagaimana kita mengukur tingkat fokus pd anak ya? apakah sama kita melihat fokusnya pd anak balita yg masih lebih banyak bermain dgn anak diatas 10 thn? Anak saya perempuan usia 4 thn bu , terkadang kalau balita bermain atau mengerjakan sesuatu blm selesai sdh mengerjakan yg lain. Misalnya pekerjaan yg 1 hanya dilakukan 10 atau 15 menit, sdh mau mengerjakan yg lain. Apakah waktu 10 atau 15 mnt itu msh bisa dikatakan dia fokus utk ukuran usianya?

✅ Mengukur tingkat fokus pada anak itu sama saja bu. Karena dalam bermain kita jg bisa melihat fokusnya. Dalam bermain anak melakukan berbagai kegiatan yg berguna utk mengembangkan dirinya. Anak mengamati, mengukur, membandingkan, berekaplorasi dan meneliti. Sudah dikatakan fokus bu utuk 10-15 menit. Hrs ada aturan main jd sblm memulai permainan. Jd dia bs menyelesaikan permainan pertama dan membereskan sblm memulai permainan kedua. Biarkan anak ibu ria membereskan mainannya sendiri, Agar dia bs konsisten dan akan terlihat fokusnya. Cara belajarnya kinestetik. Jadi dengan banyak jalan atau bergerak dia semakin berkembang dan semakin bagus fokusnya.

6⃣ Untuk anak yg msh berada pd fase egosentris dan berumur <2 th, bagaimana penanganan yg tepat jika anak merebut barang milik temannya?

✅ Usia 2 th memang msh terlihat egosentris. Apalagi anak pertama. Biasakan untuk berbagi dg bicara. Dan kalau suka merebut barang temannya jelaskan kalau itu bkn mainannya dan jgn pernah bilang nanti kt beli ya mainan spt itu. Itu akan menimbulkan sifat sombong atau PD nya tidak terlihat. Timbulkan sifat berbagi mulai dari rumah dan ajak bermain dg teman2 atau saudara-saudara yg seusianya atau lebih besar atau lebih kecil, agar sifat egosentrisnya bisa berkurang.

🍃🍃 🍃 KESIMPULAN 🍃🍃 🍃

Banyak hal yang bisa dipelajari sendiri oleh anak dari lingkungannya. Tugas ortu adalah menemani dan mengarahkannya.
Yakinlah tak hanya buah hati kita yang akan mendapat pelajaran tetapi juga orangtua dg perkembangan-perkembangan buah hati kita.
Apabila kebutuhan bermainnya terpenuhi, anak akan semakin tumbuh dengan memiliki ketrampilan mental yg lebih tinggi sehingga lebih mandiri.

“Bermain sebagai suatu kebutuhan anak dan itu penting untuk perkembangan “.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)

Part of HSMN
👍FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s