Ask The Doctor · Diskusi

Ask the Doctor: Demam pada Anak Disertai Ruam

1446344950334

Bismillaahirrohmaanirrohiim
Sharing:

Demam Pada Anak Disertai Ruam & 3 Jenis Campak

Narasumber: dr. Rara Pramudita
Selasa, 11 Agustus 2015

Dear Bunda, pasti pernah mengalami betapa paniknya bila buah hati demam. Terlebih lagi jika muncul ruam kemerahan yang meluas pada kulit. Munculnya ruam kulit mendadak yang diikuti dengan demam atau gejala sistemik yang lain disebut dengan exanthema. Penyebab exanthem ini bermacam-macam, mulai dari infeksi, reaksi obat atau kombinasi dari keduanya.

Nah, amat mungkin orangtua panik dan bertanya-tanya : apakah penyakit ini berbahaya? Menular? Ini campak atau bukan? Bagaimana ya membedakan ini ruam karena yang mana ? Dan kegalauan lain yang sering disampaikan kepada dokter. Sebagai orangtua cerdas tentu ingin tahu bukan, apa saja sih yang dapat membuat anak saya demam dan ruam?

Campak (Rubeola)
Penyakit campak menular lewat droplet atau tetesan air liur saat anak bersin dan batuk. Selain itu campak bisa ditularkan lewat udara meskipun lebih jarang.

Gejala
Demam, pilek, konjungitivits (peradangan pada selaput mata), bruntus merah dan bercak koplik’s (bintik-bintik putih di pipi bagian dalam)

Perjalanan penyakit
Pertama kali timbul gejala anak biasanya mengalami demam, tidak enak badan, dan tidak nafsu makan. Kemudian diikuti dengan konjungtivitis, batuk, pilek dan munculnya bercak Koplik. Saat bercak Koplik memudar, muncul ruam merah disertai bruntus.

Urutan bercak ini dimulai dari wajah, kepala, leher, sampai ke seluruh tubuh diikuti dengan pembengkakan kelenjar getah bening. Setelah 3-4 hari, ruam ini menjadi kecoklatan dan semakin lama-semakin hilang sesuai dengan urutan munculnya ruam. Ruam akan hilang dalam 6-7 hari sedangkan batuk masih bisa bertahan sampai 1-2 minggu.

Terapi :
Tidak ada terapi khusus untuk campak. Terapi hanya bersifat suportif misalnya obat penurun panas. Vitamin A biasanya diberikan untuk mencegah komplikasi defisiensi vitamin A dan xerophtalmia (selaput mata kering akibat kekurangan vitamin A).

Komplikasi :
Diare, infeksi salura nafas, otitis media (radang telinga tengah) dan radang otak (ensefalitis).

Pencegahan :
vaksin MMR.2–4

Rubella (Campak Jerman/ Campak 3 Hari)

Rubella merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dari golongan Togaviridae. Penyakit ini ditularkan melalui droplet cairan hidung dan mulut. Masa inkubasi berlangsung 2-3 minggu.

Pada anak gejala yang dialami biasanya ringan dan dicirikan oleh ruam merah disertai bruntus seluruh tubuh, pembengkakan kelenjar getah bening dan demam ringan. Ruam dimulai dari wajah, langsung menyebar di seluruh badan dalam 24 jam dan bertahan sekitar 3 hari. Oleh sebab itu, Rubella disebut campak 3 hari. Masa penularan yaitu 1 minggu sebelum ruam muncul sampai 1 minggu setelah ruam hilang.

Terapi :
Suportif

Komplikasi :
Ensefalitis (radang otak), trombositopenia (trombosit rendah)

Pencegahan :
Vaksin MMR (Measles, Mumps, and Rubella)4,6,7

Roseola Infantum (Exanthem Subitum)

Penyebab penyakit ini ialah Human Herpesvirus 6 (HHV-6). Gejala muncul 9 sampai 10 hari setelah anak terinfeksi. Khasnya Roseola ialah demam tinggi 3-5 hari (bisa lebih dari 40oC) yang tiba-tiba turun lalu diikuti ruam merah. Ruam dimulai dari leher dan badan lalu meluas ke wajah serta ekstrimitas. Gejala lain yang mungkin muncul misalnya pembengkakan kelenjar getah bening, keluhan saluran cerna atau saluran nafas, dan radang gendang telinga.

Penularan HHV-6 paling sering dari peluruhan virus di sekresi cairan penderita saat tidak bergejala. Saat anak terkena Roseola dan menunjukkan gejala justru tidak menular. Sehingga tidak ada rekomendasi khusus untuk melarang anak ke luar rumah saat gejala timbul dengan alasan takut menularkan.

Terapi :
Bersifat suportif

Pencegahan :
Menjaga higiene dan cuci tangan. Tidak ada vaksin untuk Roseola.

Komplikasi :
Paling sering ialah kejang demam. Komplikasi lain ialah radang otak (ensefalitis), meningitis, dan penurunan trombosit. 4,10

##############

Tanya-jawab:

SABUMI 1

1. Teh adriana: adakah perbedaan dari ketiga penyakit tersebut ketika menyerang anak2 dan dewasa?

Jawab : Sebetulnya gejalanya sama antara anak dan dewasa, namun orang dewasa imunitasnya sudah lebih baik jadi gejalanya biasanya lebih ringan. Tapi perlu diingat juga kalau campak dan rubella berbahaya buat yang lagi hamil, karena bisa mempengaruhi janin.

2. Teh wafa: apakah semua anak.pasti terkena campak?

Jawab : Tidak semua anak terkena campak, tergantung daya tahan tubuh

3. Teh riri :
Bercak pasca demam itu karena apa teh rara? Suami dan anak saya biasanya muncul mulai pangkal kaki/lutut sampai ujung kaki tp g ada keluhan apa2, cuma bercak aja

Jawab : Kalau bercak pasca demam kan bisa karena infeksi virus, bakteri, alergi obat,dkk. Tapi kalau bercak saja tanpa demam macam macam riri, bisa karena alergi juga. Apalagi kalau hilang dan timbul sendiri. Mungkin baiknya diamati timbul dan hilangnya pas kapan

SABUMI 2

1. Maaf.. Kl di luar kontek.. Dok, anak saya beberapa minggu yang lalu opname, berawal dr demam lalumuncul bercak2 merah di telapak tangan dan kaki, diagnosis dokter anak saya kena flu singapore. Saya sangat awam terhadap penyakit ini, bagaimana ya dok cara membedakan antara rubella, roseola, campak dan flu singapore kerena gejalanya demam dan muncul bercak2 merah pada kulit. Terimakasih dok…. Jzklh😊😊

Jawab :
kalau Flu singapore atau bahasa lainnya HFMD (hand foot and mouth diseases). Khasnya ada bruntus isi cairan di tangan kaki. Selain itu biasanya di mulut ada semacam sariawan yang bikin anak susah makan. Kalau yang rubella, roseola, campak itu bruntusnya tanpa cairan dan juga biasanya ruam bruntusnya seluruh tubuh.

Tambahan referensi:
http://doctormums.com/demam-dan-ruam-pada-anak/

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)

Part of HSMN
👍FB fanpage:
Homeschooling Muslim
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org

Notulen : teh riani sabumi 2, teh nur sabumi 3
Final notulensi : teh erika sabumi 1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s