Ask The Doctor · Diskusi

Ask the Doctor: Kadaluarsa Obat

1446344579905

Resume diskusi harian SABUMI 1

Rabu, 19 Agustus 2015

💊Kadaluarsa obat yang telah dibuka💊

dr.Rara: http://doctormums.com/waktu-kadaluarsa-obat-yang-telah-dib…/

Buat disini yang suka nyimpen obat sampe berkerak 😂. Soalnya ini kan lagi musim batuk pilek, tetangga banyak yang nanya, boleh ga pake obat yg udah setaun lalu/entah kapan dibukanya 😅

Liza Sabumi: Kl obat anak katanya paling lama 3 bln ya dok? Sekalipun blm expired. Ada yg cuma 7 hari kaya obat racik

dr.Rara: Iya teh liza, begitu obat sudah dibuka si tanggal expired ga berlaku ya
Kaya sirup suspensi (yang tadinya kaya serbuk, terus dikasi air sendiri) bertahan cuma 2 minggu di suhu kamar, kalo misal naronya di tempat yg kena sinar matahari, jadi cuma tahan 1 minggu

Tina : Kalo obat sirup biasa setelah dibuka itu tahan berapa lama? Klo disimpan dikulkas gmn?

Yati Sabumi: maaf oot. bu dokter , klo bedanya obat generik sm yg paten apa ya?

dr.Rara: Maap buibu baru buka hape..saya coba jawab yoo

– teh liza :
Obat luar kaya salep gitu ada biasanya. Kalo obat luar kaya krim atau salep biasanya disimpen di suhu ruang, ga kering, ga kena sinar matahari.

Biasanya sih gitu teh, kecuali sama apoteknya disuruh nyimpen di kulkas, kaya krim malem buat muka kan soalnya disimpen di kulkas (tp ga semuanya)
– teh tina :
Kalo obat sirup biasa (bukan suspensi) sebetulnya kalo dari literatur bisa 3-6 bulan ya.

Kalo penyimpanan, obat pada umumnya sih nyimpennya di suhu ruang, kering, dan ga kena sinar juga udah cukup. Hehe. Kebayang kan kalo misal harus di kulkas semua, itu k24 atau kimia farma masa isinya kulkas semua 😁

Kalo obat yg mesti disimpen di kulkas biasanya dikasi tau sama apoteknya nanti

Asri : Kalo penurun demam gimana teh? Obat akhtar udah kelamaan kayaknya 😰

dr. Rara: – teh yati :
Jadi ceritanya kalo ada obat baru ditemuin, misal ada obat alergi x dengan komposisi a. Si pabrik ini punya hak eksklusif cuma dia yg boleh produksi. Selain produksi, dia juga yg nentuin harga. Mau semahal apa juga terserah dia. Nah, hak ini namanya hak paten.

Si hak paten obat baru ini saya lupa detailnya, bisa lima atau sepuluh taun. Setelah hak paten habis, muncul deh obat yg niru, dinamain obat generik.

Obat generik ini, komposisinya sama persis

Jadi sebenernya ada tiga pembagian jenis kalo misal ngomongin klasifikasi obat :
Obat paten
Obat generik
Obat generik bermerek

Contoh ya.
Generik : paracetamol
Generik bermerek : sanmol, mesamol, praxion, dll

Nah, sayangnya orang suka salah ngira, misal beli sanmol di apotek dikira obat paten, karena bermerek. Padahal sama aja isinya kaya paracetamol
Kenapa obat generik murah ? Karena tentunya dia ga pake biaya untuk research, promosi, dkk.

Jadi memang wajar kalo harganya bisa seperempat harga obat generik bermerek.

Obat generik memang murah, tapi dia ga murahan kok buibu, isinya tetep sama. 😄 yuk pake obat generik !

@teh asri : kalo kaya obat sirup penurun panas biasanya tiga bulan gitu teh. Kalo antibiotik, menurut saya baiknya sih dibuang aja kl nyisa.

Tipsnya sih kalo saya buka obat biasanya diitulisin tanggal bukanya pake stiker gitu teh

Asri : Padahal kan sanmol itu sekali make dikit bgt, trus dlm 3 bulan belum tentu kepake lagi. Berarti ttp harus dibuang ya?

dr. Rara: Sebenernya kalo sirup di teorinya kan bisa sampe 6 bulan tuh teh, tapi kl saya mah daripada lupa, mending ambil yg plg deket aja

Ayu : Nambahin sedikit dr bu dokter..

*Antibiotik dry syrup, setelah direkonstitusi
-suhu kamar: 7 hari
-kulkas: 14 hari

*Syrup/emulsi/suspensi
3-6 bulan, makanya lbh baik beli kemasan kecil.. Jika masih ada sisa, lebih baik dibuang aja..

*Tetes mata/tetes telinga/salep mata
4 minggu setelah dibuka

Di pabrik farmasi, qt melakukan stabilita open test utk memastikan kualitas obat masih memenuhi syarat selama penggunaan.

Kadar pengawet dlm obat jg dibatasi, sehingga periode penggunaan obat jg terbatas..

Sedikit pesan sponsor:
Gunakan obat jika perlu saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s