Ask The Doctor · Diskusi

Ask the Doctor: Mimisan

1446335948179

Ngobrol dengan dokter

Selasa, 25 Agustus 2015, 10.00 – 12.30 wib

Grup whatsapp Sabumi 1, 2 dan 3

“Sekilas tentang Mimisan”

Narasumber

Nama : Reqgi First Trasia, dr.
Domisili : Depok
Anak : 1 perempuan
Aktivitas : dokter umum penulis doctormums.com
Asisten penelitian Divisi Alergi-Imunologi RSCM-FKUI

Notulensi: Deasy Zaranya

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Prolog

Mimisan atau epistaksis ialah pendarahan dari hidung. Di hidung terdapat banyak pembuluh darah halus, terutama di daerah cuping hidung. Pembuluh darah itu dapat pecah jika terdapat faktor-faktor pencetusnya. Saat itulah terjadi mimisan. Anak-anak rentan terhadap mimisan karena selaput lendir dan pembuluh darahnya masih sensitif.

pembuluh darah di hidung
pembuluh darah di hidung

Secara umum, mimisan dipicu oleh:

1. Suhu udara yang ekstrem, baik terlalu panas maupun terlalu dingin. Bisa juga terjadi karena perubahan cuaca yang sangat drastis.
2. Kebiasaan anak yang sering mengorek lubang hidung.
Hidung yang terbentur benda keras atau terjatuh
3. Masuknya benda-benda kecil ke dalam hidung yang membuat hidung mengalami pendarahan
4. Terlalu lelah bermain
5. Terlalu kencang saat menbuang ingus atau mengembuskan udara
6. Anak dengan riwayat alergi. Misalnya, anak yang sering pilek (flu) atau bersin-bersin juga lebih sering mengalami mimisan.

🌺Terdapat dua faktor penyebab mimisan, yakni:

1. Faktor organik
Ditandai oleh kelainan organ bawaan sejak usia dini. Bisa berupa kelemahan pada organ atau pembuluh darah hidungnya. Misalnya, pembuluh darah hidungnya terlalu lebar, terlalu tipis atau rapuh. Dengan begitu, ketika aktivitas anak terlalu berlebih, kena iritasi, atau mengalami stres, akhirnya mimisan.

2. Faktor gangguan medik
Terjadi karena adanya gangguan pembekuan darah. Mimisan karena faktor ini disebabkan pembuluh darah dan trombosit (keping darah) gagal berfungsi menutup luka.

🌺Cara Mengatasi Mimisan

Saat pertama kali terjadi mimisan pada anak, sebaiknya Anda tidak perlu panik. Lakukanlah pertolongan pertama dengan langkah-langkah sebagai berikut:

cara yang benar mengatasi mimisan
cara yang benar mengatasi mimisan

Dudukkan anak dengan kepala condong ke depan. Hal ini menghindari tersedak atau muntah darah akibat darah berbalik arah ke kerongkongan. Dengan duduk, aliran darah akan melambat. Hindari posisi menengadah atau tidur karena darah dapat tertelan.

Tekan pangkal hidungnya dengan ibu jari dan telunjuk. Sebaiknya, gunakan kain atau tisu bersih saat menekan sehingga darah tidak berceceran. Lakukan selama 1-2 menit. Tenteramkanlah jika ia merasa tidak nyaman. Atau jika ia sudah mengerti, ajari bernapas melalui mulut sejenak.
Jika darah belum berhenti, coba kompres hidungnya dengan es yang dibungkus sapu tangan. Es dapat mengecilkan pembuluh darahnya. Ulangi juga menekan pangkal hidung.
Hindari menyumbat dengan kain, tissue atau daun sereh karena akan memperlama proses pembekuan darah.
Setelah pendarahan berhenti, cegah anak mengorek-ngorek hidung. Biasanya dengan bertambahnya usia, mimisan jadi berkurang, karena pembuluh darah dan selaput lendir hidungnya semakin menguat.

cara yang salah mengatasi mimisan
cara yang salah mengatasi mimisan

🌺Kapan Perlu ke Dokter?

Meskipun sebagian besar kasus mimisan ialah ringan, terkadang ada pula mimisan yang terjadi karena sebab serius. Sebaiknya orangtua segera membawa anaknya ke dokter apabila :

Mimisan tidak berhenti dengan penekanan setelah 10-20 menit
Mimisan yang hebat, dapat menyebabkan pingsan
Mimisan berulang dalam periode singkat disertai darah yang banyak
Anak merasa pusing, lemah atau merasa akan pingsan
Mimisan pada bayi atau anak berusia di bawah 2 tahun
Adanya Sumbatan jalan napas
Mimisan akibat trauma pada wajah
Mimisan disertai demam atau muntah darah.

Sesi tanya jawab

Sabumi 1
Nadia : assalamualaykum mau nanya ttg mimisan, mama sy(59th) suka tiba2 mimisan pdhl bliau ga mrasakan skit apa2 sblmnya .. apakah mimisan ini bbahaya? perlu di cek ke dokter atau gmn.. krn ga tll byk siy darahnya, hanya mbingungkan krn mdadak kluarnya
✅Dr. Reqgi drmums: @Nadia
Sdh brp lama sering mndadak mimisan?

Awalnya bgmn? Apa krn bersin terlalu kencang atau krn mengorek2 hidung terlalu sering? Atau mungkin ada penyakit yg menyertai?

Nadia : rasanya bulan ini udh 2x mimisan.. tp kalo dtanya, ga mrasakan apa2 sblmnya(gak pusing or demam or flu) gitu..

Dr. Reqgi drmums: @Nadia
Pada lansia, memang ada kondisi degeneratif berupa penipisan pembuluh darah, terutama sekitar hidung.. Coba diberi penekanan pada hidung sekitar 10-20 menit, jika berhenti, inshaAllah tdk brbahaya dan tdk perlu dibawa ke dokter..

sabumi 1
Asni: Aslm. Dokter dua anak sy yang pertama usia 4thn 7bln yang kedua 2thn 8bln. Sempat mngalami mimisan kmrn2. Sy curiga krn sering ngupil.hehe. klu anak yg pertama mimisan hnya kluar dr 1lubang hidung. Kalo yg ke 2 dr 2 lubang hidung. Mimisan tdk d sertai gejala pusing.dll. wktunya pun krng dr 5menit. Darahnya tdk bgtu bnyk. Pertanyaan sy mimisan itu mulai qta hrs aware krn ada gejala pnyakit lain ktka kondisi gmn ya? Trus kalo pembuluh darah d luar itu hidung nya memang jd lbh sensitif&cpt berdarah ya ketika tersentuh tangan? Makasih bnyk dokter..maap panjang

✅Dr. Reqgi drmums: @Asni
Mimisan hrs aware ketika kondisi:

1⃣ Mimisan tidak berhenti dengan penekanan setelah 10-20 menit
2⃣ Pingsan
3⃣ Mimisan berulang dalam periode singkat disertai darah yang banyak
4⃣ Anak merasa pusing, lemah atau akan pingsan
5⃣Mimisan pada bayi atau anak berusia di bawah 2 tahun
6⃣Adanya Sumbatan jalan napas
7⃣Mimisan akibat trauma pada wajah
8⃣Mimisan disertai demam atau muntah darah.

Pembuluh darah dlm hidung memang dr lokasi anatomisnya rentan tergores meski dgn sentuhan tangan.. Jd kalau mengorek2 hidung, sebaiknya jgn terlalu dalam..

Ini pertanyaanny sama dok..jd saya lsg share ke2 nya..

Sabumi 2
1. Yosi: Dokter, anak saya(lk2) paling sering mimisan. suka tiba2 pas bangun tidur mimisan agak lama, kadang tengah malam tau tau di bantal udh penuh darah. Mirip dg ayah dan adik saya, apa itu ada hubungannya secara genetics? Bilakah mimisan ini perlu diwaspadai dan perlu dibawa ke dokter? selama ini saya santey2 aja krn sudah biasa😥

2. Nanda :
Teh anak saya dlu g pernah mimisan… Skitar 2,5 tahun pas demam dia mimisan… Saya kaget.. Tp suami sya trlihat tenang… Krna ktny dia jg ska mimisan…
Teh apakah mimisan itu bisa krn faktor kturunan?
Skrg anak sya sering flu sprti yg dinjabarkan dokter.. Sprtiny alergi… Dan terkadang di hidung ny ada darah yg sdh stgh mengering…
Hiks tiap flu dia mimisan apa itu hal yg biasa? Ato perlu ke dokter?

✅Dr. Reqgi drmums: @Yosi dan Nanda
Faktor keturunan memang berperan.. Dan perlu dibawa ke dokter anak utk di cek apakah ada penyakit yg mendasari seperti misalkan (maaf) kondisi hemofilia atau kekurangan vitamin K..

Renny Sabumi 2: Anak sy usia 4th pernah tiba2 mimisan. Jd waktu itu dia nangis kencang dan lama, apa ada pengaruhnya ya? Mimisan ga banyak tp cukup bikin kaget

✅Dr. Reqgi drmums: @Renny
Secara umum, mimisan dipicu oleh:

1⃣Suhu udara yang ekstrem, baik terlalu panas maupun terlalu dingin. Bisa juga terjadi karena perubahan cuaca yang sangat drastis.
2⃣Kebiasaan anak yang sering mengorek lubang hidung.
3⃣Hidung yang terbentur benda keras atau terjatuh
4⃣Masuknya benda-benda kecil ke dalam hidung yang membuat hidung mengalami pendarahan
5⃣Terlalu lelah bermain, iritasi, dan stress
6⃣Terlalu kencang saat menbuang ingus atau mengembuskan udara
7⃣Anak dengan riwayat alergi. Misalnya, anak yang sering pilek (flu) atau bersin-bersin juga lebih sering mengalami mimisan.

Nangis kencang dan lama adalah stress bagi diri anak, jd faktor psikologis juga brpengaruh, seperti poin 5⃣👆

No name: Suami saya bila habis berhubungan pasca ejakulasi sering migren mendadak dibarengin dengan mimisan..
Dan ini sering kejadiannya..
Tapi memang kami belum sempat berkonsultasi sama dokter..
Kira2 apakah penyebabnya?
Dan bagaimana solusinya?
Makasih dok

✅Dr. Reqgi drmums:
Sdh sejak kapan seperti itu? Apakah sejak awal menikah?

Seberapa byk mimisannya?

Blum lama ini..
Ga trrlalu banyak..
Tapi lumyan sering terjadi..
Sekitar 5menit paling mimisannya..
Nanti hilang berbarengan dengan migrennya

✅ Dr. Reqgi drmums: Sebaiknya periksa ke spesialis Andrologi..

❓Sabumi 3
Suami saya cukup sering mimisan. Biasanya sblm keluar suhu tubuh tinggi, kepala pusing. Tp stlh keluar. Plong. Suhu kembali normal. Pemicunya jg blm tau krn suka tiba2. Apakah itu berbahaya?

✅Dr. Reqgi drmums: @Sabumi 3
Sepertinya tdk brbahaya, tp pasti tdk nyaman jika kondisi seperti itu brlangsung lama.. Jd sebaiknya periksa ke dokter THT utk memastikan penyebabnya.. Kalau penyebabnya bsa dihindari, tentu mimisan tdk akan terjadi..

❓ Iva sabumi 3

Keponakan aku mimisan jika meminum minuman yang dingin, apakah memang penyebab mimisan nya karena minuman dingin atau dr penyebab yg lain? Cara penanganan nya bagaimana agar tdk mimisan terus?

✅Dr. Reqgi drmums: @Sabumi 3
Secara teori, tdk ada hubungan minuman dingin dgn penyebab mimisan.. Tp jika minuman itu mengandung pengawet, pemanis buatan, dll yg bsa memicu iritasi area sekitar tenggorokan dan hidung, mungkin bsa jd pemicu.. Sebaiknya hindari minuman dingin dlm kemasan…

Sabumi 3
❓Siro : Mimisan itu sebenar nya membawa efek baik atau buruk bagi tubuh?

✅Dr. Reqgi drmums: @Siro
Mimisan adalah kondisi yg tdk baik bagi tubuh, bisa ringan atau berat.. Tdk baik krn darah keluar tdk semestinya.. Berat bila memenuhi kriteria “Perlu dibawa ke Dokter”, ringan bila sebaliknya..

❓Kelana sabumi 2

Dok.. Keponakan saya pernah mimisan, disertai suhu badan 39′ C. Sejak mimisan yg pertama setiap suhu badannya tinggi atau demam selalu mimisan. Apakah mimisan akan selalu terjadi bila kondisinya demam? Apakah ada tindakan khusus agar setiap demam tidak terjadi mimisan? Terimakasih, Jzkillah

✅Dr. Reqgi drmums: @Kelana Sabumi 2
Mimisan memang wajar terjadi pada kondisi demam, tp tetap hrs diwaspadai.. Tindakan khususnya cukup turunkan demam sesegera mungkin dgn Paracetamol setiap 4 jam sekali..

❓Thurie sabumi 3 :
Kalo saat hamil muda mimisan sesekali itu bahaya ga yah?tp cuma 5-7menit keluar darahnya?

✅Dr. Reqgi drmums: @Thurie Sabumi 3
Jika mimisannya bsa diatasi dgn menekan hidung 10-20 menit, tdk berbahaya, tp tetap hrs disampaikan ke Bidan saat kontrol bulanan.. Jika tidak bsa diatasi, sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan..

❓Tsaqif sabumi 2

Keponakan saya dr kecil sering mimisan terakhir mimisan mgg kemarin..setiap mimisan selalu banyak dan lama bisa sampai 30 !menit kdg lebih…sampai pernah dibawa ke rs dan ditampon..sampai si anak lemes,dingin n pucat..
Ibunya jg sering mimisan sampai sekarang..

Kira2 apa penyebab mimisan ini? Ktnya dr g ada polip..
Perlu kah penambah darah?
Penanganan dirumah jk kondisi mimisan yg lama..selain yg dr td jelas kan…

Jazakillah dr atas penjelasannya…😃

✅Dr. Reqgi drmums: @Tsaqif Sabumi 2
Mimisan tsb bsa krn (maaf) hemofilia atau rendahnya zat pembeku darah dlm tubuh.. Penambah darah bisa diperlukan, utk dosisnya hrs konsultasi langsung dgn dokter.. Penanganan pertama hanya sebatas yg ada dlm materi, jika blm teratasi, segera bawa ke UGD terdekat..

❓Assalamualaikum dok,
Saya sering banget mimisan..dulu hampir 2mggu sekali maksimal 1bulan sekali.. Kalau setelah haid biasanya.. Kalau kurang tidur atau kecapean..
Itu bagaimana penanggulangannya..

Ternyata…nurun sama anak yang kecil, dia sering sekalu mimisan.. Biasanya klo ngupil or kecapean juga..

Cuaca di Riyadh memang ekstrim..panas dan dingin yang ekstrim..
Adakah obat oles untuk menjaga kelembaban hidung dan mencegah mimisan.. Kr klo bangun tidur ‘nyingsring’ mengeluarkan kotoran hidung pasti ada darahnya..

✅Waalaikumsalam wr wb.. Sy blm berkompeten utk mnjwb soal obat oles hidung, sebaiknya konsultasi dgn dokter THT.. Solusi utk mimisan yg ibu dan anak alami adlh dgn menjaga kondisi tubuh dgn pola hidup, pola makan, pola tidur yg baik.. Hindari tidur kurang atau istirahat kurang.. Cuaca ekstrim di Riyadh memang tdk bsa dihindari, utk itu sebisa mungkin jarangkan keluar rumah.. Pengatur suhu dlm ruangan bsa dijadikan solusi..

❓Assalamualaikum dr,
Adik saya mimisan, prediksinya krn dia kan ngekost, males cari makan katanya mah, jd senemunya, di kampus lg ada kegiatan, sibuk, kurang makan, kurang tidur, byk mikir. Jd mimisan. Seumur idupnya baru dia ngalamin, dan dia tegang 😁😅 saya jd kabawa tegang. Saya saranin minum vit c, barangkali aja mimisan krn kurang vit c juga. Itu ada kemungkinan bhw mimisan itu tanda2 tubuhnya ‘protes’ dan butuh periksa k dokter kah?

✅Betul, mimisan bisa juga krn tubuhnya protes tdk dijaga dgn baik.. Makan yg baik, istirahat yg cukup, vitamin C juga baik utk peningkatan status imunitas tubuh.. Konsumsi gizi seimbang terutama..

❓ bagaimana meminimalkan terjadinya mimisan? bila mimisan terjadi setelah upacara/panas2an, apakah perlu menghindari upacara atau ada penanganan lain?

✅Kalau memang bisa menghindari upacara, lebih baik.. Tapi kalau tdk bisa, mungkin minta tempat utk berbaris yg teduh.. Misalkan dibawah pohon, atau di pinggir bangunan yg ada atapnya.. Kalau tdk kuat terlalu lama berdiri, minta barisan paling belakang utk bsa sedikit santai.. Usahakan sarapan pagi sblm mulai upacara..

Demikian ya buibu
Terimakasih ..nantikan obrolan bareng dokter pekan depan ya 😊

🌺🍀🌺🍀🌺🍀🌺🍀🌺🍀🌺🍀

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)

Part of HSMN
👍FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s