Ask The Doctor · Diskusi

Ask the Doctor: Kejang Demam

1446341125744

Resume Diskusi SABUMI Kamis, 27 Agustus 2015
***
Narsum: dr Wiwit (Sabumi 2), IRT, ibu 2 anak
Tema: Kejang Demam

Bismillahirrahmaanirrahiim

Gejala demam merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang timbul karena diproduksinya senyawa kimia interleukin (suatu protein hormon) sebagai respon terhadap adanya infeksi mikroba atau adanya jaringan tubuh yang terluka. Meningkatnya suhu tubuh (demam) akan menyebabkan mikroba tertentu yang ada dalam tubuh kita menjadi mati. Hal ini dikarenakan ketidakmampuan mikroba tersebut dalam mentoleransi kenaikan suhu 2-3 derajat C di atas ambang normal suhu optimumnya. Jadi, demam yang kita alami ketika sakit merupakan salah satu bentuk “pertempuran” antara sistem kekebalan tubuh kita dan zat asing berbahaya yang masuk.

Pada 4-8 persen anak usia 6 bln-5 thn demam dapat disertai dengan kejang.

***
Kejang Demam

Kejang dengan diawali demam dengan suhu rektal sama atau diatas 38 derajat yg merupakan proses diluar susunan saraf pusat. Sekitar 4-8 persen dari anak usia 6 bulan-5 thn, tidak disertai kejang tanpa demam sebelumnya.

Hingga kini penyebab kejang demam belum diketahui dengan pasti. Demam sering disebabkan oleh :

• infeksi saluran pernafasan atas,
• infeksi saluran telinga
• infeksi lambung n usus
• infeksi saluran kemih.

Kejang tidak selalu timbul pada suhu yang tinggi. Kadang-kadang yang tidak begitu tinggi dapat menyebabkan kejang.

Penyebab lain kejang disertai demam adalah penggunaan obat-obat tertentu seperti difenhidramin, antidepresan trisiklik, amfetamin, kokain, dan dehidrasi yang mengakibatkan gangguan keseimbangan air-elektrolit.

***
Bagaimana cara mencegah kejang demam?

Pencegahan kejang demam yang pertama tentu dengan usaha menurunkan suhu tubuh apabila anak demam. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan obat penurun panas, misalnya parasetamol atau ibuprofen.

Sebaiknya orangtua memiliki termometer di rumah dan mengukur suhu anak saat sedang demam. Pengukuran suhu berguna untuk menentukan apakah anak benar mengalami demam dan pada suhu berapa kejang demam timbul.

***
Pemeriksaan Suhu

Pemeriksaan suhu melalui anus yang benar2-benar mendekati suhu sebenarnya tapi jika tidak memungkinkan bisa melalui mulut atau ketiak.

Suhu melalui anus lbh tinggi 0.4 C dibanding mulut. Dan suku ketiak lebih rendah 0.6 C dibanding mulut.

***
Kejang Demam

1. Simplek
Kurang dr 15 menit, kejang tonik klonik tanpa kejang fokal tidak berulang dalam 24 jam

2. Komplek
Lebih dari 15 menit ( kejang selama 15 menit/ kejang dalam kurang dari 15 menit kemudian berulang diantara kejang 1 dan lainnya anak tidak sadar ) didahului kejang fokal, berulang dalam 24 jam.

3. Kejang fokal = kejang di salah satu sisi saja. Atau kejang umum tonik klonik) diawali kejang fokal.

***
Apa yg harus org tua lakukan saat anak kejang

1. Tetap tenang, perhatikan kejang anak
2. Longgarkan pakaian anak
3. Jika anak tidak sadar, usahakan anak tetap terlentang dengan posisi kepala miring ke kanan atau ke kiri. Bersihkan muntahan anak.
4. Jangan memasukkan benda apapun ke dalam mulut. Memasukkan sendok, kayu, jari orangtua, atau benda lainnya ke dalam mulut, atau memberi minum anak yang sedang kejang, berisiko menyebabkan sumbatan jalan napas.
5.jangan berusaha menahan gerakan anak atau menghentikan kejang dengan paksa, karena dapat menyebabkan patah tulang.
6.Catat suhu anak dan lama anak kejang
7 Beri obat melalui rektal
8 . Jika kejang lebih dari 5 menit dan berulang harap langsung ke ugd utk pemeriksaan lebih lanjut

Pada kejang demam simpleks insya Allah prognosisnya baik jika ditangani dengam baik dan cepat. Perkembangan mental dan syaraf anak yg telah mengalami kejang demam tidak berbeda dgn anak yg tidak pernah kejang demam sebelumnya. Kecuali pada kasus2 kejang demam yg fokal atau berulang.

***
Pasien kejang demam dirujuk atau dirawat dirumah sakit apabila :

o Kejang demam kompleks
o Hiperpireksia
o Kejang demam pertama
o Usia dibawah 6 bulan
o Dijumpai kelainan neurologis

*****

11033717_10207798223455351_8309087151469302411_n
kejang fase tonik dan klonik

11899772_10207798200654781_6622557848860838341_n

***

Tanya Jawab

Teh S:

Apa yg harus dilakukan ortu pertama kali saat anak kejang?

Dokter:
Yang pertama tetap tenang, longgarkan pakaian anak jk ada yg ketat terutama bagian leher ya. Dampingi terus anak. Liat bentuk kejangnya. Catat berapa lamanya. Kalau anak tidak sadar telentangkan. Dan leher dimiringkan mencegah terjadinya muntah yg masuk lagi ke dalam paru-paru.

***
Teh C:
Apakah anak harus selalu cek darah jika demam tinggi selama lebih dari 3 hari? Mengapa? Adakah ciri yg lbh spesifik kpn anak yg demam harus cek darah? Karena sy sering dengar anak dgn kondisi spt itu cek darah tp tdk ada indikasi penyakit berbahaya ( misalnya : demam berdarah)

Dokter:
Demam merupakan proteksi awal tubuh kita terhadap zat asing. Entah itu virus atau bakteri. Memang dokter rata2 menyarankan 3 hari utk tes darah jika demam tinggi.

Mengapa?

Ada korelasinya dgn demam berdarah. Virus demam berdarah ini sangat sering bermultiplikasi sehingga gejala2 bisa berbeda2 tiap pasien. Saat 3 hari sudah dapat terlihat dgn pemeriksaan darah rutin biasa. Yg biasa dilihat kandungan trombosit dan hematokrit yg berubah.

Dokter menyarankan 3 hari karena sudah terlihat dr pemeriksaan rutin biasa kelainanannya. Jika memang demam berdarah kita bisa lebih aware dan melakukan penanganan lebih dini

Sebenarnya utk demam berdarah sendiri tdk harus 3 hari, saat ini sdh ada pemeriksaan darah khusus yg demam 1 hari saja sudah bisa mendeteksi virus demam berdarah cuma biayanya mahal. Bisa 3x lipat pemeriksaan biasa

Apakah harus setiap 3 hari demam tinggi cek darah? Tetap dilihat kondisi pasiennya. Entah itu keluarga atau kita pribadi. Krn demam tinggi bisa banyak penyebabnya. Tp memang sebaiknya cek darah utk menghilangkan kemungkinan demam berdarah yg membutuhkan penanganan yg segera

Demam berdarah bisa berbahaya. Komplikasinya. Ada kasus anak yg telat trdeteksi demam berdarah hingga meninggal dunia. Asal penanganan cepat dan tepat demam berdarah insya Allah dpt sembuh dgn baik.

***
UU:
Demam yang naik turun pada anak usia 19 bulan kapan harus mendapatkan tindakan medis? Turunnya kalau sudah minum pereda a.k.a parset, abis itu panas lg

Dokter:
Tindakan medis seperti apa maksudnya? Dibawa ke RS atau ke dokter begitu? Atau pemberian obat ya?

Utk demam jika suhu sudah 38 derajat sebaiknya diberi obat penurun panas seperti paracetamol atau ibuprofen.

Kemudian dilihat kondisi anaknya jg. Ada keluhan lain atau tidak. Jika hanya demam, seperti yang saya sampaikan diatas, demam merupakan proteksi tubuh. Tandanya demam itu baik. Ada alarm dari tubuh kita kalau ada sesuatu yg tidak baik di tubuh.

Teh D:
Apakah hrs dibawa ke dokter? Karena setelah sekitar 2 jam demam lagi

Dokter:
Bisa dilihat dalam 3 hari.
Perhitungan hari begini:
Jika demam dimulai sore atau malam hari itu tidak dihitung. Demam dihitung mulai hari berikutnya. Teh dyah bisa dilihat kondisi anaknya. Kalau anaknya lemas tdk mau makan muntah dll sebaiknya dibawa ke dokter

Tapi selama anak tampak masih baik boleh di rumah dulu. Intinya kita sebagai orangtua harus tenang dan melihat kondisi anak.

Teh N:
Kebetulan pas banget dengan yang sedang terjadi sama anak sy. Ini demam hari kedua. Cuma malas makannya baru kemarin dan malam akhirnya muntah beberapa kali. Belum saya periksakan ke dokter. Sambil nunggu perkembangan selanjutnya. Karena patokan ketiga hari itu. Perlukah saya cek sekarang?

Dokter:
Dilihat dulu perkembangan selanjutnya Teh Neneng. Hari ketiga atau keempat gapapa. Ini terkait dengan masa kritisnya demam berdarah sebenarnya hari 4 dan 5. Anak sudah tidak demam tp disitu biasanya dehidrasi dll tampak. Bahkan ada yg sampai tidak sadarkan diri

Jd org tua merasa tenang anak sudah tidak demam, bisa main lagi tetapi tiba2 drop. Banyak dilapangan ditemukan hal seperti itu. Ujug2 anaknya lemes dipikir org tuanya gpp, ternyata sudah telat. Dibawa ke RS jarum infus sudah tdk bisa dimasukkan dan meninggal.

Mohon maaf saya bukan menakut-nakuti tp deman berdarah itu penyakit yg sering kita dengar dan endemis di Indonesia. Supaya tidak terjadi ke anak2 kita. Amin:)

***
Teh M:
Sampai usia berapa tahun kejang demam berlangsung, mengingat anak pertama saya ketika usia 2 tahun sempat kejang demam.
Apakah faktor turunan berpengaruh?
Kejang demam yg bahaya itu seperti apa?

Dokter:
Kejang demam biasa terjadi diusia 6 bulan hingga 5 thn. Dan dapat berulang :
1. Pada anak yang pernah kejang demam sebelumnya
2. Usia kejang demam pertama kali dibawah 12 bln
3. Suhu yg rendah saat kejang. ( misal di 38 derajat saja sudah kejang )
4. Anak2 yg cepat kejang setelah deman

Biasanya anak2 yg sudah pernah kejang sebelumnya dibekelim obat yg dimasukkan melalui anus saat anal kejang. Sebaiknya langsung diberikan pada anak yg kejang. Kejang demam yang bahaya adalah kejang demam kompleks

Berlangsung lebih dr 15 menit. Atau dalam 15 menit kejang 2x diantara kejang anak tidak sadar

Teh M:
Faktor turunan bisa?? Terus apa mungkin adiknya akan mengalami kejang demam juga?

Dokter:
Ada kemungkinan teh.Tapi mudah2an tidak. Bagi semua ibu2 harus waspada selama demam masih dibawah 38 its ok menunda pemberian obat. Tp kl sudah 38 saran saya beri obat penurun panas untuk mencegah terjdinya kejang demam. Krn kejang demam bs terjadi pada siapa aja. Meski persentase cm 4-8persen. Mencegah lbh baik.

***
Teh I:
Anakku dari sejak lahir sampai umur 6 tahun sering mengalami step. Dari riwayat keluarga hampir mengalami step sejak kecil. Dlm 6 tahun itu, dalam satu tahun, dua kali di opname. Sekarang umurnya sdh 8 tahun, demam kejang nya sdh tidak ada,tp untuk saat ini banyak keluhan di perut, seperti infeksi usus. Apakah terjadinya keluhan di perut disebabkan krn konsumsi obat dalam waktu 6 tahun? Apakah akan terjadi lagi demam kejang. Terima kasih

Dokter:
Saya bantu jawab sebisa saya, karena informasinya harus lebih detail

1. pertama kali kejang demam usia berapa?
2. Sekali kejang demam berapa lama? Kejangnya seperti apa?
3. Saat kejang demam dibawa ke dokter tidak?
4. Diopname 2x dlm setahun diagnosis dokter ya apa

Teh I:
1. kurang dr satu tahun langsung ke ugd rmh skt
2. untuk tahun pertama kejang disertai buih dr mulut. Diawali dgn panas tinggi. Demam di atas 40
Kejang kedua di bekali dokter obat demam sama obat yang dimasukan ke anus
Untuk tahun terakhir, demam disertai muntah muntah, di opname beberapa hari, Indikasi nya infeksi usus

Dokter:
Dibawah 6 bulan atau diatas 6 bulan teh. Sudah diperiksa apa saja oleh dokternya?

Teh I:
Sepertinya di bawah 6 bulan. Selama 1-5 tahun demam kejang pulang pergi dokter. Infeksi usus pd wktu opname terakhir. Sekitar 6 thn

Dokter:
Oke begini.. sy jawab semampu saya ya.

Saat anak dibawah usia 6 bulan kejang demam, yg harus difikirkan kemungkinan terburuk ada infeksi baik meningitis atau enchepalitis atau epilepsi. Tp tetap dilihat kejang anaknya tonik klonik atau fokal dan periode kejangnya seperti apa

Maaf menambahkan dibawah usia 6 bln dan diatas 5 thn

Pada kasus anak Teh I, benar2 harus ditilik lebih dalam lagi. Pernah dicek EEG atau tidak? Elektroenchelpalograph/Elektro Enselo Grafi (EEG) adalah suatu alat yang mempelajari gambar dari rekaman aktifitas listrik di otak, termasuk teknik perekaman EEG dan interpretasinya. Diperiksa aktifitas listrik otak nya.

Ini murni kejang demam biasa atau bagaiamana?
Apa kemungkinan epilepsi bisa dihilangkan dari EEG?
Apakah bs kejang lagi? Tergantung diagnosis akhir kejang demamnya anak.
Karena kejadiannya sudah lama dan butuh byk informasi disayanya.
Krn kejang demam jg bs menyebabkan epilepsi. Mudah2an tdk terjadi di anak teteh

Utk gangguan usus jg harus dilihat lg , gangguan seperti apa?

Teh I:
Oh, jd kalau sedari kecil kejang demam, sudah dewasanya epilepsi?

Dokter:
Ga selalu. Epilepsi saat kecil jg bs terlihat ko teh. Dan ga setiap kejang demam akan menjadi epilepsi. Dilihat kejang demamnya seperti apa. Krn rata2 kejang demam ini prognosisnya baik kok. Utk kejang demam kasus tertentu yg ada komplikasinya

Gangguan usus harus dilihat lg seperti apa. Sejak kapan? Bagaimana gangguannya? Apa susah bab, nyeri perut, mual2. Harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut utk menentukan ini gangguam usus yg apa teh

Apa bisa efek samping dr pengobatan 6 thn? Ya mungkin saja bisa. Tp kemungkinan kecil kalau penggunaam 6 th, tp baru terasa saat usia 8 thn

***
Teh S:
Bu dokter, saya beberapa kali pernah liat anak yg kejang lalu dikasih kain yg dililit sendok utk digigit, katanya utk mengatasi lidah agar tdk tergigit.
Apakah benar saat kejang lidah anak akn tergigit?

Dokter:
Bisa lidah tergigit tp sebaik ya tdk memasukkan apapun kedalam mulut anak yg sedang kejang, dikhawatirkan tertelan dan malah berbahaya utk anak

Teh L:
Ada yg bilang klo anak suka kejang dikasih kopi az, itu gmn dok?

Dokter:
Setau saya Secara medis kopi tidak berkorelasi pencegahan kejang demam berikutnya. Anggapan yg salah. Cmiiw

***
Teh R:
Klo misalkan anak baru demam dan sudah mncapai 38 derajat apakah gpp klo langsung diberi obat penurun panas, ada yg mengatakan jangan dulu biar tubuh anak melawan dulu atau langsung dikasih obat?

Dokter:
Saran saya batas pemberian obat di 38 derajat. Dibawah itu tdk apa2 blm diberi obat.
38derajat di ketiak=39 derajat di anus lo

38 derajat itu pun sebaiknya dr anus bukan ketiak. Pengukuran suhu spt yg sdh sy jelaskan diatas dpt melalui anus ketiak mulut n telinga. Yg lazimnya dilakukan dan mudah di mulut n ketiak

Tp harus digaris bawahi mengenai perbedaan pengukuran suhu.melalui anus beda 0.4 c lbh tinggi dibanding Melalui mulut . Melalui ketiak lebih rendah 0.6 C dari mulut. Dan suhu yg paling mendekati suhu tubuh jika dicek melalui anus

Jd disimpulkan baiknya diberi obat saja jika sudah 38 derajat. Dgn mempertimbangkan juga perbedaan pengukuran suhu.

***
Teh L:
Mau tanya apa benar ibuprofen efeknya lebih berbahaya..Saya pernah baca postingan ada yg sampai kulitnya bentol2 parah

Dokter:
Semua obat dari bahan kimia. Penggunaan nya sudah ada dosisnya. Semua obat jg bisa memicu alergi dan tiap org bisa berbeda alergi thdp obat apa. Termasuk ibuprofen bisa memicu alergi dan ada efek samping lain yg sering ditemukan seperti iritasi lambung.

Ibuprofen jgn memiliki efek yg baik. Di lapangan bs menurunkan panas lbh cpt dibanding paracetamol. Utk iritasi lambung dokter menyarankan minum obatnya setelah makan. Dalam kasus yg bentol2 parah kemungkinan itu alergi teh. Bukan cm ibuprofen obat2 lain jg bisa menyebabkan alergi seperti itu. Bahkan bisa melepuh seluruh tubuh n dirawat di RS>

Yg terparah jg bisa syok makanya saat ke dokter, pasti dokter menanyakan ada alergi thd obat atau tidak. .

Tp saya pribadi lebih menyarankan penggunaan paracetamol, daripada ibuprofen:) mudah2an membantu

***
Teh S:
Klo demam tinggi itu kan harus di kompres dengan air hangat..
Tapi org tua dulu itu pada pake alkohol..
Nah efek alkohol untuk penurun panas itu apa ya?..

Dokter :
Alkohol sbnrny tdk disarankan utk dikompres krn tidak memberikan efek yg baik utk demam. Malah bahaya jika terhirup bisa menyebabkan hipoglikemi dan koma teh. Sebaik ya di kompres hangat saja

*****

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s