Ask The Doctor · Diskusi

Ask the Doctor: Merawat Kesehatan Gigi Anak

1446515774939

 

Bismillaahirrohmaanirrohiim

󾁅󾌵󾁅󾌵󾁅󾌵󾁅󾌵󾁅󾌵󾁅

Resume diskusi SABUMI (HSMN BANDUNG)

Tema : Kesehatan Gigi Anak

Hari/Tanggal: Selasa/1 September 2015
Jam: 20.00
Narasumber: Hani Mardiana, drg.
Moderator: Ucy – Sabumi 2
Notulen : Shofa – Sabumi 2

✏Paparan
Merawat Kesehatan Gigi Anak
By : drg. Hani Mardiana

Perawatan kesehatan gigi anak sangat penting karena kondisi gigi saat ini mempengaruhi kesehatan gigi dewasa penggantinya nanti. Oleh karena itu, merawat kebersihan gigi harus dimulai sejak dini.

Ada beberapa fungsi gigi dalam mulut:
1. fungsi mastikasi (pengunyahan). Tumbuh kembang anak-anak sangat tergantung pada nutrisi makanan yang diasupnya. Makanan berhubungan dengan proses pencernanaannya. Mulut merupakan tempat pertama di mana makanan diproses sebelum masuk ke saluran pencernaan selanjutnya. Gigi-lah yang berperan dalam pencernaan makanan dalam mulut. Kasian kan lihat anak-anak yang tidak mau makan karena giginya sedang sakit..
2. fungsi fonetik (suara). Dalam pengucapan beberapa huruf, tergantung pada gigi.Contohnya huruf F, T, dll yang memerlukan keberadaan gigi dalam pengucapanannya. Jika tidak ada gigi, beberapa pengucapan akan sulit dan anak pun jadi “cadel”.
3. fungsi estetik (keindahan). Gigi yang rusak atau ompong bisa mempengaruhi percaya diri anak. Kasihan kan kalau anak kita dijadikan bahan ejekan oleh teman2nya karena giginya ompong..

Ini juga penting untuk orang tua. Urutan erupsi(muncul pertama kali) gigi anak dan dewasa berbeda2. Nanti saya lampirkan tabel urutan erupsinya ya.

Kemudian, ada hal-hal yg mempengaruhi kesehatan gigi anak:
1. nutrisi. Makanan yang sehat dan seimbang penting untuk anak termasuk untuk pedtumbuhan gigi. anak-anak harus diajarkan makanan yang beragam, semakin sering rahang dipakai untuk mengunyah, rahang akan bertumbuh,otomatis benih gigi akan dapat keluar dengan baik karena tersedianya ruangan untuk gigi muncul.
2. kebiasaan. Anak yang sering menghisap jempol atau bernafas dengan mulut akan memiliki kecenderungan gigi depan protrusif (maju). Jadi sebaiknya hindari kebiasaan2 buruk itu.
3. genetik. Gigi anak dan orangtuanya biasanya tidak terlalu berbeda. Contohnya kalau gigi ortunya jarang-jarang,biasanya gigi anaknya juga begitu.

Kapan mulai menyikat gigi anak?
Menyikat gigi dimulai sejak anak muncul gigi, walau baru 1. caranya bertahap. awalnya dengan menggunakan kassa yg dibasahi dengan air matang, saat anak tidur juga bisa dilakukan. kemudian menggunakan sikat gigi anak khusus. kalau anak sudah bisa meludah baru boleh pakai pasta gigi.

󾍗Diskusi
Q1. Shofa sabumi 1
Sikat gigi yang untuk anak <2 tahun seperti apa? Anak saya 16 m sekarang2 gak mau sikat gigi karena kalau sikat gigi suka kena ke gusinya, jadi mungkin dia sakit. Udah coba sikat gigi yang brush dan juga yang silicon, tapi sama aja. Gimana yah?
Jawab:
16 m sudah bisa pakai sikat gigi brush, yang kecil dan ujungnya membulat. Bisa dicoba ganti dulu dengan silicon atau pake kassa selama anaknya mogok. Bisa ketika anak tidur digosok, yang penting digosok. Nah kalau mau anaknya sikat gigi lg, dicoba brush atau silicon sambil kitanya sikat gigi.

2. Arti Perbedaan sikat gigi

Yang sebaris untuk anak lebih kecil,

Q2. Ummu Umar 3
Gigi geraham ummar (3,5 thn) bolong2. Gigi serinya juga ada caries. Bagaimana perawatannya dan kapan mulai tumbuh gigi penggantinya?
Jawab:
Pernah sakit gigi ga gerhaam atau gigi serinya? Kalau pernah, berarti harus dibersihkan dulu lubangnya, dibor, terus dikasih obat. Istilahnya sal. Akar, setelah tidak ada keluhan baru bisa ditambal tetap. Gigi geraham dewasa mul;ai usia 6 tahun, gigi seri 6-7 tahun. Jadi kalau masih dirawat usahakan jangan dicabut, karena masih lama gigi penggantinya.

Q3. Bunda tsaqifa
Anak saya laki-laki 11 tahun giginya menumpuk bahkan sebelumnya menumpuk dengan gigi susu, karena gigi susunya telat tanggal. Bagaimana cara merawat giginya. Benarkah kalau pasang kawat gigi harus berusia 13 tahun? Apakah ada faktor ketururunan? Ayahnya juga menumpuk. Sebenarnya dari umur berapa gosok gigi diajarkan? Dan dari umur berapa harus gosok gigi menggunakan pasta gigi
Jawab:
Pasang kawat gigi sebaiknya setelah gigi dewasa muncul semua, kecuali anak-anak berkasus khusus.

Q4. Nur 3
Fahmi (5 tahun) mulai tumbuh gigi 3 bulan. Giginya kecil-kecil sehingga jarak antar giginya lebar. Jumlah giginya sudah lengkap 20 tapi di usia 4,5 tahun muncul gigi baru di bagian seri bawa. Awalnya hanya 1, namun 2 bulan kemudian tambah 1 lagi. Belum ada gigi yang tanggal, giginya juga ga saling tumpuk, tapi gigi seri bagian bawahnya jadi padat (jadi ga berjarak) karena terisi 4 gigi. Pertanyaan: 2 gigi yang tumbuh tersebut masih termasuk gigi susu atau gigi tetap (mengingat usianya baru 5 tahun); apakah gigi susunya harus dicabut atau nunggu tanggal sendiri?
Jawab:
Terus amati giginya ya, kalau sudah muncul tanda2 putih di gusinya, berarti gigi anaknya sudah mulai digoyang-gouag supaya tidak bertumpul dan bisa tanggal sebelum gigi dewasa tumbuh.Bisa juga coba rontgen gigi supaya tau ada benih gigi atau tidak di bawah gigi seri itu

Q5. Sarah 2
Bagaimana merawat kesehatan gigi yang benar utuk anak usia 15 m, kadang saat membersihkan gigi, tangan saya malah digigit atau anaknya seperti pura2 muntah, kemudian gigi anak saya yang atas bagian tengah renggang, ada celah besar, apakah sampai besar akan begitu?
Jawab:
Bisa jadi terlalu dalam menggosoknya atau dipaksa. Coba diajak sambil main atau gosok gigi barengan bunda, nanti setelah itu bundanya gosokin supaya bersih. Usia segitu wajar anak suka main gigit jari. Renggang bisa faktor keturunan. Kalau tidak, nanti akan tumbuh rapat sendri terdesak gigi sebelahnya.

Q6. Rosi 3
Perawatan gigi anak usia 18 m seperti apa? (baru tumbuh 6 gigi). Apakah boleh usia 18 m diberi pasta gigi dewasa? Berbahaya atau tidak jika tertelan?
Jawab:
Baru tumbuh 6 gigi bisa pakai kasa dulu. Asal rutin, kan masih menyusui juga yah, sehabis menyusui bisa langsung dibilas pakai kasa yang dibasahi air matang. Tidak perlu pakai pasta gigi. Bahaya jika tertelan banyak. Coba pasta gigi non fluoride khusus anak.

Q7. Giari 2
Anak saya 6 tahun 9 bulan sekitar 2 bulan yll cabut 1 gigi susu atas deoan karena sudah goyang. Tapi sampai saat ini belum tumbuh, padahal waktu gigi bawah gak lama tumbuhnya. Normalkah? Apa yang bisa dilakukan? Asupan kalsium saat ini susu kotak minimal 1 sehari makanan dan keju.
Jawab:
Wajar, gigi atas biasanya setelah 7 tahun.

Q8. No name
Fatih (6 thn) giginya sama sekali belum ada yang tanggal. Mungkin gak sih gigi tetapnya akan tumbuh? Khawatir bertumpuk. Kebetulan faith dan tum buh gigi sejak 6 bulan dan dah lengkap 20 gigi sejak 13 bulan. Sejauh ini tidak ada keluhan.
Jawab:
Tidak apa-apa. Jika belum ada tanda2 muncul gigi dwwasa, gak usah dipaksa digoyangin. Kalau sudah muncul ggi dewwasa bisa diajak ke drg untuk dicabut, bisa digoyang sendiri sambil tidur.

Q9. Riani 2
Putri saya 2 tahun, sejak mpasi 6 bulan saya sudah membersihkan area mulut atau gusi dengan waslap khusus. Lalu beralih ke sikat gusi, dst. Saat ini anak sudah mulai rajin gosok gigi tapi belum mau pake pasta gigi. Tidak apa-apa kah? Tapi tiap bangun tidur mulutnya berbau tajam mski sudah disikat, kenapa ya? Oh ya anak saya sudah bisa berkumur tapi kadang suka tertelan. Oh ya kalao sudah sikat gigi tapi di kasur minta susu uht gmn
Jawab:
Selama gak ada keluhan gak apa-apa tapi lebih baik mulai diajak ke sdrg supaya kenal dan gak takut ke drg.
Gak apa-apa hanya lebih efektif pakai psta gigi karena suda mulai lengkap ya giginya. Bau mulut bisa disebabkan dari susu itu. Sebaiknya jangan nyusu. Atau kalau abis nyusu suruh anaknya minum atau kumur pakai air untuk ngebilas susunya. Pakai pasta giginya bertahap ya.

Q10. No name

Anak sy gigi depan nya udah mulai karies bu Dok.. skrg usia 5th. tapi sejauh ini dia tidak pernah mengeluh sakit gigi sih. Nah, gimana ya penanganannya? Apakah perlu ditambal atau bagaimana dok?
Jawab:
kalo sdh ada tanda karies,sebaiknya segera ditambal, krn kalo dbiarkan akan mudah skali membesar dan kalo sdh besar,ada kemungkinan sakit. mumpung msh kecil lubangnya, dtambal aja.

Q11. Muthi sabumi 1
a. Sikat gigi apa siy yang pas buat anak 2 tahun? Sudah diusahakan rajin 2 kali tiap hari tapi masih ada kerak putih di atas gigi depannya. Apa saya yang salah caranya atau sikat giginya yang ga pas.
b. Bisa dihilangkan ga itu kerak putih yg ada digigi depannya?
Jawab:
sikat gigi khusus anak pastinya,yg ukurannya kecil,biasanya 3 baris bulu. cara sikat giginya kemungkinan bun. menyikat giginya bulat2 kyk upin ipin ya bun,jgn digosok kiri kanan. kerak putih dsini kalo itu plak,bs dihilangkan dg sikat gigi. tp kalo tanda awal karies,ga bs bun,hanya bs dicegah jgn sampe karies(keropos)sdikit2. trus diperhatikan ya.

Q12. Lintang – Sabumi 1
Dokter, Anak saya (4y), kira2 10 bulan lalu pernah goyang giginya karena tabrakan dg kakaknya saat main. Berdarah, dan gusi bengkak. Waktu itu lgs dibawa ke dokter Gigi. Katanya lihat perkembangan aja, ga dikasih treatment apa-apa.
Sampe sekarang masih suka ngeluh sakit. Mungkin ngilu ya.
Baiknya gmn? Apa mmg tidak perlu diapa2in ya, menunggu saja ganti Gigi tetap?
Jawab:
kalo diliat kasusnya,sprtinya ada peradangan di bawah akarny,terbentur krn trauma itu bs bikin giginya mati. bengkak itu bs jd ada abses,isinya darah n nanah. saran sy, dtg lg aja ke drg, ceritakan keluhannya,nanti ditreatment. biasanya nti gigi dibor dikeluarkan absesnya trs dikasih obat giginya.

Q13. Rintan sabumi 1
Bagaimana cara efektif untuk mengembalikan gigi anak yg sudah terlanjur rusak dan bagaimana cara terbaik u merawat gigi baby yg masih usia 1,5 apakah sudah hrs mulai pakai sikat atau boleh masih pakai sikat jari?
Jawab:
kalo gigi yg sdh trlanjur rusak,ga bs dikembalikan lg teh. paling kalo yg msh bs ditambal, ditambal sblm makin parah dan sakit. intinya hindari jgn sampe gigi yg sdh mulai rusak jd tambah rusak dan mnyebabkan sakit. yg penting anak gada keluhan aja. 1,5 thn msh blh pake sikat jari, tp kalo sdh bnyk giginya dan mau, coba pake sikat bulu.

Q14. Siska-sabumi 1
a. gmn perawatan gigi yg tepat utk anak 1,5yo yg br bisa gigit2 sikat gigi dan susah banget diseka giginya pake tissue pembersih gigi
b. gigi azzam 1,5yo udah hampir lengkap, tp blm rutin sikat gigi dan masih suka ngedot pengantar tidur, ada dampak ke perubahan bentuk gigi/gusi atau tidak?
c. gigi depannya ada bercak2 coklat krn sisa makanan dan sisa, baiknya gmn membersihkannya berhubung anaknya susah banget buka mulut kalo mau dibersihkan, pengennya gigi susunya utuh dan ga karatan?
Jawab:
a. gpp bun..ajarkan anak tetep utk sikat gigi walau msh digigit,biark dia coba pegang sendiri. utk lbj efektifnya, bunda bs bersihkan pas lg tidur 󾌵
b. sebaiknya ngedot mulai dihilangkan bun,krn sisa susu bs bikin gigi karies,apalagi klo stlh ngedot susu tdk minum air putih. ngedot trs2an bs bikin gigi dpn atas agak maju,karies gigi depan.
c. diajak sikat gigi yg menyenangkan bun. coba sblm tidur, sm ibu dan ayahnya bareng2 sikat gigi, pilih sikat & pasta gigi yg dia suka. biar dia sendiri yg sikat giginya,stlh itu bunda coba utk bantu sikat gigi yg betul.

Q15. Ferra- sabumi 1
Usia brp seharusnya semua gigi susu anak hrs tanggal dan diganti dgn gigi dewasa? Apa ada batasan usianya?
Krn anak sy di umur 8thn baru pernah tanggal 4 gigi dan itu gigi seri atas bawah.
Bgmna itu dok?
Jawab:
ada di urutan erupsi gigi ya bun. liatnya di tabel erupsi gigi dewasa. kalo di tabel, gigi seri anak tumbuh usia 6-7 thn brati gigi susu tanggal pd usia sgitu. tp ada jg yg telat,trgantung nutrisi jg. 8thn itu msh normal bun, plus minus.

Q16. Widya-sabumi 3
anak saya (8 thn) mulai menggunakan trainer sejak1.5 tahun yll kadang pakai kadang tdk, sebenarnya s/d usia berapa penggunaan trainer yg efektif?
oya trainer 4 kids (T4kids) yang warna biru.
Jawab:
trainer itu maksudnya apa ya?maap kalo ga gaul 󾌳

Q17. Ajeng Sabumi 3
Anak sy 3y skrg udh mulai suka gosok gigi dan maunya gosok sendiri..tp ya itu msh sesukanya asal yg depan udh keliatan bersih. Waktu sy intip2 trnyta yg bagian geraham (atas dan bawah) udh cokelat2 kyk karang gigi..kadang mau sy bersihin tp trnyta susah ilang.
Pertanyaannya gmn cara bersihinnya ya dok? Kira2 msh bs ilang ga? Ato hrs k dokter gigi?
Pertanyaan 2: anak sy msh blm mau kumur2 klo hbs gosok gigi..jd pasta gigi lgsg d telan aja. Bahaya ga ya klo keseringan nelan pasta gigi?
Jawab:
1. coklat2 kalo susah dbersihkan bs jd tanda awal karies bun,segera ke drg ya, insyaAllaah msh bs ditambal. 2. jgn keseringan ditelan bun, apalagi kalo pasta giginya bnyk n mngandung flouride. kalo mau ksh sedikiiiiiitt aja pastanya,yg penting berbusa atw keliatan sm anak.

Q18. Ami sabumi 3
umur 21bln baru tumbuh 12gigi wajarkah? Bagaimana mengajarkan sikat Gigi yg baik? Selama ini maunya sikat Gigi sendiri Dan Gigi depan atasnya kurang bersih…
Jawab:
wajar bun, distimulasi aja dgn bnyk ngunyah. sikat gigi bersama2 ayah ibunya,biar seru..stlh itu ibunya blh bantu utk sikatkan sisanya yg blm bersih.

Q19. lis sabumi 3
Anak sy hawa 3th di bbrp bag giginya ada flak hitam, selama ini blm pernah pakai pasta gigi, apakah flaknya itu berbahaya atw tdk?, trs klo ke drg, kira² u perawatannya biar flak hitamnya hilang, butuh waktu brp lama?
Jawab:
kalo warna hitam, kemungkinan buka plak bun, sdh karies alias lubang gigi. kalo dbiarkan bs tambah besar n sakit. bawa ke drg ya. kalo tdk ada keluhan sakit, cm butuh sekali kunjungan,tp kalo lubangnya dalam dan prnah sakit, hrs dibersihkan dulu,dikasih obat gigi,baru bs dtambal. bs lbh dr 3x kunjungan.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥 FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)
󾔸 Blog: sabumibdg.wordpress.com

Sabumi is part of HSMN
󾮗FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org
󾓯 instagram: @hsmuslimnusantara
󾆺 twitter: @hs_muslim_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s