Diskusi · Homeschooler Story · Homeschooling Highlight

Resume Diskusi: Pelajaran Pertama dan Utama dalam Kurikulum Keluarga Muslim

1446372719354

 

Sabumi (HSMN Bandung)

DISKUSI PEKAN INI

 

Hari dan tanggal : Rabu, 16 September 2015

 

Waktu: Pukul 20:00-22:00 wib

 

Pemateri: Maya Dwilestari (Ummu Abdillah)

 

Tema: Pelajaran pertama dan utama yg harus ada dalam kurikulum keluarga muslim

 

Moderator: teh karlina

 

Notulen: cici frikza

 

**

 

Materi kulwap bisa malam ini bisa dilihat di:

 

Materi diniyyah dasar yg dibutuhkan keluarga hs muslim: http://www.ummujita.blogspot.com/search/label/Gratis%20Unduh

 

Berikut biodata narsum kita:

 

Nama lengkap : Maya Dwilestari

TTL : Jakarta, 18 Mei 1981

Akun fb : Maya Umm Abdillah

Domisili : Bitung, Sulawesi Utara

Anak : 3 orang 2005,2008,2010

HS sejak : 2007

Pendidikan : Insan Cendekia Serpong, Ilmu Komunikasi FISIP UI, Komunikasi Massa

 

**

 

Selayang Pandang

 

Bismillah…

 

Saat menjalankan hs, kita akan merasa begitu tingginya otoritas kita sbg ortu dlm memilihkan materi untuk anak2. Orang tua bisa memilihkan olahraga apapun, jenis bacaan apapun, komunitas apapun. Tentu mudah, karena tidak ada batasan dari kurikulum target, nilai, dan sebagainya.

 

Berkeliaran pula dengan bebasnya wacana pendidikan dg sistem ‘unschooling’, belajar tanpa batas, dan sejenisnya. Pada prakteknya, tak bisa dipungkiri kita akan melewati masa2 ‘tak terjadwal’, tetapi sangat rugi apabila kita melewati masa2 keemasan anak tanpa sebuah ‘rencana’.

 

Keluarga muslim haruslah memiliki visi keagamaan, baik yg menjalankan hs maupun tidak. Keluarga hs muslim harus memiliki ruh yang jelas tentang pendidikan agama keluarga, rujukan yang benar, target, juga evaluasi.

 

Modal Penting dalam Menjalankan HS

 

Modal utamanya adalah ilmu. Orang tua harus memulai dirinya suka belajar, haus akan ilmu. Begitu banyaknya ilmu Alloh, sedangkan usia kita di dunia sangat terbatas, membuat kita harus menentukan prioritas dlm menuntut ilmu.

 

Prioritas utk dipelajari orang tua:

 

1. Tauhid dan Akidah

Akidah adalah keyakinan yang kuat dari seorang muslim ttg prinsip2 mendasar dlm islam. Keyakinan tsb akan menjadikannya tenang, teguh prinsip. Akidah yg benar merupakan dasar dari segala tindakan seorang muslim, serta merupakan syarat sahnya amalan.

 

Tauhid maknanya meyakini keesaan Alloh dlm rububiyahnya, ikhlas beribadah kepadaNy, serta menetapkan nama2 dan sifat2Nya.

 

Perkara paling besar yg Alloh perintahkan adalah tauhid, lawannya adalah syirik. Syirik adl dosa yg paling besar.

 

Risalah para nabi dan rasul semuanya diawali dengan menyeru kaum mereka untuk menyembah kepada Alloh dan menjauhi syirik.

 

Maka, sangatlah penting sebuah keluarga mempelajari tauhid, dalam rangka menjaga keluarga mereka dr api neraka.

 

Implementasinya dalam  keluarga:

Ayah dan ibu mempelajari akidah yang benar, memahami, dan mengamalkannya. Maka, secara tidak sadar, hal tersebut akan mempengaruhi sikap, cara pandang, serta perkataan ayah dan ibu di saat mendampingi anak2 belajar.

 

Sumber2 untuk belajar akidah:

1. Buku

2. Sumber online: almanhaj.or.id

Muslim.or.id

Rumaysho.com

3. Mendatangi majelis ilmu(ini yang utama)

4. Mendatangkan guru ke rumah.

 

2.Adab meliputi seluruh tata cara hidup yang dicontohkan Rosul shollalloohu alaihi wasallam. Dimulai sejak bangun tidur sampai akan tidur kembali,

 

Para ulama zaman dahulu banyak menghabiskan waktu mereka untuk mempelajari adab sblm belajar ilmu.

 

Pelajarilah adab dr kitab ulama terdahulu. Ambillah dalil2 yg shohih, amalkan segala yg sudah dipelajari.

 

Prakteknya dalam keluarga: ibu/ayah membaca doa saat akan masuk kamar mandi. Ibu menjawab salam ayah yg baru masuk rumah, membiasakan makan dg duduk, menggunakan tangan kanan, dst.

 

Pelajaran adab lebih mudah diajarkan dengan contoh, terutama untuk anak2 yg masih balita.

 

3. Fiqih

Utamakan mempelajari fiqih dr amalan2 utama, seperti sholat, bersuci, berpuasa. Sebelum mengajarkan anak2, terlebih dahulu perbaiki cara beribadah orang tua. Cara berwudhu, gerakan2 sholat yang benar, berpuasa yg benar, doa2 yg benar.

 

Hendaknya setiap keluarga memiliki buku2 dr ulama terdahulu. Buku2 fiqih, sejarah, hadits, dsb.

 

Prakteknya dlm keluarga: bicarakan selalu ke anak2 saat akan berwudhu, saat akan sholat subuh, zuhur, ashar,magrib, atau isya, jumlah rokaatnya, dst. Ucapkan juga di sela2 waktu santai mereka keutamaan sholat, dst.

 

4. Al quran

Ajari anak2 membaca alquran. Mulai dr huruf2 hijaiyah, sampai (jika mampu) mengantarkannya menghafal keseluruhannya.

 

Pelajari juga ilmu tajwid, baca bersama2 anak, katakan kpd mereka bahwa kita juga perlu unuk memperbaiki bacaan kita, sehingga konteksnya adalah sama2 belajar.

 

Belilah kitab tafsir, bacakan ke anak2 cerita di balik sebuah ayat/surat, sambil menghafal surat tersebut bersama2.

 

5. Sejarah dan kisah2 nabi, sahabat, serta orang2 sholeh.

Belilah, bacakanlah buku2 yg berisi ketegaran para nabi, keberanian dan ketulusan para sahabat, keikhlasan dan kegigihan orang2 sholeh dlm menuntut ilmu.

 

**

 

Tanya Jawab

Pertanyaan 1 Teteh A

 

Mba maya putra putrinya hs juga kah? Bagaimana dg kurikulum putra putri mba maya?

 

*

 

Iya, 3 anak saya hs. Kurikulum umum saya mulai di usia 8 tahun. Kurikulum agama dimulai sejak awal. Apa yg paling mudah diajarkan di awal? ADAB. Membiasakan duduk saat makan, menjawab salam, masuk kamar mandi dimulai dg kaki kiri, dst.

 

**

 

Pertanyaan 2 Teh Cici

 

Apa rujukan untuk materi mengenai adab?

 

*

 

Rujukan belajar adab:

1. Ensiklopedia adab, darussunnah

2. Kulalui malamku dg sunnah nabiku, penerbit attuqo

3. Pelajaran akhlak dan hadits, penerbit attuqo

4. Kurikulum adab, penerbit attuqo ✅

 

**

 

Pertanyaan 3 Teh Iin

 

Menyusun kurikulum hs apakah berdiskusi dg suami atau langsung juga dg anak2? Harian/mingguan/bulanan?

Klasikal atau individual sesuai usia anak msg2? Berupa jadwal pelajaran? Dari jam brp sd jam brp tiap hari?

 

*

 

Biasanya, saat memulai hs, orang tua bingung mencari bahan ajar berhitung, membaca, menulis. Padahal materi2 in i adl hal yg mudah. Ttapi kita suka lupa, ilmu yg sesungguhnya adl perkataan alloh dan rasulNya. Maka, kejarlah ketinggalan kita sbg ortu dlm ilmu2 agama. ✅

 

Ttg kurikulum saya bagi 2 (berdasarkan yg saya jalankan)

 

1. Materi utk usia di bawah 8 tahun

Perbanyak materi adab (karena sangat aplikatif), biasakan hafalan quran di waktu yg sdh ditentukan, selesaikan iqro’. Ajak anak2 dlm ibadah sehari2 sesuai kemampuan mereka (bersuci, sholat, puasa, dsb). Materi umum bisa dilakukan sambil bermain, sambil menyelesaikan proyek, dsb.

Bila anak sangat ingin bisa membaca, bisa mulai belajar membaca. Utk materi umum, saya memulainya dr kegemaran masing2.

 

Anak pertama suka bahasa, dan cerita, serta ketrampilan. Itulah yg saya lakukan kepadanya. Lama2 ia sangat ingin bisa membaca, lalu belajar membaca sampai bisa. Anak ke dua lbh suka aktivitas fisik, anak ke 3 suka hal2 berbau militer, dari sanalah awal mula perjalanan belajarnya (lalu memasukkan semua unsur agama sebisa mungkin)

 

 

2. Materi 8 th ke atas

Anak 8th ke atas biasanya memilih utk belajar teratur. Anak saya mulai meminta belajar kayak anak sekolah di usia 8th. Maka, kami belajar materi agama dan umum mengikuti buku. Utk materi agama, buku pelajaran yg kami pakai adl terbitan attuqo. Ditambah buku2 penunjang utk saya baca. ✅

 

Kurikulum hs saya sendiri yg cari2 dan memodifikasi. Pada prakteknya, sangat fleksibel, dan anak2 yg suka punya inisiatif dlm hal berkreasi.

 

Jadwal belajar, anak2 sendiri yg menyusun, tetapi buku2 saya yg pilihkan,

 

Jadwal pagi jam 8-10

Jadwal sore jam 4

 

 

Utk anak 1 dan 2 belajar sdh sesuai jadwal. Anak ke 3 yg usia 5 th hanya mengejar yg wajib saja: iqro dan hafalan.

 

Di luar yg terjadwal, kontrol thd ibadah, adab, tentu terus berjalan ✅

 

**

 

Pertanyaan 4 Sabumi 2 Teh Neni:

 

Untuk point ke 5 sejarah dan kisah2 nabi. Apakah perlu referensi buku2 ensiklopedi yg marak saat ini dijual agar anak kita cinta buku jadinya atau org tua bisa memanfaatkan ebook untuk menghemat biaya. Krn yg saya fikir jika ebook secara langsung kita mencontohkan anak  berinteraksi dg internet secara langsung. Padahal sebelumnya sebagai org tua sudah komit untuk tdk menggunakan gadget ketika berinteraksi dg anak2.

 

*

 

Utk sejarah dan kisah nabi, yg terbaik adalah karya ibnu katsir. Maasyaa alloh, beliau mengarang kitab tsb bertahun2, menelusuri jejak ilmiahnya. Beliau menuliskan sejarah penciptaan alam semesta sampai huru hara akhir zaman. 1 set buku ini saja cukup menurut saya.

Tetapi, utk dibaca anak2, bisa dipilih yg lbh ringkas. Buku yg baik, memiliki rujukan yg jelas, sumber2 kisah yg bisa dipertanggungjawabkan,

 

 

Saya punya buku yg laris, saya baca kisah nabi adam, subhaanalloh, kenapa kisah nabi dicampur dg teori evolusi? Saya punya juga buku seri sahabat. Di buku yg berjudul Ali radialloohu anhu, dikatakan, terjadinya beda pendapat pasca pembunuhan Utsman bin Affan telah membuka kedok muawiyah, yg bernafsu menduduki tahta khalifah, laa haula wa laa quwwata illa billaah. Ini fitnah keji thd muawiyah. Muawiyah seorang sahabat, perawi hadits. Jangan tertipu dg tampilan buku, testimoni, dan sebagainya. Perhatikan isi buku tsb, bagaimana latar belakang pengarangnya, dsb.

 

**

 

Pertanyaan 5 Teh Adriana

 

Bagaimana tahapan2 dalam mengajari anak akidah yg sesuai dgn usianya?

Pengen dijelaskan lebih detail  Misalnya usia sekian anak diajari A, usia selanjutnya B dst.

 

*

 

Disclaimer dulu ya: semua yg saya paparkan berdasarkan pengalaman saja, bisa saja salah, mohon koreksinya.

 

 

Akidah yg utama, ajarkan 3 hal:

 

1. Mengenal Alloh

2. Mengenal Nabi dan Rosul

3. Mengenal Islam

 

Kembangkan 3 hal ini sesuai tahap usianya

Di usia dini, kenalkan bahwa Tuhan kita adl Alloh, agama kita Islam, Nabi kita Muhammad shollalloohu alaihi wasallam. Kenalkan Alloh sebagai pencipta, sebutkan semua makhluk ciptaanNya, variasikan dg permainan, kreasi, dsb. Kenalkan Alloh sbg satu2nya yg berhak disembah, tempat memohon, tempat berdoa. Contoh: adik sakit ya, ayo kita berdoa memohon kesembuhan kpd Alloh.

Kenalkan Alloh memiliki nama2 dan sifat2. Adik tadi kenapa menyembunyikan mainan teman? Ayo minta maaf kpd temanmu, lalu memohon ampun kpd Alloh, krn Alloh Maha Pengampun.

Bacakan cerita2 ttg nabi dan rosul

Ajarkan ttg rukun islam dan rukun iman.

 

Semua hal di atas variasikan dg bercerita, berkreasi, dsb. Hal2 tsb diulang terus di tahap usia selanjutnya dg menambah materi. Misalnya anak2 sdh mulai mengenal masing2 amalan rukun islam, anak2 mulai mengenal nama2 dan sifat2 Alloh, anak mulai mempraktekkan adab2 lain dlm kesehariannya.

 

**

 

Pertanyaan 6 Teh Riani

 

Mbak maya punten nyambung dikit..yg ibnu katsir judulnya apa dan formatnya cerita anak apa bukan? lagi nyari juga untk anak sejarah nabi nya

 

*

 

Yg ibnu katsir utk orang tua mba, tebal sekali, ada 20 jilid, itu modal buat ortu. Modal ilmu.

 

Kl utk anak2 yg paling saya suka tulisan abu afifah ar raji, penerbitnya saya lupa, ada 7 jilid, bahasanya mudah, rujukannya jelas.

Kl kisah2 saya sukaaa sekali kisah2 pilihan utk anak muslim dr penerbit attuqo.

 

**

 

Pertanyaan 7 Teteh B

 

Bagaimana mengajak orang-orang satu rumah untuk selalu menciptakan kondisi yang Islami? Karena mungkin akan timpang kalau misalnya orangtua mengajak anak untuk solat tepat waktu sedangkan omnya (yang satu rumah) tidak solat.

 

*

 

Sebisa mungkin si om juga diingatkan. Bacakan kepada anak cerita ttg keluarga imran, yg sekeluarga dijanjikan surga. Bacakan cerita ttg Nabi Nuh, yg anak serta istrinya tdk mendengarkan seruan Nabi Nuh.

Intinya adl: Alloh pemilik hidayah, maka mohonlah hidayah, dan kerjakan amalan2 soleh. Tetap sayang kpd si om, tetapi ibu juga tetap tampakkan di depan anak mengajak si om utk sholat.

 

**

 

Pertanyaan 8 Teh Cici

 

Usia berapa anak baiknya diajarkan membaca iqro? Krn ada teori yg mengatakan sebaikny anak tdk diajarkan membaca simbolik sblm 7 thn

 

*

 

Kl anak2 biasa melihat ortunya baca quran, dia pasti ingin bisa juga. Ada anak yg lbh dulu menghafal quran, sblm bisa membaca. Jd, yg hrs dilajukan ortu adl memberikan teladan, selanjutnya anak2 dg sendirinya akan minta diajarkan al quran.

 

Selain itu, sebutkan keutamaan2 membaca, menghafal, dan mengamalkan al quran. Kita terus dan terus berdoa kpd Alloh agar anak2 kita mencintai Al Quran. Biarlah manusia berteori. Sibukkan diri kita dg belajar, memperbaiki diri, dan mendidik.

 

Ohiya, anak pertama saya belajar iqro umur 4th, anak ke 2 5th, anak ke 3  usia 5th.

 

**

 

Pertanyaan 9 Teh Fitri Qale sabumi 3

 

Untuk buku cerita fiksi  sebaiknya tdk sama sekali atau bagaimana? Misal cerita clara ng.

 

*

 

Buku2 cerita fungsinya memperkaya perbendaharaan kata. Sebisa mungkin buku2nya bukan khayalan yg keterlaluan, tetapi cerita yg memudahkan anak memahami sebuah konsep. Misalnya konsep saling menghormati. Anak2 akan paham apa itu menghormati jika digambarkan dg cerita, sebenarnya bisa ambil cerita2 sahih, tetapi sebagian ulama membolehkan cerita2 khayalan/kiasan dlm rangka memahamkan sebuah konsep kpd anak. Dg tdk mengurangi rasa hormat, saya tdk membacakan cerita2 rakyat, maupun tuan puteri.

 

**

 

Pertanyaan 10 Teh Ade

Selama menjalankan hs ini.. kendala apa yang pernah dihadapi?

 

*

 

Kendala, kl mau jujur, paling banyak datang dr dalam diri kita. Mood, turunnya semangat, malas belajar, salah memanfaatkan waktu, dsb. Musuh utama adl kemalasan.

 

**

 

Pertanyaan 11 Ummu Umar

Selama menjalankan hs ini rujukan buku cerita utk mengenalkan nabi dan Rasul pake buku apa? Apa ibu yg hrs “membahasakan” sendiri dr kitab ibnu katsir atau ada bukunya? Punten minta merk, soalnya khawatir salah ambil referensi.

 

*

 

Saya lupa penerbitnya

Kisah2 nabi dan rosul pengarangnya abu afifah ar raji, penerbit nya saya lupa. Ada juga buku kisah2 shahih bukhori. Kl mau yg bergambar dan berwarna, dr penerbit Perisai Quran qids.

 

**

 

Pertanyaan 12 Teteh C

Bagaimana cara menentukan referensi yg shahih utk bekal mengenalkan aqidah pd anak?

 

*

 

Kita tentu mengenal nama2 ulama besar dan karya2nya. Kalau belum bisa dicari lewat situs pencari yufid.com

 

**

 

Pertanyaan 13 Teh Ratih sabumi 3

 

Bu maya, bagaimana dengan interaksi sosial anak2 ibu dengan  teman sebayanya? Apakah mengikuti kegiatan khusus atau seperti apa? Makasih..

 

*

 

Interaksi sosial ngga masalah, alhamdulillah. Kami tinggal di daerah minoritas, dg budaya yg jauh berbeda, anak2 tetap bisa bermain, berteman, walhamdulillah. Saat ini, kami sedang ada di Jakarta, mumpung di jkt anak2 minta kegiatan les. Tapi mereka ngga meminta utk dpt teman banyak juga. biar ada variasi saja. ✅

 

**

 

Pertanyaan 14 Teh Dyah

 

Sejujurnya fakir ilmu sekali soal kitab karya para ulama yg bs di jadi kan rujukan. Kl berkenan minta penjelasan nya atau contoh kitab shahih lainnya.

 

*

 

Utk akidah, bisa merujuk ke kitab ustul tsalatsah. Fiqih, ke kitab al umm karya imam syafi’i. Tafsir ringkasan ibnu katsir. Kitab2 tsb kl bs jd prioritas sblm hal2 lain. Alhamdulillah, kitab2 tsb sdh diterjemahkan semua.

 

**

 

Penutup

 

Kesimpulannya, ayo kembali kpd kitab para ulama yg soleh, yg tdk mendahulukan hawa nafsunya, tetapi mendahulukan dalil, Alloohu A’lam. Ohiya, kl mau tau lbh lanjut bisa buka ini:

 

Materi diniyyah dasar yg dibutuhkan keluarga hs muslim: http://www.ummujita.blogspot.com/search/label/Gratis%20Unduh

***

 

🔅🔆🔅🔆hsmn🔆🔅🔆🔅

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥facebook.com/hsmuslimnusantara

👥FB: HSMuslimNusantara pusat

📷 instagram: @hsmuslimnusantara

🐤 twitter: @hs_muslim_n

🌐 web: hsmuslimnusantara.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s