Ask The Doctor · Diskusi

Ask the Doctor: Kebiasaan Buruk Anak yg Menyebabkan Kerusakan Gigi

1446340462145

Resume Diskusi Sabumi

 

📌 Tema: “Problematika kebiasaan buruk Anak yg mengakibatkan kerusakan Gigi”

📜 Hari dan tanggal : Selasa, 22 September 2015

⏰ Pukul: 16.00 – 18.00 wib

👩🏻Pemateri: drg. Elke Ardieanty  Kusuma

 

 

🎤 Moderator: Teh Yosi

📝 Notulen: teh Nisa

 

🌿🌿🌿

Biodata Narasumber

Nama : drg. Elke Ardieanty Kusumah

TTL : Bandung, 22 agustus 1980

 

Lulusan FKG Unpad angkatan 99

 

Ibu 2 Anak laki” usia 4&5th

Praktek di Ujung Berung dan Dago

 

Kegiatan: Ibu Rumah tangga, praktek swasta, dental health consultant & motivator

 

🌿🌿🌿

“Problematika kebiasaan buruk Anak yg mengakibatkan kerusakan Gigi”

 

Kebiasaan seseorang diawali saat mereka masih anak-anak , mengetahui kebiasaan anak yang buruk sejak dini dapat mencegah kerusakan yang terjadi saat mereka dewasa nanti. Dengan melakukan hal tersebut seseorang dapat merawat gigi anak lebih baik sehingga kesehatan gigi anak dapat terjaga.

Adapun beberapa kebiasaan buruk anak ini dapat merusak gigi anak , yaitu :

 

Berikut ini penyebab gigi balita rusak serta cara mencegah gigi rusak pada balita, diantaranya:

 

1. Minim susu di dot sebelum tidur

 

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi balita yaitu minum susu dari botol dengan posisi tertidur, memang ini sangat nyaman dan membuat balita mudah tertidur. Akan tetapi dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan giginya. Selama anak tertidur lelap, maka kuman yang menempel di sela-sela gigi akan berkembang biak, karena di sela gigi selalu ada sisa susu yang tidak tertelan, sehingga bisa menjadi sarang kuman.

 

Pencegahnya:

 

Mengganti susu yang ada di botol dengan air putih, jangan berikan minuman yang manis seperti susu atau jus.Mengubah kebiasaan balita yang suka ngedot sebelum tidur dengan melakukan kegiatan lain, seperti membacakan dongeng atau menyanyikan sebuah lagu klasik.Jika dia masih ingin minum susu, maka suruh dia minum sambil duduk untuk meminimalisir susu dapat tertinggal di sela gigi. Setelah itu, minta dia untuk minum air hangat agar tidak ada sisa susu yang tertinggal di mulut.

 

2. Ngemut makanan

 

Membiarkan balita untuk mengemut makanan, terutama jika ia konsumsi nasi atau jenis makanan karbohidrat lainnya yang berada dalam mulut, meski makanan itu sudah selesai dikunyah, itu tidaklah baik bagi kesehatan giginya karena sama saja kita memberi makan bakteri dalam mulutnya. Akibatnya bakteri yang ada dalam mulut akan berfermentasi dan menghasilkan asam yang bisa merusak gigi.

 

Selain itu, kebiasaan mengemut makanan ini akan menyebabkan rahang balita tidak dapat berkembang dengan normal dan optimal. Menggerakkan rahang akan merangsang pertumbuhan rahang sehingga dengan ukuran gigi asli akan lebih besar dari pada gigi susu. Gerakan rahang yang tidak optimal juga dapat menghambat balita untuk mampu bicara.

 

Pencegahnya:

 

Melatih anak untuk mengkonsumsi makanan padat sesuai dengan pertambahan usianya. Saat ia sudah berusia satu tahun maka dia diperbolehkan untuk makan nasi. Jangan menunda untuk memberikan balita makanan padat hanya karena Anda tidak ingin dia makan lebih lambat.Mengajarkan anak untuk terbiasa makan dimeja makan agar ketika ia makan perhatiannya tidak akan teralihkan oleh hal yang lain sehingga dia tidak akan mengemut makanannya.

 

3.Menghisap jari

 

Kebiasaan menghisap ibu jari dapat menimbulkan maloklusi atau gigitan gigi yang tidak tepat mengenai gigi bawah atau atasnya. Keparahan terhadap maloklusi ini tergantung dari lamanya kebiasaan dilakukan , intensitas dan frekuensi menghisap.

 

4. Menggigit atau menghisap bibir bawah

 

Kebiasaan anak untuk menggigit dan menghisap bibir bawah dalam waktu lama dapat mendorong gigi depan rahang atas menjadi maju (tonggos) dan berdesakan

 

5. Tidak Mau gosok gigi

 

Mengajarkan balita untuk terbiasa menyikat gigi merupakan hal yang sulit dilakukan. Maklum, mulut imutnya kerap menolak saat akan dimasuki sikat gigi, bahkan beberapa anak sering mengalami mual. Terlebih lagi jika anak Anda sudah bisa melawan.

 

Pencegahnya:

 

Mengajaknya untuk pergi ke dokter gigi, mintalah dokter gigi untuk menjelaskan kepada anak cara menggosok gigi yang benar.Tempelkan gambar gigi busuk atau gambar anak tertawa dengan gigi berwarna hitam, di cermin wastaffel tempat biasa anak menggosok gigi. Tunjukkan kepada dia, jika ia tidak rajin gosok gigi, maka giginya bisa rusak seperti pada gambar.Sediakan 2 buah sikat gigi yang bergambar lucu. Sambil menggosok gigi anak, bernyanyilah “Mari Kita Gosok Gigi”, agar acara menggosok gigi jadi menyenangkan.

 

🌿🌿🌿

Kebiasaan – kebiasaan buruk yg dilakukan oleh anak-anak, kerap kali terjadi Dan tidak semua org tua menyadari bahwa kebiasaan buruk tersebut akan berdampak pada kondisi Gigi Dan mulut Anak.

Orang tua acap kali beranggapan, kelak Gigi susu yg rusak akan digantikan oleh Gigi tetap. Sehingga kerusakan pada Gigi susu termasuk kebiasaan buruk nya sering dibiarkan terjadi

Padahal kerusakan pada Gigi susu dapat dihindarkan sedini mungkin.

Kebiasaan buruk pada Anak banyak sekali. Tapi yg sering terjadi yaitu: minum susu di dot, yg dbawa hingga Anak tertidur, mengemut makanan, enggan sikat Gigi dan ngemut jempol

✅ 👍

 

🌿🌿🌿

 

Tanya-Jawab

 

1⃣ Ina- Sabumi 2

Tanya:

Budok, anak saya 18 bln, agak sulit diajak sikat gigi. Klwpn dikasih sikat gigi yg kecil utk bayi, dia senang sikat ala sendiri, dimasukkan ke mulut, tp ga bersih sikatnya.

Efeknya keliatan ada noda putih di giginya *apa gejala plak y?

Solusinya seringkali saya coba bantu gosok, dia suka menolak terus. Kalaupun disikat, berujung drama tangisan&spt pemaksaan dr kitanya. Paksaan spt itu berefek trauma jd malas sikat gigi g y?

Solusi dr pemaparan awal budok bs diterapkan utk anak 18bln kah? Soalnya sering diajak ngobrol tg akibat klw ga gosok gigi, tp nampak msh loading utk paham 😅. Hatur nuhun jwbnnya.

 

Jawab:

Hai Teh ina… Salam kenal 🙂

Anak yg sudah senang sikat Gigi, harus diapresiasi. Jangan dilihat ‘tidak bersih’ nya. Anak” utk usia 18bulan, motorik nya kn masih terbatas.Teh ina bs mengajaknya utk sikat Gigi bersama, Dan ibunya sebagai role model.

Sikat Gigi bersama didepan cermin.

Belajar sikat Gigi, tidaklah harus dikamar Mandi. Utk proses belajar, bisa sikat gigi diantara atau disela-sela Anak-anak bermain.

Yg Teh ina lakukan sudah benar, mengajaknya bicara tentang akibat jika tidak gosok Gigi. Anak-anak belajarnya kan sambil bermain. Tp mereka, bisa paham, walau tidak kita sadari.

Noda putih belum tentu gelaja plak. Harus dilihat Dan diperiksa utk memastikannya.

Yg jelas, tidak boleh ada pemaksaan yaaa… 🙂 menghindari trauma pada Anak. ✅ 👍

 

2⃣ Kurni- Sabumi 2

Tanya:

Bu dokter, anak saya usia 5 th dan 3 th.alhamdulillah pd terbiasa menyikat gigi sendiri setiap pagi,sore dan malam sebelum tidur. Kira2 kapan saat yg tepat untuk ke doter gigi? Saat bermasalah atau hrs dijadwalkan rutin ya?

Soalnya anak2 kalo dibilang dokter gigi aja udah takut duluan.. entah dpt pengalaman dari mana soal dokter gigi 😁

 

Jawab:

Teh kurni… Bagus sekali Anak”nya sudah kooperatif utk terbiasa diajak sikat Gigi. 👍🏻👍🏻

Saat yg tepat utk ke dokter Gigi, yaitu saat anak” tidak sakit Gigi. Ajaklah anak” ke dokter Gigi. Tapi sebatas ‘mengantar’ Dan melihat dokter Gigi. Bukan anaknya yg diperiksa. Jadikan contoh, Ibu/ayahnya yg diperiksa oleh drg.

Anak-anak bisa takut ke drg, bisa krn melihat di film, atau cerita kesan negatif thd drg dari teman/saudaranya.

Utk anak” yg punya pandangan negatif thd drg, berdo’a saja, smoga nanti admin mengagendakan kita ‘kopdar’. Kita periksa Gigi Anak”, di ruang terbuka, saat anak” bermain. Utk memberikan kesan yg baik Dan mengurangi ketakutan thd drg.

✅ 👍

 

3⃣ Dynna- Sabumi 2

Tanya: Assalamualaikum dok, anak saya 5y9m. Gigi depannya ada yg keropos 1, hampir 1/2nya. Apakah perlu d tambal atau dibiarkan saja?selama ini memang blm pernah d ajak ke drg.

 

Jawab:

Definisi keropos harus saya liat Dan periksa. Ibu bs foto Gigi anaknya? Dan kirim ke saya? Boleh nanti japri.

Utk Gigi keropos/berlubang/rusak. Yg harus diperhatikan terlebih dahulu adalah usia anaknya, lalu seberapa dalam kerusakannya.

Usia Anak, menentukan jenis perawatan. Apakah dibiarkan, ditambal atau dicabut.

 

Kenapa dibiarkan? Krn sebentar lg Gigi susu tsb akan segera tergantikan oleh Gigi tetap.

 

Kenapa ditambal? Krn jarak antara Gigi tetap nya tumbuh masih lama.

 

Kenapa di cabut? Krn Gigi pngganti nya/Gigi tetap nya sudah tumbuh.

 

Dari foto yg Teh dynna kirim, Gigi yg rusak, Gigi atas. Dan kerusakannya 1/3 dari Gigi utuh

Untuk Gigi atas, rata-rata akan tergantikan oleh Gigi tetap saat Anak usia 6-7 thn.

Utk kasus Anak Teh dynna, saran saya, Gigi tsb bisa dibiarkan. Tapi dengan syarat, harus diperhatikan kebersihannya utk mencegah kerusakan yg lbh buruk.

 

Kenapa dibiarkan? Karena Gigi pngganti nya bisa jadi akan segera tumbuh menggantikan Gigi susu tsb

✅ 👍🏼

 

4⃣ Ari- Sabumi 1

Tanya:

Putri kecil saya Alice 18m. Sejak awal tumbuh gigi susunya hingga skrg (hampir lengkap kurang graham trakhir aja)

Giginya tumbuh tidak beraturan..

Terutama gigi seri bawah.

Apakah perlu dilakukan intervensi ya dok?

 

Jawab:

Terima kasih Teh ari 🙂 Jumlah Gigi susu akan lengkap saat usia 2-3th. (10 Gigi ditiap-tiap rahang. Total ada 20 Gigi). Pada Gigi susu yg tumbuh nya tidak beraturan, tidak harus diberikan perawatan apapun. Yg perlu diperhatikan adalah kebersihannya. ✅ 👍

 

5⃣ Siska- Sabumi 1

Tanya:

Tahapan menghentikan kebiasaan ngedot sebelum tidur gmn ya dok? azzam 18bln masih ngedot sebelum tidur dan ketika terbangun

 

Jawab:

Teh Siska…

Tahapan mnghentikan kebiasaan mngedot sebelum tidur:

 

Mengganti susu yang ada di botol dengan air putih, jangan berikan minuman yang manis seperti susu atau jus.

 

Lakukan kegiatan lain, seperti membacakan dongeng atau menyanyikan sebuah lagu.

 

Jika dia masih ingin minum susu, maka suruh dia minum sambil duduk untuk meminimalisir susu dapat tertinggal di sela gigi.

 

Setelah itu, minta dia untuk minum air hangat agar tidak ada sisa susu yang tertinggal di mulut.

✅ 👍

 

6⃣ Tanya:

Satu bulan ini anak sy 4tahun 1 bulan suka sikat gigi sendiri. Skr d perhatikan gigi seri depan atas ada 1 yg berubah warna jd agak hitam. Solusinya apa ya dok? Skr sy sendiri yg sikat giginya lg biar bersih

 

Jawab:

Utk pertanyaan Anak yg usia 4th, tampaknya berubah warna krn trauma. Bs karena jatuh, terbentur sepertinya

Solusi untuk Anak usia 4th, bs japri ke saya? Krn ada bahasan Dan hrs saya tanyakan langsung.

✅ 👍

 

7⃣ Tanya:

Asssalamualaikum dok. Mau nanya anak saya umur 23 bulan. Dl masih bayi ketika awal tumbuh 2 gigi dpn, susah sekali untuk digosok giginya. Alhasil sekarang tampak giginya jadi agak kuning kecoklatan dan seperti kerak susah dibersihkan (foto terlampir). Apakah bisa dihilangkan? Takutnya lama2 giginya jadi roges.

 

Jawab:

Untuk Anak yg 23bulan, Gigi anak tersebut, sepertinya mudah rapuh. Karena saat didalam kandungan, asupan kalsiumnya kurang

Utk Anak yg usia 23bulan. Karena usia Gigi pngganti nya masih lama. Org tuanya harus selalu observasi Gigi tsb. Jika makin rusak, bisa dilakukan penambalan, tp harus diperhatikan kesiapan anak utk dilakukan proses penambalannya.

✅ 👍

 

8⃣ Adriana Sabumi 1

Tanya:

Kalo utk anak 2-3 th dan anak 4-5th ada ga rekomendasi pasta gigi yg bagus utk anak2?soalnya kan macam2 yg dijual di pasaran itu..

Bagusnya yg sperti apa?

Trus sikatnya yg bagaimana soalnya saya lihat jg byk macamnya ada yg trbuat dr karet, plastik, yg lentur/nggk dll.

 

Jawab:

Waahh, Teh Adriana… Sebetulnya ada topik khusus mengenai sikat Dan pasta Gigi Anak.

Saya bahas singkatnya aja y… Untuk detailnya, akan ada sesi khusus lg membahas mengenai sikat Dan pasta Gigi Anak.

Pemilihan pasta Gigi untuk anak yg utamanya: tidak mengandung pewarna/pemanis buatan, Non detergent.

Sikat Gigi Anak, dsesuaikan dengan usia Dan jumlah Gigi Anak.

Untuk Anak Teh Adriana 2-3th Dan 4-5th, sudah bisa diajarkan menggunakan sikat Gigi yg mirip dengan sikat Gigi dewasa, dengan ukuran yg lebih kecil.

✅ 👍

 

9⃣ Annisa- Sabumi 2

Tanya:

Asslm dok..

Anak saya (15bulan) saat ini sudah makan menu makanan keluarga (nasi sayur dan laukny a sudah ikut menu keluarga). Tetapi 2minggu kebelakang mulai ada kebiasaan mengemut makanan. Padahal sebelumnya tidak sama sekali. Sejauh ini baru sy coba makan sambil mencontohkan mengunyah dan mengingatkan setiap dy mulai ngemut makanan.

 

1. Kira2 apa penyebab nya dok? Apakah memang fase nya? Atau ada yg ‘salah’ dlm proses makannya?

 

2. Apakah ada hubungannya dgn rasa nyaman dr fase oral? Anak sy sudah berhenti menyusu langsung sejak 1bulan lalu. Jd semacam mengalihkan rasa nyaman nyusu ke mengemut makanan?

 

3.Apa yg dapat sy lakukan untul menghilangkan kebiasaan mengemut tersebut?

 

Jawab:

1.penyebabnya, bisa jadi ada Gigi susu yg Mau tumbuh. Ada rasa tidak nyaman atau sakit yg tidak bisa diutarakan oleh Anak. Jika Anak masih ngemut, kembali lg beri makan berupa makanan yg halus (nasi Tim) utk sementara wkt sblm ikut menu kluarga lagi.

 

2.bisa juga karena kompensasinya berhenti ASI. Hal ini berhubungan dg kesiapan anak.

 

3.Menghilangkan kebiasaan ngemut:

 

Melatih anak untuk mengkonsumsi makanan padat sesuai dengan pertambahan usia Dan jumlah Gigi yg tumbuh.

 

Saat ia sudah berusia satu tahun maka dia diperbolehkan untuk makan nasi. Tp tetap perhatikan jumlah gigi anak, krn anak berbeda pd stiap anak.

 

Jangan menunda untuk memberikan balita makanan padat hanya karena Anda tidak ingin dia makan lebih lambat.

 

Mengajarkan anak untuk terbiasa makan dimeja makan agar ketika ia makan perhatiannya tidak akan teralihkan oleh hal yang lain sehingga dia tidak akan mengemut makanannya.

✅ 👍

 

🔟 Liza- Sabumi 1

Tanya:

Kalau melihat karakteristik sebab akibat gigi rusak hari ini kan karena kebiasaan buruk anak ya dok.. Nah kalau gigi depannya mengalami karies tp diluar kebiasaan2 tersebut bagaimana ya?

 

Anak saya dr bayi tdk pernah sama sekali minum susu formula, tidak ngedot, selalu sikat gigi dsb. Saya curiga, apakah bisa krn faktor genetik? Saya dan ayahnya kebetulan kurang baik di masalah per gigi an. Alias rapuh. Atau bisa juga karena asupan kalsium yg kurang pd saat hamil?

 

Benarkah ada dua proses penanggalan gigi depan, dimana yg satunya krn goyang dan yg satunya lg krn karies seperti yg anak saya alami?

 

Mohon pencerahan ya dok. Jazakillah

 

Jawab:

Utk pertanyaan Teh Liza, karies/lubang/kerusakan pada gigi yg tidak disebabkan kebiasaan buruk, penyebabnya karena internal.

Faktor genetik Dan faktor kekurangan asupan kalsium, mempengaruhi kekuatan Gigi Susu. Proses penanggalan/pencabutan Gigi depan, Mayoritas krn Gigi pngganti nya sudah erupsi/muncul/tumbuh.

Utk pencabutan Gigi krn karies, tergntung kasus.

Tergntung usia juga.

✅ 👍

 

1⃣1⃣ Tina- Sabumi 1

Tanya:

Assalamu’alaikum,,,

Bundok,,, anak saya 3thn,,, digigi seri atasnya sudah ada keropos sedikit ditengah2 kedua g. igi seri. Pengalaman anak pertama, keropos ini akan membesar menggerus gigi2 nya yang akhirnya giginya habis. Ada cara gak ya supaya keroposnya tidak bertambah?

 

Jawab:

Wa’alaikum salam teh tina…:)

Solusi nya bisa ditambal Teh… Sebelum kerusakannya bertambah parah.

✅ 👍

 

1⃣2⃣ Ria-abumi 1

Tanya:

anak saya usia 4 thn.alhamdulillah sudah rutin ke dokter gigi utk periksa…ada lubang digigi nya dan drg menambalnya,,proses penambalan utk usia segitu apa tidak apa2 dok..suami agak khawatir utk pertumbuhan giginya …mksh ya dok

 

Jawab:

Teh ria 🙂

Bahan/material penambalan Gigi Anak, tentunya aman. Tp ada bbrp jenis bahan yg harus ekstra hati” penambalannya. Tergntung kasus Gigi yg berlubang tsb.

Ada lubang yg bs ditambal dalam 1x visit,udh lgs ditambal. Ada jg yg hrs bbrp kali kunjungan.

✅ 👍

 

1⃣3⃣ Mira- Sabumi 3

Tanya:

Aslm. Bu dokter

Bu, anak saya 21bln (Izz) alhamdulillah sudah terbiasa sikat gigi sendiri. Izz sudah mulai menyikat gigi secra menyeluruh sampai ke dalam bukan cuma gigi depannya cuma dok krn giginy blm tumbuh semua (yg dipinggir masih bnyk yg kosong), nah saat gosok gigi k bagian dlm apakah tidak akan menyakiti gusinya (bag.gigi  yg blm jadi)?

 

Jawab:

Wa’alaikum salam wr wb Teh Mira….

Pemilihan sikatnya yg harus diperhatikan. Agar tdk melukai gusi, pilih jenis sikat yg bulunya lembut. Ini berlaku utk Anak yg giginya blm erupsi/tumbuh semua.

✅ 👍

 

1⃣4⃣ Ayu-Sabumi 1

Tanya:

Aslm, bu dokter, ada lagu mari menggosok gigi ya? Minta rekamannya dok.. ☺

 

Sama mau tanya terkait kpn harus dtg ke drg, katanya ketika tdk sakit. Alhamdulillah, anak sy termasuk yg rajin dan tdk pernah bermasalah dgn gigi shg tdk pernah ke drg.

 

Kira2 apa yg akan dilakukan drg utk anak yg giginya tdk bermasalah? Dan mengapa hrs ke drg?

 

Soalnya anak taunya kl ke dokter kalau lg sakit aja.

 

Selain itu, apa ada drg spesialis pediatrik? Atau bebas saja memilih drg terdekat dr rmh?

 

Jawab:

Wa’alaikum salam… Rekamannya bs didapat di YouTube ya…:)

 

Yg dilakukan drg saat pemeriksaan pada anak yg tidak ada masalah, hanya melakukan pemeriksaan saja. Tujuannya untuk memperkenalkan Dan memperlihatkan bahwa periksa Gigi itu tidak menyeramkan.

 

Ada drg khusus Anak. Namanya drg. Sp.KGA.

 

Saran saya, jika Mau mencari drg sp.KGA silahkan. Tp jika Mau ke drg umum juga silahkan. Yg terpenting, cari drg yg ‘ramah’ thd Anak. Tdk memaksa, tidak buru”, Dan anak percaya thd drg nya. Krn sugesti Anak itu penting.

✅ 👍

 

1⃣5⃣ Syifa- Sabumi 3

Tanya:  Assalamualaikum wrwb. Teh, mau ikut nanya. Sebelumnya saya dan suami cukup santai dg gigi si sulung, tapi akibatnya kurang baik. Sekarang kami benar-benar menekankan gigi anak kedua harus bersih, tapi tampaknya terlalu memaksa sampai anak kedua ini (27 bln) selalu menghindar gosok gigi. Apa yg sebaiknya dilakukan?

 

Jawab:

Wa’alaikum salam Teh Syifa…

Jangan terlalu memaksa pada Anak. Lakukan percakapan yg dimulai dengan gambar. Hindari kalimat perintah atau tekanan yg keras.

Motivasi Anak, Dan perhatiannya tipe anaknya.

Ibu/ayah adalah best therapist.

Latihan utk lebih sabar.

Dan please…. Hindari mmbandingkan Anak satu dengan Anak lainnya. Stiap Anak adalah pribadi yg unik. 😉

Pelan” yaaa..

Kl tipe Anak yg audiovisual, bisa dimotivasi utk mlihat dalam bentuk gambar/film.

Kita tidak harus menyuruh/memerintah Anak utk sikat Gigi. Tp lebih baik memotivasi Anak agar bs mnjaga kebersihan giginya.

Krn tidak ada jaminan, sampai kapan kita bs mendampingi Anak. 😐

✅ 👍

 

1⃣6⃣ Tanya:

Anak sy umurnya 13m2w, Kalo menyusUi langsung sblm tidur/lg tidur, efeknya sama kaya ngedot sebelum tidur ga? Terus gigi anak sy yg atas jaraknya berjauhan, baru mau tumbuh yg ke-3, nanti pas gigi tetapnya berjauhan jg ato engga?

 

Jawab:

Menyusu ASI kan?

Menyusu ASI dan ngedot di botol, beda efeknya.

Sering bertambahnya usia, rahang akan berkembang. Dan saat usia 4-5th akan terlihat Gigi susu semakin jarang”.

Hal ini normal. Krn rahang mempersiapkan ‘tempat’ utk tumbuh nya Gigi tetap yg ukurannya lbh besar dari Gigi susu.

✅ 👍

 

🙋

Mau menanggapi: Boleh dijelaskan lebih detail dok. Menyusu ASI dan ngedot di botol, beda efeknya ??

 

Jawab:

Kandungan gula di ASI Dan sufor berbeda. ASI mah pasti aman utk gigi.

Kl pun Gigi rusak, bkn krn ASI, tp bs krn genetik/kekurangan asupan kalsium saat dalam kandungan.

Maksud saya kl ngedot sufor di botol

Kl ngedot ASI di botol, yg hrs diperhatikan kebersihan dot nya.

Sering kali, gusi,lidah Dan mukosa nya berjamur.

Saran saya, Anak” jgn dibiasakan ngedot.

Kl pun tetep minum nya ASI, Dan Ibu tidak bisa nete-in langsung, bs pergunakan sendok.

Lama siihh…

Kesel siiihhh…

Gada waktu siih…

 

Intinya… Smua boleh memilih metode yg dia suka. Tp harus siap dg konsekuensi dari keputusan yg dipilih.

Tidak ada yg sempurna Dan ideal. Krn kesempurnaan bukan milik kita.

Sebisa mungkin, hindari mngeluh Dan menganggap diri paling benar, yg lain salah.

 

#aah ini mah nasihat utk diri sendiri harusnya hehehehe 😣✌🏻

Punten yaaahh ambu” sholehah

✅ 👍

 

1⃣7⃣ Ratih

Tanya:

Anak saya skrg usia 26bln sewaktu usia 1th  pernah jatuh dan dua gigi dpnnya patah (masih bersisa setengah gigi) waktu itu sempat mw di bw k dokter. Cuma ad tetangga yang bilang tidak apa2 katanya takut kalau ke dokter nanti malah di tindak yang bikin anak trauma.

 

Apakah saya harus bawa ke dokter gigi? Mengingat suami jg orangnya tidak ambil pusing selama anaknya baik2 saja. Jadi saya kurang didukung untuk pergi ke dokter gigi apalagi dengan komentar tetangga itu.

 

Jawab:

Teh ratih..  Kl anaknya takut trauma ke drg, kan bisa konsul online.

Foto Gigi anaknya, kirim ke drg. Mgkn tth punya sodara atau teman yg drg. Cari 2nd ato 3rd opinions.

Krn tiap drg punya kebijakan Dan pemikiran yg berbeda mngenai jenis pemilihan perawatan. Walaupun ilmu dasarnya Sama.

Tp anaknya Teh ratih, sebaiknya diperiksa sblm ada keluhan ya

✅ 👍

 

1⃣8⃣ Ifa- Sabumi 3

Tanya:

Saya punya 3 anak.anak pertama saya usia 6thn gigi depannya sudah habis.gerahamnya sudah pada bolong.usia 3 tahun sudah sering ke dr gigi untuk ditambal dan periksa.suatu waku pernah sakit sampai nangis nangis trus ke dr gigi dan kebetulan orang tua yg mengantar.sejak saat itu anak ga mau ke dr gigi lg krn takut.akhirnya sampai usia saat ini giginya amburadul padahal rajin gosok gigi.trus apakah suply zat kapur kurang?

Karena anak ke 2 saya sampai usia 4 thn giginya rapih dan bersih tidak karies padahal intensitas makan permen lebih tinggi divanding kakaknya.

Yg terakhir…anak ke 3 saya lki laki usia 12 bln blm ada gigi yang tumbuh.apakah berbahaya atau tidak?

 

Jawab:

Dear Teh ifa…

Anaknya yg besar kemungkinan trauma nya cukup dalam.

Bkn krn suply zat kapur kurang

Tp bisa jd krn faktor lain

Tetep hrs diperiksa sblm kndisinya tambah parah, Teh…

Tp ngajaknya hrs pelan”

Utk anaknya yg bungsu, pertumbuhan Gigi tiap Anak, tiap jenis kelamin berbeda-beda. Ada yg lbh cepat (saat lahir sudah bergigi), ada pula yg lambat (usia 18bulan br tumbuh Gigi pertama).

 

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

 

👥FB Group:

Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)

 

Part of HSMN

👍FB fanpage:

Homeschooling Muslim Nusantara

🌐 web:

hsmuslimnusantara.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s