Ask The Doctor · Diskusi

Ask the Doctor: TORCH

1446513972526

Resume Diskusi Grup HS muslim nusantara
tanggal : 30 September 2015
pukul : 20.00-22.00 wib
Narsum : Dr. Darmawati Ayu
Tema : TORCH
Moderator : hesty
Notulen : nadia

bismillahirrahmanirrahiim..

Cv pemateri :

Darmawati Ayu ( Ayu), dokter umum, sehari2 mengajar di fak kedokteran undip semarang, dan praktek dokter umum di rs pendidikan undip

⛔dari sini masukin yg materi torch sebelum narsum datang itu⛔

Infeksi TORCH adalah kumpulan infeksi bbrp penyakit yg rentan menjangkiti janin maupun bayi baru lahir shingga bbrp infeksi ini digabung dan dikhususkan namanya dg istilah yg mudah diingat “torch” atau obor.

Toxoplasma, other infections, rubella, cytomegalovirus, dan herpes simplex

Mengapa penting? Infeksi ini bisa mnyebabkan kecacatan pada janin dan bayi shingga deteksi dini dan pnanganan awal bs sgt mmbantu

Pnykit2 ini merugikan krn paling parah bisa mengenai otak janin/bayi shingga mnyebabkan cacat atau bahkan kematian

Paling ringan sih gngguan pertumbuhan shingga bayi tdk akan bkembang normal

Nah utk itu kita perlu mngenali faktor2 risiko pnykt ini, siapa saja yg mudah terkena pnykt ini dan seberapa perlu kita waspada thdpnya

Ketika seorang wanita hamil maka imunitasnya otomatis akan menyesuaikan diri. Perubahan2 fisiologis selama hamil mmbuat imunitas bumil lebih rentan. Dg kata lain, bumil adalah kelompok yg imunnya lebih rendah dibanding org sehat yg tdk hamil

Dan infeksi2 ini mudah mnyerang org2 dg imun rendah spt ibu hamil. Utk itu penting sekali utk mnjaga imunitas selama hamil dan paling ideal memang skrining torch sebelum atau selama hamil

Jika sudah terdiagnosis maka pengobatan bisa segera diberikan

Jika negatif maka bumil sbaiknya mmptahankan gaya hidup yg sehat sampai bayi lahir.

sesi pertanyaan :

1. teh Almi :
Mw tanya klo down syndrom trmsk krn pnykt torch jg atw krn yg lain? ✅

jawaban dokter :
Salaam teh Almi ☺️
Sindrom down berbeda dg infeksi torch. Sindrom down adalah kelainan genetik yaitu kelebihan 1 buah kromosom sehingga tdapat gngguan berupa dismorfologi fisik dan bisa ada IQ yg lebi rendah dan penyakit sendi dan jantung. Gngguan genetik ini akibat slama pmbelahan sel saat zigot mjd janin ini gagal mmbelah, salah satu risikonya krn hamil di atas usia 35 th, tp pnelitian terkini mnyebutkan risikonya bukan hanya hamil usia tua

tanggapan teh Almi : Ooh bgtu…soalnya tmn sy putrinya sindrom down dan dmnt dokter kandungan untuk tes torch

jawaban dokter :
Penyakit sindrom down jg bisa diturunkan. Misalnya ada keluarga yg terkena sindrom down maka bisa saja nnti anaknya jg terkena. Tp hanya 20% dari smua sindrom down yg bersifat herediter (diturunkan). Sebagian besar krn non dysjunction alias kegagalan pmbelahan saat pmbentukan janin yg disebabkan krn telomer sang ibu yg tidak sekeren dulu saat masih muda ☺️

tanggapan teh Siska : telomer apa dok?

jawaban dokter :
Telomer adalah bagian kromosom yg bertugas dlm pmbelahan. Sedang ngetren krn semakin panjang dan keren telomer kita maka sel tubuh bisa mmbelah terus alias jika ada sel mati maka ada penggantinya sehingga awet muda. Lg ngetren terkait antiaging gitu hehee,
maksud saya ngetren di kalangan medis dan peneliti sih, salah satu ptanyaan terkini adalah bagaimana memperpanjang telomer kita supaya kita panjang umur bahkan imortal? 󾌱

2. teh siska :
sebaiknya cek TORCH dilakukan rutin atau gmn, kalo rutin dlm periode brp bulan sekali?
pernah cek dan hasilnya pernah kena tp sudah tidak aktif (igg atau igm gt sy lupa)
ceknya tahun 2008󾌱
blm pernah lg sampai skrg

jawaban dokter :
Boleh tanya balik ya teh☺️teh Siska sedang hamil kah?

tanggapan teh Siska :
beluumm..

jawaban dokter :
Skrining infeksi TORCH penting utk bumil atau calon bumil. Jd klo berencana hamil sebaiknya skrining torch, sehingga klo positif bisa diterapi sblm hamil. Klo masi berKB dan rncn hamilnya masih nanti ya deket2 hamil saja skriningnya gpapa, pertimbangan biaya jg hehe. Dan klo tidak hamil imunitas cukup tangguh shingga pnyakit itu sptnya tdk perlu dikhawatirkan ☺️

3. Selanjutnya pertayaan dr tth yg tdk bs sy sebutkn namanya
Beliau mengidap hepatitis B..

Alhamdulillah setelah di cek tidak menular kepada bayi. Tapi waktu kelahiran anak pertama tidak bs di bidan krn belum ketauan, apa bs ngasih asi atau engga, nular atau engga nya. Si bayi juga hrs lgsg di suntik imunoglobulin 24jam pasca kelahiran.

Apakah ada kemungkinan kelahiran kedua bs di bidan kaaah?

jawaban dokter :
Jd skrg sedang hamil anak kedua? Apakah bs di bidan, begitu ya ptnynnya?

tanggapan moderator :
belum hamil dok..

Pertanyaan lnjutan :
Dan apakah bayi hrs tetep dikasih imunoglobulin lagi?

jawaban dokter :
Ptnyn yg hrus dijawab adalah: apakah janin yg dikandung (jika hamil kedua) terinfeksi hep B? Hrus dijawab dg pemeriksaan saat antenatal care ke dokter kandungan. Jika janin positif hep B maka berbeda dg jika janin negatif (spt anak ptama). Jd saya rasa yg pnting segera stlh tahu teh anonim hamil kedua maka segera periksa status hep B sang janin

4. Dr teh Mala sabumi 2

apakah pemeriksaan torch via sampel darah (IgG dan IgM) msh reliable utk mengetahui ada tdkny infeksi? ato sdh ada metode pemeriksaan baru?

jawaban dokter :
Iya gold standard infeksi torch masih igG dan igM. IgG mnandakan adanya riwayat infeksi, jd pernah terinfeksi dan bukan berarti saat ini infeksinya aktif. Bisa saja itu kejadian 10 th yg lalu (misalnya) dan tdk berisiko pada janin. IgM positif berarti ada infeksi aktif dan ini berarti hrus diterapi

5. Irma sabumi 3
Assalamualaikum dokter..
Saya pernah dinyatakan terinfeksi TORCH, tepatnya CMV..
Apakah penyebab terinfeksi virus CMV, bgmn penanganannya agar bayi dpt lahir sehat..
Apakah ada makanan/pengobatan tertentu yg dpt mengurangi resiko dr terinfeksi virus CMV..
Hatur Nuhun.. 󾌵

jawaban dokter :
CMV atau cytomegalovirus adalah infeksi akibat virus yg akibat terburuknya bisa ke otak shingga mnganggu pkembangan otak (bisa radang, bisa sampai otak tidak berkembang). Virus adl organisme yg tdk bisa hidup sndiri tnp menumpang hehe, jd virus ini biasanya dibawa oleh hewan biasanya unggas spt burung atau bebek atau angsa (tdk masak di kuali 󾌳). Dan CMV ini sangat cemen shingga dia hanya bisa menginfeksi org yg imunnya tdk bagus. Jd teh Irma mgkn sedang sakit atau kurus sekali saat terinfeksi ya. Pada org sehat CMV bisa masuk ke tubuh tnp menginfeksi. Jadi kata kuncinya adalah imunitas atau kekebalan tubuh. Yg penting BMI normal (19-25) alias berat badan hrus cukup, tdk kurang gizi. Terus hrus makan seimbang dan rajin ibadah agar bahagia hehe. Krn org sedih dan depresi tbukti lebi rendah imunnya hehe..

Jika sudah terinfeksi cmv dan sedang hamil maka dokter kandungan akan mmberi antivirus sehingga bayi diharapkan lahir sehat. Tips menjaga diri dari infeksi cmv saat hamil ya itu: makan sehat, bahagia, jgn lupa cuci tangan sblm makan dan stlh ke wc, pakai sandal apalagi klo pny burung dan unggas di rmh.

6. Teh Asri
Apakah bayi yg terinfeksi torch bisa terdeteksi sejak dalam kandungan, sehingga bisa mendapat penanganan lebih dini?

jawaban dokter :
Bumil bisa diperiksa darahnya utk diketahui apakah mnderita torch. Jika ibu positif maka janin berisiko terkena. Jika ibu positif maka janin bisa diperiksa dg usg dan dilihat tanda2 infeksinya spt hidrocephalus, dll.
Saat hamil, darah janin bisa diambil utk diperiksa dg prosedur bernama amniosintesis atau cvs (2 jenis, tgantung usia kehamilan).
Tp ada risiko abortus (keguguran) dari prosedur itu.
Jd paling baik memang yg dites bumilnya dulu trus klo positif maka bumil diterapi.

7. Astri sabumi 3 :
1. kalo LED di atas normal penyebabnya apa? Apa bisa menjadi indikasi adanya TORCH?
2. setelah melahirkan, haidnya belum normal, apakah wajar? haid pertama waktu bayi umur 5 bulan, setelah itu tiap bulan kadang haid kadang ngga.

jawaban dokter :
1. LED atau laju endap darah akan mningkat kalau ada peradangan dlm tubuh. Jd led yg meningkat mgkn mnunjukkan infeksi tp tidak spesifik. Pnykt tuberkulosis contohnya, LED mningkat. Jd tdk bs utk diagnosis torch. Diagnosis torch hrus dg antibodi thdp toxo/rubella/cmv/herpes itu.
2. Siklus haid trgantung apakah org itu haid teratur sblm hamil? Kb apa yg digunakan? Klo tidak ada keluhan (haid sgt banyak atau sgt sering atau sgt nyeri atau blm haid samaskali) saya rasa wajar saja.

8. teh Shofa sabumi 2 :
Bagaimana jika anak balita suka main dengan kucing? Apakah juga menyebabkan torch? Atau penyakit lain? Penyakit apa namanya?

jawaban dokter :
Semua kucing pasti pernah terinfeksi toxoplasma dlm hidupnya walau cuma sekali. Jd mgkn balita bs terinfeksi dan bahayanya adl ntar klo si balita hamil, bisa menular ke janinnya dan janinnya bisa mngalami cacat atw kerusakan otak atw keguguran. Jd yg pnting saat si balita cantik ini dewasa, hrus diwejang utk periksa torch sblm hamil☺️✅

9. Th shilvi sabumi 3 :
Alhamdulillah saya sedang hamil anak ke 3. Anak pertama sdh masuk 3,4 th. Kehamilan kedua beda jarak dengan anak pertama 2,8 thn. Pada kehamilan kedua saya mengalami keguguran pada minggu ke 10. Pada monggu ke 6 saya memang menyadari berlebih aktivitas sehingga terjadi kontraksi dan akhirnya pendarahan hebat. Dari hasil cek up pada minggu ke 6-10 memang sudah tidak bisa dipertahankan karena mengalami pendarahan hebat tuk kali 2, dan akhirnya dinyatakan harus di kitet. Hasil cek lab, tidak ada indikasi terpapar virus juga bakteri.

Sekarang saya sedang hamil anak ketiga berselang 4 bln Dari masa kiret. Pada minggu ke 5 saya keluar flek, dan pada minggu ke 6-7 saya juga mengalami pendarahan dan terus keluar flek setelahnya. Saya aktivitas ringan pun bisa keluar flek dan bila saya tetap beraktivitas berujung pada pendarahan. Hasil cek up saya harus bedrest total hingga sekarang masuk minggu ke 11.

Di lingkungan rumah memang ada kucing (kucing liar) dan “dog” punya tetangga belakang berhalu-lalang.

Untuk kehamilan ke 3 ini, apakah saya harus toch agar lebih save? Apa bisa tes ini dilakukan pada saat hamil atau baru bisa dilakukan apabila setelah ada tindakan emergemcy BDO?

Untuk kehamilan ke 3 ini, apakah saya harus TES TORCH agar lebih save? Apa bisa tes ini dilakukan pada saat hamil atau baru bisa dilakukan apabila setelah ada tindakan emergemcy BDO?

Keguguran berulang adalah kjadian kguguran dua kali atw lebih, shingga hrus dicari tau sebabnya. Jika hamil ketiga ini smpat perdarahan dan oleh dokter diduga risiko kguguran maka mnrt saya perlu dicek pnyebabnya.
Salah satunya dg periksa torch. Jd iya, saya stuju cek torch. Bumil diambil darahnya dan diperiksa kadar igG dan igM utk TORCH
Krn hanya diambil darahnya skitar 10cc dari lengan maka bisa dilakukan kapan saja baik saat hamil maupun sblm hamil..

10. Teh efie sabumi 3
Bu..dokter maaf sya mau tanya. Apakah Torch bs menyerang kaum pria/para swami? Bs menular ke pasangan nya kah(istri)?sya pernah membca jika slsh stu pasng terkena Torch maka therapi yang diberikan utk k2 nya. Tdk bs hanya 1 pihak. Betulkah?

jawaban dokter :
Torch: toxoplasma-other-rubella-cmv-herpes simplex.
Yg merupakan pnykt menular seksual adalah yg terakhir: herpes simplex.
Jd jika suami mnderita herpes simplex (gatal di kemaluan, tp hrus dipastikan diagnosisnya krn gatal di kemaluan bisa krn jamur, dll) maka istri mgkn tertular, dan jika istri hamil maka mgkn mnginfeksi janinnya.
Jd klo bumil kena herpes maka yg diterapi tdk hanya bumil tp juga suaminya, krn nnti klo bumil hamil lagi (stlh yg dikandung ini lahir), suami hrus bebas infeksi supaya hamil berikutnya si bumil tdk kena herpes lagi hehe
Klo suami herpes maka suami dan istri ya harus diterapi. Jd betul ✅

11. Nurhelmi Sabumi 3 :
Kalo ibu yg pernah kena tokso saat hamil dan kemudian keguguran dan diobati sampe dinilai sehat, apakah suatu waktu bisa kambuh lagi? Dan agar tidak kambuh lagi, apa yang harus dilakukan? Dan seandainya ibu yg sedang menyusui kena torch,apakah bs menulari bayi? Lewat Media apa saja penularannya?

jawaban dokter :
Bisa kambuh lagi karena status “IgG positif” itu melekat seumur hidup. Infeksi lama yg tidak aktif bisa berubah aktif jika ada penurunan drastis pada imunitas, maka yg pnting adalah dua hal: pastikan imun bagus (dg gizi seimbang dan gaya hidup sehat), dan periksa torch saat berencana hamil atw minimal saat hamil muda
Torch bisa menular via ASI tp hny terjadi 5-20%
Jd sebagian besar ibu pnderita torch tetap bs mnyusui tnp menularkan.
Torch terutama menular dari darah ibu ke janin.
Torch terutama menular dari darah ibu ke janin.
H nya torch atau herpes menular mlalui hub seks.
Cmv menular dari hewan ke manusia. Toxo dari hewan kucing anjing ke manusia. Rubella bisa dapat dari hewan bisa juga dari teman hehe.

12. Nanda, sabumi 2 :
Ada gejala yg kerasa g? Kl qt terkna torch.. Dan apa akibatny bagi wanita yg tidak sedang Hamil..

jawaban dokter :
Torch saya jawab satu2 ya krn ini kumpulan bnyk infeksi.
1. Toxoplasma tdk bergejala jika kita imunnya bagus. Jika imun kita jelek (misal mengidap AIDS) maka gejalanya bisa radang otak atau selaput otak. Berat pokoknya. Jd bisa saja saya yg sehat ini saat diperiksa igG igM toxo nya tyt positif dan saat hamil nnti mnularkan ke janin.
Jd pada org tdk hamil toxo tdk berakibat buruk kcuali ada imunodefisiensi spt aids.
2. Rubella tampilannya dpt cacar air jd bisa saja mngenal kita2 yg tdk hamil, gejalanya demam, ruam2 merah di kulit sluruh tubuh terutama kpala, kelenjar getah bening di leher atau blkg telinga mgkn mmbesar.
Tdk bahaya cuma mengganggu sih, jd hrus diobati.
3. Cmv atau cytomegalovirus. Jika kita sampai terinfeksi brti imun kita jelek sekali. Infeksinya bs berupa radang otak atau selaput otak. Klo kita sehat sih sgt sulit utk kena infeksi ini. Cmv bnyk mnyerang pderita AIDS. Bisa sampai ke paru dll. Jd pada org yg tdk hamil bisa berbahaya hanya jika imunnya jelek.
4. Herpes adl pnyakit di kulit kemaluan jd gejalanya ruam dan gatal.
Pada org tdk hamil ya bahaya krn mnganggu dan bs mnular ke pasangan ✅

13. Irma sabumi 3 :
Maaf bu dokter, kl blind ovum (BO) apakah itu akibat dr TORCH? Atau ada penyebab lain..
Kehamilan pertama dan ketiga saya BO..
Pdhl saat diperiksa TORCH, IgM normal.. IgG utk CMV sedikit di atas normal..
Itu berarti utk saat itu sdh tdk ada infeksi virus CMV ya bu..

jawaban dokter :
Blighted ovum bisa disebabkan bnyk hal dan tdk slalu terkait dg infeksi torch. Apalagi stlh dicek torchnya normal. Betul jika igG cmv positif tp igM negatif maka berarti tdk ada infeksi aktif maka aman.
Blighted ovum pnybab pastinya tdk jelas, tp ada bbrp faktor risiko yg tkait dg hormonal.
Jd sbaiknya pcegahan BO dilakukan stlh konsul dg dokter kandungan tkait fktor risiko. Misal klo hormonal maka apakah perlu terapi hormonal. ✅

14. Teh Imas :
kalo sdh terjangkit torch terapinya bgm ?

jawaban dokter :
Toxo: pake antiparasit yg hrus diminum teratur smpe habis. Rubella adl pnykt virus yg self-limiting alias sembuh sndiri jd obatnya hny imunomodulator dan multivitamin. Cmv obatnya antivirus biasanya hrus injeksi. Herpes obatnya jg pil antivirus.

16. Noname
Budok maaf mau nanya tp oot 󾌳

Bagaimana cara beristinja yg benar utk laki2 maupun perempuan. Karena ada yg mengatakan setelah *maaf* BAB pada perempuan g boleh dipakaikan sabun k area tsb tapi kan berasa kurang bersih gt kalau g pake sabun. Seharusnya seperti apa?
Makasih budok shalihah 󾌬

jawaban dokter :
Nah ptnyn saya mngapa perempuan gak bole istinja pake sabun ya?
Krn saya masih bingung ttg mngapa tdk bole dg sabun, maka yg penting istinja pd perempuan adalah.. Arah basuhnya harus dari depan ke belakang.
Pokoknya bagian dubur hrus terakhir disentuh. Jgn pernah dari dubur trus ke dpan ke arah vagina trus ke lubang kencing..

tanggapan teh Neneng :
Knapa memang nya dok?

jawaban dokter :
Krn dubur paling kotor dan bnyk kuman. Infeksi di saluran reprod (vagina) dan saluran kencing sbagian besar krn e.coli yg sumbernya dari dubur itu, dan pnyebab tersering adl dari cara cebok dari blkg ke depan.
Inga inga yg benar adl dari dpn ke blkg..

tanggapan teh Liza :
Pertanyaan soal kenapa vagina perempuan ngga boleh dibasuh dg sabun.. Kebetulan dibahas tadi, krn sabun dg ph yg tdk tepat katanya akan berpengaruh pada ph alami vagina.
Jadi buat anak perempuan, beberapa ibu merasa khawatir.
Apakah benar demikian ya?

jawaban dokter :
Makasih teh liza, betul sekali bhw sabun tdk baik utk vagina. Td ptnynnya mnrt saya adl sabun tdk bole utk dubur perempuan.
Jd gmn teh asri?

tanggapan teh Asri :
Oh ya makasih dok jawabannya. jadi tadi siang sempat ada diskusi juga soal penggunaan sabun saat istinja. Jadi kesimpulannya sabun itu tidak baik utk vagina, tp tidak apa2 utk bagian dubur ya dok?

jawaban dokter :
Iya betul teh asri, sabun itu sifatnya basa padahal vagina kita asam.
Klo vagina dipaksa basa ntar kuman jd bisa tumbuh di situ. Suasana asam di vagina kan utk mcegah kuman bs tumbuh.
Dubur itu bnyk kuman jd hrus disabuni 󾌳

teh Neneng :
Klo laki2 gmn dok?

tanggapan teh Liza :
pertanyaannya sabun di area v itu, berarti ketika membasuh dubur sehabis istinja sebisa mgkin tdk menyentuh ms v ya dok?

jawaban dokter :
Wahaha maaf saya vulgar ya teh 󾍔󾍛🏻
Iya saat mmbasuh dubur boleh saja kena miss v tapi miss v dulu baru ke belakang ke dubur.
Trus cuci tgn pke sabun trus baru basuh lagi dari miss v ke dubur.
Haha repot. Jd sekali aja gpp, silakan lah gmana baiknya. Prinsipnya jgn sentuh miss v stlh mnyentuh dubur.

teh neneng :
Klo laki2 gmn dok?
Sundul lagi ah󾌳

jawaban dokter :
Laki2 jg lah arahnya hrus ke blkg, dubur terakhir disentuh. Krn kita gak mau e.coli dari dubur nempel ke lubang penis.
Eh vulgar lagi󾍕

teh Neneng :
󾮗󾮗nuhun dok. Buat ngajarin sikecil juga niy

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)

Part of HSMN
󾮗FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s