Diskusi · Liqo Online

Liqo Online: 5 Tipe Wanita dalam Alquran

1446538165144

Liqo Online tanggal 6 Oktober 2015

Narasumber
Nama : Ganjar Kamaludin
Alamat : Cicalengka
Pendidikan terakhir: Teknlogi Pendidikan, UPI
Motto/quote : Wahai jiwa bergeraklah dengan sukarela atau harus aku paksa

Tema: 5 Tipe Wanita dalam Alquran

Ada lima tipe wanita dalam Alquran, yakni:

Pertama, tipe pejuang
Wanita tipe pejuang memiliki kepribadian kuat. Ia berani menanggung risiko apa pun saat keimanannya diusik dan kehormatannya dilecehkan. Tipe ini diwakili oleh Siti Asiyah binti Mazahim, istri Fir’aun.

Walau berada dalam cengkraman Fir’aun, Asiyah mampu menjaga aqidah dan harga dirinya sebagai seorang Muslimah. Asiyah lebih memilih istana di surga daripada istana di dunia yang dijanjikan Fir’aun.

Allah SWT mengabadikan do’anya, “Dan Allah menjadikan perempuan Fir’aun teladan bagi orang-orang beriman, dan ia berdo’a : Ya Tuhanku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisiMu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan aku dari kaum yang dzalim.” (QS. At-Tahriim: 11).

Kedua, tipe wanita shalihah yang menjaga kesucian dirinya
Tipe ini diwakili Maryam binti Imran. Hari-harinya ia isi dengan ketaatan kepada Allah. Ia pun sangat konsisten menjaga kesucian dirinya.

“Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusia pun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!” demikian ungkap Maryam (QS. Maryam: 20).

Karena keutamaan inilah, Allah SWT mengabadikan namanya sebagai nama salah satu surat dalam Al-Qur’an (QS. Maryam [19]). Maryam pun diamanahi untuk mengasuh dan membesarkan Kekasih Allah, Isa putra Maryam (QS. Maryam [19] : 16-34). Allah SWT memuliakan Maryam bukan karena kecantikannya, namun karena keshalihan dan kesuciannya.

Ketiga, tipe penghasut, tukang fitnah, dan biang gosip
Tipe ini diwakili Hindun, istrinya Abu Lahab. Al-Qur’an menjulukinya sebagai “pembawa kayu bakar” alias penyebar fitnah. Dalam istilah sekarang, wanita penyiram bensin.

“Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya ia akan binasa. demikian pula istrinya, pembawa kayu bakar yang di lehernya ada tali dari sabut.” (QS. Al-Lahab: 1-5). Bersama suaminya, Hindun bahu membahu menentang dakwah Rasulullah SAW, menyebar fitnah, dan melakukan kezaliman. Isu yang awalnya biasa, menjadi luar biasa ketika diucapkan Hindun.

Keempat, tipe wanita penggoda
Tipe ini diperankan Zulaikha saat menggoda Nabi Yusuf. Petualangan Zulaikha diungkapkan dalam Al-Qur’an,

“Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu, seraya berkata, “Marilah ke sini.” Yusuf berkata, “Aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik.” Sesungguhnya orang-orang yang zalim tiada akan beruntung.” (QS. Yusuf: 23).

Kelima, tipe wanita pengkhianat dan ingkar terhadap suaminya
Allah SWT memuji wanita yang tidak taat kepada suaminya yang zalim, seperti dilakukan perempuan Fir’aun (QS. At-Tahriim: 11). Namun, pada saat bersamaan Allah pun mengecam perempuan yang bekhianat kepada suaminya (yang shaleh). Istrinya Nabi Nuh dan Nabi Luth mewakili tipe ini. Saat suaminya memperjuangkan kebenaran, mereka malah menjadi pengkhianat dakwah.

Difirmankan, “Allah membuat istri Nuh dan istri Luth perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang shaleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua istri itu berkhianat kepada kedua suaminya, maka kedua suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikit pun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya) : Masuklah ke neraka bersama orang-orang yang masuk (neraka).” (QS. At-Tahriim: 10).

Wanita-wanita yang dikisahkan Al-Qur’an ini hidup ribuan tahun lalu. Namun karakteristik dan sifatnya tetap abadi sampai sekarang. Ada tipe pejuang yang kokoh keimanannya, ada wanita shalihah yang tangguh dalam ibadah dan konsisten menjaga kesucian diri, ada pula tipe penghasut, penggoda, dan pengkhianat.

Terserah kita mau pilih yang mana. Bila memilih tipe pertama dan kedua, maka kemuliaan dan kebahagiaan yang akan kita dapatkan. Sedangkan bila memilih tiga tipe terakhir, kehinaan di dunia dan kesengsaraan akhiratlah akan kita rasakan.

“Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kamu ayat-ayat yang memberi penerangan, dan contoh-contoh dari orang-orang yang terdahulu sebelum kamu dan pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. An-Nuur: 34). Wallaahu a’lam

Islam menjadikan posisi wanita begitu tinggi sehingga dia bisa memilih memasuki syurga dari pintu mana saja yg dia kehendaki nanti.

Rasulullah saw menyebutkan ciri-ciri wanita shalihah dalam hadits yg diriwayatkan oleh Abdurrahman bin Auf ra.

“Jika seorang wanita menjaga shalat lima waktu, menjaga kehormatannya dan menaati suaminya, niscaya dia masuk syurga dari pintu mana saja yg dia kehendaki.”

Kelihatannya mudah ya.. Rasulullah saw tidak menyebutkan berbagai amal yg biasa dilakukan seorang wanita dengan bantuan orang lain, misalnya berhaji -yg harus disertai mahram- atau bersedeqah yg notabene harta suami. Tidak! Yg dijadikan Rasulullah saw adalah kunci syurga yg bisa diraih sendiri oleh si wanita.

==============================

Diskusi

(1)
Pertanyaan:
Bagaimana hukumnya istri curhat ttg kekurangan suaminya pada ibu suaminya, dgn tujuan sang ibu bisa menasehsati suaminya?

Jawab:
Memang sebaiknya ketika kita menghadapi masalah,kita selesai kan dl berdua. Jangan sampai ada orang ketiga yg tau. Apalagi orang tua karena biasanya orang tua menggunakan posisinya sebagai pengayom dan pelindung bisa jadi bermacam2 tanggapannya.Qodarullah ketika orang tua suami yaitu mertua tipikal moderat mungkin akan terima komplain menantunya tapi kalau yg lain mgkn malah tersinggung.Masalah suami istri ternyata memiliki manfaat yg baik bagi kesehatan pernikahan mereka sendiri.Dengan adanya masalah, kedua orang yg bersatu dlm perahu ini bs bahu membahu mencari jakan keluar.Kl masalah sdh demikian pelik barulah boleh libatkan orang ketiga.Betul, kita cerita ke orangtuanya jgn sekali-kali mengadukan keburukan pasangan pd orang tua sendiri.Dg catatan td, kita pilih waktu, cara dan kosakata yg sesuai.

(2)
Pertanyaan:
Dari hadits yg tadi dibacakan tdk ada kwjbn muslimah thdp anak, hanya taat pd Allah dan suami sbg kunci msk surga..
Adakah hadits mengenai keistimewaan wanita yg mengajarkan pendidikan bg anaknya..beserta ganjarannya

Jawab:
Ya.Dalam hadits ini redaksi ttg pahala ummu yg mendidik generasi mmg tidak dusebutkan.Namun sdh jelas. Dalam banyak riwayat lain ibu menjadi tolok ukur keberhasilan seorang laki2 terhadap masa dpn penerusnya.Ibu2 mgkn ingat kisah seorang ayah yg mengadukan anaknya yg durhaka?
Kata Rasulullah saw., panggil anakmu kemari. Ketika dikonfrontasi, anak itu menjawab, sebelum aku mendurhakainya ayahku lbh dulu mendurhakaiku dg tidak memilihkan ibu yg baik bagiku.Pahala yg besar banyak sekali diriwayatkan utk ibu yg hamil, menyusui hingga menyisir rambut anak..misalnya..seorang ibu akan mendapat kebaikan sebanyak helai rambut yg disisir itu.Seorang perempuan yg tinggal di rumah, memelihara izzah diri dan keluarganya dan mendidik putra putrinya pahalanya senilai dg para mujahid yg berjihad fi sabilillah.
Demikian krusialnya peran ibu sehingga para orientalis menjadikan ibu sbg sasaran utk menghancurkan generasi. Dibidik dr akarnya.
Mengeluarkan wanita dr rumahnya.
Dan sebaliknya di palestina, ibu bs lihat cintoh nyata. Bagaimana yahudi lbh takut pd wanita hamil dan anak2 ketimbang laki2 dewasa?
Karena sumber kekuatan itu ada di balik kokohnya seorang wanita

(3)
Pertanyaan:
Apakah ada hadits atau yang menganjurkan wanita untuk berkontribusi dimasyarakat atau lingkungannya misal dlm dakwah dan lain halnya diluar aktivitas sbg seorang istri dan ibu untuk abak2 dirumah ?

Jawab:
Ayat al quran nya jg banyak ya bu. Di zaman rasulullah jg berbagai peran dimasuki muslimah. Contohnya ada yg menjadi petugas kesehatan di medan perang, seperti Fatimah ra, ummu haram bin milhan menjadi mujahidah, zainab binti jahsyi yg terkenal aktif di bidang sosial, asy syifa bin abdullah yg ahli kesehatan, ummu salamah yg aktif sbg daiyah tak ketinggalan Asma’ binti abu bakar dg peran intelejen nya kala rasulullah saw hendak berhijrah dan yg utama, pengorbanan dan teladan ibunda Khadijah.Terkait pendidik, ibu kenal abdullah bun zubbair?Ada yg tau?
Ini cucu Abu bakar. Putra dr zubbair bin awwam dan asma binti abu bakar, anak yg lahir du tahun kedua hijriyah..dalam suasana pengungsian..
Tapi ibunya kuat. Kokoh pendirian. Di saat anak lain takut pd umar. Abdullah krcil bilang, aku hanya takut pd Allah.Usia 16 tahun jd panglima perang melawan persia.Bagaimana asma sbg ibu?Diriwayatkan asma terbiasa mengambil kurma, menjaga ternak sendirian. Memastikan suaminya khusyuk berjihad du jln Allah.Az zubbair termasuk 1 dr 10 sahabat yg dijaminmasuk syurga.Apapun peran yg dipilih..selslu pastikan hak Allah hak suami dan hak anak sdh terpenuhi

(4)
Pertanyaan:
Apabila ternyata wanita yang sebelum menikah baik agamanya kemudian setelah menikah mengalami kemunduran,disebabkan krn suami belum bisa menjadi nahkoda yang baik untuk keluarganya?apa yg mesti dilakukan wanita ini?
Keluarga suaminya memperlakukannya jg tidak baik,padahal dia harus taat pada suami dan keluarga suami?haturnuhun ustadz pencerahannya.

Jawab:
Peran seorang muslimah itu menjadi hamba Allah. Menjadi anak yg berbakti, istri shalihah, ibu yg baik sekaligus berbekal utk kebaikannya sendiri. Ini sdh satu paket yg tidak bs dipisahkan. Misal..oke saya jd hamba Allah kl gt saya jgn diganggu dg prran lain..tidak bs..
Atau jd ibu saja, tetspi lalai jd anak
Bkn begitu..maka tarbiyah bagi seorang wanita itu sangat penting.
Banyak yg mengeluh..dulu saya ga begini kok..saya produjtif..nah yg kepengin nikah siapa?perlu dipahami bahwa medan jihad itu bertambah bkn berkurang dg menikah. Maka modal jg harus ditambah. Ilmu hrs terus di upgrade.Semua ada masanya. Jgn terlslu sering mrlihat ke blkg. Cukup sesekali agar kita hati2.Dulu masanya ghirah islam tinggi bs itikaf full di habib misalnya. Kok indah..skrg g bs..
Tandanya kita kurang bersyukur.Berapa banyak orang di luar sana yg berdoa minta kehidupan seperti yg sdg kita jalani.Dengan anak2 yg lucu, keluarga yg harmonis. Lalu kita melihat itu dr sisi kurangnya.ibadah kita skrg ya ini mendidik dan mrmbesarkan anak2 agar mebjadi generasi gemilang. Mempersembahkan batu bata bagi kejayaan islam

(5)
Pertanyaan:
Taat kepada suami itu susaaaah. Terutama dalam hal siap siaga dalam memenuhi kebutuhan ’spesial’nya. Ko ya rasanya laki laki itu cepat ONnya.ketidaksamaan tombol ON  itu yang terkadang membuat serba salah. Alhasil tak jarang mengabaikan ‘kode’ dari yang tercinta secara halus. Padahal kan ga boleh ya
Pertanyaannya, kumaha atuh? mungkin saya yang kurang ilmu. Adakah ilmu yang harus dimiliki perihal yang satu ini?

Jawab:
Mengenai suami yg blm menjadi nakhoda baik..Suami nakhoda dan istri navigatornya. Jgn cm dicela. Tapi arahkan bantu suami menemukan kembali kemana arah kebersamaan ini.
Apa hanya bahagia di dunia saja atau bersama hingga ke syurga. Kl msu sama2 trrus berarti hrs diupayakan sama2
Kedua belah pihak hrs mdnyadari hak dan kewJibannya msg2 lalu menjalankan peran itu secara maksimal
Dan kl berdidkusi hindari sikap ofensif
Perenpuan kata2nya lbh sering terdengar menjudge bkn mencari jln keluar bersama. Dg sikap ini otomatis sulit dicapai kesepakatan
Siapa sih yg msu disalahkan?Istri jg tidak mau disalahkan kan.Lagi-lagi di komunikasi
Jadikan aktivitas itu sbg kebutuhan bersama. Bkn memposisikan diri sbg objek.
Minta lbh dikeraskan kodenya mgkn. Dan utk kesiapan banyak istri menganggap itu kebutuhan suami saja pdhl aktivitas itu bs menguatkan ikatan emosional dg pasangan.Kenapa tidak berani tanya misal, abi lg pengen?Ketika kebutuhan bersama ini terpenuhi kehidupan rumah tangga akan penuh dg kebahagiaan.Suami yg terpenuhi kebutuhannya akan lbh produktif dlm ibadah pd Allah jg dlm mencari maisyah. Kl misalnya cape, coba wudhu dan sikat gigi dl. Ubah mindset

(6)
Pertanyaan:
Tipe perempuan kesatu dan kedua sebenernya kan dambaan perempuan ya ..maksudnya pengennya bisa jd seperti itu..tapi tidak semua laki2 (suami) merasa senang dgn 2 tipe istri ini,,maksudnya dgn kata lain membuat peran suami sbagai kepsek di rumah menjadi nyata..misal kalo istri ngga ngaji suami bs bimbing ngaji..kalo istri udah ngaji rutin?
Intinya tipe 1 dan 2 yg ‘kuat’ ini kdg malah jd bikin minder suami/laki2..pdhl tdk ada keinginan utk menjatuhkan suami
Apa yg salah udztad?
Ketika kita berharap jd perempuan terbaik tp malah bikin suami minder suami??

Jawab:
Kenapa istri tidak mengajak suaminyaRumah tzngga itu bkn person to person tp family atau team.Tidak ada supermom atau superdad yg hrs dibangun adalah superteam
Ini ayat seruan utk keluRga hrs bs saling mengingatkzn. Saling menjsga,Menjadikan rumah laksana syurga di dunia itu bkn tugas suami ssja atau tugas istri saja tp bersama sama
Jika istri telah berupaya mengajak suaminya. Tetapi suami masih belum terketuk. Mlah menyuruh istri dluan aja..itu bgmn abu?
Butuh kesabaran dari istri dan doakan.Perubahan itu tidak bs instan. Jangan komentar melemahkan.Apresiasi perubahannya sekecil apa pun.Kl ada anggapan suami hrs lbh baik, lbh taat bersrti istri penuntut.Pria itu tidak suka dipaksa tp lbh suka disemangati.dimotivasi tanpa menjatuhkan harga dirinya

(7)
Pertanyaan:
Apabila ada seorang wanita dulu nya berakhlak kurang baik namun setelah menikah akhlak wanita tsb kian membaik namun bukan dari pengajaran suami nya ,,, Suami nya masih jarang sholat dia rajin sholat jika ada Ibu nya saja ,,, Sebagai seorang istri imgin sekali suami nya pun berubah mnjadi lebih baik namun sifat suami nya begitu keras sehingga istri ga sanggup mengajk secara langsung dan ibu nya sering bertanya kepada istri tsb anak nya suka sholat ga? Bagaimana yaaa sikap seorang istri tsb

Jawab:
Alhamdulillah barakallah Allah telah membuka jalan hidayah dan perubahan utk menjadi lbh baik. Jgn sia-siakan kesempatan utk terus menjadi semakin baik.
Tidak ada yg tidak mgkn dan tidak ada yg sulit jika kita berdoa dan berharap pd Allah. Ingat qs at tahrim ayat 6 dan resapi maknanyaa

(8)
Pertanyaan:
Jika pasutri mengalami kebuntuan komunikasi. Langkah apa yg hrs diperbuat?
Misal, bbrpa kali istri mengajak suami dg baik utk memusyawarahkan arah rt mau kemana?cita2 besar? Arah pendidikan anak? Tetapi suami tdk pernah merespon dan bhkan  hanya diam saja…

Jawab:
Kehidupan rumah tangga sama halnya dg organisasi, memerlukan prinsip dasar utk membentuk dan menjaga nya. Organisasi itu bs tegak berdiri karena tujuan yg jelas, motivasi yg kuat dan dukungan positif dr seluruh elemen anggota nya. Utk itu rumah tangga harus dijaga melalui mekanisme internal yg solid.
Jangan lelah utk selalu saling mengingatkan dan evaluasi berkala ttg tujuan pernikahan dan hakikat rumah tangga itu sendiri.

(9)
Pertanyaan:
Idealny sorg istri adalh d rmh,seorng ibu adala mendidik ank2ny drmh,llu bagaimana dg ibu2 pekerja yang menggantikan sang swami sbg pencari nafkah,krn keadaan.shingga tdk dpt max mendidik anak2ny,wktny hbs utk mencari nafkah. Apakah d bolehkanlvh tukar peran/posisi,swami yang mendidik ank2 krn lbh bnyk wkt d rmh. Bagaiman islam melihat hal ini.
Nuhun

Jawab:
Seorang istri boleh bekerja di luar rumah utk membantu tugas2 suaminya terutama memenuhi kebutuhan rumah tangga tp bkn menjadi bertukar tugas. Jika suami berlepas diri dr tanggung jawab menafkahi maka ia berdosa.

(10)
Pertanyaan:
Ustadz, punten, ikut bertanya.
Kalau dln ilmu2 psikologi kontemporer mengenai wanita, sering dibahas bgmn spek wanita yg didominasi perasaan. Kebutuhan u diperhatikan yg tinggi dsb shg jika hal2 tsb tdk terpenuhi, akn mbuat ‘kewarasan’ kaum wanita menurun.

Jawab:
Kondisi emosi sangat dipengaruhi kondisi ruhiyah.
Perbaiki ruhiyah dan teruslah belajar.
Awali dg menanamkan motivasi yg kuat utk memperbaiki diri.

============================

Dirangkum oleh Innayah Nurlia Roza

============================
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥 FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)
💻 Blog: sabumibdg.wordpress.com

Sabumi is part of HSMN
👍FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s