Pojok Admin

Raker PERDANA Sabumi

image

Raker Sabumi, Saung Panglawungan, Daerah Ciseupang, depan Yonif 330, Cicalengka. Hari Rabu, 21 Oktober 2015.

Agenda:

  • silaturahim dan ta’aruf antar admin, PJ club dan koordinator wilayah
  • membicarakan langkah kerja, rencana dan draft acara club (thiefan, arabic, cooking class)
  • tambahan ide pembentukan club perpustakaan online

Acara :
Perjalanan menuju cicalengka menggunakan KRD. Para Sabumiers ada yang berangkat dari stasiun Bandung, Kiaracondong, Cimindi dan Padalarang. Alhamdulillah sepanjang perjalanan anak-anak menikmati pemandangan diluar kereta api, dan suasana dalam kereta api pun aman, nyaman dan bersih.

Perjalanan memakan waktu selama 1-2 jam (tergantung stasiun keberangkatan) sampai di stasiun kereta Cicelengka. Seluruh anggota Sabumi turun dari kereta dengan tertib dan langsung di sambut oleh tuan rumah acara, Teh Dyah, langsung naik angkot menuju lokasi acara.

Setelah sampai di lokasi, kami berkumpul di saung diatas kolam ikan, dan melakukan ta’aruf antar anggota Sabumi. Kami berkenalan juga dengan bibi (saudara)/ Teh Dyah sebagai pemilik lahan dan beliau memiliki sekolah rumah. Beliau pemilik sekaligus menjadi guru yang mengajar sekitar 20an murid. Lalu beliau bercerita sedikit tentang ulah lucu para muridnya. Mereka lugu dan cerminan penduduk pedesaan dengan semangat untuk belajar dan berekplorasi yang tinggi.

Sambil ngobrol-ngobrol santai, memperhatikan tingkah polah anak-anak yang bermain, kami juga membicarakan tentang rencana program kerja di club sabumi.
Yang pertama menjelaskan program kerja adalah club Thiefan dengan PJ club nya teh Nunung. Berikut penjelasannya :

Club Thifan Ananda Sabumi

🎋 Diawali dgn : diselenggarakannya Workshop yang in syaa Allah Akan dilaksanakan pada hari Ahad, 1 Nov’ 15 pukul 09.00 – 11.00
di Lanah Masjid Pindad Kiaracondong.

🎋 Untuk selanjutnya akan dibentuk kelas Latihan Thifan Ananda Sabumi secara reguler setiap hari ahad pagi di Lanah Masjid Pindad dan atau di Lanah ITB. Latihan ini akan memanggil guru/pelatih khusus thiefan.

Kemudian penjelasan PJ club Arabic Teh Lis :

Bismillah
# Untuk pembelajaran di club arabic sabumi insyaAllah akan mengambil rujukan dari buku Mustaqilli karya ustadz Agus Shohib Khaironi, Lc. dan beberapa materi dari pelatihan metode shofa mengenai 4TGQ, Empat Tahap Gramatika Qur’an/bhs. Arab. terdiri dari kelompok kata, macam kata, jabatan kata, dan tanda kata.

# Kunci pertama untuk mahir berbahasa arab adalah Mufrodat = Kosakata (Inggris: vocabulary ) yaitu sekumpulan kata yang membentuk sebuah bahasa.

#KATA dlm bhs arab adalah KALIMAT/KALIMAH.👍sedangkan
KALIMAT bhs arabnya KALAM, JUMLAH.

#KATA dlm bhs arab dibagi menjadi 3 kelompok
1. Bagan kel. Kata…
(pd saat Arabic day member di beri pertanyaan tentang isim,fiil, harf itu apa)
Lalu diakhiri Bagan + ket. lengkap atau lagu keluarga kata
2. Ciri isim disampaikan semua + contoh dan keterangan yg di dlm bagan (nanti diberikan pd saat Arabic day)👆🏻
#Lalu peserta diberikan latihan soal dengan melihat Al-Qur’an dan menghitung isim :
1. isim dgn ciri tanwin
2. isim dgn ciri ﺍﻝ
3. Isim dgn ciri jer/idhofah
4. Isim yg diakhiri ﺍﻥ/ﻳﻦ/ﻭﻥ
👆dan pada pelaksanaannya🏻mungkin nanti ada doorprize?

#penutup,peserta diberi tugas u menghapalkan dan mengaplikasikan mufrodat² yg nanti akan kami postingkan

#Lalu pekan berikutnya
Setor hapalan mufrodat.

Setelah itu Club Cooking Class
memaparkan sekilas tentang program kerja nya, yaitu metoda cooking class akan dibuat mirip Crafting Class, yaitu menampilkan foto bahan dan cara memasak lalu video tutorial memasak. Acara memasaknya bertema cooking class for mom and kids, jadi anak-anak juga bisa berkreasi membantu ibu memasak. Tambahan : karena rencana cooking class setiap selasa, maka sebelumnya para PJ akan berembug dan mengeksekusi resep dengan versi masing masing sebagai alternatif. Baru pada hari H nya dpilih yang paling sesuai dan praktis untuk di sajikan.

Terakhir teh Myrna menambahkan siap membentuk club baru, yaitu perpustakaan online untuk anggota sabumi. Ide ini disambut gembira oleh semua yang hadir disana. Rencananya perpustakaan online ini berpusat dirumah teh Myrna, setiap 1 minggu sekali dibuka pendaftaran dan pengiriman. Setiap member sabumi boleh meminjam maximal 3buku untuk jangka waktu maximal 2minggu. Sewa bukunya gratis, hanya dikenakan biaya kirim. Teh Myrna juga menawarkan pada siapa pun anggota sabumi yang mau berpartisipasi/berdonasi buku untuk club ini.

Selesai sesi perbincangan, perbekalan dikeluarkan. Semua peserta membawa potluck dan dimakan bersama sama. Ada yang membawa makanan berat, snack maupun buah-buahan.

Selama ibu ibu membicarakan club dan sabumi pada umumnya, anak-anak asyik bermain di bawah saung. Mereka main di pinggiran kolam, menangkap ikan, lari-larian, dan main mainan yang tersedia disana(ayunan dll).

⌚Setelah sholat dzuhur dan membereskan area saung dan bersiap menuju stasiun untuk pulang. Semua berjalan lancar dan pulang naik KRD sesuai waktu yang ditentukan di awal.

Alhamdulillah acara ini berjalan sesuai seperti rencana, semoga team sabumi nanti bisa silaturahim antar sabumiers tidak hanya secara online..tidak hanya pada saat playdate wilayah, tapi juga berkumpul bersama, bertatap muka antar sabumiers lintas wilayah bandung. Aamiin..

image

🍀🍀🌺🌺🍀🍀🌺🌺🍀🍀

Notulensi oleh Nadia Sabumi 1

Advertisements

3 thoughts on “Raker PERDANA Sabumi

      1. Assalamualaikum saya mau juga ikut gabung dan saya sudah join di fb selanjutnya untuk bisa jd anggota grup nya gimana? Jazzakillah khoir

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s