Ask The Doctor · Diskusi

Ask the Doctor: Seputar Perawatan Kawat Gigi

1446339319813

๐Ÿ‚Resume Diskusi Sabumiย  ๐Ÿ‚

Tema: Seputar Perawatan Kawat gigi
Hari dan tanggal : Selasa, 20 Oktober 2015
Pukul: 20.00 – 22.00 wib
Pemateri: drg. Elke Ardieanty Kusuma

Moderator: Teh Nunung
Notulen: Teh Nina

Biodata Narasumber

Nama : drg. Elke Ardieanty Kusumah
TTL : Bandung, 22 agustus 1980
Lulusan FKG Unpad angkatan 99
Ibu 2 anak laki-laki usia 4 dan 5 tahun
Praktek di Ujung Berung dan Dago Kegiatan: Rumah tangga, praktek swasta, dental health consultant & motivator

๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚
SEPUTAR PERAWATAN KAWAT GIGI

Ortodonti adalah ilmu mngenai kawat gigi.

Kasus-kasus yang perlu perawatan ortodonti adalah

1.Gigi berjejal/tidak rapiGigi renggang
2.Gigi maju pada rahang atas / mronggos
3.Gigi maju pada rahang bawah
4.Kelainan sendi rahang (sakit sendi rahang /berbunyi)
5.Kesulitan mengunyah karena gigi belakang tidak kontak
6.Kesulitan berbicara/ vokal tertentu tidak jelas pada gigi depan yang terbuka
7.Kebiasaan buruk (menghisap ibu jari, bernafas lewat mulut, cara menelan yang salah)
8.Gigi permanen yang hilang karena kecelakaan atau dicabut

Perawatan ortodonti pencegahan, biasanya dilakukan pada anak-anak. Fungsinya bukan utk merapikan Gigi geligi,tp untuk mmpertahankan agar kondisi giginya tidak bertambah parah.

Sedangkan ortodontik kuratif, biasanya dilakukan pada saat remaja hingga dewasa.

Pemilihan alat orto yg lepasan atau yg cekat (dikenal umum dengan behel), itu tergntung dari kasus Gigi geliginya.

Keberhasilan perawatan orto, bergantung pada:
1.Faktor paling penting yang menentukan keberhasilan perawatanย orto adalah operator dimana dilakukan oleh seorang yang benar-benar ahli (dokter gigi yang sudah spesialis ortodonti / kawat gigi)
2.kasus Gigi geliginya
3.kedisiplinan utk kontrol Dan mematuhi larangan selama pemakaian alat orto
4.selektif memilih makanan
5.menjaga kebersihan mulut

Yang harus DIPERHATIKAN & DIINGAT:

“Allah telah mengutuk orang-orang yang membuat tato dan orang yang minta dibuatkan tato, orang-orang yang mencabut bulu mata, orang-orang yang minta dicabut bulu matanya, dan orang-orang yang merenggangkan gigi demi kecantikan yang merubah ciptaan Allah.”

(HR. Muslim)

Maka, berhati-hatilah dengan niat anda, saat akan melakukan perawatan ini. ๐Ÿ™‚

Konsekuensi pemakaian alat orto:
1.sulit membersihkannya
2.munculnya resiko halitosis/bau mulut
3.kemampuan mengunyah makanan terganggu krn adanya Gigi yg menjadi goyang krn pemakaian alat orto
4.alergi
5.sakit kepala berkepanjangan
6.penularan penyakit (TBC,HIV,dll) jika pemasangan dilakukan oleh org yg tdk berkompeten, ditambal sterilisasi yg seadanya
๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€

Tanya Jawab

1. Teh Helmi_sabumi 2

Assalamu’alaikum bu dokter sy mau tanya. Mengenai kasus gihi permanen yg dicabut..sy ada graham bawah kanan n kiri dicabut, apakah perlu kawat gigi atau pasang gigi palsu ya? Nuhun

Jawab:

Pastikan terlebih dahulu, apakah Gigi geraham nya sudah benar” tercabut atau belum. Apakah masih ada sisa akar atau tidak? Krn ini penting sekali. Agar tidak ada infeksi dikemudian hari.
Lalu, untuk pemilihan terapi nya, bisa dua”nya. Bisa dikawat atau pasang Gigi tiruan.ย  Dua” terapi itu, ada kelebihan dan kekurangan nya.
Sebaiknya tidak dibiarkan

Teh Helmi:

Boleh dijelaskan kekurangan dan kelebihannya, dok?

Jawab:

Jika pakai kawat Gigi, proses menarik Gigi ke depan, lebih sulit. Apalagi jika usianya lebih dari 20th. Selain itu, biayanya jg lumayan jika dibandingkan dengan pemakaian Gigi tiruan.
Tapi kelebihannya, jika sudah selesai perawatan ortonya, maka akan terasa lebih nyaman. Jika memilih pakai Gigi tiruan, rasanya akan tidak nyaman. Krn Gigi tiruan itu benda asing. Sama halnya dengan kacamata, kita perlu adaptasi dg benda asing didalam tubuh, apalagi hrs dipakai saat kita mengunyah.

Kelebihan Gigi tiruan: proses nya lbh singkat dibandingkan kawat Gigi. Dan biayanya relatif lbh murah drpd pemasangan kawat Gigi.

2. Teh Imas_sabumi 2

assalamulaiakum bu dokter, anak saya perempuan 10tahun pertumbuhan giginya tidak rapi, gigi bungsu belum tanggal gigi baru sudah muncul alhasil sekarang gigi lama dan baru bertumpuk dan tidak rapi, solusinya ap menunggu gigi lamanya tanggal dg sendirinya atau hrs dicabut y dok ?

Jawab:

Wa’alaikum salam Teh imas ๐Ÿ™‚
Perlu saya koreksi dulu sblm jawab pertanyaannya yah Teh…

Istilah Gigi bungsu, biasanya dipakai untuk Gigi dewasa yg tumbuh diatas usia 17th
Mgkn maksudnya Gigi susu y?
Gigi susu yg belum tanggal/copot, tapi Gigi tetap nya/Gigi penggantinya sudah muncul/tumbuh/erupsi, maka solusinya Gigi susu tersebut harus segera dicabut. Agar Gigi tetap nya bisa tumbuh pada posisi seharusnya.
Keterlambatan proses pencabutan Gigi susu, bisa menimbulkan resiko berjejalnya Gigi geligi/crowded. Sehingga akan menyulitkan saat membersihkan Gigi tab./proses penyikatannya tidak optimal.

Teh imas:

apakah setelah pencabutan penggunaan kawat gigi dianjurkan

Jawab:

Untuk anak tth yg usia 10th, saya memilih untuk menunda perawatan kawat Gigi. Sebaiknya menunggu hingga smua Gigi tetap nya muncul.

Krn sering kali pada usia segitu, ada yg terburu-buru dipasang kawat Gigi, tp tidak brtahan lama. Gigi geligi kembali acak”an krn muncul lg Gigi tetap yg lain
Jadi hrs pakai lg kawat gigi

Kalaupun Mau menggunakan kawat Gigi, ada alat khusus dari karet. Fungsinya utk mengarahkan pertumbuhan Gigi tetap, agar tumbuh di tempat nya.
Di Indonesia blm lazim Dan blm terbiasa menggunakan alat orto dari karet yg khusus utk Anak”
Ini Namanya alat preventif orthodontic
Mempertahankan kondisi Gigi geligi agar tidak tambah parah/tidak tambah acak”an.

Nambah sedikit
Motivasi anaknya yaaa
Kalo pun suatu saat harus pakai kawat Gigi, itu utk memperbaiki fungsi pengunyahan dan agar lbh mudah membersihkannya.
Krn byk sekali Anak” sekarang, bahkan org dewasa sekali pun, termotivasi menggunakan alat orto krn utk estetika.
Selain itu, hati” memilih dokter Gigi yg akan merawat nya
Pilih yg kompeten utk melakukan perawatan orto.
Jgn drg umum, krn belum tentu bisa mengerjakan kasus giginya. Atau jgn pula memilih drg spesialis selain spesialis orthodonti.
Yg lebih jangan lagi, minta Tukang Gigi yg memasangkannya. Sekarang, banyak pula yg sudah memperdagangkannya melalui situs online.
Hati-hati yaaaa, jgn terjebak dg harga murah.

Team saya di Klinik. Sering kali menemukan pasien yg dtg dengan keluhan sakit kepala yg berkepanjangan.
Giginya rapih, tp hubungan rahang, otot Dan kepala tidak singkron.
Jika sudah begitu, sulit Dan mahal sekali biayanya.
Bijaklah… Krn jika memang ilmu ortodonti ini mudah, maka ga mungkin sekolah spesialis orto itu lama (bisa 4-6th)

3. Teh mala_sabumi 2
indikasi gigi rahang atas tumbuh lbh k dpn bs dilihat mulai sedini apa ya?

Jawab:

Bisa teh

Tanya:

sarah (3th) smp skrg msh jd thumb sucker (saat ngantuk dan tangannya ga beraktifitas). td pagi…ga sengaja perhatiin giginy..kok berasa jd lbh maju…๐Ÿ˜ฅ

Jawab:

Utk kasus Sarah, tahapan yg harus dilakukan sblm memilih perawatan kawat/yg lain, motivasi utk mngurangi bahkan menghilangkan kebiasaan mengemut jempolnya.
Cari ksibukan saat Anak mulai memasukkan jempol kedalam mulut.
Proses pengalihan pd usia 3th, masih bs dilakukan utk menghindari kebiasaan buruk itu.

4. Teh nina_sabumi 1

Ass, teh saya nina. Mau tanya apakah anak usia 10 thn sdh bs memakai kawat gigi atau hrs menunggu nanti pas gigi susunya sdh tanggal semua? Dng pertimbangan, gigi atasnya/ gigi dewasanya agak maju ke depan, dan gigi yg lainnya tumbuh tdk teratur.

Jawab:

Wa’alaikum salam Teh Nina ๐Ÿ™‚
Sebetulnya, menurut teori, anak usia 10th bisa memakai kawat Gigi. Tapi perlu dilihat Dan dipertimbangkan alasan lain.
Gigi atas yg maju, ga selamanya salah giginya.

Bisa jadi sebetulnya giginya normal, tp rahang atas yg tumbuh nya lebih cepat.

Jika begini, yg perlu dilakukan adalah menghambat pertumbuhan rahang atas, agar tidak terlalu pesat dibandingkan rahang bawah. Ada alat khusus, alat orto yg dipasang secara eksternal. Bukan dipakai didalam mulut.
Atau….

Bisa jg rahang atasnya Dan Gigi nya normal, tapi rahang bawah nya yg lambat pertumbuhannya.

Jika begini, yg perlu dilakukan adalah merangsang pertumbuhan rahang bawah agar bisa mengejar pertumbuhan yg seharusnya. Alat orto nya juga khusus. Dipasang diluar mulut.
Utk Gigi yg tumbuh tidak beraturan, bisa memakai alat orto dari karet. Fungsinya alat ini, untuk mengalahkan pertumbuhan Gigi tetap agar tumbuh ditempatnya.
Belum lazim di indonesia, penggunaan alat orto dari karet ini.
tidak semua drg spesialis menyediakan alat ini. Krn hrs dipesankan khusus.
Sebaiknya mnunggu hingga Gigi susunya tinggal semua ya teh

5. teh eva_sabumi3

Rata2 tmn dan anggota keluarga yg pake kawat gigit suka bilang kalo sering sariawan sejak pake kawat gigi. Penyebabnya apa ya dok? Apa bisa diminimalisir? Nuhun

Jawab:

Assalamu’alaikum Teh Eva ๐Ÿ™‚
Penggunaan kawat Gigi cekat/behel, ujung” brackets/behel ini sebenernya tajam. Maka, adanya karet mmbantu mlindungi pipi,bibir/lidah nyangkut diarea yg tajam ini.
Belum lagi, ujung kawatnya juga tajam sering tersangkut ke lidah/pipi/bibir saat kita makan atau bicara.
Itulah penyebabnya kenapa sering sariwan.
Resiko yg harus dihadapi jika menggunakan behel.
Sulit utk meminimalisir sariwan yg disebabkan oleh kawat Gigi ini.

6. Fitri_sabumi3

Azzam,23m gigi atasnya lebih maju A+-0,5cm daripada gigi bawah.
Sudah perlu perawatankah atau memang msh masa pertumbuhan atau memang sudah bentuk rahangnya begitu?
Adakah efek dari lebih majunya gigi atas drpd gigi bawah terhadap proses makan nya?

Jawab:

Assalamu’alaikum Teh Fitri ๐Ÿ™‚
Untuk ras kita, melayu, Gigi atas memang akan lebih maju sedikit dari pada Gigi bawah

Perbedaan +-0,5cm antara Gigi atas Dan bawah, masih bisa dikatakan normal.
Utk kasus Azzam, perawatan yg dilakukan hanyalah menjaga kebersihannya Dan mempertahankan agar giginya tidak berlubang.Masa pertumbuhan Gigi Dan rahangnya masih pesat.
Utk kasus Azzam, tidak ada resiko thd proses makannya jika Gigi atasnya lbh maju 0,5cm drpd Gigi bawah.

7.shofa_sabumi3

Dok, kayaknya gigi atas saya makin lama makin maju, tapi susunannya sih rapi. Kayaknya sih gara2 kedua gigi bungsu atas saya tumbuhnya gak normal (vertikal). Sememtara itu, gigi bawah saya gak rapi,lama2 jd miring2 gitu.dulu pernah mau cabut gigi bungsu atas yg vertikal krn sakit, tp gak jadi cabut krn sakitnya hilang. Sudah urgen pakai kawat gigi gak saya dok? Gigi bunvsunga nanti dicabut kalo pke kwt gigi?

Jawab:

Assalamu’alaikum Teh shofa ๐Ÿ™‚
Pertama harus difoto rontgen jenis Dilakukan di laboratorium
Utk dibandingkan kisaran biayanya sekitar +-145rb
Utk di bandung
Rontgen ini diperlukan sbg pemeriksaan penunjang. Untuk melihat kondisi rahang secara keseluruhan (rahang atas+bawah Dan Gigi geliginya) yg tidak terlihat secara pemeriksaan visual.
Untuk mmbantu menegakkan diagnosis, apakah keluhan Teh shofa ( Gigi atas makin maju&Gigi bawah miring”) ini disebabkan oleh Gigi bungsu atau bukan.
Utk mmutuskan pakai kawat atau tidak, tunggu hasil rontgen nya ya teh

8. T nunung_sabumi3

Assalamualaikum, dok..
Untuk kasus gigi berjejal apakah ada faktor keturunan? Khawatir anak giginya berjejal karena dari keluarga ayahnya rata-rata giginya berjejal. Apakah ada pencegahannya agar gigi tidak berjejal?
Kemudian jika perawatan ortodontis ini tidak selesai apakah ada efeknya? Dulu saya pakai alat cekat kemudian diganti yg removable untuk menarik gigi taring kiri. Tapi tidak sampai selesai konsulnya๐Ÿ˜… karena jadwal dgn drg tdk cocok terus.

Jawab:

Wa’alaikum salam Teh ๐Ÿ™‚
Kasus Gigi berjejal, ada turunan. Kadang rahang kecil ikut Ibu, tp ukuran Gigi besar ikut ayah. Makanya jd berjejal.
Pencegahan yg bs kita lakukan, jgn terlambat mencabut Gigi susu nya. Jgn mnunggu hingga Gigi tetap nya keburu erupsi/muncul/tumbuh.
Perawatan orto yg tidak selesai, efeknya, Gigi bs kembali berjejal seperti semula. Atau bs lebih parah.
Sepanjang yg saya ketahui, untuk menarik Gigi taring harus menggunakan alat orto cekat/behel. Krn alat orto yg removable, daya nya tdk cukup utk menarik Gigi taring.

9. Dyah_sabumi 3

Pertanyaan:
teh, gigi bungsu sy geraham atas yg kanan kiri udh rusak, bolong,patah, dan ketutup gusi lg.. dulu pas periksa ke RSKGM pas hamil ga boleh dicabut dan RSKGM ga punya alatnya jd kudu ke RSHS dan ditangani pasca lahiran.Tp kebayang ngantri lama sambil bawa baby keburu lupa deh.. kemarin temen oprasi di Drg spesialis utk cabut geraham kanan-kiri-atas-bawah habis 11jt.. huwaaa meni awis teh.

Nah, klo udh ketutup gusi ky gini efeknya apa?
Ada saran utk daftar ke mana ya yg lebih terjangkau biayanya? RS. Salamun bisakah? Barangkali ga terlalu penuh ky di RSHS. Nuhun teh ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜˜

Jawab:

Assalamu’alaikum Teh Dyah
Gigi manapun, yg sisa akar, ada yg terbenam oleh gusi, ada pula yg tidak terbenam. Efek dari sisa akar yg tidak sgera diambil, dikhawatirkan akan terjadi infeksi

Sebaiknya segera dicabut.
Adakah foto rontgen nya Teh Dyah? Nanti japri yaa
Biaya pencabutan Gigi bungsu oleh drg bedah mulut di Bandung berkisar 1-2jt/Gigi tergntung jenis kesulitan
Dijakarta bs mencapai 2-3xlipat harga bandung
Perkiraan saya, utk kasus temannya Teh Dyah, mungkin diambil Gigi bungsu nya dengan bius total y? Sehingga biayanya bisa mncapai 11jt
Gambaran Breakdown nya: 6jt utk biaya dokter spesialis anestesi Dan proses bius total.
5jt utk biaya dokter spesialis bedah mulut
Sblm memutuskn Mau dirawat di RS manapun, sebaiknya foto rontgen dulu yah Teh, jenis rontgen panoramik.
Kl udah foto, mangga japri ke saya, agar tth ada gambaran utk pemilihan jenis tindakan, tempat Dan dokternya.

10. Rinrin sabumi 2

Assalamualykum dok saya sdh mencopot kawat gigi saya. Saya baru ngeh(sadar) kalo lem untuks menempelkan kawat itu kuat sekali d gigi, saya takut itu mghalangi air wudhu. Mohon pnjelasanya ๐Ÿ™๐Ÿผ

Jawab

Assalamu’alaikum Teh rin”… ๐Ÿ™‚
‘Lem’ bekas kawat Gigi, memang sulit untuk dibersihkan. Harus mempergunakan alat khusus utk melepasnya.
Tapi bisa dibersihkan…
Jika tth ragu itu mnghalangi air wudhu, mangga segera dibersihkan.
Datangi drg keluarga tth atau drg terdekat :)๐Ÿ™๐Ÿป

11. Pertanyaan tambahan

Pada kasus apa pasien gigi dibius total saat bedah mulut ya?

Jawab:

Indikasi pasien bius total:
1.pasien anak-ank berkebutuhan khusus (down syndrom, bayi yg akan dioperasi sumbing,dll)
2.pasien dewasa (kecelakaan hebat yg merusak daerah kepala Dan leher, atau pasien yg ingin dicabut semua Gigi bungsu secara bersamaan)
Pada pasien dewasa yg ingin dcabut secara bersamaan, biasanya untuk prtimbangan kepraktisan Dan mampu secara biaya.

12. Tambahan

Assalamualaikum dok
dok.. gigi dpn saya dlu pernah terbentur sendal yg jatuh dr atas.. saya cek tidak mengapa, tapi bagian dlm seperti retak.. waktu berlalu.. ketika menyusui retaknya itu lepas hingga berlubang di sisi dlm dekat gigi seri kanan. sehingga sekarang berlubang.. dan ada sedikit kehitaman..
prosedur seperti ini untuk oengobatan atau pencegahan bagaimana ya?

Jawab:

Wa’alaikum salam Teh ๐Ÿ™‚
Giginya segera ditambal ya teh, sebelum kerusakannya bertambah lebar.
Itu sudah termasuk harus dirawat, bukan dicegah.
Jika smakin ditunda, nnti giginya keburu infeksi. Prawatannya lama, biayanya pun akan lbh mahal.

13. Tambahan

Saya brencana menggunakan kwat stlah di periksa.. Dokter bilang gigi taring saya hrus di cabut..
๐Ÿ˜ฐ karena untuk mmberi ruang..
Itu Gmana dok?
Saya khwatir NY berlebihan demi estetika.. Jadi saya hrus mncabut Gigi yg baik2 aja ini.. Wlaupun memang taring saya keduany tidak rapi karena Blum tanggal gigi susu.. Gigi yg Baru sudah tumbuh..
Trus bu dok..
Adik ipar saya smpe skrg (20 thn) msh Gigi susu… Dah sudah terlihat tidak baik.. Tp blm ada tanda2 tumbuh Gigi bungsunya.. Apa yg hrus dilakukan ya dok?
Apakah ada org yg mmg Gigi bungsunya tidak tumbuh?:'(

Jawab:

Teh…
Di Klinik tempat saya bekerja,smuanya ada drg spesialis ortodonti/kawat.

Dari beliau” ini, saya juga byk belajar. Tp sepanjang saya belajar, utk proses perawatan orto, jika hrs dilakukan pencabutan, biasanya yg dcabut adalh Gigi geraham kecil (Gigi P).
Sangat kecil kemungkinan memutuskn mencabut Gigi taring.
Saya takut salah mmberikan penjelasan. Mungkin rekan sejawat yg menangani tth, punya prtimbangan khusus knp hrs mncabut Gigi tร ring.
Jika penjelasan saya krg bgitu dipahami, tth bs japri ke saya, disertai foto kondisi Gigi geligi tth.
Agar saya bisa memberikan jawaban sesuai dg kasus tth.

Utk pertanyaan kedua: adik ipar nya…

Sebaiknya di rontgen. Jika ada Gigi tetap nya, maka gigi susunya hrs dicabut. Tp jika tdk ada benih Gigi tetap/Gigi penggantinya. Maka gigi susu bs dipertahankan. Ada kasus anomali, dimana tidak ada benih Gigi tetap pengganti Gigi susu
๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚

PENUTUP

Allohumma aamiin
Hapunten atas segala keterbatasan saya.
Yg salah datangnya dari saya, mohon dimaafkan.
Mungkin ada beberapa perbedaan dalam menyikapi suatu permasalahan Dan pemilihan jenis perawatan.

Saya mendapat amanat dari para dokter Gigi spesialis kawat Gigi.
Skrg ini, semakin banyak kasus-kasus yg kompleks akibat pemasangan kawat Gigi bukan oleh ahlinya.
Mungkin karena keterbatasan ilmu Dan pengetahuan.

Smoga penjelasan saya bisa mmbantu memanjangkan informasi dari para dokter Gigi spesialis orto. Hati-hati Dan bijaksana saat akan memutuskn utk memakai kawat Gigi Dan memilih operator yg akan melakukan perawatan Gigi hingga selesai.
Jangan tergiur dengan harga yang murah.
Pilihlah drg yg amanah dan bekerja dengan ‘hati’ bukan hanya mengejar target lain.
Terima kasih untuk semua pertanyaan, utk Teh nung Dan Teh Deasy yg memberikan saya ksempatan mengamalkan ilmu.
Jazakalloh khairan katsiran

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s