Diskusi · Liqo Online

Liqo Online: Perbaiki Hubungan dengan-Nya

1446455685105

Bismillaahirrohmaanirrohiim

๐ŸŒบ:)๐ŸŒบ:)๐ŸŒบ:)๐ŸŒบ:)๐ŸŒบ:)๐ŸŒบ

Resume diskusi SABUMI (HSMN BANDUNG)

Tema : Perbaiki Hubungan dengan Nya

Hari/tanggal: Jumat 23 oktober 2014
Jam : 20.00 – 22.00 WIB
Narasumber: Ust Ia mufty hidayat
Moderator: Lis ummu Hawa s3
Notulen : Renny Puspasari s2

โ˜€โ˜€โ˜€ CV Narsum โ˜€โ˜€โ˜€

Nama : Ia Mufti Hidayat

Alamat : Jl Rajawali Timur no.232/78 Bandung

Status : Menikah

Pendidikan : S2 Manajemen SDM STIE Pasundan

Aktivitas : Narsum Inspirasi Pagi MQ FM

โ˜€ โ˜€โ˜€โ˜€โ˜€โ˜€โ˜€โ˜€โ˜€โ˜€โ˜€โ˜€โ˜€

Perbaiki Hubunganmu dengan-NYA

Dibawakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Majmuโ€™ Al Fatawa-nya, bahwa Sufyan bin โ€˜Uyainah pernah berkata,

ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู ูููŠู…ูŽุง ู…ูŽุถูŽู‰ ูŠูŽูƒู’ุชูุจู ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’ ุฅู„ูŽู‰ ุจูŽุนู’ุถู ุจูู‡ูŽุคูู„ูŽุงุกู ุงู„ู’ูƒูŽู„ูู…ูŽุงุชู

Para ulama di masa silam biasa menuliskan surat pada yang lainnya dengan untaian kalimat berikut:

Pertama:

ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุตู’ู„ูŽุญูŽ ุณูŽุฑููŠุฑูŽุชูŽู‡ู ุฃูŽุตู’ู„ูŽุญูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽุงู†ููŠูŽุชูŽู‡ู

Barangsiapa yang memperbaiki amalan batinnya, Allah pun akan memperbaiki amalan lahiriyahnya.

Kedua:

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุตู’ู„ูŽุญูŽ ู…ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ู ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽุตู’ู„ูŽุญูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู…ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ู ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู

Barangsiapa yang memperbaiki hubungan antara dirinya dengan Allah, Allah akan memperbaiki hubungannya dengan sesama manusia.

Ketiga:

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุนูŽู…ูู„ูŽ ู„ูุขุฎูุฑูŽุชูู‡ู ูƒูŽููŽุงู‡ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽู…ู’ุฑูŽ ุฏูู†ู’ูŠูŽุงู‡ู

Barangsiapa yang beramal demi tujuan akhirat, Allah akan mencukupkan urusan dunianya.

Sumber: Majmuโ€™ Al Fatawa, Syaikhul islam Ibnu Taimiyah, 7/9-10.

# Sebaik-baik lelaki adalah yg paling baik perilakunya pada istri. Tidaklah memuliakan wanita kecuali lelaki mulia dan yg menghinakan wanita, pastilah lelaki hina

# Nabi suka saling bersandar punggung dgn Aisyah lalu memintanya melafadzkan syair, kemudian dibahas bersama. Nabi memencet hidung Aisyah jika marah, mencium keningnya lalu menuntunnya berdoa dgn lembut.

# Baiti jannati.. Rumah yg mengubah sejarah.

# Mari perhatikan keluarga kita dan interaksinya. Jika salam terasa hambar dan nasihat seakan menyudutkan, sudah saatnya meluruskn orientasi.

# Salim A Fillah menuliskan dgn indah, “Pernah ada masa-masa dlm cinta kita, kita lekat bagai api dan kayu, bersama menyala, saling menghangatkan rasanya, hingga terlambat utk menginsyafi bahwa tak tersisa dr diri-diri selain debu dan abu. Saatnya kembali pd iman yg menerangi hati, pd akhlak yg manis dan wangi, hingga cinta kita menggabungkan huruf-huruf menjadi kata, yg dengannya kebenaran terbaca.

# Maka sejenak menyegarkan iman kita, sebagaimana salafush sholih biasa berujar, ijlis bina nu’minu sa’ah, mari duduk sejenak, kita segarkan keimanan kita

# Kesegaran iman akan meluruskan orientasi keluarga untuk tetap bersama, setia hingga akhir usia.. Bangun cinta hingga menjulang, tinggi menuju syurga.

=============================

Ust Ia mufty hidayat

Bismillah, bahasan kita malam ini tentang “perbaiki hubunganmu denganNYA”

Barangsiapa yg memperbaiki hubungannya dgn Alloh maka Dia akan memperbaiki hubunganmu dgn sesama.. Kebaikan yg kita lakukan kata Abdullah bin Mas’ud berdampak pada cahaya di wajah, sinar di hati, kekuatan di fisik dan keluasan di rizki..

Kebaikan hati akan terpancar lewat sinar di wajah.. Sedang wajah yg ceria, senyum yg hangat adalah sedekah yg mudah.. Dan ini semua adalah bahasa universal dalam berinteraksi..

Dalam konteks keluarga, kehangatan interaksi akan tercipta jika setiap anggota memahami akan pentingnya kehidupan iman dalam hati..

Maka jika tiba-tiba hubungan menjadi hambar.. Yg pertama kali harus kita raba adalah, bagaimana suasana keimanan kita?

Tentu, ini tdk berarti menghilangkan canda yg segar yg mampu warnai hari..

Semoga Alloh melembutkan hati setiap kita, sehingga beragam karakter yg ada dlm keluarga kita menjadi simponi yg indah, yg senantiasa melantunkan irama syurga.. In syaa Alloh โœ…

Tanya Jawab

Pertanyaan 1

Henny Firdawati – S3

Assalamualaikum, ustadz.

Saya mengaitkan kajian malam ini dengan 10 muwashafat seorang muslim… yg nomor 1 nya adalah al-fahmu. Mohon dikoreksi kalau salah.

Prinsipnya, sebagai daiyah, bil khusus muslimah, in syaa allah saya selalu ingin ada dlm kondisi keimanan terbaik, hubungan horizontal yg lekat.

Pertanyaannya,
Kenapa saya sering membenturkan hal itu dengan alasan2 domestik yg tak kalah besar juga pahalanya…

Apakah saya ‘salah’?
Bagaimana tipsnya tadz, tanpa harus membedakan, kalau dulu single bisa sampai saum daud, sekarang boro2… bahkan shalat wajib pun selalu sering diakhirkan…

Jawaban :

Terimakasih bu moderator.. Bu fifi, smg Alloh menguatkan ruhani ibu, memberikan nikmat istiqomah dlm taat, kesabaran yg berlapis utk terus memperbaiki diri..

Jika sesuatu itu dibenturkan, maka akan terjadi ketidak harmonisan.. Tapi jika di selaraskan, disinkronkan..mudah2an membuahkan hasil yg positif..

Mari kita mulai dengan memperbaiki niatan kita.. Kata Nabi SAW, betapa banyak amal2 dunia yg bernilai akhirat karena baiknya niat, dan berapa banyak amal akhirat yg bernilai dunia/sia2 krn buruknya niat.. Ibadah ritual formal kita hanya beberapa saja, sedang kita menginginkan seluruh jenak dlm hidup bernilai ibadah.. Dari mulai terbangun sampai terlelap kembali, hayatuna kulluha ‘ibadah..

Setelah perbaiki niat, dibungkus dengan keikhlasan.. Lelah memang awalnya, tp jika Lillah, insyaAlloh ternikmati kepayahannya.. Selanjutnya adalah, angkat keluhan dan harapan ke langit lewat doa.. Dialah Alloh yg Maha kuat, sudah kita lemah dan fakir.. Bermohonlah, agar Alloh menguatkan kita..

Setelahnya, riyadhoh lah.. Berlatih dalam ketaatan.. Yg lalu sudahlah berlalu bu.. Kita bisa mengejar ketertinggalan amalan dengan kekuatan tekad.. Orang2 gagal selalu mencari2 alasan untuk berhenti.. Sedang orang berhasil berhenti mencari alasan..

Hari ini suasana ibu berbeda.. Tp niatkan semuanya ikhlash karena Alloh.. Beres-beres rumahnya adalah ibadah, mengurus anak adalah ibadah.. Bakti pada suami adalah ibadah..
โœ…

Tanggapan :

Whindy – S3

Berarti kalau siang hari kita berusaha khusu yg wajib-wajibnya saja, baca Alquran juga ga bisa lama-lama da digangguin anak terus, bukan berarti kita kurang mendekatkan diri sama Alloh ya ustadz? Karena situasinya saja yg kurang kondusif, jujur kalau siang suka susah untuk benar-benar khusu dlm ibadah, suka buru-buru kalau shalat sunah, jadi solusinya mungkin berusaha diganti berduaan dengan Alloh nya saat sepertiga malam

Jawaban :

Sepakat bu.. Masalah itu jika ada jarak antara idealita dgn realita.. Semakin berjarak, maka masalahnya semakin besar.. Ibu musti berdamai dengan diri ibu dalam melihat realita.. Melihat sebagaimana adanya, bukan sebagaimana harapan kita..ย  Jika sudah bisa berdamai dengan diri, memahami realitas yg ada.. Maka bismillah, beramal..beramal..beramal.. Jika Alloh cinta kepada seorang hamba, ista’malah..hamba itu akan Alloh sibukkan dengan amal kebaikan..

Whindy – S3

Aamiinn ustadz… hatur nuhun.. in syaa Allah mudah2an Alloh selaluย  memudahkan kita istiqomah dlm mendekatkan diri sm Alloh ya.. beramal… beramal… beramal…

Tanggapan moderator

Luruskan niat, sempurnakan ikhtiar, perbanyak istighfar karena saya suka banyak mengeluh dan kurang bersyukur ๐Ÿ˜ฅ berusaha utk selalu HHN disetiap kondisi โ˜บ

Ust. Iaย  :

Istighfar menyempurnakan Amal.. Setelah sholat, dan ini adalah kebaikan, kita beristighfar.. Karena bisa jadi amal kebaikan kita terkotori niatan yg tidak lurus.. Maka istighfar menyempurnakannya…

Alloh menyeru kaum Ad yg kuat utk beristighfar, karena istighfar jalan Alloh menurunkan kekuatanNYA kpd hamba (wa yazidkum quwwatan ila quwwatikum..qs.hud)

* HHN = hadapi hayati nikmati ๐Ÿ™‚

———————————————-

Pertanyaan 2

Chiero – S3

Begini Ustadz saya sering melihat orang2 sukses atau orang2 yang mempunyai Rezeki lebih daripada saya ,,, ternyata orang2 tersebut mempunyai amalan-amalan yang lebih daripada saya lalu terkadang saya merasa cemburu ingin rasa nya amalan saya pun seperti mereka atau bahkan lebih

Dalam hati yaaa ustadz ๐Ÿ˜

Lalu bagaimana kah dengan niatan saya seperti itu? Karena jujur kalau ga seperti itu dalam diri saya tidak ada motivasi untuk menjadi lebih baik

Jawaban :

Wallohu a’lam.. Bu Ciero, semoga Alloh menghunjamkan keikhlasan kepada hati kita, hingga kita tau kemana arah kehidupan yg kita tuju.. Agar kita senantiasa lebih dekat, lebih ridho dan lebih bahagia bersama Alloh..

Terkait rizki, ini adalah masalah aqidah, Alloh sudah memberikan rizki sesuai dengan takarannya, dan tidaklah seorang meninggal melainkan telah Alloh sempurnakan rizkinya..

Bukanlah kemuliaan jika rizki berlimpah, sebagaimana bukanlah kehinaan jika tak berpunya.. Mulia bisa jadi hina jika jauh dari Alloh, hina bisa jd mulia jika dekat dengan Alloh..

Kata nabi saw bukanlah kaya itu akan materi, tp hakikat kaya itu ada pada jiwa yang mensyukuri.. Jiwa yg qonaah, merasa cukup akan rizki dari Alloh..

Alloh pun memberi perumpamaan dengan perniagaan.. Tidak mengapa niatan awalnya utk meraih pahala, seperti shalat qobla shubuh 2 rakaat itu lebih baik dari dunia dan isinya..

Tapi tentu tidak untuk diniatkan.. Shalat tahajud untuk lunas hutang, dhuha utk mudah jodoh dan lainnya.. Maksud sy, Alloh memberi yg lebih baik, jauh lebih baik dari apa yg kita harapkan..

Saya faham, ada yg tdk setuju dgn pendapat ini.. Dan saya menghormatinya.. Hanya saja mari meluruskan niatan, Alloh tidak untuk di fetakompli.. Ya Alloh kalau saya tahajud gini, kasih ini donk.. Jauhi itu donk.. ๐Ÿ™‚

Yakinlah bu, Alloh Maha Tahu tentang apa yang kita mau jauh lebih baik dibanding diri kita.. Maka ibadahlah yg terbaik.. Berharaplah yg terbaik.. Lepaskan dari tuntutan2 kpd Alloh..

Kita justru punya hutang cinta kepada Alloh.. ๐Ÿ˜“

Jika Nabi ibadahnya sekuat itu, hanya untuk disebut sebagai hamba yg pandai bersyukur, apatah lagi kita..

Tanggapan chiero – s3

Hatur nuhun ustadz pencerahan nya bener2 membuat saya terbuka mata dan hati Astagfirullah ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ,,,

Mulai Luruskan dan ikhlaskan Niat

Moderator :

Terkait urusan rizki Allah sudah menjamin rizki kita sejak 3 bulan dalam kandungan ibu jadi menurut saya
Amatlah keliru bila bertawakal rizki dimaknai dari hasil bekerja…
Karena bekerja adalah ibadah..
Sedang rizki itu urusanNya..
Manusia membanting tulang demi angka simpanan gaji…
Yang mungkin esok akan ditinggal mati…
Mereka lupa bahwa hakikat rizki bukan apa yang tertulis dalam angka..
Tapi apa yang telah dinikmatinya..
Rizki tak selalu terletak pada pekerjaan kita..
Allah menaruh sekehendakNya..
Hajar bolak balik 7x shafa dan marwa..
Tapi zam zam justru terbit dari kaki bayinya.
Ikhtiar itu perbuatan..
Rizki itu kejutan..
Dan jangan lupa..
Tiap hakikat rizki akan ditanya..
“Dari mana dan untuk apa”
Karena rizki adalah “hak pakai”.
Halalnya dihisab..
Haramnya diazab..
Maka kita tidak perlu iri pada rizki orang lainnya.

Tanggapan Chiero – S3 :

Betul Teh Lis rezeki sudah Allah atur dari kita masih dalam kandungan tetapi rezeki yg sering Siro iri itu Rezeki Anak ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

Astagfirullah ,,,, astagfirullah ,,,, astagfirullah

———————————————-

Pertanyaan 3

Noname

Bagaimana agar setiap personil memahami kontribusi iman Dalam konteks keluarga. Sehingga iman menjadi sumber kehangatan interaksi?

Kadang ada yg suaminya shalih tp istrinya cuek atau sebaliknya

Jawaban :

Fudhail bin iyadh pernah berkata, saya bisa merasakan penurunan iman saya dr respon binatang2 terhadap saya. Wallohu a’lam

Suami adalah qowwam dlm keluarga.. Indah alquran mengibaratkan.. Engkau adalah pakaiannya dan dia adlh pakaianmu.. Fungsi pakaian adalah menutup aurat (menutup kekurangan masing-masing) dan memperindah tampilan.. Suami adalah nakhoda dlm biduk rumahtangga, yg mengarahkn ke pelabuhan yg dituju.. Suami adalah teladan dlm iman dan amal sholeh..

Maka membiasakan amal sholeh dalam keluarga, bisa saling menguatkan.. Shalat berjamaah, saling menyimak tilawah, munajat bersama adalah bagian dari ikhtiar untuk menjaga kondusifitas keimanan

Orang2 terkasih itu kelak akan menjadi musuh di akhirat kelak, kecuali orang yang bertakwa (qs. Ad dukhon)

Maka PR kita adalah menjaga keluarga dari keterjerumusan kepada neraka, saling menguatkan agar tetap bersama hingga di syurga..

Moderator :

Ustadz klo seandainya suami belum bisa menjadi qowwam dalam keluarga dan belum mampu menjadi nakhoda serta menjadi teladan, apa yg sebaiknya dilakukan istri?

Jawaban:

Mendoakannya..ย  Mensupportnya.. Bersabar utk Memahamkannya, jika kelu lisan kita untuk mengingatkannya.. Cari orang yang disegani oleh suami, nitip nasihatnya kepada beliau..

Di radio ada yang pernah sharing, suaminya jauh dari kata qowwam, bahkan ibadah wajib pun terkadang bolong2.. Tp ibu itu bersabar .. Berdoa.. Berikhtiar.. Sampai 5tahun setelah itu, pada ulang tahun pernikahannya, Alloh membalikkan hati suaminya.. Yg keras menjadi lembut, menjadi gemar beribadah.. Kepayahan 5 tahun itu terbayar dengan berubahnya suami.. Alloh yang merubahnya..

Saya sangat mengerti.. Kalimat-kalimat ini lebih mudah terucap, sementara yg mengalaminya memiliki keadaan yg tidak seindah kalimat ini.. Tapi yakinlah, Alloh berkenan memberikan kita suami yang jauh dari qowwam agar menjadi jalan kita lebih dekat kepadaNYA.. Kesabaran kita akan menjadi indah.. Derajat ditingkatkn.. Kesalahan berguguran.. Bukan ini hakikat dari ujian itu, untuk membuat kita jauh lebih kuat dan lebih dekat kpd Alloh

Moderator :

Sepertinya sang istri juga harus mempunyai cinta dan harapan yg besar terhadap suaminya ya ustadz, dan tidak menyerah untuk terus mempertahankan RTnya

Syukron jazilan ustadz atas kesediaannya meluangkan waktu berbagi ilmu dgn wargi sabumi.

Ust Ia :

Iya bu.. Kita mesti punya bunker dalam jiwa, yg melindungi harapan, keceriaan dan smangat hidup.. Agar sesulit apapun keadaan tdk menghilangkn senyum di wajah kita

Saling doakan semoga Alloh senantiasa menguatkan kita, melapangkan hati dan menjernihkan fikiran kita.. Dan memilih hanya yg terbaik utk kita..

Wassalamu ‘alaikum wr wb
———————————————-

Moderator

Sebelum menutup acara ini, bagaimana kalau kita samaยฒ mendo’akan teh chiero agar segera Allah berikan keturunanย  dan juga untuk yang sedang mengalami permasalahan dalam rumah tangganya ustadz

Ust Ia :

Saling doakan saja bu.. Menyusun jemari menyulam kata pinta, di pertiga malam.. Fisik yang berjarak, tapi hati saling mendekat di langit ketinggian..

Wassalamu’alaikum warrahmatullahiwabarakaatuh

ใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐ
๐Ÿ”…๐Ÿ”†๐Ÿ”…SABUMI๐Ÿ”…๐Ÿ”†๐Ÿ”…
ใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐ

FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)
Blog: sabumibdg.wordpress.com

Part of HSMN
๐Ÿ‘FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
๐ŸŒ web:
hsmuslimnusantara.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s