Ask The Doctor · Diskusi

Ask The Doctor: Seputar Flu Singapura

1446534967887

Bismillaahirrohmaanirrohiim

🌺:)🌺:)🌺:)🌺:)🌺:)🌺

Resume diskusi SABUMI (HSMN BANDUNG)

Tema : Seputar Flu Singapura

Hari/tanggal: Senin/ 2 November 2015
Jam : 20.00 – 22.00
Narasumber: dr. Rizki Perdana
Moderator: Cici Frikza
Notulen : Cici Arisdianti

🌸🐝🌸🐝🌸🐝🌸🐝

Curriculum Vitae

✏ Nama: Rizki Perdana, dr.
✏ Tanggal lahir: 10 Desember 1985
✏ Alamat: Jl. Dahlia Mekar no.3 Panghegar Permai Bandung
✏ Pendidikan: Profesi Dokter
✏ Status: Belum menikah
✏ Aktivitas: Staff dosen FK Unisba, Dokter Penanggung Jawab Klinik Aviati Bojongsoang, Kontributor Majelis Percikan Iman & TPK Husnul Khatimah
✏ No. HP: 082231763685

Selayang pandang “Flu Singapura”

Flu Singapura adalah penyakit yang memiliki nama asli Hand-Foot-and-Mouth-Disease (HFMD), alias penyakit tangan, kaki, dan mulut.

Mengapa disebut Flu?
Karena gejalanya mirip seperti orang terkena flu. demam, tidak nyaman pada tenggorokkan dan kadang sariawan.
Mengapa Singapura?
Karena pada tahun 2000 silam pernah terjadi outbreak (kejadian luar biasa) HFMD di Singapura. Sebetulnya pernah terjadi juga kejadian serupa di Taiwan pada tahun 1998. Mungkin karena yg terbaru di Singapura kali ya. 🙂

Penyakit ini bisa dicetus oleh berbagai macam virus. Ya, betul. penyebabnya adalah virus.
Beberapa diantaranya adalah enterovirus, dan turunannya seperti coxsackievirus.
Nah, yang pernah menjadi biang kerok wabah itu adl Enterovirus 71 (EV-71).

Tanda dan Gejalanya?
Penyakit HFMD ini bersifat akut (durasi sakitnya HFMD. 👆
Biasanya pasien mengeluh
– serak,
– ga enak mulut atawa tenggorokan,
– ga enak badan.
Tanda yg terlihat pada tubuh biasanya ada
– luka kemerahan di dinding mulut, lidah, atau langit2 mulut.
– Dan bisa juga terlihat di tangan, kaki, bokong, dan genital
– Demam muncul berkisar 38-39 C selama 2-3 hari.

Nah, yang bikin parno itu kalau penyebabnya EV-71 tadi, karena ada gejala tambahan ke sistem saraf sehingga penampakannya seperti seseorang yang terkena polio, ensefalitis (radang otak), Guillain-Barre Syndrome (lumpuh bertahap dari kaki ke atas), ataksia (hilangnya koordinasi gerakan tubuh), dsb.
Tapi untungnya yg ngeri2 tadi itu jarang terjadi.

Ada ga sih tes lab yg menentukan HFMD?
Not in particular. Ga ada yg spesifik. Maksudnya, secara klinis, penyakit ini bisa dilihat cukup dari tanda dan gejala. Mungkin bisa juga dilakukan pemeriksaan lebih lanjut (tes serologi) tapi biasanya ini untuk kepentingan penelitian karena waktu dan biaya yg cukup muahal.💲💲💲

So, apa yg harus dilakukan?
Kabar gembira untuk kita semua! Bahwa ini adalah penyakit self limiting disease alias penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya seiring dengan waktu. Ya, time can heal! 😁
Pengobatan yg dilakukan cukup fokus pada meringankan gejala. Berarti kalau panas ya minum penurun panas, kalau khawatir dehidrasi ya minum banyak cairan, dan kalau makan pedas dan asem malah bikin perih mulut ya tinggal dihindari.
Kecuali memang muncul gejala2 yang nyeremin kayak tadi, nah ini mah harus ditangani lebih lanjut.
Perlu rawat inap?
Tidak perlu kalau tidak ada gejala2 yang mengancam jiwa atau adanya ciri dehidrasi. Tetapi kalau sudah ada keterlibatan sistem saraf, nah baru deh disarankan rawat.

So, gimana caranya biar ga kena HFMD?
Paling utama adalah jaga kebersihan a.k.a higienitas saat makan karena penyakit ini disebabkan penyebaran fecal-oral. FYI, biasanya penyakit yg fecal-oral memang mudah jadi outbreak. So, jangan lupa cuci tangan 7 langkah sebelum makan (selain setelah ke belakang dan sebelum mengolah makanan), dan membersihkan peralatan makanan dengan baik terutama bila ada yg terkena penyakit ini di rumah.

Rupina mah cekap sakieu heula kanggo pengantar. Mangga bilih bade aya patarosan atanapi diskusi. 🙂

Tanya Jawab

Tanya 1

Teh Ifa S2
Dok,
1). apa perbedaan desinfektan dan antiseptik?
2). lebih aman dan efektif mana antara disinfektan/antiseptik yang alami (mengandung tea tree oil misalnya) dibandingkan yg buatan (misal detol) utk kebutuhan di rumah?

Jawab:
Yang saya pahami. di dalam ilmu ttg universal precaution, antiseptik itu termasuk bagian dari disinfektan.

Jadi ada 2 istilah, ada namanya disinfektan, ada namanya sterilisasi.
disinfektan itu biasanya untuk membunuh kuman yang umum, nah sedangkan sterilisasi itu membunuh kuman yg tidak bisa hilang hanya dg disinfektan. contohnya Clostridium tetani (penyebab tetanus).
Manapun boleh. yg alami lebih baik. yg sintetik juga bisa sebagai pilihan.

Tanya 2

Teh Ayu S2:
Kalo saya baca itu teh keluarganya virus flue ya? Kebayangnya bsa menular dan berkamuflase jd penyakit baru kah?
Apakah cukup mengimuni diri dng mkn sayur buah kah?nuhun

Jawab:
keluarganya Teh. Enterovirus itu banyak serogen-nya. serogen itu sub jenis dari sebuah virus.
Nah, ada beberapa Enterovirus lain yg memang bisa menyebabkan influenza
virus adalah organisme efektif yg cerdas. dia terus mengalami adaptasi.
oleh sebab itu identifikasi virus sebagai penyebab penyakit tertentu terus ditemukan.
Imunitas meningkat bisa karena banyak faktor. Bisa eksternal, bisa internal. Eksternal misal makanan, aktivitas fisik, banyaknya hazard (kimia, fisik, psikis), dsb.
Kalau internal misal karena penyakit tertentu yg menyebabkan turunnya imunitas, atau karena faktor usia (anak atau lanjut usia).
Ya, memakan buah dan sayur itu baik untuk membantu kinerja metabolisme tubuh. Termasuk kinerja sistem imun.
tapi untuk menghilangkan semua faktor penyebab penurunan imunitas, baru bisa kita lakukan dari hal yg paling mudah dan bisa kita lakukan dulu.

Teh Ayu S2:
Bagaimana dengan vaksin u influenza? Apa vaksin tsb juga termasuk usaha pencegahan yg primer u dilakukan?

Jawab:
Unfortunately, sampai sekarang belum ada vaksinasi khusus untuk penyebab HFMD ini.
Tapi kalaupun menyerang, biasanya bergejala mild (ringan) dengan keadaan umum yg tidak parah. dan rata2 bisa sembuh dalam kurun waktu 7 hari.
pencegahan efektif dan murah adalah dg higienitas yg baik.

Tanya 3

Teh Yosi S2:
Malem dok… 2minggu yang lalu awalnya anak saya demam, mengeluh sakit tenggorokan, kemudian muncul spt sariawan (barusuh) di bibir makin lama making banyak, sampe di lidahpun banyak, lama2 dia ngeluh gusinya sakit2. Baru sy me dokter, saya fikir ank sy kna flu singapura ini tapi kata dokter itu cuma radang gusi, ooo, ternyata dugaan saya meleset,he he…tapi saya jadi penasaran apa beda keduanya dok?
Kalo bahasa kedokterannya ginggifitis cnah😁

Jawab:
sebetulnya serupa tapi tak sama.
Stomatitis (sariawan) biasanya digunakan untuk adanya ulserasi (alias luka) di daerah rongga mulut dan menyebabkan radang.
Nah, kalau ginggivitis itu istilah yg menujukkan adanya peradangan di gusi. Jadi sama2 radang. Penampakannya mirip. tapi tempatnya lebih spesifik.
kalau flu singapura, biasanya gejala khas. mengenai bagian2 tubuh yg sudah saya sebutkan di atas.
begitu kurang lebihnya Teh.

Moderator:
Jadi perbedaan sariawan dengan radang gusi itu di letak radangnya saja ya dok?

Jawab:
lebih tepatnya “persamaannya”.
sama2 radang.
kalau bedanya, butuh bahasan baru 😁

Tanya 4

Teh Retno S2:
Saya ada riwayat asma walau skrg alhamdulillah sudah nggak lagi. Dulu kambuhnya itu karena stres, jadi bukan karena dingin. Saat ini kalau stres nggak asma lagi, tapi jadinya sariawan. Tapi saya sendiri masih bingung apa benar ada hubungannya stres dengan sariawan yang muncul? Kalau memang ada hubungannya bagaimana pencegahan yang baik ya Dok?
(Maaf kalau jadi melenceng dari tema flu)

Jawab:
jadi ada keadaan stomatitis (sariawan) yg bisa kambuh. alias aphthous stomatitis. nah penyebabnya memang diduga karena imunitas.
Stress (baik fisik maupun psikis) bisa menjadi salah satu penyebabnya.
Kalau sampai mengganggu aktivitas, baiknya dikonsultasikan ke dokter gigi.
namun kabar gembiranya, aphthous stomatitis ini self limiting disease juga. jadi bisa sembuh dg sendirinya.
untuk memastikan apakah dia apthous stomatitis atau bukan baiknya dicek langsung.
berkaitan dg alergi. ada yg disebut allergic march atau perjalanan pada individu2 yg atopi (istilah untuk orang yg memiliki bakat alergi).
Bisa jadi seseorang punya alergi tertentu, namun pada kurun waktu berikutnya alergi tersebut hilang dan berganti dg jenis laergi lainnya.
Contohnya, ada anak yg alergi makan telur, tapi pas beranjak dewasa berganti jadi asthma. sangat memungkinkan terjadi.
stress itu mencetus pengeluaran cortisol yg salah satunya berdampak pada penurunan imunitas, dan menurunkan hormon serotonin (hormon kebahagiaan).

Tanya 5

Teh Riani S2:
manifestasi flu singapura yg mengganas jadi menyerang otak dll itu penyebabnya apa ya dok?

Jawab:
kalau dari penelitian, yg sampai menyerang pada sistem saraf itu karena jenisnya. Jadi tidak semua virus penyebab HFMD itu menyerang saraf. salah satunya adalah jenis EV-71 tadi.
tiap sero-tipe itu punya sifat virulensi yg berbeda2. virulensi itu adalah kerusakan atau dampak yg dapat ditimbulkan dari sebuah patogen (penyebab penyakit).

Teh Riany S2:
soalnya ada tmn, almarhum.. terkena awalnya seperti lemas, sampai maaf ngga tau istilah kedokterannya apa.. kaya nge hang gitu.. tiba2 ngga respon.. tiba2 respon..
ngga lama meninggal krn diduga virus yg nyerang antibodi..

klo virus jelas menular kan ya.. vaksin diperlukan kah ketika mewabah? atau dr imunitas tubuh ditingkatkan? klo nyerang antibodi kyk gitu kan imunitas ud jebol ya?

maaf ngga ilmiah bahasanya 😂 ada jebol segala. 😂😂😂

Jawab:
sayangnya tidak semua penyakit itu sudah tersedia vaksinnya. tentunya akan disarankan untuk vaksinasi bila memang menjadi pandemi dan vaksinnya sudah ditemukan.
beberapa virus memang akhirnya bisa mengelabui imunitas kita dengan cara “menyerupai” dirinya dengan sel2 tubuh kita sendiri. akhirnya imunitas salah dalam mengidentifikasi dan malah menyerang sel sendiri.

Tanya 6

Teh Nisa S2:
Pak dokter..
1. Apakah gejala dari HFMD ini sangat khas sehingga ketika anak dgn HFMD dibawa ke tempat pelayanan kesehatan, bisa langung didiagnosa terkena flu singapura? Atau ada penyakit lain yg gejalanya mirip?

2. Biasanya tindakan pemeriksaan atau pengobatan apa yg disarankan oleh tenaga medis ?

3. Jika disarankan ranap tetapi tidak ada tanda kegawatdaruratan, amankah kita sbg ortu memilih merawat anak dirumah ? (Mengingat ini termasuk self limiting disease)

Nuhun pak dok sateuacanna

Jawab:
1.
betul. namun memang tidak menutup kemungkinan gejala2 tersebut beririsan dengan gejala penyakit lainnya. sehingga butuh identifikasi klinis yg teliti. contoh penyakit yg mirip adalah Erythema multirofme (Stevens-Johnson Syndrome), Herpes simpleks, Herpes zooster, Pharyngitis karena virus, dsb.
memang di lapangan menjadi tidak mudah dikarenakan ini penyakit yg jarang. ditemukan. namun sekalinya ditemukan bisa menjadi outbreak.
2.
tindakan pemeriksaan sebetulnya untuk menampik kemungkinan lainnya yg gejalanya mirip2 dengan HFMD. adapun pengobatan yg disarankan lebih ke pengobatan simptomatik alias untuk mengurangi keluhan saja.
3.
bisa. namun saran tersebut baiknya diajukan oleh tenaga kesehatan mengingat butuh keterampilan klinis dalam mengenali ciri2 kegawatdaruratan.

Tanya 7

Teh Ratna S1:
Assalamualaikum dok… apakah virus ini hanya menyerang anak? Dan apakah yang sudah terkena flu singapura bisa kena lagi? Anak sy pernah kena, dan efek setelah sembuh pun… kukunya satu persatu lepas. Apa yg menyebabkan itu semua? Tdk berbahaya kan dok?mohon penjelasannya dok.. mksh

Jawab:
bahasa ilmiahnya, surface antigen pada virus menyerupai dg surface antigen pada sel tubuh.
penyakit HFMD ini prognosisnya (kesembuhan setelah infeksi) baik. bahkan bisa fully recovered.
nah, bentuk dari manifestasi klinis (gejala dan tanda penyakit) adalah menyerang kulit dengan ciri seperti yg sudah saya sebutkan di atas.
nah karena kuku merupakan turunan dari sel2 kulit, maka kukupun bisa terkena dampaknya. namun ini jarang.
Kalau memang tidak membaik, dan kuku sulit tumbuh. baiknya dicek langsung ke dokter anak.
Betul, pada penelitian memang HFMD ini sering menyerang pada anak2. diduga karena respon imun yg belum matang pada anak2. namun bila menyerang, maka anggota keluarga satu rumah bisa tertular bila pencegahan tidak dilakukan.

Moderator:
Tanda2 di mulutnya berbeda dg sariawan ya dok?

Jawab:
mirip bagi yg jarang melihat sariawan mah.
Tp dia ada warna yg eritema (kemerahan) sekitarnya.

Tanya 8

Teh Riri S2
Dokter, apa beda sariawan karena virus dan karena jamur? Dan bagaimana penanganannya? Mohon pencerahannya dokter

Jawab:
iya. secara klinis berbeda. biasanya sariawan karena jamur ada bercak keputihan.
Yang paling sering adalah karena Candida sp. yg menyebabkan oral candidiasis. atau bahasa Inggrisnya adalah oral thrush.
candidiasis berulang biasanya menyerang pada orang dg imunitas yg turun. seperti pada orang yg terkena HIV.
bisa juga terkena pada bayi yg minum susu tanpa dibilas dg air minum (karena kadar gula dalam susu dan imunitas yg masih belum matang menyuburkan jamur).
Bisa juga pada orang yg terlalu sering menggunakan mouthwash karena bakteri yg ada di mulut sebagian bersifat penghuni lokan (flora normal) yg membantu membentengi dari infeksi luar.

Teh Riri S2:
Jd penyembuhannya pakai apa dok? Bisakah keduanya pakai obat salep spt kenalog or sejenisnya? Krn anak saya sering sariawan. Sudah 3.8thn.
*maaf, 3.8thn maksudnya umur anak saya dokter… bukan lama menderita sariawannya.

Jawab:
hmm.. kalau untuk pengobatan baiknya dicek langsung Teh.
kenalog bisa untuk membantu menyembuhkan sariawan. Tp prekursor untuk perbaikan jaringan (karena sariawan adl kerusakan jaringan) itu dibutuhkan dan dapat disediakan dari vitamin dan mineral, tentunya makanan bergizi. Serta mencegah penyebab yg dapat menimbulkan sariawan.
sariawan berulang pada anak bisa juga karena virus dan dia self limiting disease juga. jd kita sebagai ortu boleh tenang bila hanya sariawan tanpa ada gejala2 lainnya.
namun bisa juga karena kesehatan mulut yg kurang. misal karena ada gigi berlubang, atau gigi yg tajam karena patah atau keropos sehingga melukai dinding dalam mulut. Bisa juga karena kebiasaan memakan yg konsistensinya keras.

Moderator:
Kalau prekursor itu apa ya dok, punten

Jawab:
Prekursor itu bahan

Moderator:
Oh, baik dokter. Jadi selain sariawannya disembuhkan, jaringan yg rusak jg ada metode penyembuhan tersendiri ya?

Jawab:
prinsipnya, sariawan itu adalah kerusakan jaringan. dan penyembuhan jaringan itu butuh modal.
ibaratnya kalau rumah terkena angin puting beliung, maka butuh bahan bangunan seperti genteng, bata, dsb. Nah, jaringan pada tubuh kita pun seperti itu.

Tanya 9

Anonim S2:
Dok, maaf kalo oot banget nih. Sebenarnya, masuk angin itu ada penjelasan medisnya gak sih? Ibu saya dr hr Sabtu mengeluh sakit perut agak kiri, sakitnya ‘tembus’ kayak orang maag. Bawaannya lemes juga. Kemarin sempat ke IGD, dicek gejala maag, lambung dll normal. Tau2 tadi dikerok langsung sehat. Udah bisa cuci piring lagi. Mungkin masuk angin. Betul gak ya dok? Masuk angin itu gimana sih?

Jawab:
tidak ada istilah masuk angin dalam kedokteran.
Karena daun yang jatuh tak pernah menyalahkan angin ~ TereLiye
itu istilah awam. sama seperti angin duduk, ticengklak, panas dalam, dsb. definisinya tidak bisa dipadankan dengan mekanisme klinis kedokteran

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥 FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)
💻 Blog: sabumibdg.wordpress.com

Sabumi is
Part of HSMN
👍FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s