Ask The Doctor · Diskusi

Perawatan Endodontik pada Gigi Anak dan Dewasa

Resume Ask The Doctor (Dentist)

Tema: Perawatan Endodontik pada Gigi Anak dan Dewasa

Hari/tanggal: Jumat, 27 November 2015
Jam: 20.00 – 22.00 WIB
Narasumber: drg Indra Primathena
Moderator: Fifi Sabumi 3
Notulen: Iim Sabumi 3

Bismillahirrahmanirrahim..

Alhamdulillah puji syukur kpd Allah atas sgala nikmat yg telah diberikan..shalawat dan salam kita haturkan kpd junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan pengikutnya yg mdh2an kita termasuk di dalamnya..

🌸🐝🌸🐝🌸🐝🌸🐝

Curriculum Vitae

✏ Nama: Indra Primathena
✏ Tanggal lahir: Bandung, 30 Januari 1986
✏ Alamat: Jl. Babakan Jati no 139, Buahbatu.
✏ Pendidikan: Profesi Dokter Gigi
✏ Status: Menikah
✏ Aktivitas: Staf Dosen Departemen Konservasi dan Endodontik FKG Unpad
✏ No. HP: 087825132204

PROLOG:

Perawatan Endodontik pada Gigi Anak dan Dewasa
Oleh: Indra Primathena, drg.

Perawatan endodontik atau perawatan saluran akar dalam kedokteran gigi dilakukan apabila jaringan pulpa/syaraf yang berada di dalam gigi meradang atau terinfeksi.

Ada beberapa jenis kasus endodontik. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kasus peradangan pulpa/ syaraf yang dinamakan pulpitis irreversible.Ciri gigi yang telah mengalami peradangan pulpa atau syaraf yaitu rasa sakit yang tiba tiba terjadi tanpa sumber rangsang baik dari makanan atau minuman (terjadi secara spontan tanpa sebab). Umumnya rasa sakit berlangsung hitungan menit, jam bahkan hari. Rasa sakit berdenyut seiring detak jantung dan penggunaan obat anti nyeri hanya akan mengurangi sakit sesaat sesuai durasi aksi dari obat. Sakit akan muncul kembali setelah efek obat anti nyeri habis.

Untuk kasus pada anak maupun dewasa, umumnya pasien akan merasakan sakit yang hebat, dengan durasi yang lama. Tidak enak makan, beraktivitas, dan seringkali mengganggu emosional 😀

Jika terjadi pada anak, anak akan mengeluhkan rasa sakit, ini dapat terjadi kapanpun sehingga orangtua sebaiknya dapat membedakan rasa sakit tiba2 ini dengan rasa sakit yg hanya muncul jika dicetuskan oleh makanan dan minuman manis dan dingin.

Jika gejala sakit spontan ini muncul, segera hubungi dokter gigi karena solusi gigi dengan kasus ini tidak dapat dilakukan hanya dengan obat yang dikonsumsi.

Pencegahan:
Sebelum terjadi peradangan syaraf/pulpa ini umumnya kondisi gigi sudah berlubang besar, kecokelatan tetapi tidak ada riwayat sakit spontan. Bagi orangtua yang melihat kondisi ini terjadi pada gigi putra putrinya, segera pergi ke dokter gigi untuk dilakukan penambalan sebelum gigi meradang. Pada kondisi gigi yang belum terjadi sakit spontan, penambalan dapat dilakukan hanya dalam 1 kali kunjungan. Sedangkan jika syaraf di gigi telah meradang, maka perawatan endodontik akan memakan waktu setidaknya 4 kali kunjungan.

Kata kunci:
Endodontik, pulpitis irreversible/peradangan syaraf pulpa, sakit spontan, perawatan.

***

TANYA #1
Gigi geraham anak saya bolongnya sudah bwesaar sekali Pak. Sempat radang juga, sampai pipi bengkak. Tapi belum pernah diperiksa ke dokter gigi, pertimbangannya katanya gabisa sekali kunjungan dan biayanya juga ga murah ternyata, dan juga mengingat anak saya sudah 5.5 tahun. Jadi ceritanya, mau nunggu giginya tanggal saja. Nah. Sekarang setelah memaksa diri sikat gigi wajibun min.2x sehari Alhamdulillah tak ada keluhan lagi. Apakah tindakan saya ini sudah tepat Dok, menunggu tanggal dan menjaga kebersihannya saja? Mohon pencerahannya Pak dok… haturnuhun sebelumnya.

JAWAB:

Rasa sakit yang terjadi pada anak Ibu itu merupakan sakit karena abses.. abses merupakan tahap selanjutnya setelah pulpitis ireversible, jadi kemungkinan sebelum rasa sakit hingga bengkak ini beberapa bulan sebelumnya juga pernah timbul rasa sakit.
Ini kali kedua putra/putri Ibu sakit gigi, di gigi yang sama.
Memang betul gigi susu/ gigi sulung ini akan digantikan oleh gigi permanen. Tetapi waktunya berbeda.
untuk gigi geraham pada anak, akan digantikan di usia 9 sampai 10 tahun
Jadi masih ada waktu yang cukup panjang hingga gigi akan digantikan oleh gigi permanen.
Proses penantian ini 😄, penantian digantikan dengan gigi permanen terkadang menimbulkan efek tersendiri. Salah satunya adalah abses yang berulang meskipun rajin menyikat gigi.
Mengapa demikian?
Karena abses atau nanah yang disebabkan oleh bakteri berkembang di sekitar akar gigi, sehingga tidak mungkin tersikat oleh sikat gigi.
Menyikat gigi bisa saja membantu mengurangi resiko ternjadinya abses berulang, tetapi tidak menjamin suatu saat bakteri tidak akan berkembang lagi di sekitar akar gigi.

TAMBAHAN NARSUM:

Perawatan gigi seperti kasus di atas menjadi penting jika usia penggantian gigi sulung ke gigi permanen masih jauh. Terkadang orangtua memilih untuk mencabut saja gigi putra/putrinya dibandingkan dilakukan perawatan agar waktu kunjungan singkat. Tetapi, pencabutan gigi di waktu yang dini dapat menyebabkan gigi permanen kehilangan jalur untuk erupsi/muncul. Sehingga muncullah kasus gigi gingsul, atau gigi yang muncul di luar tempat yang seharusnya.
Untuk kasus gigi depan, ini akan sangat mengganggu estetika. Karena gigi permanen akan berjejal.
Perlu pertimbangan lebih untuk anak2 putri kedepannya..
Meskipun anak putra juga tidak kalah pentingnya dalam pertimbangan estetika.

SHARING PESERTA:

Dan dokter, siklus pergantian masing2 jenis gigi, (sulung ke permanen) adalah berbeda2 waktunya ya?

TANGGAPAN NARSUM:

Betul sekali.

***

TANYA #2

Anak sy sudah 15 bulan dok tapi kok gigi nya baru 4 ya? Terus bagaimana perawatan gigi unt anak saya. Saya gak yakin unt memberikan anak saya odol walaupun itu khusus bayi

JAWAB:

Proses tumbuh kembang gigi pada anak berbeda beda waktunya.
Saya pernah menemukan kasus bayi di usia 17 bulan belum muncul gigi sama sekali. Dan ini mungkin saja terjadi dalam variasi normal.
Kasus berikutnya bayi lahir sudah dengan hampir munculnya 1 gigi. Dan di usia 2 bulan sudah muncul gigi. Ini juga merupakan variasi normal.
Bisa terjadi karena faktor genetik.
Ibu boleh tanyakan pada orangtua, sewaktu kecil Ibu muncul gigi di usia berapa, begitupun dengan suami.

SHARING INTERAKTIK PESERTA-NARSUM:

P: Ada perawatan khusus kah bagi anak dibawah usia 2tahun? Dg kasus demikian? Atau mmg lazim terjadi?
N: Sebelumnya, apakah putra/putri Ibu, diberi Asi ekslusif atau susu formula?
P: Asi dok tapi setiap hari saya berikan juga sufor 1 gelas biasanya setiap pagi
Medianya hanya gelas dengan sedotan atau gelas saja
N: Baik. Betul sekali Bu. Caries atau gigi berlubang pada gigi depan anak biasanya dicetuskan oleh susu formula yang diberikan melalui dot.
P: Sy baru memberikan sufor sejak anak 12 bln itu pun hanya 1 kali sehari dan anak saya tidak pernah mengenal dot sejak lahir dok
N: Kasus gigi berlubang dibanyak gigi gepan yang bersentuhan dengan mulut dot ini dinamakan nursing botle caries.
Media pemberian susu yang Ibu lakukan sudah benar.
P: Lalu bagaimana perawatannya dok?
N: Prinsip perawatannya sama dengan gigi dewasa.
Dilakukan 2 kali sehari.
Sebelum tidur, dan setelah sarapan.
Setelah sarapan bukan setelah bangun tidur. Atau saat mandi pagi.
Tidak perlu menggunakan pasta gigi pun tidak mengapa Bu.
Yang terpenting seluruh permukaan gigi terbilas dengan baik.
Jika anak sudah terlanjur tidur, Ibu dapat menggunakan kapas dibilas air hangat untuk menyeka giginya.
P: Maaf boleh tau dokter praktek dimana? 👆🏻
N: 1. RSGM FKG Unpad Sekeloa, setiap selasa sore pukul 16.00 sampai Rabu pukul 08.00 (IGD 24 jam)
2. Klinik Cipadung Indah Medika, Dekat Polda Jabar. Setiap Rabu pukul 16.00- selesai, dan Sabtu pukul 09.00-12.00
3. Klinik Cibolerang No 14. Kopo. Senin dan Jumat pukul 17.00-20.00

***

TANYA #3

Anak sy usia 5,5 th, gigi gerahamnya juga ada yg berlubang, tidak pernah menheluh sakit sih.. tapi 4 bln yll saya ajak dia ke dr gigi. Di sana disarankan untuk menambal gigi anak sblm kena ke syaraf.
1. Yg sy tanyakan koq tambalan gigi nya berwarna putih ya? Jadi di gigi gerahamnya terlihat seperti ada nasi yg nempel gitu. Apakah bisa diperbaiki tambalan giginya?
2. Seminggu lalu gigi seri bagian bawah anak sy tanggal sendiri stlah sblmnya goyang2 giginya,  perlukah ke dokter gigi untuk check kondisi giginya setelah itu?

JAWAB:

Tepat sekali saran dari dokter gigi tsb. Sejauh tidak ada keluhan sebetulnya pertimbangan estetika tidak begitu penting untuk anak2 (usia 5.5 tahun) bahkan ada tambalan yang berwarna silver.
Tidak mengapa.
Ada beberapa jenis tambalan. Untuk gigi sulung biasanya digunakan tambalan yang berwarna putih tersebut, pertimbangannya adalah waktu dan teknik penambalannya lebih mudah, tidak memakan waktu lama, sesuai dengan psikologi anak yang waktu konsentrasi/fokusnya tidak banyak.
Ada juga tambalan yg warnanya persis dengan gigi, tetapi teknik yg sulit dan memakan waktu lama dikhawatirkan tidak sesuai dengan psikologis anak.

Untuk pertanyaan kedua, gigi tanggal yang mana ya Bu?

P: Seri bagian bawah

Baik. Gigi seri depan memang sudah saatnua tanggal..
Variasi normal 6 bulan sebelum dan setelah 6 tahun.
Itu merupakan gigi pertama yang akan digantikan dengan gigi permanen.
(Depan bawah tanggal di usia 6 tahun deviasi 6 bulan)

PENUTUP:

1. Konsultasi gigi pada anak sebaiknya dilakukan 3 bulan sekali, dengan dan atau tanpa keluhan. Karena tumbuh kembang pada anak jauh lebih cepat terjadi dibandingkan pada usia dewasa. Ada gigi yang akan tanggal dengan sendirinya pada saatnya. Ada pula gigi yang harus dicabut pada saatnya meskipun masih utuh, bagus dan sempurna. Tujuannya agar gigi permanen memiliki ruangan untuk muncul pada saatnya. Sehingga tidak berjejal.
2. Proses tanggalnya gigi di saat yang tepat dengan sendirinya atau melalui proses pencabutan merupakan langkah natural untuk kerapihan gigi anak di masa depan tanpa menggunakan kawat orthodontik/ behel.
3. Terkadang orangtua tidak tahu kapan terjadinya proses pergantiam gigi tersebut, sehingga konsultasi dengan dokter gigi merupakan pilihan yang tepat.
4. Kembali pada kasus endodontik, pencegahan lebih baik dari mengobati, penambalan gigi berlubang dalam 1 kali kunjungan dapat dilakukan jika lubang gigi pada anak tanpa keluhan nyeri. Biaya lebih terjangkau dan waktu lebih singkat.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥 FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)
💻 Blog: sabumibdg.wordpress.com

Sabumi is part of HSMN
👍FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s