Homeschooler Story · Homeschooling Highlight

Sabtu Sharing: Lesson Plan Pekan 1 #GoodMorning

Selalu ada yang baru dari Sabumi..

Sabtu kemarin, untuk pertama kalinya Sabumi melaksanakan Sabtu Sharing khusus Lesson Plan…

Udah baca dong Lesson Plan Pekan 1 yang diposting di blog ini sebelumnya… bagi yang belum, silakan cek link berikut…

Sebagai catatan, lesson plan tersebut bukan panduan baku lho ya… semuanya fleksibel disesuaikan dengan kemampuan ananda, ketersediaan media pembelajaran, kondisi lingkungan belajar, dll…

Simak yuk… barangkali ide-ide keren para Bunda Sabumi ini bisa dijadikan referensi pembelajaran ananda di rumah 🙂

*****

image

Liza Sabumi 1

Mari rubah dulu persepsi kita tentang homeschooling. Kalau ditanyain, apa sih sebenarnya HS? Dan ketika jawabannya: memindahkan sekolah ke rumah, maka ada 2 pengertian.
Saya lebih suka menjelaskannya dalam pengertian yg demikian:
Bila belajar sesuai arahan kurikulum pemerintah, punya jam-jam khusus, panggil guru–memang benar, belajar di rumah. Tapi akan lebih tepat disebut sebagai school at home, sekedar memindahkan apa yang menjadi kebiasaan dan tanggungjawab pendidikan sekolah ke rumah. Praktisi menyebutnya dengan bahasa keren sebagai flexi school.

Meanwhile, kita ngga sadar, bahwa sejatinya masing-masing dari kita adalah praktisi HS sejak anak2 masih kecil, masih dalam kandungan bahkan. Ibu memberi pelajaran iman, adab dan akhlaq adalah proses meng-HS-kan anak dari dini.

Lalu kurikulumnya bagaimana? Apakah nanti ngga ketinggalan kalau di-HS-kan?

Kalau dari pembicaraan saya dengan kawan lama yang juga praktisi HS anak usia dini,

“Sing penting anake punya empati, karakter dan akhlak muslim yang bagus, soleh wis cukup lah”

Dont push youself untuk perfek menjalani HS ini dengan segala dinamikanya. Terlalu perfek akan membuat kita menjadi ibu si sumbu pendek. Gampang tersulut.

“Sing penting, kudu ikhlas, konsisten, bonding kuat sama anak2, trus jadi contoh sing apik.. dan jagalah Allah niscaya Allah menjagamu”

Apa yang Allah ridlo kerjakan
yang ngga tinggalkan.
That simple.

Sejatinya, HS adalah sekolahnya keluarga. Muridnya bukan hanya anak. Tapi juga orangtua. Bila anda sudah yakin untuk menjalani praktek HS, maka anda sudah yakin mau ikut belajar bersama anak–karena sometimes, anda yang salah dan anak yang akan datang membenarkan sebagai guru.

Sebagai keluarga homeschoolers, everything– everykind of daily activities atau hal remeh macam udara yang kasat mata saja adalah media ajar.
Dimana sekolahnya, ada basecampnya? Ada, di rumah. Tapi kita juga punya fieldtrip loh bu, sekolah bisa pindah2 ruangan. Kewl ya.. Kadang di mobil, kadang di taman bermain, kadang di masjid, kemana kita pergi-anak ikut. Kemana kita pergi-anak belajar.

Pilih metode yang terbaik menurut keluarga. Ngga perlu minder dengan program yang sudah dibuat oleh keluarga lain. Karena memang berbeda eksekusi masing-masing bergantung kepada kondisi anak dan keluarga itu sendiri.
Samakan visi kedua orgtua. Penting. HS tidak akan bisa berjalan tanpa kesamaan pandangan keduanya. Ngga lucu ayah ke kiri bunda ke kanan dan ngga punya titik temu.

Berpeganglah pada qur’an dan sunnah. Bila menemukan ilmu baru, tokoh baru, kunyah dulu. Jangan langsung ditelan bulat-bulat. Ingatlah bahwa ilmu ini someday akan diturunkan kepada anak-anak.

Geez.. Sounds easy huh? Prakteknya ternyata ngga semudah itu. Perlu trial and error berkali-kali. Tapi, anda bisa mulai dari sini:

Mulailah dari memperbaiki mindset anda tentang apa itu homeschooling– baru anda bisa yakin berkata: saya siap menjadi praktisi homeschooling. Dan mulailah berjalan untuk mewujudkannya.

Well,
Ini apa yang kami pelajari senin kemarin (23 nopember 2015) di sekolah rumah Ammar.

1. Sebenarnya kalau sesuai lesson plan yg sdh dibuat, hari ini ammar akan belajar
adab bangun tidur. Menurut sunnahnya, ada 6 hal yg harus dilakukan ketika kita bangun tidur.

Pertama, mengusap bekas tidur di wajah
Kedua, membaca doa ketika bangun tidur
Ketiga, membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran
Keempat, gosok gigi
Kelima, membersihkan hidung
Keenam, mencuci kedua tangan 3 kali

Yak, silahkan di checklist..yg mana saja yg sudah anda ajarkan ke anak2? Karena buat saya yg fakir ilmu, 6 yg sunnah ini belumlah saya ketahui apalagi saya amalkan. Ammar baru sebatas membaca doa dan mengusap wajah.

2. Ammar hari ini jadi anak pendongeng. Dan dia antusias dalam melakukannya. Setiap ceritanya berakhir dan saya memberi reward berupa tepuk tangan meriah, ammar langsung gembira dan sigap mengambil buku baru. Total bisa 5 buku habis kalau saya tidak bilang “sudah dulu..bunda punya mainan lain”

3. One day one sirah. Hari ini dua lah..cerita tentang nabi yunus alaihi salam dan nabi ibrahim alaihi salam

4. Bikin wayang stik eskrim dan bercerita tentang kepahlawanan amr bin tsabit. Oh well, yg ammar ingat pahlawan itu pegang pedang dan jago naik kuda seperti abu bakar asshidiq..wew. Pelan2 ya nak..

5. Hafalan surat, annaba. 1-8 dulu. Belum lancar di 2 ayat terakhir jadi ngga ditambah dulu.

6. Main puzzle adab. Ada 8 judul termasuk di dalamnya akhlaq terhadap lingkungan, akhlaq terhadap hewan peliharaan dll. Sambil bercerita isi puzzle.

Sisa hari dan di sela2 aktivitas belajar ini, ammar menggambar bebas seperti biasa. Masih prefer melantai sambil tengkurap. Dan ada satu kejadian emosional ammar hari ini, yaitu ketika jangkrik peliharaannya lepas. He dealed with it nicely… “Ammar mau beli jangkrik lagi besok” hahaha..

Intinya, seperti yg paksu selalu ingatkan kepada saya..
fokuslah pada proses. Bukan hasil.
Kalau homeschooling melulu berfokus kepada hasil, maka anda tidak akan bisa menikmati prosesnya dan belajar sesuatu darinya.
Apa goal anda. Bangga ketika anak hafal sekian juz, jadi public speaker handal,
Bisa hitung2an di luar kepala..siapa yg ngga senang. Tapi nikmati prosesnya, karena yang ini tdk bisa diulang kemudian.

Salam 🙂
Bandung , liza putri sari
Untuk SABUMI

*****

Mekar Sabumi 3 :

Lesson plan nafla

1⃣ awal belajar adab bangun tidur, pake role play dulu. kemudian tiap hari alhamdulillah praktik adab bangun tidur, mulai mengusap bekas tdur, baca doa, baca ali imron 10 ayat terakhir, gosok gigi, basuh hidung dan cuci tangan alhamdulillah terlaksana setiap hari, hanya pas baca ali imron bundanya yg bacain.
hapalan ad dhuha, al qodar dan an naba baru 3 ayat. pengen borongan karena pngn cpet bisa ngaji kayak video lailatul qodar yg nadia baca surat al qodar

2⃣ sainsnya lihat video dan praktek terjadinya siang dan malam. antusiasnya bagus nafla dan ariq
tiap hari one day one shiroh sama one day one book. alhamdulilah ariq ikutan baca dan senang bisa lihat gambar2 binatang.

3⃣ bikin kokoru, ga mau sesuai dr contoh malah bkn sendiri ceritanya bikin balon, kertas origaminya dibuat segitiga di lem2…

4⃣ saya cerita buku2 aja ga sesuai dgn LP ceritanya binatang2 dan menghitung ada berapa binatang. tracking huruf alif, karena udah d mesjid. jd ga dikerjakanlagi

5⃣ hari kelima juga ga sesuai LP. yg dihitung hanya binatang yg ada di buku. trus hafalan surat dan bercerita nabi dan cerita2 binatang.

pelajaran yang diambil :

harus membiasakn lagi adabnya bkn cma hafal, mdh2an konsisten.
anak berimajinasi sendiri sesuai keinginannya.
harus ekstra sabar dan menerima perbedaan pendapat dengan anak.

yang mesti diperbaiki
lebih kreatif agar lebih semangat.

*****

image

image

Shofa Sabumi 2

Dari kegiatan art kokoru itu, saya jadi menemukan:

Menjalankan lesson plan di awal-awal, pastilah trial and error. Yg kita kasih mgkin ternyata terlalu sulit buat anak atau bahkan terlalu mudah buat anak. Tp dr trial error itu, anak selalu mempelajari sesuatu. Misal anak saya katakanlah gagal belajar menempel kokoru, tp ia jd main-main (baca: belajar) menggunakan lem. Anteng lamaaa bgt. Sambil saya cerita2 soal benda2 langit yg ada di sini.  Jd ga masalah, klo kita bingung ngasih apa ya, cocok ga ya buat anak saya, COBA aja, nanti ketahuan anaknya minat atau gak, dan apa yg bisa kita evaluasi.

*****

image

Nadia Sabumi 1

HS ituuuu.. mnrtku jalanin keseharian dg anak2 dg cara yg dirasa paliiinggg nyaman aja mnrt sluruh anggota keluarga

mnyangkut adab,sosialisasi,kognitif,, dbikin ssuai dg kbutuhan smua yg ada drmh

sy siiy skrg msh mraba2 konsep yg bagus tuk anak2.. krn skrg br 2bln drumah dan lingk baru suasana baru..suhu yg baru (sadang panaaasss bgt) jd kalo soal solat misalnya ..kok anak2 malah jd kendor

baiklahh..skrg si sulung msh 5,5th.. sounding2 wajib sholat aja dlu,wlop knyataannya dia baru mau solat kalo maghrib dan isya aja:D aga dingin kalo mlm

berkreasi ama baca buku santei dan maen speda skrg rutin tiap pagi siang.. tp mlm itu khusus baca buku adab rasul

drmh kami ga ada tv jdnya anak lbh fokus maen ..alhamdulillah

oya,kalo materi hs mah nyontek sana sini..ada sabumi jg yg >> bundanya masihhh byk bljr.. inget kata2 temenku dulu.. hs itu bukan ngajarin anak,tp belajar bareng anak..

kendala..
nahhhh krn msh meraba2 dan msh terseok2 dlm per-Hs-an.. jd masih suka aga2 sensiii deh kalo ada yg nanya soal “skolahnya gmn.. skolahnya dmn.. ngapain aja..” 😂😂 tp so far…bisa djawab dg senyuman wlop kecuutt (aseemm) hahaha

yayayyaya…smua ibu hs pst ngalamin bginian kan.. ya kann..ya kan.. #caritemen

*****

image

Ambu Ayeman Sabumi 1

Minggu ini Ayeman tidak banyak belajar hal baru, tapi lebih banyak latihan hal-hal yang sudah dipelajari sebelumnya.

1. Seni. Mewarnai dengan cat air. Coba menerangkan feature cat air yang transparan, pakenya tipis2 aja…  dia jawab ‘ok,  I’ll try’, tapi prakteknya malah tebel-tebel lg kayak cat poster. Yauda ambu ikut gambar aja (urusan dapur tar dulu). Akhirnya kami punya 3 gambar: pertama digambar dan diwarnai ayeman, kedua digambar ayeman diwarnai ambu, ketiga digambar dan diwarnai ambu. Kata abah sih bagus semua.

2. Matematika. Ayeman ingin menyelesaikan buku latihan matematika tingkat prep-nya Desember ini, biar Januari nanti bisa pake buku Grade 1. Bersemangatlah ngerjain 5 halaman non stop. Yang paling dinikmati adalah hefting (menimbang2 berat benda menggunakan kedua tangan) dan probability menggunakan koin dan dadu.

3. Menulis. Cara Ayeman menulis lom begitu stabil, jadilah kusodorkan lembaran untuk menulis rapi. Biasanya Ayeman gak suka nulis ikutin aturan, tapi kali ini semangat banget, soalnya ambu suruh dia nulis hal yang dia suka: nama2 mobil dari a sampai z. Dan, wiiih, tulisannya rapi jali! Ohya, Ayeman juga menulis bukunya sendiri, walopun lom selesai. Bukunya dibuat dari kertas bekas. Cover, daftar isi dan halaman pertama dah rampung.

4. Bersabar. Kami diajak Oma (nenek) pergi ke Maribaya lihat air terjun, yeaaay. Tapi… Ayeman selalu pusing kalau naik mobil. Maklumlah kami ga punya mobil, selalu bermotor. Sedangkan dulu di Melbourne kami selalu bersepeda sehari-hari atau naik tram/kereta untuk perjalanan jauh. Jadi tidak mencium aroma mobil yang bikin pusing.  Jadilah sepanjang jalan Ayeman mengeluh dan grumpy. Jadilah kami diskusi sedikit tentang sabar dan bahwa mengeluh tidak bisa memperbaiki keadaan.

Sisanya kegiatan rotinya harian: shalat, baca quran, murojaah, independent reading, dibacain sirah.

Bagaiman awal mula mengambil keputusan utk HS?

Awalnya kami merasa bahwa untuk di zaman sekarang ini, melepas anak ke dunia luar sana berarti memberikan berbagai exposure. Kami ortunya ingin Ayeman lebih siap, punya tauhid dan aqidah yg mantap, pendirian kuat, akhlak yang karimah, sudah tertanam kebiasaan2 baik, senantiasa menjaga hafalan dan interaksinya dengan quran, bisa memilih teman yg soleh, memilah informasi yang diterima,  mengembangkan minat2 belajarnya dan tidak memelihara keinginannya untuk terus belajar… Banyak banget yaa. Hal2 inilah yang sedang kami siapkan. PR besar banget buat kami sekeluarga, tapi insyaaAllah  dijalani dikit2.

Kami belum memutuskan apakah akan hs seterusnya atau tidak. Kalo misalnya diputuskan sekolah, kami inginnya kalo dia dah 7 thn.

*****

Yani Sabumi 3

Mau coba evaluasi LP nya faiqa 2th 2bln
1⃣ untuk pengenalan adab bngn tidur br nambah satu poin yg mengusap wajah. Sblm nya faiqa hny baca do’a bngn tdr mengikuti saya. Sy biasanya menambahkan secara bertahap. Jd insyaAllah mulai minggu depan nambah 1 poin lagi.

2⃣ mengamati benda2 langit secara langsung… tp faiqa malah lbh tertarik dngn pesawat terbangnya… 🙂

3⃣ waktu bermain bersama kokoru. Faiqa malah senang menggunting aja..

4⃣ waktu menyiram bunga dimanfaatkan untuk mengenal kata “kuncup” dan “mekar”
Jg menghitung bunga dgn bantuan saya.

5⃣ untuk hafalan suratnya faiqa melanjutkan… masih mengikuti bacaan saya 🙂 … ngomongnya aja masih ada yg blm jelas 😁
Tp tetep secara bertahap dan diulang2.
1 hari nambah 1 ayat.
Untuk mengenalkan huruf hijaiyahnya pake bantuan video youtube..
Yg saya rasakan malah saya yg banyak belajar dari anak2.. 😄

*****

Nunuy Sabumi 1

Evaluasi Wafi 3th

1. Adab bangun baca doa, langsung ke kamar mandi. Buka celana sendiri cuci tangan cuci muka, sekalian wudhu dinyanyikan.

2. Setiap berkegiatan tak lupa berdoa. Makan, masuk kamar mandi, belajar (baca, melukis, menggambar, mengaji,dsb). Berdoa kala hujan, mendengar petir.dll

3. Sains mengenalkan proses terjadinya hujan. Awalnya ia kesal krn hujan terus ga ada abaynya yg bisa anter jalan2, jadi ia tanya knp harus hujan? Bgaimana terjadinya? Sekalian dijelaskan

4. Al Quran. Baru beres Adh-Dhuha mau lanjur surat selanjutnya. Murojaah sbelum tidur sebagai tiket kereta dongeng.

5. Hadits. Jangan makan dan minum sambil berdiri. Eh masa umay minum sambil berdiri? Jadi skrg dia jadi satpam untuk saya dan suami kalau makan dan minum sambil berdiri.

4. Siroh. Seneng cerita nabi Idris yg membahas surga neraka tanpa harus meninggal dulu.

5. Makan selalu sendiri. Duduk manis di kursinya. Jika ga mau atau belum mau makan saya biarkan. Nanti ada saatnya ia mau makan dan lahap jika lapar.

Sekian. 🎈

*****

Ayu Hilma Sabumi 1

Lesson Plan (29 nov – 5 des)

Nama anak : Balqis
Usia : 4 thn 10 bulan

Life skill:
– Membuka jendela tiap pagi
– Memilih baju sendiri
– Menyiapkan bekal baju sendiri

Quran + Hadits + Doa:
– Iqra : Alif – Dza
– Al Baqarah : 1-3
– Laa taghdhab wa lakal jannah
– Kullu ma’rufatin shadaqotun
– Doa setelah berwudhu

*Ahad (29 nov)
– Lapisan tanah (lapisan organik, lapisan tanah atas, lapisan tanah bawah, batuan induk sudah lapuk, batuan induk belum lapuk)
‪#‎singing‬ ‪#‎sains‬ ‪#‎menabur‬

==> Lancar menyenangkan

*Senin (30 nov)
– Bintang (menempelkan bintang flouresensi di kamar)
‪#‎beranigelap‬ ‪#‎bintang‬ ‪#‎luarangkasa‬ ‪#‎pretendplay‬

==> balqis berhasil tidur dengan lampu padam 👍🏻

*Selasa (1 des)
– Buku aktivitas
‪#‎menggunting‬ ‪#‎menempel‬

==> kami coba pakai gunting yg bergelombang, hasilnya lebih fun

*Rabu (2 des)
– Membuat tempat pensil
#menggunting #menempel ‪#‎mozaik‬ ‪#‎reuse‬

==> ga jadi t4 pensil, jadinya bikin tangan robot

*Kamis (3 des) – ummi pulang malam
– youtube syamil dodo / nabi / rasul / lagu anak
‪#‎shirah‬ ‪#‎nonton‬

==> jadinya nonton youtube umar bin khattab, yang memberi gandum wanita miskin

*Jumat (4 des)
– Cooking : Martabak meises
‪#‎mengaduk‬ #menabur ‪#‎mengoles‬

==> ga jadi.. Krn ummi pulang malam.. 😭😭

*Sabtu (5 des)
– Metamorfosis ulat – kepompong – kupu-kupu
– Membuat sayap kupu-kupu
#sains #pretendplay

==> insyaAllah sore ini, tadi pagi ngebolang dulu ke Pitimoss Library

Tak lupa selalu selipkan doa2 kebaikan utk anak2 kita..

Mohon kemudahan dari Allah agar anak bs mengenal Allah..

Anak qt bisa mjd hebat, bukan krn ibunya.. Tapi karena Allah..

*****

Asri Sabumi 1

Minggu ini belum ngikutin LPnya Sabumi…
Pelajaran adab dan akhlak masih menjadi prioritas utama untuk diberikan dan dibiasakan (untuk saya juga!)

Yg sudah dijalankan berkaitan dengan adab sehari-hari:

– Baca doa sebelum tidur, dan menjalankan adab sebelum tidur lainnya. Mulai dikonsistenkan, biasanya masih ‘belang betong’

– Baca doa bangun tidur

– Bangun tidur disambut dengan kata2 positif, dan ngobrol2 ringan

– Masuk keluar kamar mandi baca doa dan diperhatikan kaki kiri/ kanannya…
(Saya termasuk yang ikut belajar disini, alhamdulillah udah mulai terbiasa)

– Membaca basmalah dan hamdalah sebelum dan sesudah makan… Untuk yang satu ini masih harus terus diingatkan, kalau makannya ga saya dampingi lebih sering tidak dibaca. Alhamdulillah sudah terbiasa makan sendiri, mengambil alat makan sendiri, dan duduk di meja makan.

Untuk belajar belum terstruktur, masih sekehendak sendiri… tapi ada beberapa hal baru yang dipelajari minggu ini:

– pekan lalu, saya belikan poster asmaul husna, jadi minggu ini bertambah hafalan asmaul husnanya, sejak kecil memang sudah senang dibacakan asmaul husna… (PR-nya, mengenalkan satu per satu nama Allah itu dengan lebih mendalam, melalui cerita, atau bentuk kegiatan yang lain)

– motorik kasar: bisa memanjat dan turun sendiri melalui sandaran kursi yang tingginya kurleb menyamai tingginya sendiri

– melempar boneka ke arah yang tepat (ke arah saya) dan menangkap boneka yang dilemparkan

– menirukan gerakan senam hamil yang saya lakukan hehe… jadi teman olahraga saya juga 🙂
Semua kegiatan berjalan spontan tanpa direncanakan…

– kegiatan lainnya masih sama dengan sebelum-sebelumnya, seperti: menggambar (paling senang menggambar mobil) sesekali mewarnai, mengeja abjad dan angka, bermain mobil-mobilan, melepas pasang puzzle sederhana, dll…

– Akhtar belum tertarik diajak ‘bikin-bikin’. Dia masih lebih tertarik dengan kegiatan yang dipilihnya sendiri. Tapi sementara mendampingi Akhtar bermain, biasanya saya bikin-bikin kreasi sederhana. Jadi, walaupun Akhtar tidak ikut terlibat langsung, saya ingin menciptakan lingkungan belajar yang ‘kreatif’ untuk Akhtar.
(kreatif tanda kutip, da saya mah aslinya ga kreatif :p)

Saya sendiri membuat target pribadi…
Kebiasaan saya, setiap bangun tidur yang dicari adalah HP, maksudnya untuk mengecek jam karena di kamar tidak ada jam dinding, tapi biasanya lanjut ngecek WA, yang mana bisa memakan waktu 5-15 menit.

Minggu ini saya mencoba merubah kebiasaan. Saya tetapkan ‘standar pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum cek WA’. Masih berusaha untuk konsisten…

*****

Eka Sabumi 3

Evaluasi LP zubair 4 bulan, sepertinya belum berjalan.

1⃣ pengenalan adab bangun tidur hanya mengusap wajah dan doa bangun tidur diwakilkan umminya, karna jadwal bangun nya berubah ubah

2⃣ mengenalkan matahari saat berjemur di luar rumah, motor dan tetangga yg lewat, bunga, daun, dan kucing yg sering lewat

3⃣murajaah juz 30 diwakilkan umminya,sambil senam menguatkan otot2 tangan kaki

4⃣ bacakan cerita nabi yunus as sambil dilihatkan gambar2 nya

5⃣ belajar berguling kanan dan kiri.

untuk sementara seperti itu dulu😁😘

LP nya belum berjalan dengan baik karna jadwalnya tidur dan bangun nya masih belum teratur..klo umminya lg sibuk didapur biasanya digantikan abinya,,

*****

Annisa Fathi Sabumi 2

Minggu ini saya belum bikin lesson plan yg detail untuk Aira (17bulan). Tapi alhamdulillah minggu ini sudah mulai ada ‘belajar’ nya setiap hari. Aira lg senang main dengan krayon, spidol, lem, dan beras warna-warni nya. Jd minggu ini seputar itu kegiatannya 🙂 .. Stimulasi motorik-sensorik

Minggu ini juga rutin jalan keluar, ngenalin sawah dan sekitarnya. karena kebetulan ikut nemenin ibunya yg lagi ikhtiar buat persiapan persalinan 😅

Sama baca buku ttg hewan. Rutinnya sebelum tidur malam. Atau kapan aja pas Aira minta.

Masih blm terjadwal.
Tapi dapet pelajaran pribadi minggu ini buat ibunya: nikmati proses.. Jangan terpaku pada hasil (suka gereget kl pas nempel atau mewarnai gak sesuai hehehe) dan apapun aktivitasnya, yg penting belajar hihi

*****

Mariana Sabumi 2

LP Giska (4th 7bln)

-adab bangun tidur. yang rutin dilaksanakan baru doa bangun tidur dan mengusap wajah. sounding doa2 dan dzikir pagi petang.

– minggu ini adalah minggu pertama giska ikut bimba AIUEO, karena dia sendiri yang minta.

– memantau kemandirian dan tanggungjawab giska atas keiinginannya masuk bimba.
mulai dari mempersiapkan kebutuhannya sendiri. mandi (cek hafalan doa masuk dan keluar kamar mandi), pakai pakaian (doa pakai pakaian), makan (doa sebelum dan sesudah makan), adab berpamitan ketika akan berpergian, doa keluar rumah.

-ketika di bimba. belajar memperkenalkan diri ke guru2 dan teman2. hemh..lumayan, walaupun agak malu2.
saya ga tungguin, hanya antar dan jemput aja. ternyata giska udah bisa sendiri. guru2 belum menemukan kesulitan yang berarti. hehe.

– setelah pulang dari bimba, membiasakan bersih2 diri di kamar mandi&ganti baju stelah berkegiatan di luar rumah. ini yg belum lancar, kadang pengen cepet2 makan dan main dengan temen rumahnya.

– masih ada PR untuk tidak berbicara dengan nada tinggi ketika marah dan minta sesuatu dengan cara yang baik.

-lagi pengen banget tau angka2&huruf2. angka kalau ditambah gimana, kalau di kurang gimana. segala macem huruf ditanyain dan dia coba tulis sendiri.
Karena belajar alfabet dan huruf hijaiyah berbarengan. kadang suka kebalik2 gitu nulisnya. nulis alfabet, dari kanan ke kiri
nulis hijaiyah dari kiri ke kanan. 😁

LP Giandra (23 bulan)

– masih membiasakan berdoa sebelum dan sesudah berkegiatan apapun.

– membiasakan bilang “minta”, “pinjam”, “mau”, “boleh”, “ga boleh”.
minta dengan cara yang baik, izin kalau mau pakai mainan atau minta makanan kakak.

– gia lagi toilet training. lumayan rempong deeeehhh…

-mulai suka coret2, pegang sana sini dan meniru kata2. jadi kegiatannya menulis, sensori playnya mengenal tekstur (pasir, tanah, es, waterbeads, dough, slime), dibacakan cerita dan main flashcard bergambar.

Bayu (6 bulan)

– mulai makaaaann.
masih test2 tekstur mpasi apa yg cocok buat bayu.

– gigi tumbuh, fase oral, suka gigit2 apapun.

-test respon kalau dipanggil. diajak main ciluk ba, main mimik wajah.

– mulai suka merayap merangkak kayak tentara. dipancing maju dengan bola berbunyi.

segitu dulu deh. hehe.
sy cenderung spontan. ngikutin fase anak butuhnya apa. ada beberapa juga yang harus, untuk saat ini lebih ke adab dan doa2 sehari2.

karena rempong, suka lupa buat berfoto. hehe. 😅

*****

Devi Sabumi 1

Lesson Plan (29 nov – 5 des)

Nama anak : Sinnai
Usia : 5 thn 8 bulan
Mau ikutan sharing tentang aktivitas Sinnai selama Bundanya di RS  dr tanggal 28-1 des. Sinnai dititip di Rancaekek di rumah eyangnya,  karena keluarga sudah dikomunikasikan kalau Sinnai insyaAllah akan HS jdnya bs sangat  dikondisikan untuk bisa ikutin apa yg sudah direncanakan aktivitasnya.

Dari segi life skill selama disana Sinnai jd belajar tentang kemandirian dan dipersiapkan untuk menyambut adik baru yang artinya membagi kasih sayang bukan cm untuk adik salma tapi juga ke adik syams. Belajar tidur terpisah dari Bundanya, makan tidak disuapi, Mandi juga belajar sendiri sampai dengan belajar pake pakaian sendiri walaupun msh tetap bertahap dan perlahan namun cukup bagus progresnya.

Quran + Hadits + Doa:
– Iqra : Alif – dza
– hapalan msh seputar anas – al ikhlas
– belajar doa setelah wudhu dan masuk kamar mandi dan keluar ( msh on progres)

*Rabu (2 des) setelah di rumah
– aktivitas kreasi membuat parasasut mini dari kresek.
Seperti biasa awal mulanya bercerita dulu ttg siapa yg biasa menggunakan parasut sampai bertanya bagaimana cara kerja parasut jika di udara, kemudian praktek membuat parasut mini. (Tentunya ini dilakukan ketika adik2nya tidur hehehe jd bisa optimal u sinnai)
– selain membuat kreasi sinnai kerjakan Worksheet alphabet (dr huruf G- M : sumber english time. ‬

*Kamis (3 des) – ‬
– kerjakan Worksheet number #sumber : education.com
– nonton film bbc ttg mamalia (hasil donlotan )

*Jumat (4 des)
– Sinnai silaturahim ke tetangga2 Bantu eyang antar2 berkat aqiqah  😭

*Sabtu (5 des)
– hari ini banyak teman nya datang ke rumah dan sedang di ajak jalan2 sama bundanya fadhil (teh cuni) dan umminya hannan (teh fifi) sabumi 3 … Hehehe jd bundanya bisa rehat dan nulis evaluasi sinnai.

*****

Ifa Sabumi 3

Laporan LP minggu ini :

1. One day one siroh (cerita hewan dalam AlQuran, unta nabi shaleh,ular nabi musa,gajah abrahah,semut nabi sulaiman, burung ababil, dan paus nabi yunus)

2. One day one ayat (surat Alqariah dan surat al’adiyat) yg sudah hafal oleh aisyah dan husna baru surat al Qariah. Metode : mendengarkn VCD yg diputar seluruh isinya dlu,baru yg kedua repeat surat al adiyat sampai anak anak minta ganti.diputar setiap pagi.ketika anak anak bangun tidur.
Metode ke dua  DIUK (Dengarkan,Ikuti, Ulangi dan Keraskan).dilakukan sore hari.

3. Adab : mau tidur dan bangun tidur.
Mau tidur : dibacakan cerita, baca alfatihah,annas,alfalaq dan al-ikhlas.doa mau tidur dan meniup tangan dan mengusapkab k3seluruh tubuh.
Bagun tidur : baca doa,berwudhu dan sholat shubuh.

4. Seni : menggambar unta nabi shaleh

5. Peran : bermain berdua aja… (ibu ibuan,dokter dokteran dll)

6. Matematika : belum maksimal (menghitung jumlah makanan).

*yg belum dilakukan, sains….😝

*****

Azha Sabumi 2

LP Zia 18m
belum terjadwal tp mulai terlihat perkembangannya terutama dlm hal berdoa

-bangun tidur langsung mengangkat tangan dan mengusap wajahnya sambil bilang amin (berdoa) emak nya yg berdoa

-masuk kamar mandi setelah emak nya berdoa,turun k kamar mandi bilang kili (kiri)

-suka nungguin emak nya wudhu,setelah emaknya membasuh kaki,tangannya langsung diangkat (berdoa)

-kalau lihat masjid tangan langsung teriak Allah dg lantang sambil tangan diletakkan d kuping (adzan) trus bilang ajit (masjid)

-sholat sudah bs takbir Allahu ak (Allahu akbar),bersidekap,rukuk langsung sujud

-kalau lihat alquran blg aji (ngaji)

-kalau mau pup mulai bilang ee,walupun msh kadang2

-berhitung baru bs melafalkan ima  enam

-lg senang buku rasulullah sahabatku yg judul 12 (kisah binatang dalam alquran)

semua dg proses yg berulang2 & contoh langsung maa syaa Allah
segitu dulu sharing nya….

*****

Iim Sabumi 3

Pada keren sih, kayak ada kurikulum terstruktur gitu. 😍

Kalo saya, Shafiyya (2w12d) baru sounding2 aja, doa bangun tidur mau tidur. Doa mau nenen (emang ada ya pake doa makan 😂) sama beres nenen. Terus kalo bobo disounding pake murojaah juz 30.

Sejak awal sama suami mengkondisikan tiap satu bulan nambah 3 surat. Mulai surat An-nas. Jadi sekarang Shafiyya 2 bulan dah nyampe Alhumazah. Kalo emaknya ngantuk minta bantuan kakek Juhani atau kakak Ahmad Saud buat Sounding 😂.

Belum tau ini efeknya gimana, tapi ini berjalan setelah lahiran. Pas hamil masih murojaah acak. Jadinya di rumah gak ada nyetel2 yang laen selain suara murojaah emak dan ayahnya, sama mq on air kalo shubuh. 😅

Untuk adab, sains dll kayaknya belum kefikiran. Minta sarannya 🙏
Ini jam siang dan malamnya juga belum teratur. Awal lahir kayak yang udah ngeh malem bobo, siang bobo juga hahaha. Tapi sekarang malem lebih banyak ngajak maen walau udah dikondisikan bobo juga. Tapi ya dinikmatin saja hoho 😋

*****

Giari Sabumi 2

1⃣M.Naufal 7th, masih berusaha merutinkan sholat subuh berjamaah di masjid, alhamdulillah pekan ini sudah rutin, sesuai perjanjian di usia 7th dia sholat 5 wktu berjamaah, dan selama ini yg masih susah tinggal subuh…😅, hanya…masih belum mau wudhu…hehe…targetnya 2mgg, sudah mau wudhu
Hafalannya surat An Naba, tapi ini ibunya blm rutin nambah tiap hari 1ayat,karena pekan ini sedang ada musibah😁

2⃣Raditya 5,5th, PR nya bicara pelan klo main atau marah, dan tidak bicara d kamar mandi.
Alhamdulillah, bicara pelan sudah mulai bertahap, tapi masih susah d kamar mandi.

Keduanya sy biasakan 4 surat saat mau tidur, ayat kursi, dan 3qul.,jadi ditargetkan dalam 2bln kedepan mereka hafal(kelamaan ga ya😅)

In sya Allah, mulai pekan depan, mau dcek sudah hafal sampai mana saja masing2 ayat.

Semua sebenarnya sejak lama dlakukan, hanya tidak terevaluasi dg baik, sekarang mulai saya rapikan..dan dbuat LP tematik

Berhubung mereka masih schooling, saya masih mengikuti ritme sekolah, dan minat anak…

*****

Inay Sabumi 3

Hammam 3 tahun

menghitung hari buku sabumi datang senin lalu (buku 52 Aktivitas HS)
Langsung dipraktekkan

-bangun rumah sendiri dari kursi dan kain pantai,alasnya pakai selimut dan bantal bayi. Rumah2an bertahan sampai 4 jam selama itu dia awalnya nyaman dengan tempatnya
Mulai merasa kesepian mengajak teman2 bayangan (boneka beruang,sapi dan mobil2an) main ke rumahnya
Mulai minta ditunjukkan fungsi pintu jendela d rumahnya

-praktek mengenal bentuk2 daun dan menggunakan lem ditempel daun2 yang berbeda diatas kertas

-belajar warna.hammam baru hafal warna hitam, lebih suka hafalan doa/lagu daripada warna.tiap dia minta sesuatu (susu/jajan)pasti saya tes dulu warna lumayan seminggu warna putih mulai masuk otak 🙂

Hammam punya lagu tepuk wudhu dari paud.nanti kalau dia bangun saya ajak bernyanyi.alhamdulillah wudhu jadi momen menyenangkan walaupun subuh2

*****

Dyah Ummu Umar Sabumi 3

Saya awalnya ga gt ngerti HS itu kaya gmn..apakah saya harus bikin prota promes rpp endeswey endebrey 😱
Sendiri?
Di rumah?

Ternyata HS adalah implementasi dr hadits Rasulullah saw yg diriwayatkan oleh at turmudzi.. “Barang siapa yg menapaki jalan menuntut ilmu.. Allah mudahkan jalannya menuju syurga” dan bahwa belajar itu madal hayah..sepanjang hayat..
Dimana pun kapan pun..
Sejak dalam buaian hingga ke liang lahat..

Kl HS yg dimaksud hrs merujuk kepada mana kurikulum nya, belajar nya dr jam brp sampe jam brp atau nanti dpt ijazah ga?

Itu bukan HS yg keluarga kami adopsi. Abu umar dalam hal ini yg bs saya sebut harus “bertanggung jawab” sm keberlangsungan HS anak2 kami karena beliau bekgron pendidikan nya dari teknologi pendidikan sementara saya hanya menjalani peran sebagai eksekutor.

Memfasilitasi anak belajar sdh sejak awal kami terapkan di rumah dr bayi anak2 dikenalkan dg buku. Buku bantal waktu itu trs naik level 😄 ke softbook board book dan di usia nya yg 3y10m umar blm pernah sekalipun ngerobek halaman buku.

Adanya LP ini terus terang ngebantu banget kemana hrs melangkah hari itu #lebay# saya termasuk yg suka senewen karena ngerasa blm ngerjain ini blm ngajarin itu..sampe pernah bilang, “bi..ummi ga sabaran..yakin anak2 di rumah sm ummi?”
Kata abinya, “kl anak2 pergi sekolah ummi akan tiba2 jd penyabar?”

Well..a part of HS is: uji nyali 😄

Laporan LP umar sepekan:

Saya biasa nyiapin media dkk di ahad supaya senin bs eksekusi.. Karena umar punya 2 adik yg msh kecil2. Thariq 2y dan raffa 5m.

🌺 Senin
Alhamdulillah jadi tau adab bangun tidur dr sharing di Sabumi tadinya cm tau baca doa lalu wudhu dan shalat subuh.

🌺 selasa
Jadwal belajar sains ya..umar suka banget ketika diceritain proses terbit matahari.
Ummi sampe nyari referensi kanan kiri.

Matahari

Qs yunus ayat 5
Penjelasan al quran mengenai matahari.
Dlm ayat tsb Allah menyebut matahari sbg “dhiya” yg artinya bersinar, utk menyebut benda memancarkan cahaya nya sendiri.
Sedangkan bulan disebut “nur” yg artinya bercahaya, memantulkan sinar matahari.
Matahari dan bulan diciptakan utk memberi manusia pengetahuan ttg waktu , perhitungan tahun dan penanggalan.

Diameter matahari 1,4 juta km dan memiliki suhu 20.000 decel tp karena kasih sayang Allah, DIA mencurahkan sinar matahari berangsur2 sejak terbit hingga tenggelam dan ada fungsinya msg2 utk kehidupan manusia.

Warna matahari:
Orange saat terbit.
Putih saat terik.
Merah saat tenggelam.

Dan bs dibiaskan oleh hujan sehingga membentuk pelangi yg indah.

Hasbunallah wa ni’mal wakil ni’mal maula wa ni’mannashiir

🌺 rabu
Karena blm punya kertas kokoru. Umar jadinya belajar tentang jam. Ummi bikin jam dr kartu undangan bekas. Denahnya dipake jg utk belajar membuat denah. Ternyata umar keterusan akhirnya bikin denah ruang tamu, ruang tengah dan kamar tidurnya.
Umar dan thariq sdh tidur terpisah dg ummi abi.

🌺 kamis
language harusnya. Seharian ummi pegang ade bayi lalu gantikan tugas abi di toko karena beliau sakit. Masyaallah karena sdh punya lesson plan.. Ternyata Allah mudahkan utk eksekusi hafalan dan cerita ttg terjemah qs asy syams. Sebelum tidur sampe minta diulang lbh dr 20x
#lumayan 😁

🌺 jumat
Umar belajar matematika ceritanya. Lompat ke angka yg ummi sebutkan. Media nya kertas lipat ukuran 20x20cm.

Thariq dan raffa jg ikut belajar. Kadang Umar yg sebutkan benda2 di buku bantal atau nyodorin mainan sambil bilang, mau ngajarin dulu ade raffa.

Alhamdulillah alhamdulillah sejauh ini enjoy dan bersyukur karena umar lbh suka, “yuk mi kita bikin abcd” ketimbang “yuk mi kita beli itu”

Ini cerita kami dari kampung bernama Warunglahang 😄

Umar, thariq dan raffa ❤

*****

Dessy s3

Ikut share yaaa…

Naila (7thn)
Minggu ini fokus ke mengembalikan keceriaan naila setelah beberapa kejadian yang tidak menyenangkan. Kegiatan lebih banyak ngobrol sambil becanda, crafting (origami & kokoru), main sepeda, alhamdulillah tuntas hapal surat al-bayyinah, jadi tinggal 1 surat lagi hapal 20 surat, dapet sepeda baru deh. Masih suka ngasih motivasi lewat hadiah, huhuhu…

Bangun tidur baca doa, wudlu, sholat shubuh, lgsg persiapan ke sekolah. Minggu ini juga lebih banyak belajar persiapan UAS minggu depan.

Adab : masih berusaha menanamkan adab makan dan minum yg msh suka seenaknya (contoh buruk dr saya dulu huhuhu)

Big win: materi makanan halal ternyata nempel bgt, setiap makanan & minuman kemasan dia cek logo halalnya. Biarpun makanan kesukaan gak ada logo halalnya, no! Semoga seterusnya, aamiin.

Kreasi kokoru favorit naila bikin hiasan pensil. Dari sini dia dapet ide buat jualan hasil kreasinya ke tmn”nya. Udah boleh gak sih anak kelas 1 mulai jualan? Sarannya dong…

Chiara (3 thn)
Utk adiknya masih fokus ke melatih bicara. Alhamdulillah kalimatnya udah pjg tp kata”nya blm jelas. Setiap aktivitas sy manfaatkan utk mancing dia bicara. Aktivitas minggu ini: macam” ekspresi wajah (bikin flash card emoticon), origami (bikin aneka binatang), kokoru (ikut tetehnya bikin hiasan pensil), baca beberapa buku halo balita, bikin kue.

Chiara juga rutin ikut baca iqro dan hapalan surat, meskipun gak jelas apa yg dia ucapkan tp dia selalu minta giliran baca iqro dan hapalan setelah tetehnya.

Big win: minggu ini chiara bisa ngucapin doa sebelum tidur hampir jelas semua, alhamdulillah.

*****

Nama Anak: M. Azka Khawarizmi (3y3m) & M. Aziz Insani (1y6m)
Nama Bunda: Novita Yustinadiar
Periode: 30 Nov – 4 Des 2015

🎓 Menanamkan iman
🎓 Mengajarkan adab
🎓 Menyempurnakan akhlaq

➖➖➖➖➖➖➖

🌸 Senin: Adab

🔸Adab bangun tidur
Setiap bangun tidur.. sy biasa menyapa anak2 dengan salam, senyum, dan doa bangun tidur. Alhamdulillah, Azka mulai mencoba bangun tidur dengan mengusap muka dan berdoa walaupun hafal kata “nusyur” nya saja. Bangun tidur biar semangat nyanyi “bangun tidur”.. lirik “kutolong ibunya” diganti sholat subuh biar mengenal sholat subuh.. krn Azka & Aziz bangun tidur rata2 jam 8 pagi.. dan langsung mandi. PR : semoga kedepannya bisa hafal doa bangun tidur.

🔸Hafalan 1 ayat a day
Pertama dicoba lihat dan tirukan, Azka belum mau.. Maunya nyanyi “A ba ta” yang sudah dia hafal. Setiap hari sebelum tidur siang dan malam, saya muroja’ah di dekat anak2. Kalau mau tidur, sy menyusui Aziz dan Azka peluk saya dari belakang.. nah pada saat itu sy mengulang2 asmaul husna dan surat2 pendek dari alfatihah sampai al ikhlas dulu.. Alhamdulillah Azka sudah hafal asmaul husna sampai “Ya ‘Alim”.
Azka Aziz kalau lagi rewel dari bayi sy nyanyikan asmaul husna langsung anteng.. Alhamdulillah ^^.

➖➖➖➖➖➖➖

🌸 Selasa: Sains

🔸 Matahari terbit, bulan terbenam (benda2 langit)
Aktivitas anak:
1. Menggambar tata surya (matahari, bumi, bulan dan bintang)

2. Tanya anak benda langit yang dia suka dan kenapa. Trus, spesifik ngobrol ttg Bumi, matahari, dan planet yang dia suka

3. Cerita saat pergantian siang dan malam malaikat berganti tugas.. Mencatat amalan kita. Bahwa ada dua waktu untuk pergantian siang dan malam, yaitu subuh dan maghrib.

4. Baca buku ensiklopedia Buku WWP Bumi dan Angkasa. Alhamdulillah Azka dan Aziz seneng baca buku dan gak pernah nyobek buku. Kalau dulu awal2 azka dikenalin buku lgsg ke buku bantal lalu ke buku kertas dari umur 1 th jd pernah nyobekin buku. Kalau Aziz bertahap pengenalannya dari buku bantal, board book, lalu buku kertas dan mungkin lihat kakaknya gak sobek2 buku jg jd lebih cepet belajar buka2 buku.

Belajar Arab Kata2 yg ada di Alam Sekitar:
Sumbernya dr sini
https://wsamgq.bl3301.livefilestore.com/y3mu1QQCk1D-wT-PjAobjH5tXtxg5RDa_r66ktNV8LVgKtX8TOBuAjXPAISfEMig4gqzS6qOqo_39wIRF1dInD9ByF-1ZnD-70n2e8hRO5vzLwl18Kv_iwR9ZAx0TWFLt2kAv9uT6UKXD7Rw-jx98flq1eOioEET7S5MDNUoDgTvHU/ebook%20mufradat_alam%20sekitar.pdf?download&psid=1

🔸Cerita 1 sirah a day
Saya bacakam sebelum tidur, krn terbatasnya buku yg sy bawa jd cari dari internet. Hari ini sy bacakan cerita Nabi Musa dan Firaun dari sini : http://muslimkecil.com/tenggelamnya-raja-mesir-yang-sombong/

Belajar mengenal apa itu sombong? Dan apa akibatnya..
Blm tau apa Azka udah ngerti atau belum..^^

➖➖➖➖➖➖➖

🌸 Rabu: Seni

🔸 Berkreasi dg kokoru
Karena gak punya kokoru.. jadilah bikin kreasi dari kertas lipat bikin burung sesuai dengan pilihan Azka. Awalnya lihat contoh ide dari kertas lipat bundar di FB.. sy sortir save fotonya yg bisa buat anak laki2 trus sy suruh azka pilih mau buat yg mana.. akhirnya dia pilih bikin burung ^^
Azka baru bisa bantu ngelem dan nempel sayap dan ekor burungnya dan seneng bgt maininnya aja.. kalau aziz jg seneng bgt dibikinin burung lgsg dia mainin seolah2 terbang sambil mengeluarkan suara.
Seruuu.. ^^

🔸 Hafalan 1 ayat a day
Hafalan difokuskan dulu untuk alfatihah.. krn azka belum mau ikut yg an naba pake gerak.. apa sy salah ya ngajarinnya? Jadi PR jg ini.
➖➖➖➖➖➖➖

🌸 Kamis: Bahasa

🔸 Storytelling tentang keutamaan pagi hari
Salah satu ide : Story telling pakai boneka jari tentang Allah menciptakan siang dan malam..pagi, siang, dan sore untuk beraktivitas, dan malam hari untuk beristirahat. Allah menurunkan keberkahan di pagi hari dan membuka pintu2 rezeki yg banyak untuk orang2 yg bangun pagi. Sambil nyanyi “bangun tidur”, liriknya diganti yg “kutolong ibu” nya jd “ku sholat subuh”. Cerita jg tentang sholat subuh.. gak boleh tidur lagi setelah sholat subuh, mencontoh rosul dengan dzikir pagi. Cerita bangun tidur jam berapa. Kenapa harus bangun pagi? Cerita hewan2 jg seperti yg diboneka jari itu bangun pagi juga buat cari makan.    Apa lagi ya tadi? Anak2 bisa jg diajak sholat dhuha. Cerita keutamaan sholat dhuha. Dll..
Ceritanya gak sistematis.. Gak bisa mendongeng.. sekenanya aja ky ngobrol tanya jawab.. Kalau dibuat buku cerita yg ada dialognya kynya bagus ya.. bertema keutamaan pagi hari gitu. PR jg buat umminya belajar lebih sistematis dalam bercerita.. hehe
Azka blm bisa menceritakan kembali.. krn sepertinya dia agak kurang kemampuannya dalam berbicara.. dulu agak telat pertama ngomongnya (mulai 2 th). Harus dipancing dengan pertanyaan baru dia mencoba mengingat cerita yang tadi.
Oia, kalau aziz ditanya tentang boneka jari binatang yg tadi cerita..bebek yang mana? kalau gajah? dll.. dan suaranya gmn? Alhamdulillah udah hafal bisa nunjuk2.. sambil bilang “niii”.. baru bisa bilang “bebeb” (bebek). Ternyata udah bisa jg menirukan suara dan loncat2nya.. Aziz udah bisa masukin boneka jari ke jarinya..”Sugoiii”.. lgsg pada tepuk tangan. hihi

🔸Tracing huruf alif
Alhamdulillah Azka sudah bisa dan cepat sekali menulis huruf alif. Worksheetnya print dan sy selipkan di plastic yg ada bolong2 pinggirnya dan dimasukkan ke binder dan ditulis dengan board marker agar bisa dihapus dan dikerjakan lagi nanti, jg bisa diturunkan ke adiknya. hehe emak2 hemat 🙂
Aziz jg suka corat-coret di plastik yg dalemnya kertas, jd hemat kertas..
Terakhir.. ketika azka sudah selesai menulis alif.. sy tinggal ke kamar mandi sebentar, eh balik2 muka azka aziz udah penuh coretan spidol dan keketawaan lihat muka mereka sendiri.. hadeuuh ada2 aja ya.. Pantesan anteng banget, biasanya klo sy ke kamar mandi suka pada ngintil ikut nyusul.. eh ternyata ada yg asyik corat-coret muka yg baru ilang total keesokan harinya.. wkwkwk.. 😀

➖➖➖➖➖➖➖

🌸 Jumat: Matematika

🔸 Menghitung barang-barang yg ada di tempat tidur
Alhamdulillah Azka sudah mengerti tentang konsep hitungan dan hafal angka 1-10 versi bahasa ndonesia, inggris, dan jepang. Menghitungnya belajar ngitung paper klip warna-warni ke wadah sekalian sortir warna.. begitu jg dengan aziz belajar transfer benda ke wadah dan pengenalan warna.

🔸 Hafalan 1 ayat a day
Alhamdulillah hari ini Azka udah hafal al fatihah kalau baca bareng2.. tp blm bisa lancar hafal sendiri.. PR umminya buat ngajarin yg an naba.. in syaa Allah.. Hamasah!!!

Salam Semangat,
Ummi Novi, Azka & Aziz
Allahu Akbar!!!

*****

Nah… keren-keren kan? Bagaimana dengan pelaksanaan belajar Ananda di rumah? Apa saja yang dipelajari satu pekan ini? Ayo berbagi… 🙂

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥 FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)
💻 Blog: sabumibdg.wordpress.com

Sabumi is part of HSMN
👍FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s