Homeschooler Story · Homeschooling Highlight

Sabtu Sharing: Lesson Plan Pekan 2 #ILoveMyFamily

Sabtu kemarin untuk kedua kalinya, wargi Sabumi sharing pelaksanaan lesson plan (LP) selama seminggu. Temanya: I Love My Family… untuk uraiannya sila cek postingan sebelumnya disini.

Namun, sekali lagi… LP ini bukan panduan mutlak… orangtua dan anak bisa mengembangkan pembelajaran dari LP yang sudah ada, bahkan keluar dari LP tergantung kebutuhan belajar anak.

Di bawah ini, kami rangkumkan sharing dari beberapa Bunda Sabumi… semoga bisa menjadi inspirasi 😉

*****

Liza Bunda Ammar Sabumi 1

Ammar belajar adab kepada orgtua, menonton video mengenai perjuangan seorang ayah “..dan kakak tanpa kaki” kalau kata ammar. Tadinya sesuai lesson plan di selasa sains, ammar harusnya nonton video kejadian manusia dalam rahim. Tapi ammar takuuut…huhuhuhu.

lalu membaca lebih dari satu sirah. Kebetulan doi meminta saya menceritakan tentang nabi ibrahim, nabi saleh, nabi sulaiman, dan tentunya nabi muhammad.
Menghafal doa turun hujan, no main hujan2an karena ammar lagi sakit.

Sains ammar minggu kemarin adalah mengenal keajaiban magnet dan sifat minyak ketika bertemu dg air.

Membacakan cerita ttg anak harus izin orgtua, memperlihatkan fotonya sewaktu bayi, masih dalam perut bunda, dan ketika bunda melahirkan. Wew.. Pertanyaannya numpuk.

Beberapa sdh saya publikasikan melalui fb.

Akhir minggu, saya takjub.
Ammar tiba2 menggambar sesuatu

“Bunda…ini ammar di perut bunda”

Padahal sebelumnya dia takut kan lihat video kejadian manusia tea.

*****

Ratna Sabumi 1

Nama anak : Syifa
Nama bunda : Ratna

Periode : 2

1. Alhamdulillah doa untuk orang tua dan artinya sudah hafal… dan sudah saya jelaskan tentang adab kepada orang tua… walau yang di mengerti mungkin hanya bagian intinya saja bahwa harus menghormati orang tua ( akrim abaka wa umaka)
hafalan suratnya al kafirun..

2. sainsnya lihat video proses kehamilan.. syifa sangat antusias dan banyak pertanyaan yang agak sulit untuk menjawab nya… sperma itu apa… ada di perut mama… dll dan ujung2 nya minta di bikinin adik…😁

3. Seni
Membuat kolase huruf hijaiyah

4 kamis : bahasa
Story telling nya tentang malin kundang.. syifa sangat antusias mendengarkan cerita itu dan sedikit-sedikit bisa mengulang kembali yang di ceritakan sblmnya dengan bantuan saya… dengan memberikan klu dan pertanyaannya..
Tracing huruf ba allhamdulillah dilakukan

5. Matematika
Menghitung jumlah anggota keluarga … trus menuliskan nya di buku angkanya…menghitung dan menulis angka nya sangat di ikuti sama syifa dengan antusias skali… sepertinya syifa seneng hal2 yang berhubungan dengan math..

*****

Novi Sabumi 1

#Sharing 2
🌸 Lesson Plan for a Week 🌸
#ILoveMyFamily

Nama Anak: M. Azka. Khawarizmi (3y4m), M. Aziz Insani (1y3m)
Nama Bunda: Novita Yustinadiar
Periode: 7 – 11 Desember 2015

🎓 Menanamkan iman
🎓 Mengajarkan adab
🎓 Menyempurnakan akhlak

🌸 Senin: Adab

🔸Adab dan doa untuk orangtua
1. Hari ini Azka & Aziz belajar perbuatan terpuji (baik) dan perbuatan tercela (jelek) lewat gambar.
2. Cerita tentang adab terhadap orang tua seperti link di bawah ini.
https://rumaysho.com/882-bagaimana-seorang-anak-beradab-dengan-orang-tuanya-seri-1.html

https://rumaysho.com/883-bagaimana-seorang-anak-beradab-dengan-orang-tuanya-seri-2.html

3. Ummi dan abi membacakan do’a kedua orang tua sesudah shalat, dan do’a2 lain yg kita harapkan untuk anak dan keluarga kita. Do’a dikeraskan sehingga anak kita mendengar do’a2 dan harapan kita.

4. Ajak anak kita bermain bantu ibu. Libatkan anak kita dalam pekerjaan rumah, misalnya membereskan mainan, menyimpan baju kotor ke tempatnya, membuang sampah, mengelap sesuatu yg tumpah, dll.. Sejak anak usia 1,5 th sudah bisa diminta tolong buang sampah dll.. berikan ucapan terima kasih dan penghargaan seperti tepuk tangan dan pujian terhadap usahanya misal “kerja yg bagus” dll, sehingga anak senang melakukan pekerjaan tsb ^^

5. Buat anak 0-3th, bisa kita perdengarkan berulang2 doa kedua orang tua beserta artinya agar terbiasa dan hafal.

6. Permainan Jual – Beli :
1) Anak diminta mencari sesuatu buat dijual, bisa mainan atau makanan, bebas.
2). Beri label harga sesuai dengan mata uang yg dipakai, contoh lego besar.
3). Tata barang jualan.
4). Ortu yg beli, anak jualan. Ajarkan cara melayani pembeli dengan baik.. senyum, ramah, mengucapkan terima kasih, dan jujur. “Irrashaimase” 🙂
5). Tanya harga barang, suruh anak menghitung gambar di label harga, lalu ortu bayar.
6). Setelah itu gantian yg beli..beri anak uang 10 lego.
7). Setelah anak membeli barang sampai uangnya habis, cerita kalau uangnya habis, kita harus menjemput rezeki lagi dengan bekerja yaitu misalnya dengan membantu pekerjaan rumah nanti dapat uang. Contoh : anak diminta membereskan mainan, melipat selimut, membuang sampah dll.
8). Anak jadi seneng bisa beli barang lagi.. dan seterusnya..
9). Kaitkan dengan kisah Rasulullah yg suka berjualan juga dan menjadi orang yg jujur dalam berdagang.
10). Ajak anak yg sudah punya uang hasil berjualannya untuk bersedekah dan membayar zakat.
11). Selamat bermain ^^

*Ronde 2 jualan buah2 an di saat jam makan snack.. aziz jg ikutan beli2 buah trus makan buahnya dengan lahap 🙂

🔸Hafalan 1 ayat a day An-Naba ayat 4 & 5
Azka Aziz masih mengulang2 Al Fatihah dan surat2 pendek.

🌸 Selasa: Sains

🔸 Proses kehamilan hingga melahirkan
Nonton video Pertumbuhan Janin : https://youtu.be/EV-Y6Hvydvw

Pas lagi nonton..
U: “Tuh lihat, dulu azka dan aziz masih di perut ummi kaya gitu.. ada airnya ketubannya. Perut ummi lama2 jadi besar karena azka tumbuh jadi semakin besar juga di perut ummi.”
A: “Azka gak pernah ke situ..” Adek aja..”
U: “Oh azka mungkin lupa krn itu dulu.. udah lama 3 tahun yang lalu..”
“Dulu ummi berjuang melahirkan azka dan aziz, susah dan sakit sampai berdarah. Makanya harus sayang sama ummi dan berbuat baik dama ummi.”
A: “Keluarnya dari mulut?”
U: “Bukan, keluarnya dari jalan lahir di sini.. sambil nunjuk.”
A: “Hii..ada darahnya? (pas lihat bayi lahir)
U: “Iya, ummi berdarah waktu melahirkan azka aziz.. tapi setelah itu dijait trus lama2 sembuh.”
A: “Azka gak mau diperut ummi” (sambil kabur ke abinya)
U: “Iya Azka sudah besar skrg, udah lahir.. gak cukup lagi di perut ummi.. itu dulu sebelum azka lahir, semua orang jg pernah di perut umminya sebelum lahir. Waktu azka masih bayi kecil banget tuh ky di video itu.”
A: “Oo..iyaa..kecil kaya gini? (sambil melingkarkan telunjuk dengan jempolnya)
U: “Iya, kecil banget lama2 jadi besar sampai 9 bulan di perut ummi.. trus lahir.. trus tumbuh sampai sekarang Azka udah 3 tahun umurnya.
A: “Ummi berdarah?”
U: “Iya, dulu berdarahnya waktu melahirkan azka dan aziz.. inget gak pas ummi ngelahirin aziz? Waktu di rumah sakit sama dokter.
A: “Inget!” Umminya sendirian?”
U: “Gak sendirian kok, ummi ditemenin abi dan dibantu dokter buat melahirkan aziz.”
Waktu itu azka sama mbah uti & mbah kung, sama om juga kan?”
Inget gak waktu itu aziz masih kecil banget.. lucu ya kaya gitu.. (yg di video).
A: “Lucu”
U: “Seneng gak punya adek?”
A: “Seneng”
U: “Ummi sayang Azka dan Aziz” (sambil peluk dan cium)
A: “Azka jg sayang ummi”
U: “sun!”
(Azka & Aziz gantian nyium ummi) **meleleh..
Alhamdulillah..^^

🔸 Cerita 1 sirah a day
Sebelum tidur, saya minta abinya anak2 yang bacakan sirah. Biar umminya bisa “me time” (baca wa sabumi dan FB an) hehehe..
Buku yang dibaca kisah2 tentang Asma’ul Husna. Aziz suka banget lihat buku yg ada gambarnya.. nunjuk2..”euh..euh”.. Kalau Azka dengerin ceritanya kadang cuma bentar fokusnya.
PR: Cerita dengan intonasi yang lebih seru agar anak2 lebih fokus mendengarkan.

🌸 Rabu: Seni

🔸 Membuat kolase foto anggota keluarga
#Membuat Pohon Keluarga
1. Print foto bersama kakek nenek (dari Abi), mbah uti mbah kung (dari Ummi), dan para om & tante yang mudah untuk digunting.
2. Gunting2 fotonya (ummi yg gunting, Azka belum bisa).
3. Azka dan Aziz menempel foto pakai lem kertas di kertas karton yg agak tebal.. disusun ulang oleh ummi agar sesuai silsilahnya sambil disebutkan nama2 anggota keluarganya.
4. Diberi nama, tanda panah dan dihias membentuk pohon.
5. Dilakban bening agar lebih awet (menghindari coretan maupun kotoran).
6. Bisa diberi bingkai jg.

Alhamdulillah Aziz udah bisa bilang “mi” (Ummi), “bi” (abi), “aa” (aa Azka). PR: Umminya harus lebih aktif mengajarkan Aziz bicara.

Kalau Azka masih inget dan hafal semua anggota keluarga yang dibuat jadi pohon keluarga.. semoga ketika ketemu lagi nanti masih inget ya..aamiin^^

🔸 Hafalan 1 ayat a day An-Naba ayat 6
Hafalan hari ini belum tercapai. PR: Harus ada reminder dan waktu khusus menghafal.

🌸 Kamis: Bahasa

🔸 Storytelling tentang kisah-kisah birrul walidain
Belum sempat cerita sesuai link yg diberikan.. anak2 maunya buka2 buku bumi dan angkasa, lihat gambarnya aja. PR: Bisa diceritakan lain waktu sebelum tidur.

🔸Tracing huruf ba
Alhamdulillah Azka mau mencoba dan bisa beberapa huruf. Krn ada gangguan tv dan rebutan spidol sama adiknya jd azka kurang fokus nulisnya. Jadi udahan deh.. PR: Kondisikan anak dengan suasana hati gembira dan jauhkan dari gangguan luar yg bisa membuat mood anak jadi berubah.

🌸 Jumat: Matematika

🔸 Menghitung anggota keluarga inti atau keluarga besar
Azka bisanya menghitung sampai 10.. jd kalau lebih dari 10 dihitung lg dari 1 wkwkwk..:D

Belajar berhitung jg bisa sambil main di taman…

Azka akhirnya sudah berani naik tangga serodotan yg tinggi di taman dekat rumah. Sebelumnya Azka takut banget.. Sambil naik (9 pijakan) sambil berhitung jd berkurang ketakutannya sampai Azka ketagihan dan tambah cepet naiknya lagi. Alhamdulillah..Azka Aziz jg suka berhitung sambil main pasir.. memasukkan pasir ke ember dan membuat bentuk angka2 di pasir.. seruu..
Walaupun musim dingin, Azka Aziz seneng banget main di taman..Alhamdulillah biar metabolisme tubuh meningkat jadi tetap terasa hangat dan sekalian olah raga semoga daya tahan tubuhnya jg meningkat. Aamin.

PR: Kaitkan segala sesuatu dan kegiatan bersama anak dengan mengingat Allah, ayat2 dalam Al-quran, kisah Rasulullah agar anak bertambah kecintaannya pada Allah dan Rasulnya. (Umminya harus banyak belajar dan belajar lagi ilmu dan cara penyampaiannya ke anak). Semangattt!!^^

🔸 Hafalan 1 ayat a day An-Naba ayat 7
Ketinggalan 7 ayat an naba nih Azka Aziz.. PR: Umminya belum konsisten!

*****

image

Membuat aurora:
Itu cmn pke air-myk sama pewarna.
*Airny dimasukkan ke botol.
*Lalu, minyak dimasukkan ke wadah terpisah (sy pake piring kecil y kyk buat wadah sambal)
*pewarna kemudian diteteskan k minyak. Lalu di’pecah’ pake pipet spy ukuran tetesany di myk jd lbh kecil2 (klo agak besar, pas pewarna ny msk ke fase air..hasilny krg cantik)
*teteskan campuran myk-pewarna ke air dlm botol

Mau ikut sharing yaa..
Pekan ini, temany bumi-angkasa..(meski ada bbrp aktifitas y ndak nyambung 😁)
*utk adab..penguatan adab melepas pakaian (beserta doanya)
*hafalan surahny: Al Asr
*craft: membuat lentera bintang dan roket kertas
*sains: mengembangkan balon tnp ditiup dan membuat kembang api dlm botol (y tyt akhirnya seperti aurora, dan kami melihat video ny di youtube)
*siroh: matahari y bersujud dan isro’ mi’roj
*geografi: mengenal 5 benua dan binatang asli ny pake buku bertekstur
*literacy: slain baca buku, meneruskan hobi ‘mendongeng’ ny sarah, jg main huruf pake waterbeads dan papan sholat

Eniwe buswe, mau ucap terima kasih buanyaaak buat adminahs. PR lesson plan ini -honestly- tantangan buangeeet buat sy y susyeeeh membuat rencana. Slama ini, main2ny sama sarah memang berasa ‘ngikutin arus’ aja.
Jadi, awal pekan ini, sengaja bikin tema y kira2 bbrp acara mainny ‘tinggal eksekusi’. Itupun pke acara ga yakin krn sarah ndak terlalu tertarik sm menu angkasa.
Ternyataaa…di hari ke-3, dia sdh asyik bikin susunan ‘tata surya’ sekadarny dr lego. Plus ada ‘Arsy dan malaikat nya.
Asliii…lgs berasa syemangat nyusun LP-LP berikutnya!! Mkn, klo ga ‘dipaksa’ begini, sy ga bakal bljr susun rencana main di rumah..
Nuhuuun teteh2, mbak2, ibuk2. Kecuuuuph…
😘😘😘

*****

Teh Deviana sabumi 3

Assalamualaikum wr wb
Kegiatan selama minggu ini masih banyak mengikuti kemauan anak tapi tetep alhamdulillah yang penting positif

Bang izha

Alhamdulillah minggu ini sudah masuk hafalan surat Al Qoriah tapi ga sesuai target harus hapal minggu ini karena 3 hari ini dia ga mau lagi hapalin suratnya jd maunya baca surat2 pendek yg udah dia hapal saja (yooweess).

Seni minggu ini dia buat gambar keluarga dari mulai orangtuanya, adik2nya, kakek nenek sampe om-omnya. Dia menggambar sambil bercerita.
Ada seni lain di hari jumat cm itu kursus aja pre school musik (piano, drum sm nyanyi)

Sains minggu ini dia belajar tentang tubuh manusia (tapi masih lebih ke fungsi dan kegunaannya).

Minggu ini dia masih suka banget sama membaca buku (next target kayaknya mau dibuat baca buku minimal 5 buku)

Abang lg seneng juga sama bahasa Inggris jd sy kasih dia belajar duolinggo di hp mulai dari dasar (masih suka tanya juga kalo ada yang ngga dia bisa, haha untung masih dasar jd mamahnya masih bisa jawab2 lah), alhamdulillah dia seneng dan dia minta kursus inggris 😅.

Noreen

Noreen masih 19 bulan jd masib banyak banget ikutin kemauan dia.

Alhamdulillah skr noreen udah bisa buang sampah ke tmpt sampah terus tiap ada yang dianggap sampah sm dia suka langsung diambil trs dibuang ke tempat sampah sampe lucunya itu tiap bekas pampers dedenya dia yang mau buang 😂.
Alhamdulillah juga dedenya ga dicemburuin banyak2 sama dia malah kalo nangis suka bilang sama mamahnya, “mah dede” (sambil nunjuk).

Noreen udah mulai belajar nulis pas ga ketauan nulisin tembok sama lemari pake pensil sm pensil warna 😅. Kalo bareng abangnya suka nyoretin gambar yg di gambar sm abang.

Kemajuan sekarang jg suka ikut2an shalat sambil bilang Allah.

Itu kegiatan minggu ini Bang izha sama Noreen cm kalo dd albi masih seputaran nangis, mimi, bab dan bak.

*****

image

Karlina sabumi 2

Nama Anak: Irham (5thn),
Khansa (20 bulan)
Nama Bunda: Karlina
Periode: 4-11 Desember 2015

😇 Adab&doa utk orang tua.
Utk kk, sblm tidur dibahas tg adab utk ortu dr artikel yg direkomendasikan sabumi. Suka jd nyambung dg cerita2nya yg lain.
Adiknya mengikuti aja.

👪 Sains:
Irham, diceritakan proses kehamilan&melahirkan. Sebenarnya sejak usia 3tahunan sdh sering dibahas, jd semacam review.
wkt ditanya gmn proses melahirkan, kk jawab keluarnya lewat perut (dl di sc), klw dd lewat itu ummi. Ddnya, diperlihatkan video proses pembentukan janin via video yg ada di laptop (dl pernah ngesave dr tmn), antusiasmenya pas sdh terbentuk janinnya. Ini dd bayi…
efeknya ke..

🎨 Seni:
khansa lg seneng2nya mnt digambarin gambar keluarga plus dd bayi

📖 Hafalan quran, blm spesifik utk anak. Ngikutin emaknya aja. Pas ngapalin pas momen khansa menjelang tidur atau saat anak2 lg main brg,he..
Solusi: dimanaje ulang.

Alhamdulillahnya utk irham, sejak pekan kmrn rutin setiap magrib baca iqra (biasanya mengikuti di sklh TPAnya sore, krn seringkali tidak masuk sore dg beragam kendala, jdnya tiap hbs mgrib jadwal bersama baca iqra, baca quran keluarga)

📢 Bahasa:
khansa, ditunjukkan gambar2 binatang, sdh makin banyak kenalnya&lbh jelas pelafalannya.
Lg senang nyanyi cicak2 di dinding&kereta api dg bahasanya 😄
Klw kk-nya memang senang bercerita. Selalu ditanyakan aktivitasnya ketika di sekolah.

🔢 Matematika
Khansa: saat ditunjukkan gambar, dtny ada brp jumlahnya?hitung bersama.

Paling senang angka 6,7,8, mengikuti video kakaknya di sekolah saat menghitung.

*****

image

Teh Rintan sabumi 1

Bismillah

🌸 Lesson Plan for a Week 🌸
#ILoveMyFamily

Nama Anak: aisyah
Nama Bunda: rintan
Periode:

🎓 Menanamkan iman
🎓 Mengajarkan adab
🎓 Menyempurnakan akhlak

🌸 Senin: Adab

🔸Adab dan doa
Penguatan adab bangun tidur ( masih hrs banyak latihan membangunkannya sebelum subuh terutama yg sangat perlu latihan hati bundanya untuk “tega” :):))
Adab sebelum, didalam dan keluar kamar mandi…
(Doa udah hafal hanya masih kadang ngajak ngobrol dikamar mandi …klo diingatkan suaranya jadi berbisik -hihi ttp aja ngobrol dikamarmandi 😆😂)
dan special minggu ini ntuk orangtua , bicara dengannya dr hati ke hati ttg ayah dan bundanya.. (kadang ujungnya bunda “minta tolong” agar mmbantunya untuk tidak mmbuat bundanya sampai berkata salah dan menitipkan juga mnjaga ayahnya jika suatu saat bundanya yg meninggal duluan 😇😇)
juga adab berpergian (aisyah suka sekali mmbaca semua doa berpergian – dr bismillahi tawakaltu, subhanaladdi sahorolana….- bismillahi majreha…
Aisyah hafal semua dan pingin baca sendiri… (akhirnya bunda dan kk nya baca dalam hati..)

🔸Hafalan 1 ayat a day
Sedang semangat mmbaca abasa (karena tugas dr sekolah)
Dan mengulang hafalan annaba dan annaziyat..
(Biasanya ziya minta semua member keluarga untuk estafet mmbaca kedua surat ini …yg paling dihafal sampai 3/4 surat yg ujung ujung-ujung surat masih belom lancar tapi jadi seru hampir setiap pergi kita isi sambil murajaah

🌸 Selasa: Sains
Minggu ini malah memperlihatkan susunan tatasurya ,untuk proses kehamilan biasanya saya g biarkan hingga melahirkan…soalnya suka takut katanya ..
🔸 Cerita 1 sirah a day
Kisah nabi nuh alaisalam,kisah binatang dalam alquran (gajah dan paus–fabel islami)

🌸 Rabu: Seni

🔸 Membuat kolase foto anggota keluarga (ini belom sempat print tapi aisyah sudah pintar gambar seluruh anggota keluarga juga kake nene ,om tante juga sepupu dengan gambarnya sendiri (hehe pr bundnaya belom print foto)
🔸 Hafalan 1 ayat a day
Masih murojaah ,kali ini saat sedang didalam mobil dan sedang jalan di salah satu jalan museum islamic art qatar dengan park disekililingnya

🌸 Kamis: Bahasa

🔸 Storytelling tentang kisah para wanita penghuni surga (fatimah,aisyah dan khansa
Ttg birul walidain masih belom (pr minggu depan)
🔸Tracing huruf fa dan wa

🐝 Alternatif kegiatan sesuai usia:
Aisyah masih kebingungan bahasa …karena english n arabic di kelas ..sedang dirumah indonesia n english…tapi diusahakan selalu mengenalkan bahasa ibu …

🌸 Jumat: Matematika

🔸 Menghitung anggota keluarga inti atau keluarga besar
Semua aisyah hitung sampai 10 dengan 3 bahasa (indo,english dan arabic…sudah bisa hitung keluarga inti kadang sudah bisa mengurangi juga ..tapi di ujungnya masih ttp angka hanya sampai 10 :mrgreen::mrgreen:

Murajaah kadang sambil bantuin masak bundanya (pas buat makaroni sambil parud cheese dan wortel )

Untuk kegiatan si sulung dan baby inshaaAllah coba di share di share sebelumnya

Oh iya kemarin si sulung udah mulai mengikuti gerakan ustadz boby …she enjoyed

Dan salah satu untuk ” fastabikul khoirot “untuk semua …saya buat draft mencontoh cara putra /putri teh kiki saat masih di amerika. ..walau aaga berbeda tapi alhamdulillah mmbuat mereka lebih semangat (ada gambarnya )
Dan video sedang murojaah inshaaAllah nanti di share

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Ket gambar : ini chart Pencapaian anak anak
Setiap kebaikan yg mereka lakukan maka fotonya naik….Klo Ada sst yg kurang baik maka turun 🙂
Evaluasi seminggu sekali, klo semakin bagus ada reward khusus

Tulisannya per gambar berbeda beda,diawal dari yg ungu (Bismillah, ready to learn)
Hijau (good job masyaallah)
Biru (outstanding, jayid zidan)
Orange (thing about it,honey)
Merah(telling to ayah)
Nah Klo merah Udah emergency hehe…hrs diskusi serius…
..princessnya lengkap dari princess noura,afwa,jazila,haqiya dan aziza…:)

*****

Bismillah..

Anak : Maryam, 3y
Ibu : Kresna

Iman :
1. Siroh : paling suka dengarkan Abu nya berkisah ttg Rasulullah, dll saat sarapan. Pekan ini Kisah binatang dlm Al quran jd kisah no.1 yg ingin didengarkan/bacakan.
Mulai membiasakan dialog iman tiap hari dengan berkisah.

Adab :
1. Makan & minum : berdoa, makan & minum sudah sendiri, sambil duduk, tangan kanan & habis. Maunya bawa gelas & piring ke wastafel sendiri padahal belum sampe. 😀
2. Kamar mandi : berdoa masuk & keluar sendiri, kaki masuk & keluar sdh betul, tdk keluar dulu sebelum berpakaian lengkap. PR : masih suka cerita2 di toilet, sedang belajar istinja sendiri.
3. Tidur : tidur setelah magrib/isya, berdoa sblm tidur, 3qul, al fatiha, ayat kursi & al baqarah 284-286 sdh sendiri (kecuali kalau ngantuk berat, hanya doa sblm tidur sj, lainnya sy bacakan). Suka minta dengarkan murotal, biasanya dia yg sebut sendiri mau dengar surat apanya. (Pekan ini lg seneng dengar al qolam & al waqiah). Bangun tidur jam 4, doa sendiri, rapihkan bantal, ke toilet, ikut solat, minta minum madu, air putih & makan buah.

Quran :
Surat2 pendek sdh hapal. Surat 78-80 sudah lancar, biidznillah. Mau masuk at takwir. Ummu nya bengong pas baca al ghasyiyah, dia bisa ngikutin dr awal-akhir. :’) PR : baca nya masih harus ditertibkan, kadang panjang pendeknya semaunya dia. 🙂

Fisik :
Lagi belajar naik sepeda. Tiap hari lomba lari & loncat2 sama Abu nya tiap pulang dr masjid (kalau beliau udah pulang ngantor). Suka juga ikut2 gerakan sy pas senam.

Sains :
Pekan ini lg suka diajak cerita ttg otak (tepatnya hipocampus) sama Abu nya. Pliiiss deh Abu..

Kegiatan lain :
Cooking : Kemarin diajak bikin bubur sumsum.
Motorik halus : hari ini belajar meronce
Sosial : belajar berbagi (makanan & meminjamkan mainan) dgn teman yg lain

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥 FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)
💻 Blog: sabumibdg.wordpress.com

Sabumi is part of HSMN
👍FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s