Homeschooler Story · Homeschooling Highlight

Sabtu Sharing: Lesson Plan Pekan 3 #LetsTheSunShine

Sabtu sharing lesson plan memasuki pekan ke 3… simak yuk kegiatan sepekan ibu dan ananda Sabumi yang semakin kece badai 😉

*****

Liza Sabumi 1

LESSON PLAN AMMAR PEKAN 3-DESEMBER

Halo homeschooler SABUMI!!
Assalamualaikum warrohmatullahi wabarokatuh

Sudah sejauh mana perjuangan keluarga homeschooler sampai pekan 3 ini?

Kita mulai Sharingnya yuk..

Sebagai homeschooler usia dini, ammar amat bergantung pada saya sebagai gurunya. Yg artinya, kalau saya ngga meluangkan waktu paling tidak 15 menit saja, ammar akan belajar tanpa panduan. Dan itu bukan hal mudah untuk anak usia dini. Sejak sabtu kemarin, adiknya sakit. Demam akibat tumbuh gigi dibarengi dengan masalah pencernaan. Rewelnya minta ampun. Singkat cerita, batita satu ini minta digendong terus2an. Jadi otomatis lesson plan harus dimodifikasi.

Senin Adab.
➖➖➖➖➖
Ammar saya ajak menonton tayangan (rodjaceria-rodja tv) mengenai adab berteman. Favoritya adalah “saling memberi hadiah”. Dilanjutkan bahasa arab, mengenal mufrodats (yang lucunya saya juga lupa…atuhlah bunda).

Selasa sains.
➖➖➖➖➖
Harusnya sih sains.
Kenyataannya saya ngga bisa memandu ammar bereksperimen sambil menggendong bayi. Jadi kita ganti dengan menghabiskan waktu sambil menonton tayangan penemu islam.
Favoritnya adalah abbas bin firnas, penerbang pertama yang 1000tahun lebih dulu dari wright bersaudara ketika mereka berhasil menciptakan pesawat.

Rabu seni.
➖➖➖➖➖
Selain bermain dengan pancingan magnet sebagai manifestasi percobaan sains magnet di minggu sebelumnya, ammar belajar melipat 3 bentuk dasar: square, triangle dan rectangle. Serta menghias setiap bentuk menjadi karakter baru–seperti segitiga yang jadi ikan atau rectangle yg jadi bus.

Hari ini ammar juga belajar ilmu pengetahuan alam. Ayahnya berhasil menemukan serangga besar, yg sebelumnya diduga serangga air. Berbekal searching on google, kami menemukan bahwa serangga ini adalah nyamuk berkaki panjang dengan nama keren crane fly.

Kamis bahasa
➖➖➖➖➖
Ammar saya ajak mewarnai boneka kayu gajah dan saya jadikan media mendongeng “gajah kecil dan sebuah bintang”. Penasaran sama ceritanya? Bisa dilihat di efbi saya ya #haghaghag. Ngartis#
Selain itu, hari ini adiknya menyita hampir semua waktu saya. Yg artinya saya lebih banyak berada dalam posisi tidur/duduk. Ammar lebih banyak menghabiskan waktu dg membaca (melihat gambar dan berimajinasi) serta menggambar. Biasanya setiap selesai menggambar, ammar akan menghampiri saya di tempat tidur dan menceritakan isi gambarnya. Disitulah momen saya mengajarkan banyak hal yg dikait2kan dengan gambarnya #cek lagi yuk ke epbi#

Jum’at math
➖➖➖➖➖
Ammar jalan2 pagi sama ayah bunda dan adik. Menghitung jumlah dari benda2 sekitar. Seperti mobil, motor, kupu2, kucing, ayam..sampai ke toko ikan tempat ammar bertemu kakek ramah penjualnya yg mengajak ammar menjaring ikan yg dibelinya untuk mengisi kolam kecil kami di rumah. Ini pertama kalinya juga ammar mengenal sistem pendataan dengan torus.
Eniwei, hari ini banyak duka nya loh daripada sukanya. Yang akhirnya memberi pengaruh kepada keputusan lesson plan homschooling keluarga kami pekan depan. Yuk simak lagi di epbi..

Ini homeschooling ammar,
Bagaimana homeschoolingmu?

Hamasahlillah homeschooler hebat !!

image

*****

Dyah Ummu Umar Sabumi 3

Kubuka album biru
Penuh debu dan usang
Ku pandangi semua gambar diri
Kecil bersih belum ternoda

Pikirkupun melayang
Dahulu penuh kasih
Teringat semua cerita orang
Tentang riwayatku

Reff:
Kata mereka diriku slalu dimanja
Kata mereka diriku slalu dtimang

Nada nada yang indah
Slalu terurai darinya
Tangisan nakal dari bibirku
Takkan jadi deritanya

Tangan halus dan suci

Tlah mengangkat diri ini
Jiwa raga dan seluruh hidup
Rela dia berikan

Back to reff

Oh bunda ada dan tiada dirimu
Kan slalu ada di dalam hatiku

💕💕💕💕💕💕💕

Buibu masih inget dong lagu ini?
Diantara sekian aktivitas saya dengan umar di pekan ini..mgkn kisah dg lagu ini yg paling bikin saya sentimentil dan berhasil membuat suasana dramatis…

Berawal dr ga sengaja nonton iklan di tipi, umar minta ummi nyanyiin lagu ini dg lengkap lalu satu per satu airmata nya menetes..
Tangan mungil itu merengkuh leher saya yg terbata2 menyanyikan lagu ini.. Saya sambil teringat perjuangan kedua orang tua saya kala menemani saya sejak kecil hingga mengantarkan saya sebesar ini…
Menanamkan disiplin, percaya diri, kasih sayang, penghargaan, cita2 dengan segenap kemampuan mereka berdua.

Di hadapan saya bocah 3 tahun 10 bulan yg lalu berbisik pelan…umar cinta sm ummi..
Ummi jangan tinggalin abang ya..

Airmata saya makin deras…

Anak2.. Betapa pun kita memperlakukan mereka dengan emosional -kadang- mereka selalu punya ruang utk memaafkan..

Sebuah pelajaran berharga utk ibu yg msh terus belajar bersama 3 anaknya 😭

*****

Nadia Sabumi 1

Assalamualaykum ummahat yg drahmati Allah.. mau coba sharing kegiatan homeschooler drumah sy yg gak bisa selalu sama dg Lesson Plan sabumi hihii.. sy mah mngalir bagaikan air (mgkn krn sy aquarius.. eh!)

jujuuurrr…sy tmasuk yang blm terbiasa terjadwal, tp skrg sdg bjuang utk mnulis dan mengatur smua jdwal belajar anak2 scr terstruktur,,permintaan ayahnya anak2.. hehhehe

radinka 5th9bln, rafa 4th

senin tgl14/12/15 :
#adab : sounding soal adab kluar kamar mandi minggu lalu alhamdulillah sukses, stiap kluar kamar mandi sll laporan sudah bdoa, trs mereka sibuk deh nunjukkin kaki kanan ketika keluar kamar mandi 🙂 lalu karna skrg musim hujan, diajarkan doa ketika turun hujan,,rafa pun sudah mulai hafal lhooo.. yeaayy

selasa 15/12/15 :
#sains : sminggu ini ga sains, hanya membaca buku. Sebenarnya setiap hari anak2 membaca dan minta dibacakan cerita, masih suka2 mereka,, tapi yang menarik di hari slasa lalu itu radinka mulai suka membacakan cerita utk adiknya 🙂 asik aja ber2 smentara bunda masak dan mencuci baju hehe..

rabu 16/12/15 :
#cooking class.. kami bikin puding coklat, radinka membuka kemasan plastiknya dan menyiapkan baskom kecil lengkap dg airnya.. adiknya siap2 mengaduk. Jadilah little chef jadi2an..serulah mereka nungguin puding sampe bisa dimakan. Sambil menunggu puding, beberes dapur.. kaka belajar menyimpan bekas2 masak k tempat cuci piring,,ade mengelap lantai kotor, lanjut jadi lap smua mainan.. hihi alhamdulillah

kamis 17/12/15 :
#motorik halus/bahasa : menulis dan menggambar itu memang kesukaan radinka sjk kecil,, tp hari rabu lalu sengaja sy kluarkan mainan rakit kecil2, mreka bebas eksplor bentuk apa aja, awalnya hanya pasang2 suka2..bikin rel kereta,bikin tatakan gelas(bulat), bikin istana versi balita(haha) dll..(td pagi sukses bikin meja bulat dan rafa bikin siput,,bunda surprised happy)

jumat 18/12/15 :
naahhh ini awal “kebangkitan” homeschool di rmh kami..sblmnya mengalir ajahh ky air kan..hihi.. nah hr jumat kmrn mulai terjadwal dari awal bangun sampai tidur..
pagi bangun langsung diajak sholat ngaji .. jam 8 pagi udah cantik wangi siap “ala2 skolahan” berbaju pergi dan krudung lengkap dan bawa tas hahahha.. (mgkn anak perempuan emg seneng drama ya :p ) mereka belajar menulis hijaiyah,radinka iqro 2 halaman 1..rafa iqro 1, alif ba ta tsa, angka hijaiyah dan membaca iqro,stlh skian minggu bahkan mgkn dah 2bln sejak pindahan,mreka ogah buka buku iqro hix.. alhamdulillah

🌺progres life skill radinka sejak 2minggu ini :
1. rutin jadi petugas pembuang sampah ke tong sampah kompleks d depan rumah tetangga
2. bisa mandi sendiri kecuali keramas,cebok pee
3. beres2 mainan sendiri, makan sendiri dan simpan bekas makanan ke tmpat cucian piring
4. bantu bunda masak dan takakura
5. bisa buka gembok pagar atas ijin bunda bila ada tamu dtg(lumayan jd tamu ga tll lama selagi bundanya ganti baju menerima tamu)..

🌺Latihan yang sedang dijanani :
1. cebok pup
2. bobo sendiri
3. cuci piring(sbenernya bs,tp blm diijinkan hiihi)
beresin tempat tidur..

🌺progress rafa nanti lah d share,, 😄

done LP ala2 bunda radinka rafa … alhamdulillah sjk masuk sabumi bertambah ilmu,bertambah kepercayaan diri,bertambah saudara seperjuangan dlm mendampingi anak belajar drumah.. Tapi tdk mngurangi juga perasaan miskin ilmu krn jstru smakin byk dapat ilmu sejatinya kita akan merasa kuraaangg trs, smakin ingin tau hal2 lain..eaaaa… smoga Allah mberi kmudahan buat qt smua yahh aamiin…😇🙏

*****

Astri Ambu Ayeman Sabumi 2

Ayeman’s week

1⃣ Bersabar (lagi) dan berdoa.
Hari yang padat untuk Ayeman. Pergi dari rumah sejak dini hari untuk setoran hafalan, lanjut latihan thifan, lalu mengantar ambu ke kajian, dan sekeluarga menghadiri saresehan homeschooling di Pusdai.  Berakhir menjelang maghrib. Ayeman sudah bilang beberapa kali, “Please, I want to go home…”
Tapi… di luar sedang hujan besar, dan… motor abah mogok. Motor abah memang sudah agak tua. Wajah abah agak kusut krn ga bawa tools yg diperlukan untuk memperbaiki keadaan motor. Pasrah, kembali ke masjid dan tilawah. Oh Ayeman, kami perlu berbicara.

Kami katakan bahwa kami yakin, Ayeman capek sekali dan ingin pulang. Lalu kami sampaikan situasinya yang tidak memungkinkan untuk bersegera pulang. Terakhir, langkah2 yang akan kami ambil, yaitu berdoa minta pertolongan Allah dan menunggu hingga maghrib, shalat, lalu abah mencoba menyalakan motornya kembali.

Alhamdulillah Ayeman mengerti. Dan ikut berdoa minta pertolongan Allah. Sambil menunggu adzan maghrib, Ayeman main “jalan-sambil-tutup-mata-sampai-meraih-pilar” hehe.

Setelah shalat maghrib selesai, masih di bawah guyuran hujan, abah mencoba kembali. Alhamdulillah, kali ini berhasil! Kami bersegera merunduk di bawah ponco abah menikmati perjalanan pulang.

Kami merasa bersyukur motor bisa nyala, kami bisa pulang, dan mengeringkan diri.
Lalu abah bilang, “Ambu, do you know what I did to fix the motorbike? Nothing. Motornya tau2 bisa nyala lagi.”

2⃣ Some algebra
Entah karena suka lihat tugas mahasiswa2 abah, Ayeman suka nulis rumus2 yang njelimet keliatannya. Karena minggu ini Ayeman juga sudah bulak-balik penambahan pengurangan, akhirnya ambu kasih satu rahasia matematika. Mata Ayeman membesar, “Really?” tanyanya.

Rahasianya simple aja:
a+b=c
c-a=b
c-b=a

Rumus ini bikin Ayeman excited bukan kepalang. Apalagi pas dipake untuk angka2 besar. Wow! Ayeman minta soal lagi, lagi, lagi!

3⃣ Reading comprehension
Pilih buku sendiri tentang Transportasi, lalu ambu tanya2 dan Ayeman jawab2. Ayeman mengerti apa yang dia baca.

4⃣ Investigation
Atas inisiatifnya, Ayeman keliling kompleks mendata nomor rumah, merk mobil, nomor polisi dan expiry datenya. Semua dikerjakan dengan tekun. Setelah data terkumpul, bersama abah Ayeman membuat tabel statistik. Ternyata di kompleks kami paling banyak mobil Suzuki. ^_^

5⃣ My Father
Ayeman membuat mind map tentang abah.

6⃣ Hafalan
As Shaff

7⃣ Sirah nabawiyah
Hingga Aminah meninggal dan Muhammad diasuh oleh Abdul Muthallib.

8⃣ Independent reading
The way things work.

9⃣ Socializing
Memuliakan tamu. Teman abah sekeluarga berkunjung, dan menurut pengalaman yang sudah2, Ayeman perlu disiapkan untuk hal2 begini. Alhamdulillah kami sempat menyiapkannya dan kali ini Ayeman lebih ramah pada tamu2nya.

*****

Eka Sabumi 1

Bu ibu..teteh teteh..mau sharing keg pertama HS di rumah
Terus terang HS baru buat saya. Pas banget dimulai nya ketika masuk liburan. Tapi blm bisa 100 %. Insya Allah pekan depan lebih baik. Semangat baca sharing teh liza. Jgn minder sama program ato keg yg dibuat kel lain krn tiap kondisi anak dan kel beda2. Tengkyu teh..😘

Anakku ada 3, jasmin 9 th, bitha 7 th, fawwaz 4 th. Keg yg rutin dilakukan baru 1 hari 1 ayat.

Kamis
Jasmin : krn tinggal mengingat kembali, QS An Naba 1-5
Bitha : QS An Naba 1-2
Fawwaz : Baca Iqro 1 huruf Sin-Syin

Jumat
Jasmin : QS An Naba 6-8
Bitha : QS An Naba 3
Fawwaz : Baca Iqro 1 huruf Shod

Sabtu
Jasmin : QS An Naba 9-11
Bitha : QS An Naba 4-5
Fawwaz: belum

Kegiatan lain: main CD interaktif permainan anak di komputer. Ada pengenalan huruf untuk fawwaz, friends from around the world untuk jasmin, berhitung dan puzzle untuk bitha

Alhamdulillah remote tv rada error, jd seharian g nonton tv :mrgreen:. Dan hafalan udah jadi komitmen bareng. Setiap mau main sore, mereka setor hafalan dulu hehe..
Sekian bu ibu..teteh teteh..

*****

Vivi Faiza Sabumi 1

Bismillah. Mencoba setor Lessons Plan.                             
Nama anak: salvia putri (6y) ,fathir (2y8m).                    
Nama bunda : vivi faiza.

Hafalan An-naba: sebenarny putri sudah pernah menghafal sampai ayat 30.tp akhir2 ini lg mogok hafalan dan muroja’ah.Umminy lg bingung nyemangatinnya.pengennya hafalan atas keinginan sendiri .   

Adab: terhadap orang yg lebih tua. Selalu mengingatkan jika bertemu orang yg lbh tua u/ mencium tangan.harus selalu diingatkan (klo fathir kadang suka nolak cium tangan…).           

¤Selasa: menceritakan siroh ttg nabi ibrahim yg hrs meninggalkan siti hajar dan ismail atas perintah Alloh.  

¤Rabu: sains: menanam bibit jagung manis d tanah pemberian tetangga😄.Putri dminta u/ menyiram,mengamati pertumbuhan tiap hari,lalu membuat laporan d buku (walau g tiap hari).klo fathir ikut nimbrung main tanah pake sekop.                                  
kamis: outing k sawah,saat hujan rintik2 dan becek2an.pas ksana ternyata udah beres panen😅.kita mengamati ada hewan apa saja d sawah dan tadabur alam.                            
Jum’at: putri mengerjakan soal matematika ttg pengurangan atas inisiatif sendiri.Skrng sy udah g pernah minta atau ngajak u/ belajar.rencananya nanti aj 7 th.ternyata putri yg belajar sendiri.klo ada yg g ngerti,br bertanya dan dibahas. Klo fathir menghitung salak s.d 10,tp ada bilangan 4,5,6 yg g dsebut(pdhl ada 5 salak) 😁.

*****

Neni Halim Sabumi 1

Alhamdulillah.. sama seperti teh wafaa, lesson plain irsyad (2 thn 8 bln) blm terjadwal karena masih semau anaknya.. pekan ini alhamdulillah sudah sering menyebutkan asmaul husna sambil bermain atau aktivitas lain, hafalan surat an-naba 1-5, dari segi adab alhamdulillah sudah bisa dalam setiap aktivitas berdo’a sebelum memulainya, bahkan kalo umminya lupa suka nagih dulu baca do’a, berhitung alhamdulillah sudah bisa menyebutkan angka2 diiringi gerakan tangannya, seni lagi senang main pasir dan dibentuk seperti bangunan2 yang diamati sembari mengimajinasikan proses pembuatan suatu bangunan ditemani mainan kendaraan untuk membuat kontruksi bangunan dan alhamdulillah selesai bermain sudah bisa merapikan sendiri sedikit demi sedikit mainan2 dan alat2 yang ikut serta dalam permainannya. Oia ketika pekan kemarin materi tentang proses didalam rahim sampai lahir janin, irsyad sangat tertarik sekali dan diceritakan pada enin abahnya sampai diperlihatkan foto2 hasil usg ketika irsyad masih dlm janin.😁

Kalo hafalan kami meniru sekali kaset pemberian teman kami dg menggunakan metode gerakan tangan ketika menghafal surat2.😄

Sekian laporan dari irsyad, untuk adiknya izza 1 thn masih mengikuti kakaknya bermain dan belajar 🙂

*****

Ari Novianti Sabumi 1

Klo azriel 13th lesson plan juga ga terjadwal..
Paling ada weekly aja yg harus diselesaikan pilihan antara science paper atau socio economic..

Malah alice 21bln yg berjadwal..

Setiap hari jadwalnya..
Pagi main dapuran
Sarapan
Main diluar
Mandi pagi
Baca buku/puzzle
Bobo siang
Makan siang
Sensory play
Mandi sore
Main didalam ruangan (baca buku/puzzle/dance/music)

Tapi azriel masih sekolah sih..
Pas kenaikan kelas nanti baru diambil dari sekolahan..
Biar fokus coding dirumah

*****

Wafaa Ubaid Salim Sabumi 1

Pekan ini
🌷Abang nanem kacang ijo dan setiap pagi sore selalu aja nanya..udah tumbuh belum..

🌷Abang dan neng liat cacing di bawah batu di taman..ngeliat cacing menggeliat dan berjalan masuk tanah

🌷Tiap malem selalu baca cerita odong2 dongeng..

🌷Mengulang nyanyi huruf hijaiyah..dan mengulang-ulang huruf lam alif..

🌷Bersepeda sampai gang depan rumah,,membeli sarapan pagi..ini bikin bunda nya deg-deg an..karena banyak motor dan mobil..karena cape akhirnya bunda yang dorong sepeda pake kaki karena sambil gendong neng baiya juga

🌷Abang menggambar pake spidol..sayangnya area gambarnya justru badannya sendiri..

🌷Abang mulai rajin merapihkan mainan..karena ini jadi syarat kalau abang mw minum susu sebelum tidur..

Doakan bundanya lebih serius nyiapin kegiatan abang dan neng ya

*****

Kresna Sabumi 1

Mau ikut share juga.

Lesson plan pekan ke-3 Desember
Anak : Maryam, 3y
Ibu    : Kresna

Iman :
1. Allah Maha Melihat
Seperti biasa, saya menanamkan muroqobatullah melalui sifat Allah Maha Melihat dengan berkisah. Pekan ini ttg Kisah Nabi Yusuf Alaihissalam ketika dibuang ke sumur oleh saudaranya. Kemudian mereka melaporkan kejadian yg tidak sesuai pada ayahnya mengenai Yusuf. Ayah Yusuf memang tidak melihat apa yg terjadi tapi Allah lihat. Disitu sy mulai memasukkan sifat Allah Maha Melihat

2. Siroh :
Sebetulnya membacakan kisah Nabi Muhammad masih belum berurutan. Masih mengikuti apa yg Maryam pilih (untuk buku). Tapi mayoritas sudah dibacakan. Dan paling suka mendengarkan kisah ketika makan (waktu favorit untuk berkisah)

Adab :
Pekan lalu share adab ketika Maryam makan, minum, ke toilet, tidur. Pekan ini ttg adab memakai pakaian & keluar rumah.
1. Memakai & melepas pakaian
Tangan & kaki ketika memakai & melepas pakaian sudah betul. Mulai membiasakan minimal membaca basmallah ketika memakai pakaian.
2. Keluar & masuk rumah
Doa keluar rumah & ucapkan salam ketika masuk sudah bisa. Hanya perlu diingatkan.

Quran :
pekan ini murojaah Al Ghasyiyah. Maunya berurutan di juz 30. Tapi pekan ini lagi senang dgn Al Fath meskipun baru sampai ayat 7.

Fisik :
Loncat2 main engklek sambil berhitung 1-10 inggris arab.

Sains :
Pekan ini tentang anggota tubuh (mata). Alhamdulillah terbantu dengan adanya buku modul alam & manusia dalam juz 30. Selalu dikaitkan dengan ayat2 Al Quran. Anaknya excited..

*****

Rini Inggriani Sabumi 1

Mau share juga teteh2…

Lesson Plan Umar(23m) masih belum terjadwal.. hehe.. sama kaya beberapa teteh2 yg lain… tapi alhamdulillaah, kami menikmati setiap perjalanannya… mensyukuri bonding yg semakin terbangun…

🐝 Adab :
Pekan ini masih belajar mengkonsistensikan tentang kata “tolong”, alhamdulillah sudah terbiasa, meski kadang harus diingatkan juga…

🐝 Aqidah :
Masih setiap hari menekankan bahwa Allah yang menciptakan, Allah itu sayang sekali sama kita… setiap kita keluar dan melihat apa yg ada di sekeliling kita, kita akan bilang, itu juga Allah yg menciptakan…

🐝Sirah :
Pekan ini sirahnya tentang kapal Nabi Nuh… dan akhirnya excited sekali sama setiap gambar kapal atau perahu…

🐝One word a day
Sebenernya ini udah dari beberapa minggu yg lalu.. Umar sangat suka buku flap yg temanya farm… sering saya sebutkan benda2/hewan yg ada dlm buku tsb pakai bhs inggris juga.. (krn buku tsb memang bhs inggris). Suatu saat umar buka buku itu dan menunjuk domba dengan menyebut kata “sheep”, padahal ga sengaja ngajarim.. hehe.. akhirnya, krn umarnya senang, saya coba metode one word a day.. 1 hari kita belajar 1 kata bahasa inggris… eh, umarnya mau.. tapi kalau lagi ga mau, ya ga dipaksa.. kita masih aliran santai😆 alhamdulillah sampai hari ini udah tau sekitar 21 kata bahasa inggris… tentunya didominasi yg 1 suku kata😁

🐝Sains :
Umar juga suka buku My First Question and Answer Book.. karena full colour.. jadi ambil sainsnya yg dari buku itu.. pekan ini lagi belajar tentang matahari… dan nyambung ke surat Asy Syams deh.. meskipun yg jelas ttg mataharinya di ayat 1..😁

🐝Alquran :
Umar pekan ini masih diulang2 surat Al Lahab.. ya ujungnya aja yg ditangkap..
Tapi ternyata lebih kehafal sama Umar ayat2 Albaqarah.. karena umminya lg murajaah surat itu terus belakangan ini… 🙈

🐝Life Skill :
Umar lagi suka membantu umminya masak… terutama menuangkan bumbu2 ke dalam masakan… 😁 dan juga memutar tombol waktu di oven

🐝 Fisik :
Lagi senang lomba lari dan loncat sama abinya.. 😄😎 setiap pagi…

Sekian teteh2.. semoga ke depan bisa lebih baik lagi.. 😘

*****

Era Sabumi 1

Mau share jg,teteh2..

Sains:
Krn sy sdg penelitian utk tesis di cireundeu jd izza (4y7m)diajak ke lapangan lihat cara nanam singkong dan membuat beras dari singkong (rasi) jg buat opak…
Ikut tnya2 waktu umminya sesi wawancara dan corat-coret kuesioner (ummi nya yg bngung mindahin data yg udah diisi ternyata sdh penuh dgn gambar benang kusut😅..
Jg belajar membaca peta lahan (krn ummi ditnya terus gambar2 ini ttg apa?)

Musik:
Izza belajar bbrp alat musik khas sunda tp cuma sbentar trus skrg nagih minta blajar lg..

Adab :
Belajar utk menasihati teman yg suka mukul izza dan memegang tangannya jika coba memukul izza…tp sesekali msh nangis jg kalo temennya akhirnya mukul jg.. 😁

Hafalan

Izza lg minta menghafal al fatihah,ayat kursi& 3 surah trakhir krn slalu dibacain menjelang tdur…

Selebihnya kalo umminya lg ngerjain tesis,izza diminta main lego (izza paling suka mbuat pesawat & blg ntar mau buat pesawat sendiri)..

Minggu ini,itu yg bisa terealisasi,teteh2… 🙈

*****

Rinrin Sabumi 2

Assalamualaykum teteh ambu sadaya☺
Baru minggu ini kami coba LP sabumi, mohon maaf 2 minggu kmrn kami tdk mgikuti
Mo coba type hasil LP minggu ini. Mohon maaf kalo bahasa tulisan nya belibet genteng ngantor sereuh😁

Senin:
Alhamdulillah aa fadlan sudah tidur terpisah sama ayah dan bunda. Satu mggu ini. jadi adab yg lbh ditekankan d mggu2 ini adalah berdoa sblm dan bangun tidur.
Alhamdulillah aa fadlan sudah terbiasa bangun subuh mesjid dan ngaji meskipun temen2nya ga pada datang.

Selasa: sains
Kami mencoba membuat gunung meletus. Aa fadlan seneng ngajak temen2nya melakukan percobaanya. Tapi percobaanya kurang “mantap” karna kebanyakan detergennya

Rabu; Karena hr rabu saya hrs kerja hd pas Magrib mengaji dengan semua anggota keluarga yg bisa d laporkan.
alhamdulillah skrg aa fadlan sudah msk surat baru q.s albayyinah baru hafal ayat 1 dan 2

*****

Mala Hayati Sabumi 2

Bismillah..
Lesson Plan kami pekan ini.
Nama bunda: Mala
Nama anak: Sarah (3 thn 4 bln)

Adab: memakai pakaian
Doa harian: doa memakai pakaian, doa hujan.
Hafalan: QS Al Kafirun
Nature Walk: mengamati bentuk2 awan
Siroh:
1. Rasulullah y menjadi penggembala domba dan pedagang
2. Khalifah Umar dan Gadis Pemerah Susu

Senin: Bahasa

Pekan ini, buku y dibahas adlh ‘Satu Tahun di Desa’. Lewat buku ini, sarah jg mulai mengenal nama2 bulan dlm satu tahun.

Selasa dan Rabu: Sains

Kali ini bereksperimen Magic Milk. Selain mengamati eksperimen ny, sarah latihan banget buat fokus. Krn kalo cotton bud ny tercelup terlalu dalam, hasilnya ndak oke. Video ilmuwan muslim jg ditonton. Y plg ‘nyangkut di kalbu’ adalah jam gajah ny Al Jazari. Pekan ini sains nya 2 hari. Krn di hr selasa, percobaanya blm ‘sukses’.

Kamis: Pre writing dan math

‘Menulis’ di pasir warna. Mula2 bentuk2 geometri, sambil menghitung jumlah sisi dari masing2 bentuk. Kemudian beralih ke alfabet (dg contoh dari buku/ printable)

Jumat dan Sabtu: Seni

Mengulang materi melipat saat fieldtrip origami, membuat ‘diorama’ pemandangan. Progressnya, alhamdulillah sarah sdh melipat sendiri. Pdhl waktu di pusdai, dia sama sekali ndak mau nyentuh. Skill menggunting jg (ternyata) sdh mengalami kemajuan.

image

*****

Karlina Sabumi 2

Sharing lesson plan pekan ini..

Alhamdulillah, pekan ini Irham (5thn), mulai libur sekolahnya. Sempat sdh pakai seragam pagi2, baru ngeh baca pengumumannya, ternyata sdh masuk libur semesternya 😅

Akhirnya agenda sekolah hari itu kami ubah dg pergi ke perpustakaan daerah. anak2 senaaang sekali. Ini kunjungan perdana khansa (21 bln) ke perpustakaan.
Setelah sampai, yg dilakukan adl…..bermain serodotan 😅
Khansa senang sekali mengikuti kakaknya. Perosotan pertama yg panjang, melatih motorik kasarnya. Saat berada di atasnya menuju sorodotan, khansa belum berani berjalan biasa, merangkak dl *lucu liatnya..😄😄,tp ga sempat kefoto, keburu habis batre.. lama2 Alhamdulillah berani sendiri berjalan tanpa bantuan.

Selesai bermain, mulai deh irham on membaca buku 📔. dibacakan buku tg berbagi, belajar aktivitas dari majalah aku anak shaleh. *Klw skr, dimana ya beli majalah itu..dulu majalah favorit selain bobo

💝Adab
Pekan ini anak2 belajar adab meminjam. Berhubung suka ramai parebut, maka terinpirasi dr t’kiki barkiah tg kepemilikan, kakak dijelaskan tg menunggu izin dr adik utk bergantian memakai barang. Adik jg belajar utk berbagi.
diarahkan dg kata2 positif, klw kakak baik memintanya, adik akan baik, mau berbagi.
Awal2 pekan masih suka ramai saling cemburu utk memakai barangnya *sibling rivalvy jg bkn y?, pas momen parebut, diingatkan tg adab meminjam td, Alhamdulillah di akhir pekan, anak2 sdh mulai terbiasa.

💝Sains
edisi sains, irham ngedate bareng abi ke museum geologi. Sblmnya irham sdh pernah ke sini dg ummi, tp baru mengeksplore lantai 1 di ruang binatang purba.
Dgn abi, skr mengeksplore ruang pembentukan bumi, dan di lantai 2 .

💝Bahasa
Khansa sedang senang menyanyi lagu kereta api. Walau yg twrdengar, lebih pd kata2 akhirnya.

💝kisah
Irham:
diceritakan tg kisah nabi Sulaiman
Khansa:
Dikisahkan tg al khansa

📝Hafalan
murajaah qs an nash

image

*****

Riani Sabumi 2

Sharing lesson plan pekan ini..

Kiya 2 tahun & Razka 4 bulan

(Razka ngikut n dengerin aja 🙈)

💝Adab
Maaf, Tolong, Permisi/Punten, Terimakasih, Sama sama
Alhamdulillah telah berhasil dan dapat dilakukan oleh kak Kiya pengamalannya

👬 sains
Proses Penciptaan Hujan.. Hujan turun dari awan yang muatan airnya sudah banyak dan penuh (segenggaman kedua tangan). Lalu jatuh tertiup angin (pintu dibuka dengan efek angin asli). Hujan jatuh (“lalu jadi banjir” 🙈 ntah dpt kata banjir *kaget*) airnya turun dan berkumpul ke sungai..dari sungai ke laut.. dari laut naik menjadi awan lagii.. lalu hujan lagiii…
Ini seru sekali buat anak 2 tahun 😂

🔉Bahasa
Hafal lirik lagu2, perkembangan aspek lingualistik lebih maju pesat daripada nada. Walhasil klo nyanyi datar (tanpa nada) atau nadanya salah.. Cicak2 di dinding dengan nada Kring2 Ada Sepeda 😂

💝kisah
Nabi Musa, Isa, Ibrahim (versi singkat dan versi anak2)

📝Hafalan
Masi belajar menghafal, doa mau tidur dan mau makan pabaliut 🙈
Bismikaallahumma bismikaaa.. (gitu aja) 😭
image

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥 FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)
💻 Blog: sabumibdg.wordpress.com

Sabumi is part of HSMN
👍FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s