Diskusi · Liqo Online

Liqo Online: Penyakit ‘Ain

Hari/ tanggal : Senin, 11 Januari 2016
Tema : Penyakit ‘ain
Narasumber : Ustadzah Dini
Moderator : Anita Sabumi 2
Notulen : Wafaa Sabumi 1

🌸🐝🌸🐝🌸🐝🌸🐝

Curriculum Vitae

✏ Nama: Dini Gandhi Rahayu
✏ Tanggal lahir: Sumedang, 23 Feb 1986
✏ Alamat: Pesantren Rafa kp.kramat desa Labuan Kec. Mancak
✏ Pendidikan: SMA
✏ Status: Menikah
✏ Aktivitas: Ibu Rumah Tangga
✏ No. HP: 087771287600

🏥 PENYAKIT ‘AIN🏥

Penyakit ‘ain merupakan suatu penyakit non medis yang jarang sekali diketahui oleh orang banyak. Padahal hampir sebagian besar penyakit manusia, termasuk yang wujudnya penyakit medis sekalipun banyak karena lemparan ‘AIN.

🌷Pembagian Penyakit

Penyakit terbagi menjadi tiga bagian :
💊MEDIS
💊PSIKIS
💊NON MEDIS ( GHAIB )

Penyakit non medis juga terbagi tiga :
💊gangguan jin
💊sihir
💊’ain

🔑Apa itu penyakit ain? Yaitu penyakit yang menimpa badan maupun jiwa disebabkan oleh pandangan mata orang yang dengki dan takjub yang dimanfaatkan oleh syaitan untuk menyakiti si korban.

Ibnu Atsir rhm: si fulan terkena ‘ain, yaitu apabila musuh (orang-orang yang dengki) memandangnya lalu pandangan itu mempengaruhinya hingga menyebabkan jatuh sakit.

💐AIN ITU NYATA💐

Sekilas ini mengada ada. KO BISA, hanya karena pandangan orang yang dengki atau yang takjub, seseorang bisa jatuh sakit?, masa sih!…

Sabda Nabi SAW: “Pengaruh ‘ain itu benar-benar ada. Seandainya ada sesuatu yang bisa mendahului taqdir, ‘ain-lah yang dapat melakukannya”.

💐KASUS AIN ZAMAN NABI ( KASUS AIN TAKJUB)💐

Sahal bin Hunaif ra mandi, sahabatnya Amir bin Rabi’ah melihat kulit Sahal yang putih bagus takjub, lalu berucap : “Aku belum pernah seperti sekarang ini”.
Tiba-tiba Sahal langsung sembelit (di perut) dan bertambah keras sembelitnya sampai-sampai tidak bisa mengangkat kepalanya.
Lalu dikabarkan kepada Rosul SAW, Nabi bersabda: Adakah org yang kalian curigai pelakunya?, Ada ya Rosul, yaitu Amir.
Kemudian Rosul memanggil Amir bin Rabi’ah & memarahinya seraya berkata: mengapa salah satu kalian membunuh saudaranya?, mengapakah tidak kamu berkata?, MANDILAH untuknya
Lalu Amir mencuci muka, kedua tangan, kedua siku, kedua lutut, jari-jari kedua kakinya, dan bagian dalam kainnya di dalam bejana.
Lalu air bekas cuci itu disiramkan ke Sahal dari belakang. Tiba-tiba Sahal kontan sembuh seketika. (HR. Ahmad, Nasa’i).

💐AIN BISA MENIMPA ANAK ANAK💐

Suatu hari Rosul SAW melihat anak-anak Ja’far kurus. Kenapa anak kalian kurus, apakah kurang makan?. Tidak ya Rosul. Tapi mereka kena ‘ain. Lalu kenapa tidak kalian ruqyahnya.

💐TANDA ANAK YANG TERKENA AIN💐

🍁Tangisan tak wajar yang tak kunjung henti, atau sakit lainnya yang tak wajar.

🍁Perubahan mental anak dari positif ke negatif. Misal : semula anak berprestasi dan semangat, tiba-tiba jadi pemalas, dll.

🍁Makan banyak tapi kurus aja, dll.

❓SESI TANYA JAWAB❓

1️⃣ Tina-sabumi 2

Terkadang kita, dan khususnya saya suka memposting foto atau video anak saya, bagaimana dengan itu? apakah bisa menyebabkan ain?

▶️ ya bisa. itu bisa menyebabkan ain.
sebaiknya kalau mau posting foto alakadarnya saja. Jangan sampai membuat orang dengki mendengkinya atau orang yang kagum  mengaguminya berlebihan

🌟Teh tina
Kita kan tidak pernah tau sekagum apa atau sedengki apa orang terhadap apa yang kita posting itu…terus bagaimana cara kita untuk menangkalnya mbak?

▶️ya memang kita tdk tau orang lain ke kita seperti apa sikapnya. tapi harus difahami manusia berbeda-beda, makanya Rosul memberikan bimbingan bagaimana cara memuji yang sesuai sunnah.

cara memuji yang tidak sesuai sunnah yang menyebabkan ain.
Misal : iiihhh cantiknya anakmu jeung… gemess deh”. atau ” pintar sekali anak mu”
Ini salah, bisa menyebabkan ain.

Yang benar adalah sebagaimana panduan Rasul, “apabila kamu melihat sesuatu yang mengagumkan katakan : masya Allah atau semoga Allah memberkahi

itu kalau kita posisinya sebagai pelaku ain, agar lemparan kata-kata kita atau pandangan mata tidak menjadi ain (menyakiti) orang lain.

Kalau posisinya kita sebagai objek atau korban, agar kita tidak jadi korban ‘ain org lain,
ke anak kita sering seringlah mendoakan perlindungan
sebagaimana doa yang diajarkan rosul :
U’IDZUKA BIKALIMATILLAHITTAAMMATI MINSYARIMA KHOLAQ

artinya : aku perlindungkan kamu dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya

atau diruqyah dengan baca ayat kursi dan alfalaq annas.

🌟liza
Ikut menanggapi ya teh..

Kalau kita dipuji tapi yang memuji lupa menyertakan kalimat yang tadi,
Kita juga mengucapkan kalimat yang sunnah ya mba dini?

Kalau ngga salah masyaallahu quwwata illa billah.

Semua terjadi karena Allah..

▶️iya teh liza. di atas sudah saya ungkapkan dengan kata masya Allah

**jadi baik yang memberi pujian maupun yang menerima pujian sama-sama mengucapkan masya Allah**

bgm dengan yang terlanjur kena, bagaimana treatmentnya?

sesuai hadits rosulullah : yang paling gampang, apabila si pelaku ain-nya diketahui,
minta-lah bekas pakai nya.
kalau dalam hadits di atas; si pelaku disuruh berwudhu, bekas wudhunya ditampung lalu dimandikan ke si korban.
insya Allah langsung sembuh.

2️⃣teh cici-sabumi 2

Assalamualaikum ustadzah Dini sy mau bertanya :

1. Bagaimana membedakan penyakit ain dan penyakit medis?

2. Orang yang seperti apakah yang bisa menyebabkan orang lain terkena penyakit ain selain karena ada perasaan iri dan takjub?

3. Bisakah penyakit ain timbul dari perasaan iri/takjub karena perkataan atau yang bermula dari obrolan?

4. Penyakit ain itu bisa berupa seperti apa saja?

▶️Bahkan dalam kajian kami, hampir sebagian besar penyakit medis yang ada di masyarakat rata-rata disebabkan ‘ain, cuma masyarakat kurang memahaminya.

misal ; kanker setelah dioperasi tumbuh lagi dst. Patut dicurigai dari ‘ain. Contoh lain ketika pergerakan penyakit sangat cepat. misal ; pertumbuhan kanker sangat cepat, ngedrop cepat, gula darah cepat naik, trombosit cepat turun, dsb
maka sbg muslim yang sudah memahami ini, sebaiknya menangani pengobatan penyakit dari semua sisinya ditempuh.
Kalau penyakit medis, ke dokternya ditempuh, secara syar’inya sebab-sebab ‘ainnya juga ditelusuri. Bila ketemu, segera diterapi ‘ainnya
wallahu a’lam.

Pertanyaan yg kedua,

jenis ‘ain ada dua : ada ‘ain yang berasal dari manusia ada juga yang berasal dari jin. Bentuk ‘ain ada dua juga : ‘ain hasad (pandangan/kata-kata dari orang yang iri dan dengki), ‘ain pujian (kata-kata pujian yang tidak dibarengi doa keberkahan dari Allah ).
contoh :
ada seorang ustadz di Indonesia, punya anak 3 tahun pintar dan sudah hafal beberapa juz alqur’an. Bapaknya, sang ustadz ini merasa bangga dan mengucapkan dalam hatinya : wah anak saya hebat yah. Tiba-tiba anaknya batuk-batuk sangat hebat, diobati dengan obat dari dokter tidak mempan, karena beliau seorang ustadz yg faham, lalu blw introspeksi dan menemukan kesalahan dirinya karena bangga dan memuji anaknya tanpa melibatkan Allah. Beliau mengambil segelas air, bertaubat dan membacakan ayat-ayat ruqyah ke air tsb dan meminta kepada Allah agar lemparan ‘ainnya yang mengenai anaknya dibebaskan. Setelah itu beliau minum air itu setengahnya, dan setengahnya diminumkan ke anaknya.
Seketika batuk-batuk anaknya sembuh total.

🌟 teh cici
Bagaimana jika kita tidak tahu siapa penyebab ainnya?
Apakah penyakit ain juga bisa berupa penyakit kejiwaan/psikologi?

▶️Jika tidak tahu siapa pelakunya, di awal harus dipastikan dulu apakah penyakit ini katagori ‘ain atau bukan.
cara menelusurinya :
bertemu dengan siapa sebelum sakit
tanyakan : apakah orang lain yang bermasalah dengan orang tsb juga sakit? bila ya berarti orang tsb pelaku ‘ainnya.
ada konflik apa dalam keluarga atau dengan orang lain. Umumnya pelaku ‘ain dari orang-orang terdekat.
Bila anak sakit, bisa jadi pelaku ‘ainnya adalah ibunya.

Bila pelaku diketahui namun orangnya sudah tidak ada, pindah kota dsb. Coba cari benda yang berhubungan dengan orang tsb. Bila ketemu benda tsb, misal pakaiannya, gelas minumnya, dll . ambil benda tsb. celupkan ke air, lalu air itu mandikan ke si korban atau kursi yg pernah di dudukinya, usap kursi
bekas duduknya itu pake kain / tisu, lalu tisu atau kain itu celupkan ke air, lalu mandikan airnya ke si korban.

Jadi kita sebagai ibu dan ayah sebaiknya bagaimana agar anak tidak terkena ‘ain dari orangtuanya?
Terkadang tidak sadar, memuji anak sudah melakukan sesuatu untuk memotivasi.

Studi kasus salah satu pasien di klinik kami, ada seorang ibu bawa anaknya yang sakit minta diruqyah. Di sesi konseling diketahui kalau ibu ini suka memarahi dan memaki anaknya. saat diruqyah anaknya, ibunya yg muntah2. maka kami menyimpulkan anak ini sakit karena ‘ain ibunya.

Lalu, bagaimana agar kita sbg ibu/bapaknya tidak mengenai ‘ain kpd anak?
bila anak kita salah, jangan memaki/memarahinya. Doakan, nasehati yg baik.
Jangan sampai keluar kata-kata negatif dari mulut kita. Bila anak baik atau berprestasi,
ungkapkan syukur dan pujian kepada Allah dan mohon agar anak kita diberkahi.

3️⃣teh Ferizka-sabumi 2

Anak-anak saya sering sekali batuk pilek, mungkin hampir tiap bulan, apakah mungkin itu penyakit ‘ain ya? Perlu ditelusuri penyebabnya y? Kalau misal saya yang melihat foto orang lain dan mungkin ada sedikit perasaan iri, baik iri ingin meniru kebaikannya atau iri melihat kesuksesan orang lain apakah bisa menyebabkan penyakit ‘ain?

▶️ Anak yang pilek, apa mungkin kena ‘ain?.. mungkin saja. tapi memang harus ditelusuri penyebabnya.

iri melihat kesuksesan orang, apakah bisa menyebabkan ‘ain?… ya

4️⃣Melati-sabumi 1

1. Adakah perbedaan penyakit ‘ain yang disebabkan takjub dan iri/dengki? Mungkin beda dari gejalanya, tingkatannya, atau mana yang lebih bahaya?
2. Ada yang bilang penyakit ‘ain lebih bahaya dari sihir/santet. Seperti apa bahayanya? Sejauh mana bahayanya?
3. Penyakit ‘ain pada benda mati seperti apa? apa yang akan terjadi pada si benda jika ia “sakit ‘ain”?

▶️
1. ‘Ain iri dan ‘ain pujian dari sisi gejala, tingkatan, bahayanya (sama saja).
sebab dua-duanya lalai  dari mengingat Allah. maka lemparan pandangan mata dan kata-katanya akan digunakan syetan untuk menyakiti si korban.

2. ‘Ain lebih berbahaya dari sihir? Bukan lebih berbahaya tapi lebih rumit. Kalau dari bahaya sama saja.

3. Penyakit ‘ain pada benda mati seperti apa? Bisa rusak bendanya,
kasus : ada mobil dikagumi atau dihasadi, tiba-tiba mobil itu mati.
terapinya air yg sdh dibacakan ayat-ayat ‘ain, dimasukkan ke karbulatornya atau disiramkan ke bodi mobil. Di Jawa, pernah terjadi ada pelaku ‘ain melihat sebuah rumah. tiba-tiba rumah itu roboh

5️⃣Bella-Sabumi 1.

Teh, saya belum ngeuh.. Penyakit ‘ain itu, diderita sama korban yang dipuji kan ya? Pelakunya orang yang dengki. Kenapa bisa begitu? Padahalkan orang yang dipuji tidak salah apa-apa. Harusnya kan orang yang dengki yang kena adzab Allah.

▶️Kalau yg dipuji benteng dzikirnya bagus, hatinya bersih. insya Allah ‘ain dari pelaku tidak akan mengenainya, bahkan memantul berbalik ke si pelakunya.
kalau si yang memujinya benar, insya Allah ‘ainnya juga tidak akan terjadi.
Bisa jadi si pelaku ‘ain yang memuji tidak menyadarinya.

Ada kisah yang sedikit lucu. Ada  pasien diterapi oleh ahli ruqyah, sembuh dengan izin Allah. Si pasien kagum sama si peruqyah yang menterapinya. (ia melempar ‘ain ke peruqyah).

karena si peruqyah ini benteng dzikirnya bagus, akhirnya lemparan ‘ain-nya kembali ke dirinya.
si pasien sakit lagi dengan sakit yg baru, hehe.

6️⃣bu Ida-sabumi1

Saya ikt pengajian metode struktur format quran disebutkan jika kena ‘ain maka dibacakan non ‘ain dari juz diri penderita kemudian ‘ain penyakitnya lanjut juz diri
Pakainya al quran format 18 baris
Penemunya ustaz luqman. Misal kalau penyakit mata itu ‘ain 1.

Apakah mba dini pernah dengar penyembuhan sakit ‘ain dengan metode tsb?

▶️menurut saya (wallahu a’lam) metode di atas tidak sesuai sunnah. Sebab menurut hadits penyembuhan ‘ain adalah dengan menggunakan bekas pakai si pelaku. atau bila dibacakan ayat-ayat dengan ayat yang berhubungan dengan ayat-ayat ‘ain. wallahu a’lam.
misal ayat tentang ‘ain : ada ayat menceritakan bahwa pandangan mata orang kafir itu menggelincirkan.

🌟bu Ida

Alhamdulillah selama ini kalau sakit dibacakan non ‘ain kemudian baca ‘ain yang berhubungan dengan penyakitnya sembuh.atas ijin Allah.

kalau setelah ruqyah tidak langsung diisi dengan dibacakan quran,infonya makhluq yang keluar bisa masuk lagi dan lebih ganas,benarkah demikian?

▶️wallahu a’lam. mangga kalau ada dalilnya.

teorinya analogi AYAM MASUK RUMAH kita. bila ada ayam masuk rumah kita, yg salah AYAM-nya atau PEMILIK RUMAH-nya? tentu yg salah pemilik rumah, karena ia membuka pintu. kalau tidak membuka pintu, tentu ayam tidak akan bisa masuk. begitulah gangguan jin sihir atau ‘ain. Bila kita kena sihir, gangguan jin atau ‘ain, kitalah sebenarnya yang salah. karena kita yang membuka pintu hati dan fikiran kita dengan kelalaian, sehingga syeitan bisa masuk. Kalau setelah syeitan bisa dikeluarkan dari tubuh kita, lalu pintunya tidak ditutup lagi dengan dzikir dan ibadah yang benar, maka syeitan akan masuk lagi.

apakah setelah masuk lagi bisa lebih ganas?… bisa ya bisa tidak.

🌟teh ayu:
Jadi intinya kita (yang bisa mengontrol diri sendiri) tidak berlebihan dalam menyikapi sesuatu yang tidak mengenakkan atau sesuatu yang sifatnya pujian ya. Dlm artian mengembalikan segala sesuatu kepada Allah

7️⃣teh  rintan sabumi 1

Assalaamu’alaikum
Udztadzah dini,
Apakah penyakit ‘ain sama dengan riya /pamer?
Ataukah sama dengan sombong?
Kalau misalkan ada yang memuji kita atau anak agar terhindar dari penyakit ‘ain harus mengatakan apa ?
Jazakillah khoiron katsir

▶️ Sikap riya atau pamer bisa menyebabkan orang lain melempar ‘ain ke kita. Dari sisi gangguan jin, semua sikap negatif yang bertentangan dengan syariat (sombong, riya, pamer, emosi, dll ) bisa menjadi pintu masuk syeitan menyelinap. Kalau mau bukti coba lakukan ruqyah mandiri. Diagnosa kesalahan kita apa, amarah misalnya.
Awali dengan taubat minta ampun atas dosa amah yang kita lakukan, lalu syahadat solawat.
lalu doa : ya Allah saya mohon ampun karena saya sering emosi dan marah. saya mohon keluarkan jin yang menyelinap lewat amarah saya.
lalu perintahkan ( ngomong ke jin ).. hai jin yang menyelinap masuk ke tubuh saya lewat marah. keluarlah!…
bisa jadi muntah…

wallahu alam. smg kita sll dilindungi oleh Allah. dan dimudahkan untuk menjadi hamba yang solehah.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥 FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)
💻 Blog: sabumibdg.wordpress.com

Sabumi is part of HSMN
👍FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s