Homeschooler Story · Homeschooling Highlight

Mengatur Anggaran Homeschooling

anggaran

Resume Diskusi Sabumi 3
19 Februari 2016

Judul : Mengatur Anggaran HS

Selayang pandang :
Salah satu tugas kita sebagai manajer keuangan keluarga adalah mengurus anggaran rumah tangga, yg dimana salah satu pos pembagiannya adalah pendidikan anak. Dan kita tentunya sepakat bahwa pendidikan anak2 adalah investasi dunia akhirat.

Yg sama2 kita tahu bahwa untuk menjalankan homeschooling, dirasa perlu anggaran yg sama spt yg biasa kebanyakan keluarga anggarkan untuk pendidikan sekolah formil.

Jd bagaimanakah kita mengatur alokasi dan prioritas untuk akun investasi, investasi untuk anak dibanding dengan investasi secara umum.

Bagaimana alokasinya dan bagaimana jika ada keterbatasan dan kita terpaksa mengorbankan salah satu pos.

Apakah dibuat anggaran tahunan ataukah bulanan untuk kegiatan hs anak.

Materi:
Ketika kita memutuskan utk memilih homeschooling, konsekuensi logisnya adalah selain kita harus memiliki komitmen yg kuat, kita harus all out dalam keuangan untuk mendampingi jg memfasilitasi minat, bakat dan kegiatan pendidikan anak.

Dan ketika anak2 semakin besar dan minat nya semakin luas dan berkembang, pastinya ada porsi investasi lain yg harus ikut menyesuaikan.

Ada baiknya kita mulai membagi anggaran lewat pos-pos yg kita bagi sesuai kebutuhan homeschooling masing2 anak.

Di usia anak PRA sekolah, dirasa blm terlalu spesifik dlm minat & bakat, sharing dr beberapa member Sabumi, yg lebih diprioritaskan di usia anak PRA sekolah adalah buku & field trip keluarga. Anggarkan pembelian buku-buku berkualitas, iuran member perpustakaan & anggaran outing utk field trip bersama keluarga sbg fasilitator hs, untuk sebanyak mungkin memberi wawasan pd anak, sblm terbentuknya minat & bakat.

Sharing dr narasumber (Teh Widya):
Dalam mengawali homeschooling, VISI dan tujuan keluarga mesti jelas dan detail, dimulai dari situ baru kami breakdown untuk menuju kesana apa saja yg kami butuhkan, bagaimana caranya, apa saja kegiatannya, berapa biayanya.

Saya mulai serius buat anggaran sejak sulung saya menjelang 6 tahun, saat ini anak saya 9-6 dan 1 th. Sy buat detail di dalam excel sheet.

Untuk kegiatan yg harus dibayar bulanan diisi dibulanan kalikan 12 sedangkan event atau alat yg dibeli tahunan diisi 1x lalu total tahunan akan saya bagi 12 lagi.

Gampangannya itu yg sy harus save tiap bulan utk kegiatan setahun. Yg saya buat disitu adalah anggaran full “pendidikan” anak2, untuk mainan atau fieldtrip keluarga tdk ada di anggaran itu, kenapa? karena hs atau tidak anggaran itu ya tetap ada.

Salah satu alasan saya membuat RAB ini adalah untuk mengukur biaya perbulan,
1. berapa banyak yg saya butuhkan utk hs.
2. berapa kemampuan kami jikalau anak kami memutuskan untuk ke sekolah nantinya.

Untuk alat2 lain ada di akun lain2, karena tiap bulan insyaa Alloh kebutuhan berbeda jadi saya cemplungin kesitu, misal bulan ini beli seragam pramuka😁, bulan lalu keperluan robotic, bulan depan mungkin lain lagi. Ini diluar pembukuan rumah tangga.

Demikian juga saving untuk pendidikan jangka panjang mereka ada disitu bukan disini, kalau saya kumpulin sedikit2 kalau ada terkumpul agak banyak saya pilih belikan LM untuk misal jika anak2 berniat kuliah, atau modal usaha sesuai minat.

Karena ini murni anggaran hs si bayi belum masuk. Tapi jarang beli mainan atau yg sejenisnya masih bekasan abang2 nya.

Saya membatasi kegiatan anak sebesar xxx lebih dari itu ditunda nabung dulu, atau selama dana masih ada saya all out ke anak2, ga masalah apakah itu dana yang lain terpakai, selama masih ada dan ga ngutang, untuk keperluan lain, Insyaa Alloh pada waktunya kami membutuhkan Alloh beri kemudahan.

Tanggapan :
Teh Dyah:
“Saya suka nyisihin dr kantong “nafkah” biar keinginan saya yg dipending kl butuh bahan ajar utk anak, utk jangka panjang mah saya nabung LM
Utk media belajar yg ala2 tea karena kami ada toko atk jd blm terhitung karena yg butuh, ambil aja langsung. Lbh banyak memanfaatkan barang bekas utk media belajar, bikin bareng umar dan umar lbh sayang sm barang2 itu. Ga boleh hilang atau rusak.”

Teh Riani:
“Anak2 saya paling besar 2 tahun. jd pos nya masih besar di investasi buku, tp jalan2 ke luar rumah itu penting juga, jd next pos untuk trip experience, bahan permainan itu terakhir.. krn masi usia segini segala bs jadi mainan.. termasuk melipet baju. bantuin kupas bawang, kupas kacang ijo. menjemur.. dll 🙈
Untuk plan kedepan sd saat ini saya blm nabung “khusus” untuk. Skrg alokasi bulanan aja yg ada.. Rencana start 3 thn baru hrs masuk ke investasi anak jangka panjang.. artinya ada tabungan dlm bentuk non likuid”

Teh Astri Madjid:
“Kami sempat menabung di masa lalu, untuk bayar sekolah. lha sekolahnya ga jadi…
jadi ada uang untuk set up sekolah rumah, terutama buku. Kebutuhan sehari2 yg paling boros: kertas. ini diakali dengan mulung kertas bekas di kampus. White board mulung juga. spidol pake yg refill. Kami menyisihkan uang bulanan rutin untuk pendidikan.
Kami bikin pos pendidikan, setiap bulan disisihkan sejumlah sekian. semua kebutuhan terkait belajar diambil dari situ. kalo kurang, pembelian ditahan dulu nunggu bulan berikutnya. sejauh ini yg paling mahal sih buku”

Teh Mesa:
Untuk anggaran pendidikan, sy jg masih berupa pos setiap bulannya. Kl udh lebih dr budget, tunda dl nunggu bln berikutnya. Anak msh 22 bln si.

Teh Anita:
“Klo saya pribadi memang ikut asuransi pendidikan syariah dari takaful … jadi ada post khusus untuk pendidikan.. untuk kebutuhan sehari2nya klo ada dari sisa uang belanja misalnya .. hhe”

Tanya Jawab:
1. Maksudnya anggaran untuk aplikasi gadget.. aplikasi barang2 buat project?

Iya di anggaran aplikasi termasuk alat karena si bocah butuh lappie/kompie baru.Kalau project (bulanan, mingguan, science)
kebutuhannya ada di lain2
karena tiap bulan beda tapi besarannya anggaran tiap bulan sama.

2. Sejauh mana planning ke depannya? maksudnya apa bikin kyk lesson plan segala macamnya kan dari tahun sebelumnya atau gimana?

Kalau lesson plan dalam arti apa yg akan dipelajari anak2 tentu buat, tapi kalau yg dimaksud planning kegiatan anak? kaitannya dengan anggaran? Kami hanya menawarkan, memberi kesempatan, keputusan sey di anak2. nah itu yg kadang buat anggarannnya tak terduga. menembak misalnya beberapa bulan lalu mana kebayang saya, eh ternyata Alloh beri kesempatan anaknya minat. Revisi revisi pengalihan anggaran dari mana.

Tanggapan teh Liza: Yg jelas main core anggarannya udah pasti dl, supaya ngga keblinger kalau terjadi perubahan sekaligus sadar terhadap potensi keuangan keluarga. Jadi ngga kaget2an, loh kok..darimana..ya ampun dst.

3. Untuk biaya hs ini brp % dr penghasilan sih yg idealnya disiapkan setiap bulannya? Kan setiap keluarga berbeda beda nih ya, dan kegiatannya jg berbeda, tp ini mah nanya idealnya 😁

Kalau untuk yang rutin mungkin sekitar mmmm 30-40 % ya, tapi saya khan anak 3.

4. Program2 kaya ixl dll mahal2 ga sih?

mmmmmm mahal atau ngga tergantung yak, saya bilang segitu mahal buat org lain murah 😁,saya baru mau perpanjang kurang tau dgn kondisi dollar skrg. tahun lalu sekitar 50-300 rb

5. Teh Widya mgkn bs disampaikan jg asumsi biaya per anak dg usia nya.
Karena ada sebagian bkn penghuni Sabumi 3 mgkn blm tau si ixl itu apa dan buat siapa. Jg program2 lainnya.

Ixl, RE, raz, starr fall semua atas nama si sulung
TFb mah saya tentunya
tapii prakteknya dipakai bareng2

6. Singkatan dr apa, Belajar apa, Biaya?

starrfall.com (morestarrfall) pre K & K secara umum mengenalkan membaca & math dengan menyenangkan, tapi skrg sudah mulai 1st&2nd grade dengan disesuaikan kurikulum umu di US (common core state standart)
karena disana tiap state beda kebijakan

Reading egg (reading eggspress)
berisi bacaan dengan berbagai tema, dibuat seperti game. dr mulai pre K (learn to read)
sampai yg 7+

nah ini khusus math hahaha khusus dipisah, soalnya perjalanannya lumayan berwarna,

1. ixl, yg skrg masih sy pakai, utk anak2 yg tipe self study ini cocok
kalau buat saya rada perjuangan, karena dia tanpa panduan buat orang tua, seriously belajar bareng dah recording baik, laporan rutin, dan ada lev. el certificate

2. MEP :mathematics enhancement programme
– direkomendasikan oleh AO / CM
– kurikulnya jg direkomendaaikan utk yg mau ambil CIE
– kumplit plit, ada soal, kunci jawaban, panduan orang tua

3. raz kids isinya bacaan
lengkap dgn level kesulitan dan spellingnya
*tambahan info ini yg paing murah

4. HB Teacher file box
gampangnya sey berlanggaran tfb adalah akses ke evanmoor library

Biaya kurleb ya teh harga $ tahun lalau
ixl 250
RE 250
raz 50
starr fall 200-250
TFB 250-300

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥 FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)
💻 Blog: sabumibdg.wordpress.com

Sabumi is part of HSMN
👍FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s