Arabic Club · Diskusi · Klub Sabumi

Urgensi Belajar Bahasa Arab

Rabu, 6 April 2016, 19.30-21.30 WIB

Diskusi bersama Ustdz. H. Egi Sopian, Lc, M.Ag.

  • Founder metode shafa (cara praktis menterjemahkan makna quran)
  • Founder Bahasa Arab Metode Qurani
  • Founder metode bisbas (leading tilawah quran)

MATERI DISKUSI

Narsum:

Dalam QS Yusuf ayat 2 disebutkan bahwa Alquran turun dengan bahasa arab.

Rasul bersabda, “Bersemangatlah kalian dalam belajar bahasa arab karena ia bagian dari agama kalian.” (HR ath thabrani)

Umar ibnu khaththab berkata, Cintailah bahasa arab karena tiga hal 1. Saya orang arab, 2. Alquran adalah bahasa arab, 3. Bahasa penghuni surga adalah bahasa arab.

Dan terakhir, sabda Rasulullah, Celaka orang yg membaca Alquran tapi tidak memperhatikan maknanya (HR. Ibnu hibban).

Maka lahirlah metode shafa cara praktis menterjemahkan makna Quran. Keunggulan metode ini adalah adanya 4TGQ (empat tahap gramatika Quran), yang kalau biasa dengan bahasa umumnya adalah nahwu sharaf.

Yang kedua, kami lahirlah metode qurani, lebih kepada percakapan sehari hari, Karna tidak sedikit orang pandai teori (pandai gramatika) tapi prakteknya masih mengalami kesulitan berbicara bahasa arab.

Latar belajar lahirnya bahasa arab metode qurani merujuk ke surat al Baqarah ayat 3.

Diantara sifat metode qurani: Pertama, bahwa belajar bahasa arab bagi para pemula adalah belajar bahasa arab harus dimulai dari yang kongkrit sebelum yang abstrak.

Kedua, belajar bahasa arab harus dimulai dari kata yang dekat sebelum yang jauh. //Untuk sifat yang lainnya kami sampaikan di metode qurani//

Moderator: 

Ustadz, kalau untuk ibu-ibu di sini ya ustadz, sebagai madrasatul ula, bisa mohon lebih dikhususkan lagi bagaimana urgensi bahasa arab dalam  kehidupan sehari-hari kami mendidik diri dan keluarga?

Narsum:

Dengan belajar bahasa arab maka manfaatnya kita bisa paham Alquran, lebih menikmati lagi (saat membacanya).

Bagaimana Alquran menjadi pedoman hidup, kalau umatnya tidak memahaminya?

Dengan bahasa arab juga kita bisa memahami bacaan shalat, doa harian, hadits rasul dll. Sehingga ibadah kita lebih khusyu lagi.

Sebenarnya apa sih makna iqra itu? Kita akan sedikit bahas di sini tentang makna iqra.

Selama ini iqra hanya diterjemahkan bacalah. Padahal artinya lebih luas kalau kita kaji lebih jauh. Bahwa iqra itu berasal dari huruf qaf, ra dan hamzah, yang arti asalnya adalah menghimpun.

Menghimpun apa?

Huruf dihimpun dengan huruf yang lainnya sehingga menjadi kata. Kata dihimpun dengan kata yang lainnya sehingga menjadi kalimat. Kalimat dihimpun dengan kalimat lainnya sehingga menjadi paragraf, dst.

Jadi, dari akar kata qaf, ra dan hamzah lahirlah aneka makna,

Iqra bacalah..
Iqra pahamilah..
Iqra dalamilah..
Iqra hayatilah..
Iqra tadabburilah..
Iqra bandingkanlah..
Iqra klasifikasikanlah..
Iqra buktikanlah..

Dengan demikian konsumsi Alquran tidak hanya dibaca teks dan dihafalkan saja. Sehingga nilai-nilai qurani bisa bermasyarat dalam setiap dimensi kehidupan.

Moderator:

MaasyaAllah… Masih banyak hak Alquran sebagai pedoman hidup yang belum dipenuhi…

***

TANYA JAWAB

  1. Teh Mira:

Diantara sifat metode qurani itu bhw belajar bhs. arab bagi para pemula adalah belajar bhs. arab harus di mulai dari yg kongkrit sebelum yg abstrak.
Afwan Ustadz, mksd mulai dari yg kongkrit ke abstrak itu contohnya seperti apa y? *contoh kalimatnya mungkin

Narsum:

Contoh segala puji itu kan nggak nampak, nggak bisa diraba (abstrak). Contoh yang bisa diraba adalah buku, pulpen dll.

Jadi kedepankan dulu kata benda yg bisa diraba (kongkrit) sebelum yg tidak bisa diraba (abstrak).

Dan usahakan banget jangan diterjemahkan langsung ke bahasa indonesianya. Tapi kita gunakan wasailul idhah atau alat peraga  dan langsung disebutkan bahasa arabnya apa.

Moderator:

Jd spt klo kita mengajarkan kata² kpd anak ya, yg terdekat dan terlihat dulu yg ada di sekitar dan lbh familiar dulu.

2. Teh Winiar ‬

Bagaimana metode belajar bahasa arab utk anak usia SD yg efektif & efisien utk menunjang anak utk menghafal al Qur’an?

Narsum :

Biasanya kami langsung praktek ke alQuran-nya.

Di metode shafa caranya:

Ada kosa kata yg diberi kotak dan kosa kata yg tidak diberi kotak, cara memperlakukannya berbeda.

Kosa kata yg diberi kotak adalah kosakata baru, seorang trainer membaca kosakata dan diterjemahkan maknanya kemudian diikuti oleh peserta didik sebanyak 3 kali.

Kemudian, kosakata yg tidak diberi kotak adalah kosakata lama yakni kosa kata yg sudah dibahas pd pertemuan sebelumnya.

Cara memperlakukan kosakata lama (yg diberi kotak) adalah trainer membaca kosa kata Al Quran kemudian diterjemahkan oleh peserta didik, klo peserta didik lupa maka trainer bisa membantunya.

Yang paling penting adalah pengulangan, karena 70 persen Al Quran itu berisikan pengulangan².

Contoh pengulangan perkata alladziina artinya “orang-orang yang”, terulang dalam Al Quran sebanyak 810 kali.

Wallahu ‘ala kulli syaiin qadir terulang 9 kali. Kemudian Fabiayyiala irabbikuma tukadzdziban terulang 31 kali.

Memang sudah termaktub dlm al quran “Walaqad sharaf naa fii hadzal quran liyadzdzakkaru” (Kami ulang ulang al quran itu supaya mereka ingat).

Dalam surat lain, supaya kitalebih paham itulah bukti kemudahan Alquran, 4 kali Allah berfirman dalam redaksi yang sama surat al Qamar ayat 17,22,32, dan 40.

Kalau dalam Ibnu Katsir kemudahan itu baik cara membacanya ataupun cara memahaminya. Alhamdulillah untuk metode shafa targetnya di pemahaman.

Moderator:

MasyaaAllah, jd harus sering diulang ya. Saya coba melengkapi sedikit ya, tips biar rajin mengulang.

Kita sebagai seorang ibu harus bisa menumbuhkan terlebih dulu rasa cinta Alquran pada diri anak. Kita kenalkan Alquran pada anak, ini lho nak Alquran, pedoman dan petunjuk hidup kita. Quran ini berbahasa arab. Terus kita beri teladan dengan membaca dan mempelajarinya setiap hari dan setiap waktu, insyaAllah efektif.

Narsum: 

Ya itu kita praktek terjemahkan Quran sehingga lebih mudah lagi menghafal Alquran dan lebih menikmati lagi karena paham.

3. Teh Ayu:

Assalamu’alaykum wr wb, ustadz. Utk mempelajari bhs arab, apakah harus melalui kelas formal? Brp lama periode belajarnya hingga tahap mahir?

Narsum :

Kelas formal ato bkn formal bukan ukuran akhir, yg penting anak² belajar nya harus happy, misalnya pake film berbahasa arab dan bisa jg dengan alat peraga yg di bawa wkt blajar, jg langsung saja praktek bicara antara murid dgn guru-nya, ngobrolnya pake bhs. arab. Nah, metode qurani itu untuk para pemula In syaa allaah satu kali pertemuan bisa ngobrol b arab

Moderator :

Untuk bisa mahir kira² brp kali pertemuan ustadz?

Narsum :

In syaa Allaah 7 kali pertemuan, Karena format metode qurani utk percakapan

Moderator :

Dan tentunya hrs selalu diamalkan/dipraktekkan ya ustadz, diulang-ulang, ala bisa krn biasa, dan diusahakan agar bisa mengajarkannya kembali.
Bgmn teh ayu? Silahkan

4. Teh Ayu

Assalamu’alaykum wr wb ustadz, sy mau tanya bbrp kekhususan pembacaan ayat dlm Al quran, seperti ayat gharib..

Apakah jika qt tdk membacanya dgn benar maka maknanya berbeda?

Rasulullah menerima wahyu Al quran melalui talaqqi dgn malaikat jibril. Bagaimana bisa ada penulisan khusus sdgkn beliau adalah seorang ummi

Apakah memang dlm bhs arab jg dikenal penulisan dan pembacaan seperti ayat gharib?

Narsum:

Sebaiknya hindarilah teks Al Quran ditulis secara latin karna sering merubah makna, Contoh nya
Alhamdulillah itu kan pake ‘H’ kecil yg arti nya segala puji milik Allaah
Namun, Klo alhamdulillah dibaca ato H besar maka maknanya kehancuran bagi Allaah

Contoh lain: Rabbil ‘alamin pake ain artinya tuhan semesta alam
Klo rabbil alamin pake alif maknanya tuhan segala penyakit

Itu lah kehawatiran klo teks Al Quran ditulis secara latin, Susah membedakan makhraj huruf nya

Contoh dr segi mad : Wa mimmaa razaqnaahum pada kata naa utk nahn, Artinya Kami memberikan rezeki pd mereka

Tp Klo mimmaa razaqnahum pada kata na nya pendek maka artinya
Mereka memberikan rezeki kepada mereka, Karena na pendek rumus utk hunna, sementara naa panjang rumus utk nahnu. Jadi jauh perbedaannya.

Untuk ummi rasul
Blh rasul tidak pernah belajar kepada seseorang karna beliau langsung diajarkan oleh allaah melalui malaikat jibril

Teh Ayu:
Berarti memang dlm bhs arab ada gramatika gharib y?
Sehingga para sahabat bisa menuliskannya sesuai dgn yg disampaikan oleh Rasulullah..

Narsum :

Utk pembahasan penulisan Quran ada pembahasan khusus di ulumul quran bab rasm utsmani.
Lbh baiknya ada pertemuan langsung supaya lbh jelas. Ada demonya

5. Teh Rika Lestari

Afwan ustadz
Untuk mengajarkan bhs arab untuk anak balita (usia anak 3,5 thn) paling baik seperti apa ya? Saya lebih sering mengulang surat² pendek saja sebelum tidur dan belum memakai arti nya (takut ga terlalu paham)

Syukron ustadz 😊

Narsum :

Bagus teh rika, Sebenarnya dia belajar dan untuk mematangkannya klo anak sudah mulai bisa ngomong.

Moderator :

Mau nambahin ya…
Klo teteh sdh belajar bhs arab nih ya, bisa dgn perkata dan gerakkan misal u kata ‘qul’, telunjuk kita tempelkan dimulut ‘katakanlah’, ‘qul katakanlah’ ( telunjuk tempel dimulut ) diulang-ulang

Narsum : 

Itu lbh bagus biar lbh cepat k anak²

6. Teh Ayu Gerhana

Asslamualaikum.. Yg pertanyaan teh rika, jdi bagaimana caranya ustadz?sedangkan ibunya juga terbatas bhs arabnya🙈

Narsum :

Sempatkan n alokasikan wkt tuk belajar jg, tp klo bener² blm bisa ya anak² saja dulu, karena tidak ada kata terlambat utk sebuah kemajuan yg direncanakan

Teh Rika Lestari : 
Intinya :
– pengulangan per kosa kata.
– pengulangan dengan gerakan
– waktu khusus dalam belajar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s