Event · Fieldtrip · Uncategorized

Fieldtrip Sabumi #5: Fire Fighter!

Hari Selasa tanggal 6 April yang lalu, Sabumi kembali mengadakan fieldtrip. Kali ini tujuannya adalah Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung, yeaaaay!!

๐Ÿš’๐Ÿ’ฆ๐Ÿš’๐Ÿ’ฆ๐Ÿš’๐Ÿ’ฆ๐Ÿš’๐Ÿ’ฆ๐Ÿš’๐Ÿ’ฆ๐Ÿš’
Tak disangka, ternyata peminat fieldtrip kali ini cukup membludak. Bahkan ada yang sampai masuk waiting list.
Setelah berkumpul dan melakukan daftar ulang, peserta fieldtrip bergegas menuju aula dinas damkar di lantai 3. Kami pun mendapat berbagai pengetahuan tentang kebakaran dari Pak Wawan, salah seorang petugas Dinas Damkar. Beliau pun menjelaskan banyak hal, mulai dari sumber api sampai pertolongan pertama saat terjadi kebakaran.

Mendengarkan penjelasan Pak Wawan, Petugas dari Pemadam Kebakaran Kota Bandung

Tidak hanyak anak-anak, para ibu pun merasa sangat senang karena mendapat ilmu baru. Intinya kalau terjadi kebakaran, jangan panik! Segera cari sumber api dan lakukan penanganan sesuai tingkat bahayanya. Sementara itu, panggil Dinas Damkar agar kebakaran tidak meluas. Beberapa anak dan ibu pun ada yang diajari cara mematikan api dari selang gas. Ternyata cukup mudah dan tidak semenakutkan yang sudah dibayangkan.

Anak-anak maju untuk mencoba memadamkan api

Pak Wawan pun menjelaskan tentang Alat Pemadam Api Ringan (APAR), cara mematikan api dengan kain basah, cara mematikan tabung gas yang terbakar, hingga tugas-tugas para petugas Damkar. Ternyata mereka tidak hanya piawai dalam memadamkan api, lho! Mereka pun pernah membantu menyelamatkan kucing yang terjebak di gedung tinggi, menangani ular piton yang “tinggal” di rumah warga, atau membantu menderek mobil yang sedang mogok.

Setelah selesai mendapat penjelasan, para peserta pun diajak untuk menuju ke lantai bawah. Di halaman kantor, masih ada demo pemadaman api dari para petugas damkar yang sangat cekatan. Mereka memiliki prinsip, “Pantang pulang sebelum padam!”.

Setelah itu, anak-anak pun berbaris sambil bersiap-siap mengelilingi Jl. Sukabumi-Jl. Ahmad Yani dengan mobil dinas Damkar. Ternyata saat berbaris, anak-anak ini disemprot dulu dengan air lewat selang pemadam. Seruuuuu!!!
Mereka pun loncat-loncat kegirangan sambil main air, meskipun ada juga anak yang menangis karena kaget dan langsung menghampiri ibunya. Ada yang sudah bersiap dengan memakai jas hujan, ada juga yang merelakan pakaiannya basah terkena air.

Yang lebih seru lagi adalah saat menaiki mobil dinas damkar. Sebagian ibu pun ikut naik mobil dinas untuk mendampingi anaknya sambil menikmati pengalaman baru menjadi pusat perhatian orang lain.

Ohya, adik-adik batita yang tidak ikut berkeliling naik truk damkar berkumpul mendengarkan dongeng dari Abah Malika. Seru dan interaktif, terutama saat Abah menghadiahi “naik roket” untuk anak yang berani.

“Naik Roket” bersama Abah Malika.

Sungguh sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Para peserta pun sangat menikmati keseruan fieldtrip kali ini. ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡

Sampai jumpaaa di acara fieldtrip selanjutnyaaa!!

๐Ÿš’๐Ÿ’ฆ๐Ÿš’๐Ÿ’ฆ๐Ÿš’๐Ÿ’ฆ๐Ÿš’๐Ÿ’ฆ๐Ÿš’๐Ÿ’ฆ๐Ÿš’

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s