Multitema · Sharing Hikmah

Ilmuwan Muslim Penemu Mesin Automata

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹

Bismillahirrohmaanirrohiim

Bunda- bunda solihah.. Alhamdulillah… sekarang tiba di hari Selasa, 26 April 2016, saatnya tema bebas…  Silahkan, setiap grup menentukan tema masing-masing ya…

:idea::idea::idea::idea::idea::idea::idea::idea::idea::idea::idea:

Tahukah Bunda solihah, Al Quran adalah sumber dari segala ilmu…. bahkan Prinsip dasar kerja robot juga ada di Al Quran….

Penasaran??? Yuuk… dicari… ya… mari ‘gali’ alQuran nya…

Tim Tema Diskusi Harian HSMN Pusat
HSMN.timtemadiskusi@gmail.com

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅🔆hsmn🔆🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👥facebook.com/hsmuslimnusantara
👥FB: HSMuslimNusantara pusat
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n
🌐 web: hsmuslimnusantara.org

*

Teh Dyah Ummu Umar

Al Jazari di abad 13 M sudah menemukan mesin automata pertama yg menjadi cikal bakal robot masa kini.

Teknologi automata yang dikembangkan Al-Jazari mencapai 50 jenis dan semuanya ditulis dan digambarkan dalam kitabnya yang sangat legendaris, Al-Jami Bain al-Ilm Wal ‘Aml al-Nafi Fi Sinat ‘at al-Hiyal (The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices).
Karyanya ini berisi tentang teori dan praktik mekanik.

Dalam kitab itu juga, Al-Jazari membeberkan secara detail beragam hal terkait mekanika. Tulisan Al-Jazari juga dianggap unik karena memberikan gambaran yang begitu detail dan jelas.
Karyanya juga dianggap sebagai sebuah manuskrip terkenal di dunia, yang dianggap sebagai teks penting untuk mempelajari sejarah teknologi.

Ilmuwan muslim terdahulu menciptakan Teknologi Tepat Guna  untuk kemudahan dalam segala aspek.
Mulai dari transportasi, kehidupan rumah tangga bahkan sampai ke aspek ibadah. Jelas prestasi ini patut kita banggakan dan dijadikan cermin untuk meraih kemajuan di bidang IPTEK.
Tentunya kemajuan yang dicapai disaat peradaban Islam itu berdiri kembali.
Allahu Akbar!!
Dan rata2 mereka tidak ahli satu bidang tapi memguasai banyak cabang ilmu

Konon tidak secara eksplisit al jazari menciptakan robot dari Al Quran namun, ayat ke 56 surat an nisaa ini yg menjadi inspirasi.

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَارًا كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُودُهُمْ بَدَّلْنَاهُمْ جُلُودًا غَيْرَهَا لِيَذُوقُوا الْعَذَابَ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَزِيزًا حَكِيمًا

Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Secara sistematis, kulit merupakan salah satu sistem sensorik (pengindera) yang terdapat pada tubuh manusia. Kulit tergolong sistem pengindera peraba, selain keberadaan lidah (indera perasa), mata (indera penglihat), telinga (indera pendengar) dan hidung (indera pencium). Pada robot juga terdapat bennacam-macam sistem pengindera, seperti pengindera garis (line follower sensor), pengindera jarak (utrasonic sensor), pengindera putaran motor (rotary encoder sensor), pengindera panas (Ultra Violet sensor) dan lain-lain.

Sensor-sensor ini dilengkapi dengan kabelkabel penghubung yang menghubungkan satu terminal ke tenninal yang lain, mirip dengan jaringan syaraf-syaraf di dalarn tubuh manusia. Kabel-kabel penghubung ini sangat penting untuk transfer data hasil pembacaan sensor ke sistem kendali, seperti halnya jaringan syaraf yang mengatarkan impuls dari sistem pengindera ke otak.

Hal ini penting agar sistem kendali dapat memproses data keluaran sensor tadi untuk selanjutnya diproses dan pemberian perintah.

Mekanisme Dalam Tubuh Manusia Dalam banyak ayat Al-Quran, Allah mengajak kita memperhatikan penciptaan manusia dan mengajak manusia merenungkan penciptaan ini,

“Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu ( berbuat durhaka ) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah, Yang telah menciptakan kamu, lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan ( susunan tubuh )-mu seimbang, dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu. ” ( QS. AI-Infithar : 6-8)

Manusia adalah salah satu makhluk hidup yang terhebat dan tercanggih. Sistem tubuhnya paling menakjubkan di alam, dibentuk Allah dengan proporsi yang pas. Tubuh manusia terdiri atas sejumlah daging dan tulang yang berbobot kurang lebih 60-70 kg

Teh Rintan Sabumi 3

Al Jazari: Sang Insinyur Mesin

Jam gajah ciptaan Al Jazari untuk menentukan waktu shalat

Ketepatan waktu dalam Islam sangatlah penting. Sebagai seorang insinyur mesin, Al Jazari mengembangkan jam yang bisa digunakan untuk menentukan waktu shalat, puasa, dan haji.

Karya besarnya adalah jam gajah yang bisa mengukur waktu dengan akurat. Ia mempelajari  bagaimana air yang mengalir bisa digunakan untuk menggerakkan jam dengan akurasi yang cukup tinggi.

Al Jazari juga ingin mempermudah umat Islam berwudlu. Ini mendorongnya untuk membuat mesin pompa air. Berkat Al Jazari, orang-orang di Turki abad ke-12 mampu beribadah dengan lebih nyaman.

Jika anak Anda ingin menjadi ahli permesinan, kenalkanlah Al Jazari. Karyanya membuat dia terkenal di dunia sekaligus menjadi bekal amal di akhirat.

Note: Replika jam gajah dapat dilihat saat ini di London Science Museum.

image

Teh Deviana Sabumi 1

Nyambung ga sama penentuan green witch gitu? Sebenernya jam dunia itu ada di ka’bah bener ga? cmiww

Teh Dyah Sabumi 3

Setau saya bukan jam dunia Teh.. Tp poros magnet bumi itu di Mekkah sehingga ada studi yg menyebutkan seharusnya penentuan waktu mengikuti jam yg kini dibangun di mekkah.

Wallahu ‘alam

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥 FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)
💻 Blog: sabumibdg.wordpress.com

Sabumi is part of HSMN
👍FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s