Diskusi · Multitema

Baby-Led Weaning

📝RESUME KULWAPP HSMN BANDUNG📝
☘☘☘☘☘☘☘☘☘☘
Hari    : Rabu, 20/01/2016
Jam    : 16.00 sd Selesai
Tema  : BLW (Baby-Led Weaning)
Narasumber : Teh Ari Novianti (Sabumi 1)
Moderator    : Teh Whindy (Sabumi 3)
Notulen         : Mira (Sabumi 3)
🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸
Bismillahirrahmanirrahiim.

🎀Selayang Pandang🎀

Apa sih BLW? BLW adalah kepanjangan dari Baby-Led Weaning. Tapi weaning disini bukan berarti menyapih bayi dari susu ya. Weaning dalam hal ini berarti memberikan makanan padat pertama sebagai pendamping ASI.

BLW adalah metode pemberian makanan pada bayi dengan cara berbeda yang biasa dilakukan ibu-ibu kita dahulu yang disebut sebagai metode konvensional. Adapun metode konvensional adalah cara pemberian makanan pada bayi dengan mengedepankan tekstur makanan secara bertahap. Dimulai dengan kental semi cair dan bertahap menjadi lebih padat hingga akhirnya bayi makan menu keluarga.

Bedanya, dalam BLW tidak dikenal pemberian puree, bubur atau makanan halus. Bayi akan mulai makan makanan padat dengan potongan besar yang tidak dihaluskan. Bayi usia 6 bulan biasanya belum memiliki keterampilan menjumput atau mengambil makanan dengan 2 jari, maka potongan makanan yang diberikan pun harus disesuaikan dengan keterampilan bayi pada saat itu. Selain itu, makanan padat dan keras sebaiknya ditunda dahulu karena memiliki resiko gagging bahkan chocking, tunda sampai bayi benar benar mahir. Semakin lama bayi akan semakin terampil dan ahli menjumput makanan-makanan kecil serta semakin mampu menangani makanan-makanan yang sulit.

BLW mengajak bayi untuk aktif dalam proses makan sementara Bunda dan Ayah menjadi penonton dan pembelajar. Bayi akan mengenal bermacam rasa makanan dari aneka makanan yang Ayahbunda tawarkan.

Apa saja sih yg bisa dikenalkan lewat gaya makan BLW ini? Wah tidak ada batasannya. Ayahbunda boleh mengenalkan aneka karbo (nasi, kentang, ubi, jagung, olahan tepung), aneka protein hewani (daging ayam utuh, ayam cincang, kaki ayam, daging sapi utuh, daging iga, buntut sapi, hati sapi, otak sapi, ikan utuh, ikan fillet), protein nabati (tahu, tempe, kacang-kacangan matang yang tidak terlalu keras), aneka sayuran dan aneka buah.

Gaya memasaknya pun bisa disesuaikan dengan kehendak Ayahbunda. Variasikan sesuai dengan aneka menu favorit keluarga.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan BLW, yaitu:
1. Makan dalam posisi tegak (ada yang memilih dipangku, duduk di highchair atau kursi makan bayi bahkan ada yang duduk lesehan di lantai beralas tikar)
2. Bayi selalu berada dalam pengawasan (nah gaya makan BLW tidak berarti bayi dibiarkan makan sendiri sementara Ayahbunda atau pengasuh meninggalkannya ya)
3. Ayahbunda mau terus belajar dan belajar (ilmu BLW banyak tersebar dimana mana, Ayahbunda yang tertarik menggunakan metode BLW harus terus belajar agar mengerti dan paham benar apa sih BLW itu)

O ya, jangan kaget bila nanti Ayahbunda menemukan potongan wortel atau cabikan brokoli tampak dalam poop buahhatinya ya.
(Dikutip dari web ceritablw.com
Tulisan oleh bubii Ari
Diedit oleh mama Rahmah)
🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

🎀Kandidat yg Baik utk BLW🎀
Oleh dr Ratih Ayu Wulandari, IBCC

1. Bayi menyusu langsung ke ibu, sehat, BB baik (tdk dlm keadaan kurang gizi ) motorik baik, tidak ada kelainan anatomi dlm mulut spt tongue tie (akan mempersulit bayi makan).

2. Paling baik bila ibu di rumah (karena tidak ada yg sesabar ibu)

3. Bila ibu tdk ada perlu kerja sama yang baik dengan orang yang  mengasuh bayi

4. Keluarga yang gembira –> BLW perlu kegembiraan, kesabaran, rasa percaya kepada bayi. Ibu perlu memasak dg penuh cinta.
🌸🌸🌸🌸🌸
*Sharing Narasumber
___________________
Part 1.
Yang BLW cuma Alice, Anak pertama murni anak spoon feed. Alice BLW mulai usia 7bln. Sebelumnya gimana? Sebelumnya makan puree puree-an.

Sebelumnya saya gak kenal yang namanya BLW, ya taunya makanan bayi itu bubur dan makannya disendokin. Yang boleh bayi makan sndiri itu “Finger food” dan harus lumer dimulut.
Sounds familiar??

Sebenarnya, karena awalnya saya adalah yang tidak piawai dalam hal menyuapi. Jadi ketika mau mpasi itu bikin saya stress bukan kepalang bagaimana caranya nanti nyuapin, Bayi pula yg disuapinnya.

Nah…karena hal tersebut, Alice sempat mogok makan dan trauma sendok. Lihat sendok langsung jerat jerit nangis kaya liat apaan aja.

Setelah konsultasi dengan Dsa, dokter menyarankan untuk BLW karena si anak pun masuk pada kandidat pas untuk BLW
_________________
Part2 “Memulai BLW Berjuta Rasanya”

Alice disiapin yg simpel, kata dokter labu siem kukus bayi bayi doyan.
Ya sudahlah itu aja dulu.
Dimakan ga??
Dilem……paaaaaaar..

Nah..
Hasil searching-searching, nemu lah foto bayi makan porkchop utuh dengan tulang.
Ah ya sudahlah saya beli iga sapi nemunya tapi yg kecil2.

Cobain alice makan itu dengan bumbunya pake butter sama bayleaf dan bwg putih dimasak pake slow cooker. Dan alice mau makan dikenyot-kenyot digigit bagian lemaknya.
**YES**

Dan dimulailah pengalaman BLW Alice. Sejujurnya saya rada takut anak kelolodan dan keselek tapi ternyata kelolodan cuma kejadian 1x.

Saya tidak pernah pusing dimasak apa karena alice makan segala bumbu aneka jenis masakan yang akhirnya alice makan sesuai aja sama plek sama masakan saya dirumah. Semua tanpa gula garam kecap saos tentunya.

Saya mengikuti panduan WHO. Jadi dalam 1x makan slalu ada karbo + prot.hewani+ sayur + kacang2an.
Dan saya nyetok aneka patties dan perkedel di freezer yang sudah lengkap semuanya ada.

Misalnya, perkedel ubi pake ati ayam pake buncis dan tahu. Patty daging sapi pake kentang, wortel dan kacang merah. Bola ikan pake kacang hijau kupas ditambah bayem dan jagung. Pokoknya yg lengkap.
Ditambah snack alice yg karbo daging. Alice paling doyan ubi manis sama daging cincang. Hampir tiap hari snack ini disediakan. Sisa snacknya roti panggang pake butter dan oregano. Atau roti oles selai apel ala bubii.

Kemudian Alice sudah makan gorengan diusia 8bln. Ini atas berkat dari Dsa kesayangan. Syaratnya minyak gorengan pertama.

Nah..
Saya ini pemales ya, Jadi setelah pengalaman traumatis mengenalkan alice pada makhluk bernama “nasi” saya kapok. Ga lagi deh karena saking lengketnya dengan nasi.
Jadi alice karbonya adalah kentang, roti, kwetiaw, ubi manis, jagung, mie, aneka pasta, sampai misoa. Anything but rice lah pokoknya. Alice baru makan nasi secara konsisten diumur 9bln.

Nah…
Dan perkenalan ini juga membuat saya pusing tujuh keliling. Kala itu saya sudah gabung di grup BLW.
Dan merasa punya teman2 yg bisa mendukung.

Jadi Alice ga pernah dan ga mau makan apapun yg lain selain nasi
Stress lah saya.
__________________
Part 3 “berpisah dengan nasi?”

🔹Saran dari teman-teman BLW;

1. Percaya aja sama bayi. Baby knows best. Dia tau apa yg sedang dia butuhkan. Mungkin kala itu alice lagi butuh nasi alias karbo.

2. Kasih menu lengkap. Ada yg saranin nasi goreng.
Tapi saya ga doyan sama yg namanya nasi goreng dan alice pun sama. Jadi skip deh saran ini.

3. Bersabar.
Nah inilah satusatunya bekal persenjataan BLW saya waktu itu.
Sabar sabar sabar.

Dan ini benar juga pas umur 9blnan itu berat alice turun. Namun akibat konsumsi nasi berlebih, akhirnya naik dong beratnya. Ya sudaaaaah..Its a blessing in disguise.

Kemudian fase nasi lover ini berakhir dan alice kembali jadi pemakan segala.
___________________
Part4 “BEFORE ONE FOOD FOR FUN”

jangan salah ya, Alice itu makannya cuma secimit secimit. Sedikit.
Tapi saya konsisten, konsisten menyusui dengan gembira.

Ga makan, ya nyusu aja.
Makanan dilempar, ya nyusu aja.
Tergoda buat balik bubur?
Ya iyaa secara anak tetangga makan disuap lahap..gendut gembil. Sementara alice langsing.

Tapi tidak jugasaya terlalu pemalas bikin bubur dan terlalu cape buat nyuap nyuapin. Jadi ya alice tetap bertahan dengan BLW-nya.

Cerita lain, dimasa before one ini, saya pernah disamperin ibu2 agak tua di restoran. Dengan suara keras beliau menghardik saya karena saya nyantai aja liat alice makan paha ayam pentung tanpa disuwirin.
Dan Alice dengan santai melepeh bagian engsel paha yg sudah dia kemut2.

Kemudian si ibu menatap dengan bingung. Dan saya jawab “dia bisa ko bu”. Sembari melirik cucu si ibu yg pake seragam SD makannya masih disuapin.
________________
Part 5 “BLW is OUR WAY”

Saya sudah merasa cocok banget sama BLW❤.
Ditambah demi konsistensi BLW,
Saya yg hobinya jalan-jalan dan ga betah dirumah ini, kemana-mana menenteng sapu dan pengki kecil
Plus 1 dompet kecil 🎒 berisi aksesoris makan (sendok, garpu, tisu basah, semprotan steril organik, tisu kering dan slaber).

Dan meski sampe hari ini Alice makannya masih kadang mau dan kadang tidak, saya konsisten ber-BLW.

Alice duduk di highchair dengan piringnya dan saya duduk disampingnya dengan makanan saya. Alhamdulillah, berat badannya selalu baik. Naik teratur.

Meskipun belum pinter pake sendok garpu, tapi sekarang makan sudah tidak terlalu berecetan.

Saya paham.
BLW is not for everyone.
But it is sure a lot of fun.

Sekian.
(So proud of you baby Alice )
___________
🎤Sesi Tanya Jawab🎤

1. Teh Dyah (Sabumi 3)
#pertanyaan
🎤Bubii Alice yang baik :), Raffa sekarang 7 bulan. Dulu 2 kakaknya ga pake 1 metode kdg who, blw juga ngikutin pa wid. Pokoknya campursari dan memang bobotnya bagus -baca gendut- dan rewog.
Nah baby raffa ini imut2 kecil gt..kalau mau blw, menu yg pas supaya bs nambah BB apa aja ya?
Hanupiiiis 💕

#Jawab
💌 Ih asik atuh teh klo anak2 nya pinter makan.
Adiknya bisa diajak mencontoh kakak-kakaknya setiap sesi makan diajak makan bersama.

Nah kalau makanan untuk booster bb, sebelum bahas itu kita refresh lagi ttg 4bintang aja dulu ya.
Menaikkan berat badan bayi bisa dengan pilihan makanan.
*Pilih makanan yg bergizi dan bernutrisi baik untuk bayi.
Pastikan 4 bintang WHO terpenuhi dalam 1 hari
🌟 karbohidrat
🌟🌟 sayur atau buah
🌟🌟🌟 kacang2an
🌟🌟🌟🌟 protein hewani
+ sumber lemak tambahan (santan, mentega, margarin, olive oil, minyak kacang, minyak sawit, minyak wijen, keju, dsb).

Nah..Jadi kalau menyiasati kenaikan berat badan anak, langkah utamanya adalah penyesuaian menu makan yang padat gizi, cukup lemak dan sehat.
______________
2. Teh Eva (Sabumi 3)
#pertanyaan
🎤Assalamu’alaikum teh Ari👋.
Saya kadang-kadang nerapin BLW (blm konsisten). Nah, kalo makan makanan berkuah gitu gimana ngajarinnya ya? Gibran (14m) klo nemu piring atau mangkok sukanya dibalik, jadilah tumpah. hehe…
1 lagi Teh.. kan alice klo ga mau mkn ya nyusu, itu teh berlaku terus sampe usia berapa teh?
Nuhun teh Ari.

#Jawab
💌Waalaikumsalaam Teh Eva👋.🏼
Ih keren udah latian makan sendiri ya Gibran.
Kalau utk kuah2an bisa ko dengan mangkok terpisah.
(Duh saya lupa ya kasih disclaimer. Post cerita blw alice itu dibuat disaat alice berusia 14bln.)

Sampai usia 1th ASI masih yg utama ditambah makanan pendamping maka namanya mpASI. Setelah usia 12bln baiknya anak sudah memiliki keteraturan dalam jadwal makan ya dengan pola yg teratur pula.
Misal 4x pemberian makan..
🔸Sarapan buah
🔹Makan pagi
🔸Makan siang
🔹Makan malam
Atau 5x dengan 1x selingan sore.

🔼 (pertanyaan lanjutan)
Berarti kalau mangkok terpisah, kita tetep nyuapin kuahnya ya teh?
Trus kalau setelah 12bln makannya masih blm teratur karena cenderung masih lebih sering ngASI, mesti gimana Teh?

💌 (tanggapan)
Teh Eva,  Klo alice sih kuahnya sudah bisa disendokin sendiri sejak 1th lebih. Sebelumnya kuahnya saya simpen pake spout di gelas magm*g.
Kalau setelah 12bln menurut Dsa nya alice sudah harus dikurangi nyusu melulu nya. Menyusu hanya bila mau tidur. Jadi diperhatikan saja jadwal bobonya, diantara itu puasa nyusu.
____________
3. Teh Dety
#pertanyaan
🎤Maaf teh Ari, saya baru kenal BLW padahal anak saya sudah  3y9m. Maksudnya blw itu kayak mpAsi, tp menu nya ga bertahap dr lembek ke keras ya? kita biarin anak milih makanan langsung, meskipun dalam potongan besar?

#Jawab
💌Hai bunda Dety,
BLW adalah metode pemberian makan bayi. Seperti diketahui bersama standar emas who setelah asi eksklusif 6bulan kemudian dilanjutkan dengan mpASI rumahan. Nah metode pemberian mpASI umumnya adalah spoon feeding (yaitu bayi disuapi).
BLW adalah metode berbeda dimana sejak memulai mpASI bayi sudah makan sendiri dengan makanan padat (bukan puree).
______________
4. Teh Astri (Sabumi 3)
#pertanyaan
🎤Anakku kalau dikasih finger food atau BLW biasanya semua dimasukin ke mulut trus akhirnya dilepehin.
apakah ini berarti metode BLW kurang cocok buatnya atau memang seperti itu dan sebaiknya dibiarkan saja?

#Jawab
💌 Hai teh Astri, kalau finger food diberikan dan bayi memang terbiasa dengan metode konvensional, cara makan seperti itu boleh boleh saja ko.Tujuannya kan mengajarkan anak untuk mengunyah. Bila masih dilepeh berarti masih perlu belajar mengunyah.
__________________
5. Teh Puji
#pertanyaan
🎤Skg Nara (8m) kyny lg pengen BLW setelah sebelumnya spoon feeding dgn menu panduan WHO. Nah  blw msh bingung cara ngasih menu 4* nya kalo hlw gmn Teh?

#Jawab
💌 Halo teh Puji. Halo baby Nara..
Bisa langsung dimulai saja metode BLW nya.Gunakan menu keluarga.
(Mau tanya dulu..
Nanti malam bunda makan apa?
🔼 Untuk baby nara nasi, tuna, tempe sama sawi)
Ya sudah dijadikan menu BLW tinggal disiapkan saja. Nasi mungkin dibuat bola-bola kecil disampingnya ikan tuna kemudian sawi dan tempenya dipotong bentuk stik.

🔼 (pertanyaan lanjutan)
Kalo dijadiin bubur kan disatuin semua nah kalo blw itu satu2 dikasihny teh? Soalny skg Nara pengennya makan sndri.

💌 (tanggapan)
Saya suka blw krn saya malas menyiapkan menu berbeda. Malas menghaluskan menjadi bubur.
Jadi makanan dirumah saya siapkan semua tanpa garam (baca: rendah garam). Kemudian saya ambil utk alice, dia makan dalam bentuk yag sama dengan makanan kami yang dewasa.
Ayam panggang, ayam kukus jahe, ayam lemon, ayam gule, ikan panggang, pepes ikan, daging rendang, rolade, dsb. Sayuran tumisan pun saya berikan saja buat Alice.
_________________
6. Teh shofa
#pertanyaan
🎤Terus mau tanya, kalo mengatasi anak GTM ala BLW gimana? Berarti ga ada drama kejar-kejaran anak nyuapin ya?

#Jawab
💌 Alice memulai mpasi dengan duduk di highchair.Nah trus suka nangis ga? Ya suka juga.

Klo nangis, saya turunin dong dari highchair lalu saya kasih mainan.
Anggap saja, Alice belum lapar jadi belum mau makan.

Nah..1 jam kemudian saya angkat lagi taro di hc dan kasih makanan. Masih ga mau? Saya turunkan lagi dan kasih mainan. Begitu terus.
Saya ambil paham 3P yaitu Pura Pura Pikun. Coba terus terus dan terus.
Kemudian sukses. Alice mengasosiasikan hc sebagai tempat makan.

Mungkin kalau ada yang sampai ke posisi kejar-kejar bawa sendok,
maka visi dan misi keluarga nya berbeda. Misi keluarga mungkin adalah anak harus makan.
🌸Sementara misi keluarga kami adalah anak2 makan dengan gembira dan tertib.

🔼 (pertanyaan lanjutan)
Kalau yam gule dll itu berarti si baby langsung dikasih makanan full bumbu? Dr brp bln?.

💌 (tanggapan)
Betul sekali. Makanan full bumbu cuma ga digaremin aja.
Mulai 7bln sudah dicoba :).
_____________________
7. Teh whindy ( Sabumi 3)
#pertanyaan
🎤:Dklo BLW kan berarti porsi makan anak itu tergantung sm anaknya kan ya, Bagaimana cara mengatasi perasaan seorang ibu (saya) yg merasa klo BLW itu kya ngemil2 aja gt kaya bukan makan.

#Jawab
💌 Teh whindy, Klo itu harus diliat usia anaknya. Kalau masih awal mpASI rasanya wajar kalo makannya baru dicuil-cuil karena anak masih baru pedekate kenalan sama makanan.
Kuncinya kembali lagi ke 3P Pura Pura Pikun. Tawarkan lagi lagi dan lagi. Coba terus terus terus.

Memang kalau dibandingkan dengan metode konvensional dari segi jumlah makan seringnya blw lebih sedikit.

Tapi kendali ada pada anak..
Dia belajar mengenal sensor lain ditubuhnya. Rasa lapar dan rasa kenyang. Semua dia yg rasakan dan dia yg tentukan.
:):)
Bukankah Rasulullah pun menganjurkan kita makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.
___________________
🔹Penutup
Mohon maaf bila ada kekurangan..
Terima kasih banyak bunda-bunda sudah mau membaca kata-kata dari saya.
“Yg pasti blw itu asik dan menyenangkan meski bukan untuk semua orang”.

🌸Ditutup dg doa kafaratul majelis
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

SUBHAANAKALLAAHUMMA WABIHAMDIKA ASYHADU AL-LAA ILAAHA ILLA ANTA ASTAGHFIRUKA WA-ATUUBU ILAIKA
Artinya :
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi, Shahih).
🌸🌸🌸🌸

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s