Diskusi · Homeschooling Highlight

Metode Sentra dalam Homeschooling

RESUME DISKUSI GRUP WA
KAMIS 14 JANUARI 2016

“METODE SENTRA DALAM HOME SCHOOLING”
OLEH BUNDA VIVI S.PSI

Hari Tanggal : Kamis, 14 Januari 2016
Tema : Metode sentra dalam Homeschooling
Narasumber : Bunda vivi S.Psi
Moderator : Sita Sabumi3
Notulensi : Fitriyawati Sabumi3

Curricullum Vitae Narasumber :
✏ Nama : Dyah Indah Noviyani, SPsi, MPsi, Psikolog (Bunda Vivi)
✏ Tanggal lahir : 27 November 1977
✏ Alamat : Dewi Sartika 82 Semarang
✏ Pendidikan : S1 Psikologi Undip. S2 Profesi Psikologi UI.
✏ Status : Menikah dg 4 anak.
✏ Aktivitas : Psikolog di Biro Psikologi Qualifa, Pemilik n Pengelola PAUD & Daycare Bintang
Juara
✏ No. Hp : 081326603360

Pembahasan mengenai Penerapan Metode Sentra pada Homeschooling akan saya bagi menjadi 5 point utama:
1. Prinsip2 dasar pendidikan pada anak usia dini (lahir – 8th)
2. Apa dan mengapa menggunakan Metode Sentra.
3. Jenis-jenis main yang ada di Sentra dan jenis-jenis Sentra
4. Pijakan guru pada anak selama di sentra.
5. Langkah penerapan metode sentra dlm Homeschooling.

Adapun penjelasan mengenai setiap poin di atas adalah :
1. Prinsip2 dasar Pendidikan bagi Anak Usia Dini (lahir hingga 8th):

1) Pendidikan harus berorientasi pada kebutuhan anak selaras dengan usia/ tahap perkembangan anak.
2) Dunia anak adalah dunia bermain maka anak usia dini belajar melalui bermain atau kegiatan yang menyenangkan, bebas dari paksaan, tekanan, stres sehingga optimal dalam menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak (sensori motor, moral, religi, emosi sosial, bahasa dan kognitif) secara komprehensif.
#Saat mulai usia 9 th anak belajar melalui kerja artinya proses pembelajaran harus lebih banyak based on project yakni anak mengaplikasikan beragam informasi, ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari2-hari dan berkarya/ menghasilkan produk yang bermanfaat.
3) Kegiatan pembelajaran dirancang secara cermat, perlu pendampingan dan pengamatan serta evaluasi agar mampu membangun sistematika kerja anak, anak dapat membuat pilihan-pilihan dari serangkaian kegiatan mainnya, fokus pada kegiatan mainnya dan tuntas dalam menyelesaikannya.
4) Kegiatan pembelajaran berorientasi pada pengembangan life skills atau kecakapan hidup anak yakni kemandirian, tanggung jawab, disiplin, peduli, mampu beradaptasi dan sosialisasi.

2. Apa dan mengapa menggunakan metode sentra
Metode Sentra atau istilah lengkapnya Beyond Circle n Center Time(BCCT) dikembangkan oleh pakar paud di Florida AS yg tlh 40th berpengalaman, Pamela Phelps,PhD.

Secara sederhana, SENTRA diartikan sebagai wadah yg disiapkan guru/ortu untuk kegiatan main anak. Melalui serangkaian kegiatan main tersebut, guru/ortu mengalirkan materi pembelajaran atau informasi yang ilmiah yang telah disusun dengan memperhatikan usia/tahapan perkembgan anak serta visi misi lembaga/keluarga dengan membuat rencana pembelajaran harian.

Dalam HS, ortu sebagai guru dpt menetapkan visi misi keluarga serta memodifikasi kurikulum diknas contoh Pemendikbud No. 137 atau 146 th 2014 utk PAUD. Rangkaian kegiatan main dalam berbagai sentra harus saling berkaitan dan mendukung untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Kegiatan sentra dapat dirancang untuk mengembangkan akhlak mulia anak, potensi kecerdasan majemuk anak serta semua aspek perkembangan anak. Semua itu saling berkaitan dan harus distimulasi secara seimbang.
Kegiatan main dalam sentra diselenggarakan dengan menggunakan tema-tema belajar yang menarik minat anak seperti tema tubuhku, keluargaku, temanku, binatang. Tumbuhan, gejala alam, alam semesta, alat transportasi, profesi, rekreasi dan beragam tema yg dapat ditentukan oleh ortu n anak.

3. Jenis- jenis Main bagi Anak Usia Dini menurut para pakar :
1) Main Sensori Motor Atau Main Fungsional yakni main dengan mengoptimalkan seluruh indera atau sensori dan motorik atau gerakan tubuhnya (kasar seperti berlari, memanjat, berjongkok & halus seperti menggambar,meronce,menggunting). Inilah kegiatan main yang pertama dan utama bagi anak usia dini. Bahkan bayi hingga usia 2 th, kegiatan mainnya 95% harus merangsang sensori motoriknya tanpa menggunakan gadget karena gadget justru dapat merusak sambungan syaraf otak.
2) Main Peran atau Simbolik meliputi main peran makro yakni dirinya menjadi tokoh dalam suatu peran contoh main sebagai dokter, temannya sebagai pasien; serta main peran mikro yakni dengan mengunakan media boneka atau binatang yang memainkan peran tertentu.
3) Main Pembangunan , ada dua macam yakni dengan media yg bersifat cair seperti menggambar atau melukis dan dengan media yang bersifat terstruktur yakni dengan balok natural, leggo.
Ketiga jenis main tersebut ada di setiap jenis sentra. Ada 6 jenis sentra yakni
Sentra bahan alam dan cair dengan tujuan eksplorasi dengan mgunakan air, pasir, kacang,batu, dsb dengan peralatan seperti botol, dirigen,sendok, gelas, pompa air.
sentra seni dengan tujuan stimulasi motorik kasar dan halus, dengan beragam kegiatan seni dan prakarya seperti menggambar, mewarnai, melukis dengan beragam media dan cara, meronce, menggunting,menempel, dll
sentra balok dengan tujuan menciptakan bentuk bangunan sesuai ide atau gagasan anak.
sentra peran dengan tujuan menciptakan kejadian-kejadian nyata dengan memerankan secara simbolik dengan kegiaran main pura-pura, drama, role play.
sentra imtak, untuk membangun nilai-nilai agama dan moral serta kegiatan ibadah
sentra persiapan tujuannya mengajak anak lebih fokus pada kegiatan kerja seperti pengenalan konsep bahasa,angka n hitungan, buku cerita, alat tulis.

4. Pijakan saat anak bermain.
Pijakan saat anak bermain berupa penyiapan lingkungan main, pijakan sebelum anak main dengan cara membacakan buku sesuai materi yang akan diajarkan atau tema pembelajaran, pijakan saat anak main dengan mengajak anak bicara untuk memperluas ide anak saat main dan memberi kesempatan pada anak untuk main yang beragam di setiap sentra serta pijakan setelah main dengan meminta anak menceritakan kegiatan mainnya dan perasaannya.

5. Catatan utk menyusun kurikulum HS berbasis Metode Sentra :
1) Orangtua menentukan tema pembelajaran setiap bulan contoh bulan nov tema pahlawanku idolaku dengan subtema nabi muhammad dan ayah bunda.
2) Orangtua memilih topik yang akan dibahas setiap minggu dari subtema tsb.
3) Orangtua menyusun rencana pembelajaran yang meliputi sentra setiap hari, tujuan pembelajaran, materi, kegiatan dan media nya. Setiap hari anak dapat bermain di lebih dari satu sentra dengan durasi setiap sentra 1jam hingga 1,5 jam sudah termasuk pemberian pijakan main.
4) Selama anak main di sentra, Orangtua melakukan pengamatan dan memberi pijakan agar anak semakin berkembang pengetahuannya dan ketrampilan problem solvingnya
5) Setelah selesai main di sentra ortu harus melakukan recalling dengan menanyakan kegiatan main apa saja yang dilakukan anak dan bgm perasaannya.

SESI TANYA JAWAB

Tanya :
Assalamualaikum, untuk usia 3y2m dan 17m,kalau menerapakan metode sentra dirumah yang paling cocok sentra apa ya? Ada standarnya ga untuk alat yang digunakan di sentra? Apakah dibutuhkan ruangan khusus? ( Santiana Sabumi2)

Jawab :
Untuk penerapan metode sentra bisa mulai usia 2th. Penerapannya sebaiknya ruangan yg luas lalu disekat dengan rak atau lemari. Ibu bisa bertahap menggunakan sentra bahan alam dan sentra peran. Sentra bahan alam bisa pakai teras atau halaman
Setelah mapan dikedua sentra tersebut maka dapat tambah sentra balok, seni dan imtak. Sentra imtak bisa dirancang di mushalla. Setelah anak dapat fokus di semua sentra tersebut atau sekitar usia 3 th menjelang 4th berikan sentra persiapan.
Mohon diperhatikan bahwa disetiap sentra harus ada 3 jenis main seperti yang sudah saya jelaskan. Alat mainnya memang standard yang sesuai dengan karakteristik setiap sentra

*

Tanya :
Assalamu’alaikum wrwb Bunda Vivi, mau tanya, mungkin ini pertanyaan tersering buat ibu-ibu yang anaknya aktif. Anak saya Raida 22bulan, saya masih seringkali bingung (mati gaya) mau ngajak main apa. Saya pribadi adalah working mom, sehari-hari anak saya bersama orangtua saya. Raida cenderung aktif, senangnya lari sana sini, manjat-manjat, main keluar rumah, dan kalau sudah main keluar rumah, susah diajak pulang. Dikasih mainan yang sifatnya duduk diem, bertahan sebentar aja. Bagaimana ya saya menyusun kegiatan di rumah untuk putri saya, baik ketika bersama saya maupun orangtua saya. Terima kasih atas kesempatannya, semoga nyambung dengan topiknya. ( Afiana Sabumi2)

Jawab :
Mohon diingat ya bunda2, anak usia bayi dan toddler yakni sampai usia 2 th masih sangat didominasi kegiatan yg merangsang sensori motorik mereka jadi berikan benda atau media atau alat main yg aman untuk dilihat, dipegang, diraba, dicium, bahkan dijilat. Beri kegiatan main yang juga merangsang motorik kasar mereka yakni kegiatan main yang menggunakan gerakan otot- otot besar seperti tangan, kaki dan tubuh serta keseimbangan tubuh mereka
Maka ciptakan arena outbound gratis di rumah bagi punya anak paud terutama anak usia bayi n toddler. memang kurang imbang jika kegiatan main didampingi eyang apalagi jika eyang sudah tidak usia produktif karena akan membuat anak tidak luas bergerak karena eyang kurang lincah mengikuti gerakan anak kita

Pertanyaan lanjutan :
bunda vivi adakah foto-foto real yang menggambarkan sentra2 didalam rumah.

Jawab :
Bisa lihat di web paud saya bu: paudbintangjuara.com. Paud saya juga settingnya di dalam rumah

*

Tanya:
1) Dalam menyusun jadwal, apakah keseluruhan sentra harus tuntas terlaksana dalam kurun waktu tertentu, misal dalam satu bulan?
2) Utk sistem evaluasi, apakah sentra memiliki metode khusus? ( Mala Sabumi2)

Jawab:
1. Penyusunan kegiatan pembelajaran setiap bulan ada satu tema dengan 3 subtema. Misal tema tokoh idola, dipilih sub tema nabi muhammad, ayah bunda dan guru. Setiap subtema dapat disampaikan selama 1-2 minggu tergantung kedalaman isi materi. nah perputaran sentranya tergantung jml sentra yang akan kita berikan ke anak dan setiap hari berapa sentra. Jika bunda kenalkan 4 sentra dulu dan setiap hari ada dua sentra, hari pertama (pagi: bahan alam, sore: sentra peran), hari kedua (sentra seni dan balok) maka pada hari ketiga sdh kembali ke sentra bahan alam dan peran.lagi. ada yg sama tp bisa juga ada berbeda kegiatannya.
2. untuk evaluasi saat ibu susun lesson plan atau rencana kegiatan yg berisi indikator perilaku sesuai panduan kurikulum atau buku2 psikologi perkembangan di tiap tingkat usia, ibu bisa pantau apakah kegiatan main di setiap sentra dapat mengembangkan perilaku anak. Evaluasi dapat berupa ceklis dan deskriptif serta kumpulan portofolio anak

*

Tanya :
Untuk menerapkan metode sentra di rumah, bagaimana persiapan yg harus dilakukan orang tua? Apakah boleh jika di rumah disediakan sentra secara bertahap dari 6 sentra yang disebut tadi karena keterbatasan ruang dan media. Kl boleh, sentra mana yg urgent utk usia 4 tahun? (Ummu umar sabumi 3 )
Jawab :
Ummu umar, jawaban pertanyaannya sudah ada di jawaban untuk teh santiana ya. Sentra yang paling akhir diberikan adalah sentra persiapan karena filosofi sentra persiapan adalah sentra kerja, anak sudah mampu fokus dan siap untuk duduk dalam jangka waktu tertentu serta sudah banyak stimulasi motorik halusnya

Closing statement
Orang tua adalah guru pertama dan utama bagi anak. Pahami dunia anak sehingga kita pahami kebutuhan anak tidak hanya secara fisik tapi juga psikis yang dapat kita optimalkan dengan memberikan kegiatan belajar melalui bermain utk anak usia dini dan belajar melalui kerja utk anak usia 9th ke atas.
Metode sentra adalah wadah dimana ortu dpt menyediakan lingkungan main yang komprehensif sesuai usia /tahap perkembangan anak. Demikian sharing siang ini. Mohon maaf banyak kekurangan. Semoga bermanfaat. Semangat terus membaca dan belajar demi anak2 kita

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅SABUMI🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥 FB Group:
Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung)
💻 Blog: sabumibdg.wordpress.com

Sabumi is part of HSMN
👍FB fanpage:
Homeschooling Muslim Nusantara
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s