Homeschooler Story · Parenting

Tarbiyatul Aulad for Beginner

🌟 Resume Tarbiyatul Aulad for Beginner (Sesi 1) 🌟

Kamis 16 Juni 2016

Narasumber : Teh Dyah Wulandari, biasa disebut juga Ummu Uthara (Ummar, Thariq, Raffa), dan suaminya Bapak Ganjar 

Notulen : Dessy Afriyani

Moderator : Team Admin Sabumi

🏩 Selayang Pandang 🏩

Alhamdulillah Allah memberi kita kesempatan mendapatkan pahala silaturahim meski lewat ujung jari.

Syahadat dan shalawat kepada ke Murabbi sepanjang masa, kekasih tercinta Rasulullah saw.

💎 Dasar bergaul dan membersamai ananda adalah prinsip akhlaq al karimah.

Yang merupakan faktor utama seseorang dimasukkan ke dalam syurga dengan kasih sayang Allah. Dan merupakan tujuan utama diutusnya Rasulullah saw, ya..utk menyempurnakan akhlaq.

💎 jangan jadikan keluarga kami sebagai teladan, untuk menghindari kekecewaan, karena teramat banyak keterbatasan dan kekhilafan kami.

Jika nanti ada yang tidak bersesuaian dg Al Quran dan sunnah Rasulullah saw, mohon diluruskan ya 🙏🏻

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

💎 kami, (esp saya) bukan berasal dari keluarga yang sempurna. Saya punya masa jahiliyah dan kini masih terus berproses untuk mendekati Allah…

📒 sebenarnya saya ga berani, ga pede untuk berbagi kisah keseharian saya bersama anak-anak di rumah Uthara tidak ada yang istimewa dan mungkin sangaaaaatttttttt biasa..

Sama seperti keseharian ibu-ibu di rumah juga.

Tapi dengan penuh kerendahan hati..mohon maaf ya saya jadi ikut berkisah..

Semoga berkenan ya Bu ^^

💓💓💓💓💓💓💓

Berikut ini poin yang diminta utk dibahas:
1. Jadwal pelajaran pentingkah?

2. Pelajaran yg disampaikan

3. Bahan ajar per mata pelajaran

4. Peran abi-ummi

5. Tips “menjadi guru sekolah” sambil ngemong dua adiknya 😂

6. Jadwal keseharian Ummi

💓💓💓💓💓💓💓

Kami berlima tinggal berhadapan dg rumah mertua -orang tua suami- baru setahun belakangan ini.

Awalnya rumah kami beda 10 rw dari sini.

Tinggal berhadapan dengan mertua, adalah berkah tersendiri bagi kami. Include masjid sebelah rumah ini. Tetangga dekat ya cm masjid, pak ustadz dan mertua.

Abinya umar yang pertama kali menggagas ide untuk menunda mengirim Umar ke sekolah.

Alasannya:

1. karena menurut beliau kurikulum di sekolah “persiapan” yang lazim kita sebut PAUD blm representatif pada kebutuhan anak.

Beban akademis yang berat nampaknya bukan pilihan yang tepat jika ingin mencetak generasi yang kuat.

Anak pintar bukan hanya dibentuk dengan memintanya mengerjakan soal yang banyak. Tapi bagaimana kita menghadirkan pengalaman belajar yang mengesankan dengan myelinasi yang kuat sehingga muncul kecintaan pada ilmu pengetahuan dari dalam diri anak.

2. Taaruf kita dengan anak masih sangat awal. Kita dan juga anak masih butuh saling beradaptasi. Saling memahami.

Menunda mengirimnya ke sekolah memberi kita sekeluarga punya banyak kesempatan untuk saling menyesuaikan diri.

3. Membantu anak menemukan passionnya dan mendukung ketertarikannya pada salah satu atau dua kecakapan.

Masih sedikit guru yang support ini.

Pendidikan di indonesia masih mengedepankan pendekatan kognitif. Padahal kognitif hanya sebagian kecil dari tujuan pembelajaran.

Tujuan pembelajaran yang utama apalagi kalau kita menjadikan islam sebagai sumber ilmu adalah bagaimana dengan ilmu tersebut akhlaq semakin baik dan kita semakin takut pada Allah.

Al Quran telah mencatat sejarah tentang azab yang ditimpakan pada kaum yang tinggi sisi kognitifnya namun lemah keimanannya.

Semua pasti tau Petra, bendungan Ma’rib atau piramida. Itu hanya sebagian kecil dari kedahsyatan ilmu yang justru membuat pemiliknya makin jauh dari takwa. Sehingga peradaban mereka dihanyutkan azab yang pedih.

🍓 Jadwal Pelajaran

Mulai “serius” ngajarin anak dengan niat nantinya mau homeschooling, di Mei 2015.

Berawal dr permintaan abinya Umar supaya anak belajar di rumah aja.

Waktu itu saya sempat bingung.. Ga kebayang kalau harus bikin kurikulum, rpp, promes, prota dan media sendiri!

Terus suami mengingatkan bahwa inti dari homeschooling bukan memindahkan sekolah ke rumah.

Jadi kita ga perlu instrumen endeswey endebrey itu.

Tapi kita berdua harus satu suara, sepakat pada visi misi kehidupan yang akan diupayakan untuk anak-anak.

Kurikulum utama yang harus ada. Isinya ttg apa yg harus anak2 capai melalui proses belajar ini.
Dan msh blm ngeh harus gimana.. 😆

Kemudian setelah lamaaaa ga apdet fb, tetiba buka timeline eh ada temen yg pake #sabumihomeschooling di statusnya..trs saya tanyain Sabumi itu apa?

Dijelaskan ttg Sabumi dan tertarik bgt. Ikut seminar yg di cafe persib.

Bertemu para adminah ketje ini 😍😍😍
Berasa bgt dpt rizki yg besar. Terbuka semua mindset “kerdil” saya ttg homeschooling.

🍇🍇🍇🍇🍇🍇🍇

Ada banyak sekali motivasi orang tua dlm mendidik anak.

Dan bagi kami, kewajiban mendidik anak adalah kewajiban yg serta merta diemban setelah menjadi orang tua. Dg sadar atau tidak. Terima atau tidak.

Sehingga tidak bisa kita berlari dr kewajiban ini.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

💜💜💜💜💜💜💜

Awalnya ga pake jadwal pelajaran tapi betul2 ngikutin maunya apa.

Mau baca buku apa.

Main apa..

Alhamdulillah semangat belajar umar tinggi banget sampe sering saya telat makan karena umar maksa2 utk terus belajar.

Dari pagi sampe sore.
Akhirnya suatu hari dalam raker keluarga kami berpikir, mgkn harus ada “aturan” atau paling tidak semacam panduan aktivitas yg bisa membuat saya maupun umar merasa nyaman dg aktivitas belajar ini.
Jadwal pelajaran ini ga berarti saklek hanya sebagai arahan.
Sebelum masuk ke jadwal berikut ini kurikulum ala ummi Uthara
💜kurikulum utama

Aqidah

Akhlaq

Adab

Ibadah

Al Quran

Sirah nabawy

Bahasa

Tarikh khulafa

Tarikhul ghazwah

Practical life skill

Self help

💜 kurikulum penunjang

Science

Matematika

Geografi

💜 ekstra kurikuler

Beladiri

Olahraga

Kreativitas
Jadwal pelajaran harian:

🔖 ahad

Al Quran

Tarikh khulafa

Practical life skill

Self help

🔖 senin

Al Quran

Aqidah

Science

🔖 selasa

Al Quran

Ibadah

Geografi

🔖 rabu

Al Quran

Adab

Olahraga

🔖 kamis

Al Quran

Bahasa

Beladiri

🔖 jumat

Al Quran

Akhlaq

Crafting

🔖 sabtu

Al Quran

Sirah nabawy

Matematika

🏩 Tanya Jawab 🏩

📌Teh Nchie: 

Bismillah … Keenan anak saya usia 28 bulan .. Dan beliau sedikit mengalami gangguan sensorik jdi susah sekali fokus .. Singkatnya beliau terapi wicara dan okupasi .. Saya masih enggan dia sekolah apapun alasan nya .. Kira kira klo hc pelajaran yg cocok untuk keenan apa ya .. Dia cepat tangkap bahsa inggris dan suka sekali menggambar.

✏ Teh Dyah: 

Euleuh pertanyaan nya meni susah 🙈
Wah pinter Keenan suka Bahasa inggris 😘😘😘

Sae atuh Teh Nchie 👏🏻👏🏻👏🏻

Teraskeun 
🔺

Saya teh ga kompeten kl ditanya ttg anak orang lain harus diajarin apa 🙏🏻
Kalaulah boleh berpendapat, usia 28 bulan masih tahap sensorik motorik ya Teh..

Fokusnya disana dulu..
Teteh sayang…

Mulai dg bersyukur atas kehadiran keenan..pandang ananda dr kelebihan nya lalu buat peta yg menjadi titik konsentrasi kita utk melejitkan potensinya

📌Teh Nchie: 

MasyaAllah .. Buat semacam agenda yaa … Keenan aga susah bahasa indonesia.

✏ Teh Dyah: 

Fokus pada perkembangan nya dan omat ulah dibandingin sm anak tetangga.
Starting point tiap kita berbeda.
Lakukan tugas pendampingan kita dengan maksimal.

Kl ternyata sdh ada diagnosa serta arahan dr yg berkompeten harus apa yg distimulasi maka optimalkan bagian itu.
Ibu2 tau thomas alfa edison?

Atau totto chan?
Mereka ini 2 contoh anak2 yg dianggap aneh oleh lingkungan tapi dipercayai kapabilitasnya oleh orang tua nya. Terutama ibunya.
Thomas kecil, banyak sekali bertanya, ibunya yg saat itu ga sekolah tinggi selalu mengajak thomas mencari jawaban dg mengajaknya ke perpustakaan atau berkunjung ke ahli.

Hingga suatu hari, thomas bertanya sesuatu yg tidak bs dijawab siapa pun.

Kemudian ibunya bilang, mungkin kamu yg akan menemukan jawaban nya ✨

✏ Teh Shofa: 

Pada intinya kita tidak perlu khawatir yah Teh Dyah akan kemampuan anak. Terus beri rangsangan (pake rumus 3 banyak), berdoa..insyaAllah tumbuh kembang anak akan optimal.

✏ Teh Dyah: 

Betul Teh Shofa..

📌 Teh Rindoe: 

Mohon maaf sblmnya sy new comer, klo umar umurnya brp ya? Sy punya 2 anak umur 4.6 dan 2.9 nah ttg pelajarannya apa boleh disatukan mksdnya satu kurikulum ato gmn ya? Lalu bgmna metode yg paling pas supaya cepat mengetahui bakat anak melalui pelajaran2 itu (anak2 lebih suka belajar diluar rumah dan bercerita).

✏ Teh Dyah: 

Cepat mengetahui bakat anak teh gimana Teh?
Biar apa gitu?

Umar 4y5m

Thariq 2y6m

Raffa 1y
Ini belajar bareng di satu waktu da saya ga pake khadimat Teh..

📌Teh Rindoe: 

Hehe, setau sy kan ada pelajaran tertentu yg bisa menstimulus anak untuk menunjukkan bakatnya. Misalnya mewarnai ato bernyayi untuk bakat seni dll. Nah mksd prtnyaannya untuk umar kan udh dibuat jadwalnya nah bgmna pendampingannya biar cepat tau mana yg menjadi bakat anak apa harus dibiarkan mereka sendiri lalu diarahkan ato dari awal dipandu gitu.. Maaf aga panjang :mrgreen:

✏ Teh Dyah: 

Hooo canggih pisan Teteh 😍
Keluarga saya, menentukan kurikulum dan pemilihan pelajaran seperti yg tertera di atas dg satu alasan.
Bagi kami minat dan bakat itu bonus yg ditemukan ketika kami menanamkan iman ke dalam hatinya. Jadi ga pake pendekatan minat bakat.
Biasanya aktivitas belajar dimulai dg membaca buku. Kemudian ada pertanyaan. Dari pertanyaan itu dibuat simulasi atau aktivitas lain.
Umar lbh tertarik ke science, outer space dan militer. Perfeksionis, populer dan ga suka kotor.
Thariq lebih suka hewan2.

Berantakan, mudah menolong dan pemalu.

📌 Teh Rindoe: 

Ummu umar menentukan sndiri ato ada referensi? Sy bru niat hs anak2 sy skrg tp msh bingung cri referensi lesson plan ato malah krn sy terlalu byk baca buku parenting dri luar kali ya teh sewaktu kuliah dlu :|. 
✏ Teh Dyah: 

Referensi ini banyak bgt Teh.

📌 Teh Rindoe: 

Sy dlu ambil on top psikologi anak jdi banyak baca buku parenting dri luar, tp mau hs malah jdi bingung.

✏ Teh Dyah: 

Muhun Teteh sayang pasti awalnya bingung yah saking banyak nya informasi yg berjejal di kepala.
Seneng atuh anak2 nya punya ibu pintar ✨😘
Saya mah mengawali langkah karena ini:
Hafal tp tidak paham

Tunduk pd penguasa

Terjangkit wahn (cinta dunia dan takut mati)

Terlena dg ilmu dunia sehingga jahil ttg ilmu agama.
Karena 4 penyakit ini, akhirnya kami berpikir..

Ini anak-anak mau dibawa kemana.
Eh tadi pertanyaan nya, pendampingan anak, dikasih dulu materinya nanti anak banyak nanya atau minta ngulang suatu materi. Atau pengen belajar itu terus..

Nah bisa dipastikan anak berminat pada materi tersebut.
Filosofi HS mendorong anak menjadi happy learner nantinya.

Tapi di awal masa persiapan sampai usia 7 tahunan atau apalagi belum bisa baca ya tentu harus terus kita dampingi.

📌 Teh Rindoe:

Sebaiknya sekarang saya ambil referensi dari mana ya teh?

✏ Teh Dyah: 

Diawali dengan merumuskan visi misi keluarga Teh.
Buku yang jadi referensi

📚 Buku Untuk anak

– rukun iman. Buku rukim tethy ezokanzo atau pqids ada serial rukim

– hadits arbain for kids. Dari alkautsar kids

– buku asmaul husna zikrul kids 

– sirah nabawy Pqids

– buku panduan ibadah anak muslim. Serial ibadah pqids

– Quran dan terjemah nya for kids semacam myfa. Kalo yg juz 30 ada dr alkautsar kids sama salamadani

– buku kisah 25 nabi.Pqids

– serial adab

VCD hisnul muslim, buku pqids Aku Cinta Rasul, buku tiga ananda Aku Ngefans Rasulullah

– serial akhlaq terpuji. Ada seri 10 akhlak terpuji tiga ananda, buku cerita bergambar, balita bgt

– kisah para sahabat nabi

Pqids, alkautsar kids

📚 Buku “wajib” ortu

– segenggam iman anak kita (fauzil adhim)

– sirah nabawy

– sirah shahabiyah

– tafsir al quran

– 3 pokok ajaran islam

– bulughul maram

– sifat shalat nabi

– riyadhush shalihin

– prophetic parenting

– fiqh sunnah

– fiqh nisaa

– 60 perihidup sahabat Rasulullah saw

– adabul mufrad

– 30 keluarga yg dijamin masuk syurga

– tarbiyatul aulad

– bagaimana menyentuh hati

– inspirasi dr rumah cahaya

https://sabumibdg.wordpress.com/category/homeschooling-highlight/memahami-homeschooling/

📌 Teh Krishna: 

Teh dy,boleh kasih contoh detail kegiatan sehari2ny kah? Misal yg berkenaan dgn adab,akhlak, itu dikasih kegiatan yg kyk gimana..

Trus aku jg bingung ngajarin iqro sama anaku,anakny bukan tipe yg fokusny lama dan bisa duduk tenang,pernah coba yg metode jari quran jg blum berhasil..

Sama 1 lg yaa teh dy, klo semua kegiatan yg dijadwalin udh dikerjain apa masih dikasih kegiatan lain..atau anak bermain bebas?

✏ Teh Dyah: 

Tah betul..usia brp Teh putra putrinya? Sama mau tau kegiatan Teteh sm anak selama ini.

📌 Teh Krishna: 

Yg pertama 4.9taun,yg kedua msh 14bln

 ✏ Teh Shofa: 

Oh iya buibu, untuk awal pasti bingung yah dengan lesson plan anak. Mudahnya, untuk awal meniru saja.

Kurikulum Teh Dyah masyaAllah bagus sekali. 

Nanti trial and error sampai nemu formula kurikulum yg paling cocok untuk anandanya.

📌 Teh Krishna: 

Kegiatannya belum berjadwal teh,masih acak2n..biasany suka contek kegiatan ibu2 di ig 😁 atau yg paling simple diajak baca buku aja

✏ Teh Dyah: 

Betul Teh Shofa ❤
Da ternyata harus jadi pelaku dulu untuk bisa dapet “AHA‼”

🍓 Skema kurikulum
Harapan atau target yg ingin terinstal di diri anak ▶ kurikulum ▶ tujuan pembelajaran ▶ buku referensi ▶ materi ▶ media ▶ aktivitas harian
Utk materi yg disampaikan disesuaikan dg urutan di daftar isi aja 😁

Jadi ga tulis ulang.
Kadang ada buku2 lain yg ikut jadi referensi utk menguatkan materi yg dipelajari hari itu.

🍓 jadwal belajar official
09.00-11.30 materi + bebikinan

11.30-12.30 makan siang + shalat

12.30-14.30 aktivitas fisik (baca: main)

14.30-16.00 snacking, mandi dll

Rentang waktu 16.00-18.00 review pelajaran tadi pagi.

📌 Teh Krishna: 

Tp karna si kakakny hobi gambar,klo dia bosen mentok ga ada kegiatan,pling lariny ke gambar

✏ Teh Dyah: 

Contoh dari buku hadits arbain for kids ini, bisa menemukan 3 materi.

Aqidah

Akhlaq

Adab

Menyampaikan nya pertama dg dibaca, role playing atau sambil baca buku lain. Kaya misalnya bbrp waktu lalu, ketiganya kena flu singapur. Maka saat yg tepat utk ngasih materi.

– Kisah Nabi ayyub yg sabar menghadapi sakitnya.

– Adab menjenguk orang sakit.

– Cara kerja sistem imunitas

– Pemilihan makanan yg baik

– nikmat sehat

📌 Teh Krishna:

Berarti emg dimulai dari bacain buku dulu yaa buat mancing rasa ingin tau anak

✏ Teh Dyah: 

Anak2 sebenarnya belajar jauh lbh banyak dr yg kita ajarin secara verbal di waktu khusus tapi mereka belajar setiap saat. Maka berhati2 ngasih respon spontan terhadap peristiwa bersama anak.

📌 Teh Retno: 

Punten kalau boleh ada 2 pertanyaan..

1. Tentang jadwal Ummu Umar:)

Dengan ngemong 3 anak tanpa asisten, bagaimana jadwal teteh. Kapan beberes, masak, menyiapkan kurukulum untuk disampaikan esok harinya.. 

2. Bagaimana cara teteh mengajarkan shalat dan puasa pada Umar?

✏ Teh Dyah: 

🍓 peran abi-ummi + jadwal keseharian Ummi
03.30 bangun, ke kamar mandi, kl ga ada nasi masak nasi dl, shalat, tilawah.

Abi mulai nyuci

04.30 shalat subuh

05.00-08.00 stel audio almatsurat, murattal al quran non stop

Aktivitas nya masak, nyuci piring, ngepel, ngejemur, mandi, beres2.

Abi jam 06.00 buka toko dan ke pasar. Nanti pulang utk bantu ngejemur sm mandiin anak2, makan dll

08.00-09.00 ummi shalat dhuha, mandi

09.00-11.30 materi + bebikinan

11.30-12.30 makan siang + shalat

12.30-14.30 aktivitas fisik (baca: main)

14.30-16.00 snacking, mandi dll

Rentang waktu 16.00-18.00 review pelajaran tadi pagi

18.00-19.00 shalat maghrib dilanjutkan dg membacakan kisah. Bisa request umar atau buku2 yg sesuai tema hari tsb.

Maksimal jam 19.30 anak2 udah tidur.

Berlaku setiap hari kecuali:

🗿Selasa jam 15.00-18.00

Anak2 di take over abi karena ummi liqo

🗿Jumat jam 10-30-13.00 dan sabtu jam 13.00-16.00 anak2 secara official sm abi karena ada yg liqo ke rumah.
Utk shalat, umar baru konsisten shalat 3 waktu rata2.

Subuh, dzuhur dan ashar.
Karena maghrib biasanya udah pd tidur.

Bsk subuh nya bangun tidur sebelum subuh dan selalu ke masjid.
Shaum jg udah di sounding tp blm kuateun 😂. Buka jam 10.

📌 Teh Retno: 

Memang sudah disuruh salat ya teh? Atau terserah Umar aja, menunggu keinginan Umar untuk salat?

✏ Teh Dyah: 

Terutama utk ibadah mahdhah kami tekankan agar anak merasakan ruhnya bukan sekedar ikut2an.
Umar ngambek kl ketinggalan shalat subuh ke masjid. Pernah nangis kokosehan karena ketinggalan bbrp menit dr abinya. Malemnya bilang, ummi janji bsk bangunin abang. Ke abinya jg bilang gt.

📌 Teh Krishna: 

Teh..klo anak perempuan perlu dibiasain sholat dimasjid jg kah?

✏ Teh Dyah: 

Enggak Teh.. Lbh baik shalat nya di rumah. Namun harus ditanamkan cinta masjid.

📌 Teh Krishna: 

Mksdny kumaha tah? Diajak ke kajian gt kah?

✏ Teh Dyah:

 إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا اللَّهَ ۖ فَعَسَىٰ أُولَٰئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ

Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

At Taubah ayat 18
Aktivitas utk anak usia dini lbh penting menanamkan iman nya ini, supaya mau shalat, mencintai Allah dan sunnah Rasulullah saw..

Nanti insyaaallah jadi seneng aktivitas yg bisa bikin Allah seneng.

Karena msh agak susah nyari masjid ramah anak.

Meskipun ga melulu beraktivitas di masjid tapi anak tau bahwa masjid adalah pusat ilmu pengetahuan dan pendidikan.

Kenalkan profil cendikiawan muslim yg berhasil menemukan banyak penemuan hebat yg mengubah dunia. Dan diawali dr kemahiran mereka pd dasar pokok ajaran islam.

📌 Teh Fe: 

Menanggapi

Maa syaa allah teh dy lengkap sekali penjelasannya.. Mau meniru boleh. Subhanallah keluarganya kompak, suami istri saling membantu, begitulah seharusnya, bikin iri hhuhuuuu.. aamiin
Pertanyaan

1.Teh dy di setiap kegiatan setiap harinya kan slalu di awali dgn al-qur’an. Maksudnya ngapain tuh teh.. Baca Qur’an bareng2?

2. Anak2 ga ada bo2 siangnya teh?

3.referensi bukunya meser dimana?

✏ Teh Dyah:

1. Al Quran

Setiap hari all day all nite, murattal al quran bunyi full.

Entah dari speaker aktif atau laptop.

Nyetel almatsurat, juz 30 atau ayat ruqyah.

Itu kl audio nya.
Kl belajar al quran nya adalah bacain terjemah atau tafsir Teh..
Berusaha untuk apa2 dikaitkan ke Al Quran.
Belajar matematika, sains atau geografi pun liat al quran sebagai rujukan. Alhamdulillah kebantu bgt sm keberadaan myfa (my first al quran) isinya all in.

Kosakata bahasa arab, bahasa inggris, tokoh islam, sejarah singkat, peristiwa penting sampai peta sederhana peristiwa dlm al quran.
Pengen kl ada apa2 yg pertama anak ingat adalah : buka al quran. Cari Allah bicara apa ttg hal itu.
Kami berdua sadar, kami fakir ilmu. Sedikit sekali yg kami miliki, semoga Allah memberi kami kesempatan utk menyelesaikan misi menanamkan aqidah ini kepada anak2. Ternyata anak teh seneng bu dibacain terjemah al quran. Dikenalkan tafsir, hadits.

Seneeeng bgt.

Nagih wae pengen denger Allah bilang apa. Kata Rasulullah saw gimana. Cm kadang suka ada perasaan haroream utk ngeladenin curiousity nya anak2 :|😫.

Padahal pas mereka nanya, itu momen terbaik utk menjelaskan.

2. Biasanya tidur siang sebentar Teh itu jg kadang2 .

Seringnya full power sampe maghrib baru tumbang 😁

3. Buku2 nya bisa hubungi Bumi Elmu Sabumi.

Utk kami anak Wajib:

– Mengenal Allah

– Mengenal Rasulullah saw

– Mengenal agama

– Mengetahui tujuan hidupnya

– Mengetahui jati diri dan potensinya

– Menjadi pembelajar sejati

– Mencintai kebaikan

Tetap ingat ini..agar Allah senantiasa memberi pertolongan utk jihad kita..

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.
Banyak berdoa semoga Allah senantiasa membimbing kita..
Allahuma arinal haqqa, haqqa, warzuqnat tibaah

waarinal batila, batila, warzuqnat tinabah
Ya Allah tunjukanlah kepada kami bahwa yg benar, itu benar dan beri kekuatan untuk mengikutinya.

Ya Allah tunjukkan yg salah itu salah dan beri kekuatan untuk menjauhinya.

📌 Teh Nisa:

1.Teh blh mnt kurikulum utk anak teh Diah yg 1tahun?

2. Anak sy salman 1.5th. dia kan belum ngeh ya teh kl diajarin via baca gitu misal ttg iman atau blajar iqro. Metodenya gmn ya teh yg enak utk ajarin Imam dan baca Quran? Selama ini kl baca quran sy suka nyalain video kartun blajar iqro dia suka bgt nton itu.

✏ Teh Dyah:

Teh Nisa yg nun jauh dr medan 👍🏻
Bisa scrolling lg ke atas yah skema kurikulum yg ada di rumah Uthara.

Sama aja utk semua anak hanya pilihan aktivitas nya yg berbeda.

🔺0-2 tahun msh proses belajar memaksimalkan sensorik motorik halus nya ya Teh..

Pilihan aktivitas nya semacam sediakan buku bantal, board book, busy box dan murattal al quran.
Kl saya blm ngasih on screen ke bayi mah. Audio aja.

🔺dulu waktu baru punya anak 1, bawaannya khawatir.. Asa blm ngasih apa2 ke anak. Golden age akan berlalu sebentar lagi..

Waduh kumaha ieuuuu 😫:|😭🤔

Ternyata.. Usut punya usut…

Proses menanamkan aqidah dlm islam di mulai jaaauuuuh sebelumnya.

Ya.

Sejak kita menjaga kesucian diri dan memilih pasangan yg shalih.

Sejak saat itu, proses memohon keturunan yg shalih dibuat.
Lbh ke dibacain lafadz syahadat sambil eye contact..

Bawa shalat

Dan ajarin tutup aurat.

Blm ke pengertian ini itu.

📌 Teh Nisa:

Makasih teh 😍

Punten dikiiiittt lagiii..

Brti kl seumur ini blm prlu jdwal ya teh? 
Jadwal spti pny teteh di atas mgkn 3th ke atas ya kl anaknya ud ngerti blajar?

✏ Teh Dyah:

Iya blm terstruktur

Belajar utk kami ya dlm semua aktivitas Teh..
Ga berarti anak duduk diam dengarkan. Cuma kl dibacain buku biasanya langsung duduk manis.

📌 Teh Asri: 

Oh ya di selayang pandang tadi disebutkan, tedy bertetangga dekat salah satunya dgn mertua ya… nah bgmn peran nenek kakeknya Uthara dalam pengasuhan sehari2?

✏ Teh Dyah:

Nenek kakek saribuk di toko 😁

Kl lg berkeluangan waktu alhamdulillah suka ikut bantuin anak2 belajar. Beliau2 ini (setelah disounding abinya umar), bahwa cucu2nya belajar di rumah aja sm ummi abi malah support bgt. Mereka yg pertama merasakan kasih sayang dan perhatian dr cucu2nya. Waktu nenek sakit, umar bolak balik nengokin sambil tanya, nek udah baikan?

Udah ga sakit?

Mau abang pijitin?

Saur paribasa sunda, karaos kahartos.
Karena melihat dan merasakan sendiri, mereka jd ikutan pola pengasuhan kami. Rizkiminallah dpt mertua yg bs diajak kerjasama mendidik anak.

📌 Teh Afina: 

Teh dyah nampak sangat menikmati ya.. semoga saya juga bisa menikmati mendidik anak.
Pertanyaan saya maaf kalau gak nyambung sama tema.
1. Apakah anak2 teh dy main juga sama anak2 di sekitar rumah?? Kalau iya apakah dibimbing mainnya? Misalnya kita nemenin dan mengarahkan mainnya mereka. Karna lingkungan sekitar rumah juga pasti mempengaruhi anak2 kan ya teh.
2. Trus adakah tips kalau anaknya aktif, bagaimana ya tips nya supaya bisa duduk diam mendengarkan? Anak saya Rara (27bulan) lumayan aktif dan rada susah duduk diem. Nonton video juga sambil naik2 kursi, maju mundur, dsb.
3. Teh dy rumahnya dimana?? 😁

✏ Teh Asri: 

Tedy di cicalengka teh.. hehe bantu jawab no 3

〰 bersambung ke sesi 2 〰
Edited by: Astri “Uwie” n Asri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s