Lesson Plan

[Lesson Plan] Namlatun (Semut)

Assalamu’alaykum adik-adik yang di rahmati Alloh…
Siapa yang tahu binatang kecil apa yang sering kita jumpai di rumah?
Ya….semut….
Seperti apa sih semut itu? Makanan kesukaannya apa? Tinggalnya dimana dan sperti apa siklus hidupnya?
Yuk kita sama-sama cari tahu..
Minggu ini kita akan bercerita tentang semut.

Cerita tentang semut tertera dalam al-Quran Surat An-naml ayat 17-19.

“Dan untuk sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu berbaris mereka dengan tertib”

“Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, ‘wahai semut-semut! masuklah ke dalam sarang-sarang mu agar kamu tidak diinjak oleh sulaiman dan bala tentaranya’, sedangkan mereka tidak menyadari”

“Maka, dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, “Ya tuhanku, anugerahkan lah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmatmu yang telah engkau anugerahkan kepada ku dan kepada ke dua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebaikan yang kau ridhoi; dan masukanlah aku dengan rahmat-Mu kedalam golongan hamba-hamba-Mu yg shaleh.””

Disini diceritakan tentang Nabi sulaiman ‘alaihissalaam, beliau dapat mengerti bahasa binatang.
Jadi beliau bisa mendengar perkataan semut tersebut.
Beliau memerintahkan pasukannya untuk berhenti dan membiarkan semua-semut lewat sehingga tidak ada yg terinjak..

Subhanalloh…
Nabi memberikan teladan bagi kita untuk tidak menyakiti semut walaupun ia hanya binatang kecil.

Adik-adik, tahu tidak? Walaupun semut itu kecil, dia adalah salah satu hewan terkuat di dunia loh, karena dia mampu mengangkut beban 50x lipat dari berat badannya. Wowww! Bahkan hewan sebesar gajah pun tidak dapat melakukannya.

Semut juga hewan pekerjaan keras, bergotong royong mencari makanan dan membawanya ke sarang.

Waaah… seru yah cerita tentang semut ini, yuk kita amati dan cari tau lebih banyak lagi tentang semut.
Jangan lupa ajak ayah, bunda, adik dan teman2.


LESSON PLAN NOVEMBER WEEK 3/ SAFAR 1438H

TEMA: SEMUT

TARGET: BATITA (0-3 TAHUN)

๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ

 

๐Ÿ“Ž SENIN ๐Ÿ“Ž

๐ŸŽฏ Fokus Materi ๐ŸŽฏ

๐Ÿ”ฎ BAHASA ๐Ÿ”ฎ

Aktivitas:

๐Ÿ”  Agama (kisah nabi):

๐Ÿœ Membacakan kisah Nabi Sulaiman dan semut

๐Ÿ”  Bahasa:

๐Ÿœ Memberi tahu semut dalam bahasa arab (namlatun) dan bahasa inggris (ant)

๐Ÿœ Membuat flash card gambar semut, kata “semut”, kata “namlatun”, dan kata “ant”

๐Ÿœ Minta anak menunjuk flash card bertuliskan semut, namlatun, dan ant

๐Ÿœ Prewriting skill: Tracing garis dengan kacang hitam/ kancing hitam

๐Ÿœ Mengajarkan anak mengucapkan kata-kata yang berkaitan dengan “semut” dengan fasih: semut, hitam, kecil, gatal, serangga. Ulangi terus kata2 tersebut dengan pelafalan yang jelas.

Menyediakan alphabet snack bertema semut sambil mengenalkan huruf “A”

๐Ÿ“š Referensi ๐Ÿ“š

๐Ÿœ Buku “Sejarah 25 Nabi dan Rasul” jilid 3 dari Perisai Qur’an Kids

๐Ÿœ https://m.youtube.com/watch?v=IIyicuMimz4

๐Ÿœ http://theinspiredtreehouse.com/ant-farm/

๐Ÿœ http://eatingrichly.com/alphabet-kids-snacks-a-is-for-ant

 

๐Ÿ“Ž SELASA ๐Ÿ“Ž

๐ŸŽฏ Fokus Materi ๐ŸŽฏ

๐Ÿ”ฎ ADAB ๐Ÿ”ฎ

Aktivitas:

๐Ÿ”  Agama (Hadist):

๐Ÿœ Al-thuhur syathr al-iman (Kebersihan itu adalah sebagian dari iman)

๐Ÿ” Adab Menjaga Kebersihan:

๐Ÿœ Memberi tahu bahwa anak yang bersih dicintai Allah dan Rasulullah

๐Ÿœ memberikan semangat, anak bersih adalah pendekar hebat yang ditakuti kuman dan penyakit

๐Ÿœ Membuat list kegiatan bersih-bersih (gosok gigi, mandi, merapikan tempat tidur dan mainan, buang sampah pada tempatnya, masukkan baju kotor pada tempatnya)

๐Ÿœ Menjaga kebersihan binatang peliharaan (membersihkan pet, tempat makan dan minum yang bersih, bersihkan kandang, membawa pet ke dokter hewan jika diperlukan)

๐Ÿœ Menjaga kebersihan di jalan (tidak membuang kotoran atau barang berbahaya sembarangan, membersihkan duri di jalanan)

๐Ÿ”  Fisik

๐Ÿœ Ajak anak untuk merangkak di kolong meja, berjinjit, melompat (sesuaikan dengan umur anak)

๐Ÿ“š Referensi ๐Ÿ“š

๐Ÿœ Buku hadits Bukhari-Muslim

๐Ÿœ Buku “Bersih dan Sehat” GIP

๐Ÿœ Alquran

๐Ÿœ Buku Al adab Al mufrad

 

๐Ÿ“Ž RABU ๐Ÿ“Ž

๐ŸŽฏFokus Materi๐ŸŽฏ

๐Ÿ”ฎ SAINS ๐Ÿ”ฎ

Aktivitas:

๐Ÿ” Agama (Aqidah):

๐Ÿœ Mengucapkan dzikrullah /salah satu kalimat thayibah (masyaallah)

๐Ÿ” Sains:

๐Ÿœ Memberitahu anak bahwa semut suka makanan manis atau mengandung protein (misal bangkai binatang)

๐Ÿœ Memberi tahu bahwa radar semut cepat menemukan makanan

๐Ÿœ Memberi tahu anak agar tidak membunuh semut karena kita dilarang membunuh semut

๐Ÿœ Menyiapkan gula dalam mangkuk kecil dan makanan (protein atau makanan lain yang dipotong kecil)

๐Ÿœ Meletakkan makanan tersebut di lantai dan menunggu semut datang

๐Ÿœ Sambil mengamati semut, bunda menjelaskan makanan kesukaan semut

๐Ÿœ Mengajarkan pada anak untuk segera mengambil makanan yang jatuh agar tidak mengundang semut datang

๐Ÿœ Menjelaskan bahwa semut sakit bila menggigit

๐Ÿœ Life cycle of ant sensory activity

๐Ÿ” Practical Life Skill:

๐Ÿœ Belajar mengenakan dan melepas pakaian

๐Ÿ“š Referensi ๐Ÿ“š

๐Ÿœ https:/www.google.com/amp/s/sains.me/2013/03/16/tanyasains-mengapa-semut-doyan-yang-manis-manis/amp/ .

๐Ÿœ http://id.harunyahya.com/id/Buku/769/menjelajah-dunia-semut/chapter/3031

๐Ÿœ https://rumaysho.com/9975-hukum-membunuh-semut-dan-kecoak-yang-mengganggu.html

๐Ÿœ http://livingmontessorinow.com/ant-sensory-bin-scavenger-hunt-life-cycle-activities/

-๐Ÿœ Buku “Aku Cinta Islam” seri Tauhid I dari Perisai Qur’an Kids

 

๐Ÿ“Ž KAMIS ๐Ÿ“Ž

๐ŸŽฏFokus Materi๐ŸŽฏ

๐Ÿ”ฎ LOGIKA-MATEMATIKA ๐Ÿ”ฎ

Aktivitas:

๐Ÿ” Agama (Aqidah):

๐Ÿœ Asmaul husna :

Almalik dan alqudus

๐Ÿ” Logika Matematika:

๐ŸœBermain shape hopscotch untuk shape and colour recognition

Shadow Matching

๐Ÿ” Sensori:

๐Ÿœ Ant Sensory Activity

๐Ÿ“š Referensi ๐Ÿ“š

๐Ÿœ http://www.housingaforest.com/shape-hopscotch/

๐Ÿœ https://drive.google.com/file/d/0B4Ov9G-WO9mbd1l2bTJndzNHRk0/view

๐Ÿœ https://drive.google.com/file/d/0B4Ov9G-WO9mbOXd5c09JNjNMZWs/view

๐Ÿœ Buku “Tamasya ke Taman Asmaul Husna” dari Zikrul Hakim

๐Ÿœ http://enchantedhomeschoolingmom.org/2015/04/amazing-ants-sensory-activity-inspired-by-sid-the-science-kid-encyclopedia-of-discovery-dvd/

 

๐Ÿ“Ž JUMAT ๐Ÿ“Ž

๐ŸŽฏFokus Materi๐ŸŽฏ

๐Ÿ”ฎ CRAFTING ๐Ÿ”ฎ

Aktivitas:

๐Ÿ”  Agama (Al-Qur’an):

๐Ÿœ Membacakan Qur’an surat An Naml ayat 17-19 beserta terjemahnya

๐Ÿ”  Crafting:

๐Ÿœ Membuat semut menggunakan sendok plastik dan pipe cleaner

๐Ÿœ Membuat semut dengan cap sidik jari

๐Ÿœ Menggambar semut menggunakan media pasir atau bedak

๐Ÿ”  Fisik:

๐ŸœMelatih anak untuk berdiri di atas satu kaki

๐Ÿ“š Referensi ๐Ÿ“š

๐Ÿœ http://www.survivingateacherssalary.com/ant-spoons-spring-bug-craft-for-kids

๐Ÿœ http://www.preschoolzone.co.uk/ant-craft-idea-for-kids

 

 

๐ŸŽ€ Lesson plan ‘ulumuddien ๐ŸŽ€

๐Ÿ”ถ Sirrah (kisah nabi)

๐Ÿœ Membacakan kisah Nabi Sulaiman dan semut

๐Ÿœ Membacakan kisah Nabi Sulaiman dengan jelas

๐Ÿœ Meminta anak menceritakan kembali kisah Nabi Sulaiman dan semut

๐Ÿœ Bertanya jawab seputar kisah Nabi Sulaiman dan semut

 

๐Ÿ”ถ Hadist

๐Ÿœ Al-thuhur syathr al-iman (Kebersihan itu adalah sebagian dari iman)

Adab Menjaga Kebersihan:

๐Ÿœ Memberi tahu anak bahwa anak yang bersih dicintai Allah dan Rasulullah

Menyingkirkan duri dijalan adalah sedekah

Qur’an surat Al Baqarah ayat 222 (“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang mensucikan diri”)

 

๐Ÿ”ถ Aqidah

๐Ÿœ Mengucapkan dzikrullah ketika takjub melihat sesuatu, “MasyaAllah banyak sekali semutnya”

๐Ÿœ Menjelaskan bahwa Allah sayang pada makhlukNya. Semut pun bisaa makan karena rezeki dari Allah.

 

๐Ÿ”ถ Asmaul Husna

๐Ÿœ Memberi tahu pada ananda bahwa Allah itu Raja Al Malik yang Maha Memiliki segala-galanya & dan Raja Al Quddus yang Maha Suci dari kekurangan, kelemahan, dan ketidaksempurnaan

 

๐Ÿ”ถ Alquran

๐Ÿœ Membacakan Qur’an surat An Naml ayat 17-19 beserta terjemahnya

( 17 ) Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan).

( 18 ) Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”;

( 19 ) maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”.

โœ”Alat & Bahan LP Tema “Semut”:

 

๐Ÿ *Senin*

๐Ÿœ kertas gambar

๐Ÿœ spidol

๐Ÿœ kacang hitam/kancing hitam

๐Ÿœ alphabet snack

 

๐Ÿ *Selasa*

๐Ÿœ kertas & bolpoint untuk membuat list kegiatan

 

๐Ÿ *Rabu*

๐Ÿœ mangkuk kecil

๐Ÿœ gula & beberapa makanan yang dipotong

 

๐Ÿ *Kamis*

๐Ÿœ kertas warna

๐Ÿœ kertas warna hitam atau abu-abu

๐Ÿœ shaving cream

๐Ÿœ loyang persegi empat

๐Ÿœ mainan berbentuk semut, daun, dll

 

๐Ÿ *Jumat*

๐Ÿœ sendok plastik

๐Ÿœ pipe cleaner

๐Ÿœ kertas gambar

๐Ÿœ pewarna hitam

๐Ÿœ pasir/bedak

 


 

LESSON PLAN NOVEMBER WEEK 3/ SAFAR 1438H

TEMA: SEMUT

TARGET: BALITA (4-6 TAHUN)

๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ

 

๐Ÿ“Ž SENIN๐Ÿ“Ž

SHIRAH

Materi: mengulang kisah Nabi Sulaiman dan semut

BAHASA

Materi: shirah nabi sulaiman dan bercerita tentang semut

Aktivitas:

๐Ÿœ Mengamati semut dan bercerita tentangnya

๐Ÿœ Memberi tahu semut dalam bahasa arab (namlatun) bahasa inggris (ant)

๐Ÿœ Membuat flash card gambar semut, kata “semut”, kata “namlatun”, dan kata “ant”

๐Ÿœ Minta anak menunjuk flash card bertuliskan semut, namlatun, dan ant

๐Ÿœ Prewriting skill: Tracing huruf-huruf yang menyusun kata s-e-m-u-t

๐Ÿœ Tanya jawab tentang pengetahuan seputar semut untuk melatih anak merangkai kalimat

๐Ÿœ Mengerjakan maze huruf S untuk semut
Sumber: https://goo.gl/images/OjzwnN

https://goo.gl/images/uSNDpN

 

๐Ÿ“Ž SELASA ๐Ÿ“Ž

ADAB

Materi: adab berpakaian (materi terlampir)

HADITS

Materi: mengutamakan yang kanan (materi terlampir)

Practical Life Skills

Materi: berlatih mencuci pakaian

Aktivitas:

๐Ÿœ memasukkan cucian ke dalam mesin cuci

๐Ÿœ memahami proses mencuci

๐Ÿœ mengeluarkan cucian dari mesin

๐Ÿœ menjemur pakaian

๐Ÿœ latihan mencuci manual

 

๐Ÿ“Ž RABU ๐Ÿ“Ž

AQIDAH

Materi: ‘ainallaah/dimana Allah (Materi terlampir)
*SAINS*

Materi: mengenal anatomi tubuh semut dan siklus kehidupannya

Aktivitas:

๐Ÿœ Mempelajari anatomi tubuh semut

๐Ÿœ Membuat lapbook siklus kehidupan semut

๐Ÿœ Eksperimen makanan yang disukai semut
Sumber: http://www.lizs-early-learning-spot.com/ant-life-cycle-first-next/

Teaching kids about ant anatomy {insect printable}

“A is for Ant” Activity Kids Won’t Forget!

 

๐Ÿ“Ž KAMIS ๐Ÿ“Ž

ASMAUL HUSNA

Materi: Al-malik (materi terlampir)

LOGIKA-MATEMATIKAย 

Materi : anatomi semut, menghitung 1-6, membandingkan ukuran

Aktivitas :

๐Ÿœ anak menggambar semut sambil di hitung jumlah antena, kaki dll

๐Ÿœ setelah selesai menggambar dapat diwarnai, sambil mewarnai bercerita dongeng semut dan belalang

๐Ÿœ pertanyaan ketika santai sambil melihat karya anak

Sumber :

http://www.ceritakecil.com/cerita-dan-dongeng/Semut-dan-Belalang-43

https://goo.gl/images/EPKzRR

Contoh materi matematika terlampir

 

๐Ÿ“Ž JUMAT ๐Ÿ“Ž

ALQURAN

Materi: an-naml (materi terlampir)

CRAFTING

Materi: membuat semut dengan kertas lipat

Aktivitas:

๐Ÿœ Menggunting bentuk-bentuk geometri

๐Ÿœ Menempel guntingan bentuk geometri agar tersusun menjadi bentuk semut

Sumber: http://id.pinterest.com/explore/ant-crafts/

 

(LAMPIRAN)

๐Ÿ“š Lesson Plan ‘Ulumuddien 2

๐Ÿ—“ 14-20 Safar 1438 H

1. Asmaul Husna: AL MALIK

๐ŸŒธ๐Ÿ’ฌ Sampaikan kepada anak arti AL MALIK

๐Ÿ–Š AL MALIK ( ุงู„ู…ู„ูƒ ) artinya Maha merajai.
Maknanya: Allรฃh Dzat pemilik kerajaan yang sempurna dan kekuasaan yang mutlak.

๐Ÿ’ฌAjak anak dialog dan manfaatkan banyak moment.

๐Ÿ’ฌ Adek…! Tahu Nabi Sulaiman ‘alayhissalaam. Alhamdulillaah adek tahu. Beliau adalah seorang Raja.
Tahu Nabi Daud ‘alaihissalรฃm? Beliau juga Allรฃh takdirkan seorang raja.
Siapa lagi raja yang adek tahu di dunia ini?
Sehebat apapun rajaยฒ didunia ini tugasnya tak dilakukan sendiri, mereka memerlukan bantuan para mentri dan prajuritnya. kekuasaannya pun terbatas. Mereka pun rajaยฒ didunia perlu istirahat jika telah lelah, perlu tidur, mengalami sakit dan tak bisa ngapaยฒin kalau sakit kaya adek. Rajaยฒ itupun jika masanya Telah habis mereka pun mengalami kematian diganti raja yang baru.
Tapi… ada lho, Raja yang berkuasa sepanjang masa.

Dia menguasai kerajaan langit dan bumi serta semua isinya.

Dia mengatur semuanya dengan sempurna tanpa bantuan siapapun. tidak pernah tidur dan ngantuk dan terus menerus mengurus semuanya.
Adek tahu siapa Dia? Allรฃh.

Allรฃh yang paling berkuasa.

Raja dari semua raja.

Allรฃh lah dzat yang memiliki mutlak sifat merajai dan memerintah seluruh alam. Semua raja yang berkuasa di dunia ini akan tunduk kepada kekuasaanNya.
Milik-Nya. Apa yang ada di langit๐ŸŒฅุŒ di bumi๐ŸŒ, di bawah bumi ๐ŸŒŠdan diantara langit dan bumi*.

*_sebutkan bersama anak apaยฒ yang ada di langit, di bumi, di bawah bumi dan diantara langit dan bumi_

 

*2. Alquran:*
๐ŸŒธMembacakan dan mentalqinkan, dan mentadabburi Qs. An Naml: 17-19.
๐ŸŒธ Memberintahu jumlah surat dalam Alquran 114. Dan An Naml adalah surat ke 27.

 

*3. Aqidah*

๐ŸŽ€ *AINA ALLรƒH? ( ุงูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู’)* ๐Ÿ‘‰๐Ÿป Dimana Allรฃh?
๐Ÿ’ฌTanyakan pada anak:

Dimana Allรฃh?

Bimbing anak: Allรฃh di atas langit.
Allรฃh bersemayam, tinggi dan naik diatas ‘Arsy.
๐Ÿ’ฌ Apakah adek tahu apa itu ‘Arsy?

‘Arsy adalah makhluk Allรฃh yang paling besar.

‘Arsy juga makhluk Allรฃh yang paling tinggi.

Arsy berada diatas langit ke tujuh.
‘Arsy juga merupakan singgasana yang memiliki beberapa tiang yang dipikul oleh para malaikat. Ia menyerupai kubah bagi alam semesta.
‘Arsy juga merupakan atap seluruh makhluk.
Allรฃh kabarkan dek dalam Alquran QS. Thoha ayat 5.
ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูฐู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุนูŽุฑู’ุดู ุงุณู’ุชูŽูˆูŽู‰

“Arrahman ( dzat Yang Maha Penyayang) beristiwa'( bersemayam, tinggi dan naik) di atas ‘Arsy.
๐Ÿ–ŠCat: ortu

๐Ÿ“– Baca lengkap: Albidayah wannihayah buku jilid 1

๐Ÿท Biasakan ananda mengenal dalil alquran dan hadits, sehingga ananda bisa memaknai setiap hal karena ada dalil.
*4. Doa*
๐Ÿ‘•*Doa Memakai pakaian*
ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ูŽู‘ุฐูู‰ ูƒูŽุณูŽุงู†ูู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุซูŽู‘ูˆู’ุจูŽ ูˆูŽุฑูŽุฒูŽู‚ูŽู†ููŠู‡ู ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุญูŽูˆู’ู„ู ู…ูู†ูู‘ู‰ ูˆูŽู„ุงูŽ ู‚ููˆูŽู‘ุฉู
*[Alhamdulillahilladzi kasaaniy hadzats tsauba wa rozaqonihi min ghoiri hawlin minniy wa laa quwwatin]*
_Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku. (HR. Abu Daud no. 4023. Hasan)_
*Doa Syukur nikmat*

27.An-Naml : 19
ุฑูŽุจู‘ู ุฃูŽูˆู’ุฒูุนู’ู†ููŠ ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุดู’ูƒูุฑูŽ ู†ูุนู’ู…ูŽุชูŽูƒูŽ ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุฃูŽู†ู’ุนูŽู…ู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ูฐ ูˆูŽุงู„ูุฏูŽูŠู‘ูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุนู’ู…ูŽู„ูŽ ุตูŽุงู„ูุญู‹ุง ุชูŽุฑู’ุถูŽุงู‡ู ูˆูŽุฃูŽุฏู’ุฎูู„ู’ู†ููŠ ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ูููŠ ุนูุจูŽุงุฏููƒูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูุญููŠู†ูŽ
“Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”.
*5. Adab*
*๐Ÿ‘• Adab berpakaian:*

1. Memakai pakaian yang suci dan bersih

2. Tidak mengenakan pakaian yang sempit sehingga membentuk lekuk tubuh

3. Di sunnahkan mendahulukan bagian tubuh (tangan dan kaki) sebelah kana

4. Pakaian harus menutup aurat

5. Laki-laki tidak boleh memakai pakaian yang menyerupai pakaian wanita begitu pula sebaliknya.

6. Tidak boleh memakai pakaian yang bergambar makhluk bernyawa.
*6.Hadits*

*mendahulukan bagian kanan*

ูˆูŽุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ : ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูุนู’ุฌูุจูู‡ู ุงู„ุชู‘ูŽูŠูŽู…ู‘ูู†ู ูููŠ ุชูŽู†ูŽุนู‘ูู„ูู‡ู ูˆูŽุชูŽุฑูŽุฌู‘ูู„ูู‡ู ูˆูŽุทูŽู‡ููˆุฑูู‡ู ูˆูŽูููŠ ุดูŽุฃู’ู†ูู‡ู ูƒูู„ู‘ูู‡ูย ู…ูุชู‘ูŽููŽู‚ูŒ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู

‘Aisyah Radliyallaahu ‘anhu berkata: Adalah Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam suka mendahulukan yang kanan dalam bersandal menyisir rambu but bersuci dan dalam segala hal. Muttafaq Alaihi.
Download Bulughul Maram Terjemahan http://bit.ly/bulughul_maram
*menjaga Alloh*
ุงูุญู’ููŽุธู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูŽ ูŠูŽุญู’ููŽุธู’ูƒูŽ
Artinya: Jagalah Allรฃh, niscaya Dia akan menjagamu.

(HR. Attirmidzi)

๐Ÿ€๐ŸŒน๐Ÿ€๐ŸŒน๐Ÿ€๐ŸŒน๐Ÿ€๐ŸŒน๐Ÿ€


Selamat Melewati Momen Bahagia Bersama Anak-Anak Buibu Cantik Sholihah

Untuk menemani aktivitas bersama Ananda , bisa di unduh juga kalender aktivitas sebagai ceklist aktivitas selama sepekan
http://familiakreativa.blogspot.co.id/2016/05/download-gratis-kalender-aktivitas.html
๐Ÿ•ท๐Ÿ•ธ๐Ÿ•ท๐Ÿ•ธ๐Ÿ•ท๐Ÿ•ธ๐Ÿ•ท๐Ÿ•ธ

Lesson Plan Sabumi bisa dilihat di fanpage Sabumi Homeschooler Club, atau grup FB Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung).

Jika Bunda mempraktekkan Lesson Plan ini, jangan lupa berbagi kisahnya ya, di Grup FB Sabumi.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabaarakaatuh,

Tim Lesson Plan Sabumi

img-20161105-wa0005

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s