Lesson Plan

[Lesson Plan] Unta

Lesson Plan Sabumi Pekan 1 Desember: Unta
Lesson Plan Sabumi Pekan 1 Desember: Unta

LESSON PLAN DESEMBER WEEK 1/ RABIUL AWAL 1438H
TEMA: UNTA
TARGET: TODDLER (0-3 TAHUN)
๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ
๐Ÿ“’๐Ÿ“–๐Ÿ“’๐Ÿ“–๐Ÿ“’๐Ÿ“–๐Ÿ“’๐Ÿ“–๐Ÿ“’๐Ÿ“–

๐Ÿ“Ž SENIN ๐Ÿ“Ž
๐ŸŽฏ Fokus Materi ๐ŸŽฏ

๐Ÿ” * Shirah*
Membacakan Qur’an Ayat Al-a’raaf ayat 73-79 dan terjemahannya
๐Ÿช membacakan kisah unta dan Nabi Sholeh
๐Ÿช mengambil hikmah dibalik kisah ini

๐Ÿ”  *Bahasa*
๐Ÿช Bertanya seputar kisah unta dan Nabi Sholeh
๐Ÿช Tracing unta sambil bertanya kembali tentang kisah unta dan Nabi Sholeh
๐Ÿช membuat topeng unta yang akan digunakan saat membacakan kisah unta
๐Ÿช membuat flash card unta dalam 3 bahasa. Unta (Indonesia), Camel (Inggris), Jamalun (Arab)
๐Ÿช Mengulang-ngulang kata kunci seputar unta: padang pasir, punuk
๐Ÿช Menggambar dan mewarnai unta sambil bertanya seputar unta
๐Ÿช Dimana unta hidup? Padang pasir
๐Ÿช Bagian menonjol pada tekuk unta disebut? Punuk
๐Ÿช Apa bahasa inggris unta? Camel
๐Ÿช Apa bahasa arab unta? Jamalun
๐Ÿช Tracing garis bersama unta

๐Ÿ“š Referensi ๐Ÿ“š
๐Ÿช Al-Qur’an surat Al- Araf ayat 73-79, Hud aReferensiyat 61-68, Al-Qamar ayat 23-32
๐Ÿช http://www.ebookanak.com/anak-muslim/kisah-25-nabi-dan-rasul/kehebatan-kaum-tsamud/
๐Ÿช http://www.sparklebox.co.uk/previews/10126-10150/m.sb10141-camel-masks.html#.WDniHWgxWf0
๐Ÿช http://www.activityvillage.co.uk/camel-tracing
๐Ÿช http://www.activityvillage.co.uk/learn-to-draw-a-camel
๐Ÿช https://sabumibdg.files.wordpress.com/2016/12/doc-20161129-wa0008.pdf

๐Ÿ“Ž SELASA ๐Ÿ“Ž
๐ŸŽฏ Fokus Materi ๐ŸŽฏ
๐Ÿ”  *Do’a*
๐Ÿช Doa Ketika Memakai Pakaian Baru
โ€œAlloohumma Lakal Hamdu Anta Kasautaniih, As-Aluka Min Khoiri Wa Khoiri Maa Huwa Lah. Waโ€™a-Uudzubika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lah

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ู„ูŽูƒูŽ ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ูƒูŽุณูŽูˆู’ุชูŽู†ููŠู‡ู ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุฎูŽูŠู’ุฑูู‡ู ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑู ู…ูŽุง ุตูู†ูุนูŽ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑูู‘ู‡ู ูˆูŽุดูŽุฑูู‘ ู…ูŽุง ุตูู†ูุนูŽ ู„ูŽู‡ู
Artinya : โ€œYa Allah segala puji bagimu yang telah memberikan pakaian ini , sesungguhnya aku memohon kepadaMu dari kebaikan pakaian ini dari kebaikan yang dibuat untuknya. Dan aku berlindung kepadaMu dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang dipakai ini dibuat untuknyaโ€

๐Ÿชย  Doa Ketika Memakai Pakaian Lama
Alhamdulillaahil Ladzii Kasaanii Haadzaa Wa Rozaqonihii Min Ghoiri Haulin Minnii Walaa Quwwah

ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ูŽู‘ุฐูู‰ ูƒูŽุณูŽุงู†ูู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽุฑูŽุฒูŽู‚ูŽู†ููŠู‡ู ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุญูŽูˆู’ู„ู ู…ูู†ูู‘ู‰ ูˆูŽู„ุงูŽ ู‚ููˆูŽู‘
Artinya : โ€œSegala puji bagi Allah yang memberi pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa ada daya dan kekuatan dariku.โ€

๐Ÿช Doa Ketika Melepas Pakaian
Bismillaahil Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwa

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู’ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุฃูŽ ู‡ููˆูŽ. ุฑูˆุงู‡ ุงุจู† ุงู„ุณู†ูŠ ุนู† ู…ุนุงุฐ
Artinya : โ€œDengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia.โ€

๐Ÿ”  *Adab memakai/membuka pakaian*
Aktivitas:
๐Ÿช Mencari tempat yg tersembunyi untuk membuka/memakai pakaian (misal Kamar ,tidak membiasakan anak memakai baju di ruang tamu /ruang terbuka )
๐Ÿช Selalu memulai baca doa saat memakai pakaian dan membuka nya
๐Ÿช Saat memakainya memulai dari kanan,ย  membuka nya Dari kiri
๐Ÿช bersyukur karena Allah memberikan pakaian biar Tidak kepanasan,kedinginan, terlihat cantik dan tampan, tidak seperti binatang dan akan terhindar dari penyakit, kuman atau virus
๐Ÿช memakai pakaianย  akan membuat Allah semakin sayang jadi pakaian nya jangan yg memperlihatkan aurat
(Bisa mulai dikenalkan apa itu aurat dan batasannya apa saja, atau bisa juga dilihat kan video batasan aurat)
๐Ÿช Belajar menyimpan pakaian Kotor ke tempat yang sudah disediakan

๐Ÿ“š Referensi ๐Ÿ“š
๐ŸชBuku Adab
๐Ÿช Doa pilihan untuk ananda
http://bersamadakwah.net/doa-memakai-pakaian/
๐Ÿช panduan mendidik PRA sekolah
๐Ÿช http://belajar-fiqih.blogspot.qa/2013/11/11-adab-dalam-berpakaian-menurut-islam.html?m=1

๐Ÿ” *Practical Life Skill*
๐Ÿช Belajar mengenakan dan melepas pakaian
๐Ÿช belajar memasangkan kancingย  Baju, bisa menggunakan baju mereka atau membuat rantai kancing
๐Ÿช mengenalkan macam macam Baju dengan wayangย  baju dan sekaligus memasang masangkannya
๐Ÿช menjahit baju

๐Ÿ“š Referensi ๐Ÿ“š
๐Ÿช http://horazwiwik.blogspot.qa/2012/12/belajar-mengancingkan-dengan-ular.html?m=1
๐Ÿช http://www.rockabyebutterfly.com/2012/01/button-board.html?m=1

๐Ÿ“Ž RABU ๐Ÿ“Ž
๐ŸŽฏFokus Materi๐ŸŽฏ
๐Ÿ” *Aqidah*
๐Ÿชย  kalimat thayyibahย  Allahu Akbar
๐Ÿช mengucapkan dan mengulang-ulang kalimat takbir / Allahu akbar dan artinya Allah Maha Besar
๐Ÿช menanamkan kepada anak bahwa sebagaiย  hamba Allah kitaย  mengakui kebesaran Allah.
dan berarti selain Allah adalah kecil dan kita hanyalah seorang yang sangat lemah, dan tiada berdaya ketika dihadapan Allah SWT.
๐Ÿช takbir adalah ucapan orang orang beriman,ย ย  ketika kita melihat atau mengalami sesuatu yang menakjubkan, yang menunjukkan kebesaran Allah SWT.
seperti melihat ciptaan Allah, keindahan, lautan yang terbentang luas, langit di malam hari yang di penuhi dengan cahaya rembulan dan bintang-bintang.
Atau ucapan untuk menggetarkan hati musuh, ucapan mendapat kabar kegembiraan , ucapan atas segala sesuatu yg terjadi semata Karena keagungan Allah yang manusia takkan dapat melakukan nya

๐Ÿ“š Referensi ๐Ÿ“š

http://tuntunanislam.com/sedekah-kalimah-thayyibah/
http://bilikislam.blogspot.qa/2015/10/kalimat-dan-arti-takbir.html?m=1

๐Ÿ” *Sains*
๐Ÿช Menonton keutamaan dan keistimewaan unta
๐Ÿช membuat unta dari penjepit baju sambil menjelaskan 5W + 1H unta
๐Ÿช What (Apa nama binatang ini? Unta. Apa saja jenis-jenis unta? Unta tanpa punuk, unta berpunuk tunggal, unta berpunuk ganda)
๐Ÿช Who ( Siapa pencipta unta? Allah)
๐Ÿช When ( Kapan unta berkeringat? Jika suhu tubuhnya lebih dari 41 derajat celsius)
๐Ÿช Where ( Dimana ia tinggal? Padang pasir)
๐Ÿช Why ( Mengapa ia bisa berjalan ratusan kilometer tanpa minum setetes air ,pun? Karena unta punya cadangan energi di punuk)
๐Ÿช How ( Bagaimana ia bisa bertahan di padang pasir?
Unta punya punuk sebagai gudang tenaga;
unta bisa menghabiskan 90 liter air untuk mengisiย  gudang tenaga;
unta bisa makan rumput 30-50 kg sehari;
unta bisa makan duri;
bulu unta di perutnya sangat tipis hingga panas cepat menghilang;
bulu hidung, telinga, dan mata unta panjang sehingga unta terlindung dari pasir gurun yang beterbangan;
telapak kaki unta lebar dan empuk sehingga unta tak mudah terperosok ke dalam pasir;
kelopak mata unta transparan sehingga bisa melihat meski kelopak mata tertutup saat ada badai pasir)

๐Ÿช Membuat sensorybag unta
๐Ÿช Buat unta warna-warni dengan art foam
๐Ÿช Masukkan unta, water colour, dan baby oil ke dalam ziplock
๐Ÿช Minta anak meraba sensory bag
๐Ÿช Tanya seputar keistimewaan unta
๐Ÿช Jelaskan tentang water colour dan baby oil yang tak bisa menyatu ( air dan minyak tidak dapat bercampur)
๐Ÿช Membuat 3 jenis unta dari kardus
– Membuat unta tanpa punuk (Lama glama)
– Membuat unta berpunuk tunggal (Camelus dromedarius)
– Membuat unta berpunuk ganda (Camelus bactrianus)
๐Ÿช Menyiapkan sensorybinย  dengan unta dari kardus
– Tabur tepung roti ke dalam wadah besar
– Minta anak untuk memindahkan tepung roti dari mangkuk ke dalam wadah besar dengan bantuan sendok
– Minta anak untuk menempatkan 3 jenis unta kardus ke dalam wadah
– Minta anak meraba tepung roti
– Ajak anak melihat perbedaan dari ketiga jenis unta
– Bertanya kembali tentang keistimewaan unta

๐Ÿ“š Referensi ๐Ÿ“š:
๐Ÿช https://m.youtube.com/watch?v=06-Fev6jyj8
๐Ÿช http://www.andnextcomesl.com/2014/04/egyptian-desert-sensory-bin-with-camels.html
๐Ÿช https://sabumibdg.files.wordpress.com/2016/12/img-20161130-wa0017.jpg

๐Ÿ“Ž KAMIS ๐Ÿ“Ž
๐ŸŽฏFokus Materi๐ŸŽฏ
๐Ÿ”  *Asmaul husna*
materi :ย  Ar-Razzaq
(Materi : terlampir)

๐Ÿ“š Referensi:
๐Ÿ“Ž Al Quranul Karim
๐Ÿ“Ž http://asysyariah.com/arrazaq/
๐Ÿ“Ž Buku: 99 Nama Indah Allaah, Alkautsar kids

๐Ÿ” Logika Matematika:
๐Ÿช๐Ÿช sorting warna dan angka lewat kegiatan rainbow camel caravan
Alat dan bahan:
๐Ÿช Kertas warna: putih, coklat, merah, oranye, kuning, hijau, biru, dan ungu
๐Ÿช gunting
๐Ÿช Lem
๐Ÿช Spidol
๐Ÿช Kertas karton
Cara membuat:
๐Ÿช Buat pola berbentuk unta pada kertas warna coklat sebanyak 10 buah lalu gunting
๐Ÿช. Buat bentuk punuk unta pada masing-masing 2 buah pada kertas warna merah, oranye, kuning, hijau, biru, dan ungu lalu gunting dan tempel di punuk unta yang sudah digunting sebelumnya
๐Ÿช Sisa punuk unta dituliskan nomor 1-10
๐Ÿช Tempel unta pada kertas karton berjajar seperti sedang carafan
๐Ÿช Simpan punuk unta yang telah digunting diatas kertas karton
๐Ÿช Minta anak untuk mencocokan nomor dan warnanya.

๐Ÿช๐ŸชMenyorting kancing sesuai warna
๐Ÿช Siapkan kancing dengan warna merah, kuning, hijau, dan biru dalam satu wadah
๐Ÿช Siapkan wadah berwarna merah, kuning, hijau, dan biru
๐Ÿช Minta anak untuk menaruh kancing pada wadah yang sama warnanya dengan kancing tersebut.

๐Ÿ“š Referensi ๐Ÿ“š
๐Ÿชhttp://jo-jacks.com/camel-crafts-kids
๐Ÿชhttp://aboutfamilycrafts.com/button-sorting-cupsd-encyclopedia-of-discovery-dvd/

๐Ÿ“Ž JUMAT ๐Ÿ“Ž
๐ŸŽฏ Fokus Materi๐ŸŽฏ
๐Ÿ”  *Al-Qur’an*
al-Qurโ€™an surat al-Aโ€™raf ayat 26:

ูŠูŽุง ุจูŽู†ููŠ ุขุฏูŽู…ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽู†ู’ุฒูŽู„ู’ู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ู„ูุจูŽุงุณู‹ุง ูŠููˆูŽุงุฑููŠ ุณูŽูˆู’ุขุชููƒูู…ู’ ูˆูŽุฑููŠุดู‹ุง ูˆูŽู„ูุจูŽุงุณู ุงู„ุชู‘ูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุขูŠูŽุงุชู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽุฐู‘ูŽูƒู‘ูŽุฑููˆู†ูŽ

โ€œWahai anak cucu Adam! Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kalian pakaian untuk menutup aurat kalian dan perhiasan bagi kalian.
Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah. Mudah-mudahan mereka ingat.โ€

๐Ÿ”  *Crafting*
๐Ÿช ๐Ÿชmembuat unta dari amplop
Alat dan bahan:
๐Ÿช. amplop
๐Ÿช. Kertas warna coklat
๐Ÿช. Crayon
๐Ÿช. Spidol
๐Ÿช. Gunting
๐Ÿช. Lem
Cara membuat:
๐Ÿช. Buat pola kaki, ekor, dan kepala unta lalu gunting
๐Ÿช. Warnai amplop dengan warna coklat
๐Ÿช. Tempel kaki, ekor, dan kepala unta pada amplop
๐Ÿช. Beri gambar mata, hidung dan mulut pada bagian wajah unta

๐Ÿช๐Ÿช membuat cap tangan unta
Alat dan bahan:
๐Ÿช Kertas hvs atau karton
๐Ÿช. Pewarna coklat, bisa cat atau pewarna makanan
๐Ÿช. Spidol
๐Ÿช. Kuas
Cara membuat:
๐Ÿช. Celupkan bagian dalam tangan pada pewarna
๐Ÿช. Tempelkan pada kertas
๐Ÿช. Untuk bagian jari kelingking, manis, tengah, dan telunjuk sebagai kaki unta
๐Ÿช. Untuk bagian jempol tambahkan bagian kepala unta dengan kuas lalu gambar wajah.
๐ŸชTambahkan gambar ekor dengan menggunakan kuas.

๐Ÿ”  Fisik:
๐Ÿช0-3 bln: Gerakkan mainan atau buat suara2 gembira di depan anak hingga ia belajar mengangkat kepala.

๐Ÿช3-9 bln: Dudukkan bayi di tempat tidur/ meja/ kursi, lalu tarik bayi ke posisi berdiri.

๐Ÿช9-12 bln: Ajak anak untuk berjalan berpegangan.

๐Ÿช12-18: Beri mainan yang bisa ditarik. Ajari anak melangkah mundur ketika menarik mainan tersebut.

๐Ÿช18-24 bln: Ajari anak untuk berdiri di atas satu kaki.

๐Ÿช 24-36 bln: Ajak anak merangkak di kolong meja sebagai latihan menghadapi rintangan.

๐Ÿ“š Referensi ๐Ÿ“š
๐Ÿช http://www.preschoolzone.co.uk/camel-craft-idea-for-kids/
๐Ÿช https://mommychi.co.id

๐Ÿ““ lampiran ๐Ÿ““

Asmaul Husna:
Al Raaziq: Maha Pemberi Rezeki*

๐Ÿ‘‰Bacakan kepada Ananda Qs. Hud:ย  58

ุงูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูŽ ู‡ููˆูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฒู‘ูŽุงู‚ู…

Artinya: Sesungguhnya Allaah, Dialah Maha Pemberi Rezeki… ( Qs. Hud: 58).

๐Ÿ‘‰Sampaikan pada ananda mkkna *Ar Razaq*
๐ŸŒธ*Ar Razaq* bermakna: , โ€œMaha Pemberi Rezeki terhadap seluruh makhluk, sehingga tidaklah ada sesuatu yang ada di alam angkasa ataupun alam bumi kecuali menikmati rezeki-Nya dan dilingkupi oleh kedermawanan-Nya.

๐Ÿ‘‰ Sampaikan pada ananda point-point berikut, gunakan banyak goldent moment dalam keseharian misal saat makan, mendapat rezeki yang tak diduga-duga, melihat alam, menyampaikan tema Unta bagaimana rizki nya sampai pada unta, melihat cicak didinding yang sedang menunggu mangsa dan lain lain:

๐Ÿ’ฌ Anakku…
๐Ÿ”นAlhamdulillaah hari ini kita bisa makan, pagi, siang, dan sore dgn bermacam2 jenis, bentuk, warna dan rasa, sehingga kita bisa tumbuh dan sehat. tiada semua itu hadir tanpa ada yang memberiknnya. Kitapun bisa mempunyai pakaian yang berwarna warni dan banyak model, rumah yang nyaman, mainan yang menyenangkan, dan rezeki-rezeki lainnya. Semua itu ada yang memberikannya.

๐Ÿ”น Tapi anakku…
Rezeki tak hanya uang dan materi saja . Kesehatan, kepandaian, ketampanan, kecantikan, semuanya rezeki.

Ilmu, Iman,amal shalih, akhlak mulia, juga rezeki. Tiada rezeki yang paling tinggi kecuali rezeki Iman, alhamdulillaah kita mendapatkan rezeki itu.

Siapakah pemberi rezeki semua itu?

๐Ÿ”นAllaah Ar Razaq, Yang Maha Pemberi Rezeki.
Tapi…Rezeki tidak diberikan pada orang yang berdiam diri. Kita harus senantiasa berusaha mendapatkannya dan jangan lupa berdoa, agar mendapatkan rezeki yang halal dan baik yaitu rezeki halal yang tidak mengandung dosa. Allaah mencukupi hamba-Nya dengan rezeki yang halal sehingga tidak membutuhkan yang haram.
๐Ÿ”นAnakku… Semua rezeki itu di tangan Allaahย  saja.

๐Ÿ”นAllahlah pencipta rezeki dan pencipta makhluk yang memanfaatkan rezeki tersebut.

๐Ÿ”นAllaahlah yang menyampaikan rezeki tersebut kepada semua makhluk ciptaanNya.

๐Ÿ”น Allaah juga merupakan Pencipta sebab-sebab menikmatinya.

๐Ÿ”นOleh karena itu, yang wajib dilakukan adalah menyandarkan rezeki tersebut hanya kepada Allaah satu-satu-Nya, kalau kamu mau sesuatu yang pertama disebut dan di mohon adalah Allaah, bukan ibu atau ayah, setelah meminta kepada Allaah dengan cara berdo’a baru pada ibu dan ayah.

๐Ÿ”นAnakku…Wajib bagi kita bersyukur atas seluruh nikmat rezeki ini, dengan cara melaksanakan segala perintah Allaah dan menjauhi semua hal yang dilarangNya.

Bacaan Anak Muslim: Allah Memberiku Makanan
http://bam.raudhatulmuhibbin.org/2011/03/allah-memberiku-makanan.html?m=1

๐Ÿ“š Referensi:
๐Ÿ“Ž Al Quranul Karim
๐Ÿ“Ž http://asysyariah.com/arrazaq/
๐Ÿ“Ž Buku: 99 Nama Indah Allaah, Alkautsar kids

Lesson Plan Toddler Sabumi
Lesson Plan Toddler Sabumi

 


LESSON PLAN NOVEMBER WEEK 4/ SAFAR 1438H
TEMA: UNTA
TARGET: PRESCHOOL (4-6 TAHUN)
๐Ÿ“’๐Ÿ“–๐Ÿ“’๐Ÿ“–๐Ÿ“’๐Ÿ“–๐Ÿ“’๐Ÿ“–๐Ÿ“’๐Ÿ“–
๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ๐Ÿ“Œ

๐Ÿ“Ž *SENIN*
*SHIRAH/AlQURAN*
Materi: menceritakan kisah nabi shaleh unta dalam surat Al-a’raf ayat 73-79

*BAHASA*
Materi : bercerita tentang UNTA
Aktivitas:
๐Ÿซ Membuat stand up camel dari amplop
๐Ÿซ Menceritakan kisah Nabi Shaleh sambil bermain dengan unta.
๐Ÿซ Memberi tahu kata “unta” dalam bahasa Arab “jamalun” Dan camel dalam bahasa inggris
๐Ÿซ Tracing huruf-huruf yang membentuk kata “unta”
๐ŸซTracing huruf hijaiyah “ja” untuk jamalun
๐ŸชTanya jawab seputar unta

Sumber:
http://www.artistshelpingchildren.org/camelscraftsideasactivitieskids.html

http://familiakreativa.blogspot.co.id/2015/12/worksheet-printable-mengenal-huruf.html?m=1

๐Ÿ“Ž *SELASA* ๐Ÿ“Ž
*ADAB*
Materi:
Adab makan (terlampir)

*HADITS*
Materi: “Seseorang itu bersama orang yang dicintainya. ” (HR. Ahmad | Shahih | Shahihul Jami)

*PRACTICAL LIFE SKILLS*
Materi : mencuci piring
Aktivitas:
๐Ÿซmemisahkan piring,garpu,sendok dan mangkuk plastik
๐Ÿซbelajar mencuci bekas makan sendiri
๐Ÿซbelajar menakar sabun pencuci piring
๐Ÿซ belajar menggosok alat makan sampai bersih.
๐Ÿซ belajar membersihkan kembali piring yg sudah digosok
๐Ÿซmenyusun kembali piring,sendok dan garpu ke dalam rak piring

Sumber:
[12 Practical Life Activities for Kids] is good,have a look at it! http://www.whatdowedoallday.com/2014/10/practical-life-activities-for-kids.html

๐Ÿ“Ž *RABU* ๐Ÿ“Ž
*AQIDAH*
Materi: Seorang hamba mengenal nabinya (terlampir)

*SAINS*
Materi: Sains tentang unta
Aktivitas:
๐Ÿซmengenal anatomi tubuh unta
๐Ÿซmewarnai, menggunting dan menempel bagian2 tubuh unta serta fungsinga
๐ŸชMengetahui pengetahuan dasar (5w+1h) mengenai binatang unta
๐ŸชBermain tebak gambar

Sumber:
http://learncreatelove.com/printable-camel-craft/
https://www.tes.com/teaching-resource/are-camels-the-ultimate-desert-survivors-11199392
https://sabumibdg.files.wordpress.com/2016/12/tebak-gambar.pdf

๐Ÿ“Ž *KAMIS* ๐Ÿ“Ž
*ASMAUL HUSNA*
Materi: ar-razzaaq (terlampir)

*CRAFTING*
Materi:
Membuat kreasi unta dari gabus tusukย  gigi dan benang
Aktivitas:
Ambil sebuah gabus dan diatasnya buat dua punuk unta dengan kapas atau bahan yang lain. Setelah itu, bungkus gabus tersebut disekelilingnya.
Kemudian buatlah ekornya dengan benang,letakkan induknya dimuka gabus tersebut dan letakan gabus yang kecil untuk wajahnya dan gambarlah menyerupai unta. Jika ingin menggunakan bulu, gunakan benang. Terakhir, gunakan tusuk gigi untuk kakinya.

Sumber:
http://www.artistshelpingchildren.org/camelscraftsideasactivitieskids.html

๐Ÿ“Ž *JUM’AT* ๐Ÿ“Ž
*DO’A*
Materi: doa sebelum dan sesudah makan

*FIQH IBADAH*
Materi: mengenal alat bersuci
*LOGIKA-MATEMATIKA*
Materi: mencari potongan gambar (puzzle) unta, mencari perbedaan 2 gambar unta, worksheet menghitung unta

Aktivitas:
๐Ÿซ menghitung jumlah unta kemudian melingkari angka yang sesuai dengan jumlahnya
๐Ÿซbila anak menyukainya dapat menghitung jumlah punduk unta bila satu unta ada 2 punduk. Dapat mencari tahu fungsi, morfologi dari unta dan mengaitkannya dengan kekuatan unta menahan haus dan perjuangan rasulullah. Pertanyaan disesuaikan oleh ortu sesuai bahasa anak.
๐Ÿซ hasil printout puzzle unta dapat digunting oleh anak (pendampingan orang tua), kemudian menempelkannya pada gambar yang hilang.
๐Ÿซ anak mencari 12 perbedaan dari 2 gambar unta.

Sumber:
๐Ÿซworksheet 1: https://sabumibdg.files.wordpress.com/2016/12/doc-20161129-wa0007.pdf
๐Ÿซ worksheet 2: http://m.123rf.com/photo-50641094_a-camel-in-a-desert-complete-the-puzzle-and-find-the-missing-parts-of-the-picture-vector-illustratio.html?term=draw%20missing
๐Ÿซworksheet 3: https://www.dreamstime.com/stock-illustration-children-games-find-differences-cute-camel-stands-send-desert-smiles-image71212218
๐Ÿซ worksheet 4: https://www.dreamstime.com/stock-illustration-children-games-find-correct-shadow-cute-camel-stands-smiles-image71221990

(LAMPIRAN)
*๐Ÿ“š Lesson Plan ‘Ulumuddien ๐Ÿ“š*

*1. Asmaul Husna: Al Raaziq: Maha Pemberi Rezeki*

๐Ÿ‘‰Bacakan kepada Ananda Qs. Hud:ย  58

ุงูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูŽ ู‡ููˆูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฒู‘ูŽุงู‚ู…

Artinya: Sesungguhnya Allaah, Dialah Maha Pemberi Rezeki… ( Qs. Hud: 58).

๐Ÿ‘‰Sampaikan pada ananda mkkna *Ar Razaq*
๐ŸŒธ*Ar Razaq* bermakna: , โ€œMaha Pemberi Rezeki terhadap seluruh makhluk, sehingga tidaklah ada sesuatu yang ada di alam angkasa ataupun alam bumi kecuali menikmati rezeki-Nya dan dilingkupi oleh kedermawanan-Nya.

๐Ÿ‘‰ Sampaikan pada ananda point-point berikut, gunakan banyak goldent moment dalam keseharian misal saat makan, mendapat rezeki yang tak diduga-duga, melihat alam, menyampaikan tema Unta bagaimana rizki nya sampai pada unta, melihat cicak didinding yang sedang menunggu mangsa dan lain lain:

๐Ÿ’ฌ Anakku…
๐Ÿ”นAlhamdulillaah hari ini kita bisa makan, pagi, siang, dan sore dgn bermacam2 jenis, bentuk, warna dan rasa, sehingga kita bisa tumbuh dan sehat. tiada semua itu hadir tanpa ada yang memberiknnya. Kitapun bisa mempunyai pakaian yang berwarna warni dan banyak model, rumah yang nyaman, mainan yang menyenangkan, dan rezeki-rezeki lainnya. Semua itu ada yang memberikannya.

๐Ÿ”น Tapi anakku…
Rezeki tak hanya uang dan materi saja . Kesehatan, kepandaian, ketampanan, kecantikan, semuanya rezeki.

Ilmu, Iman,amal shalih, akhlak mulia, juga rezeki. Tiada rezeki yang paling tinggi kecuali rezeki Iman, alhamdulillaah kita mendapatkan rezeki itu.

Siapakah pemberi rezeki semua itu?

๐Ÿ”นAllaah Ar Razaq, Yang Maha Pemberi Rezeki.
Tapi…Rezeki tidak diberikan pada orang yang berdiam diri. Kita harus senantiasa berusaha mendapatkannya dan jangan lupa berdoa, agar mendapatkan rezeki yang halal dan baik yaitu rezeki halal yang tidak mengandung dosa. Allaah mencukupi hamba-Nya dengan rezeki yang halal sehingga tidak membutuhkan yang haram.
๐Ÿ”นAnakku… Semua rezeki itu di tangan Allaahย  saja.

๐Ÿ”นAllahlah pencipta rezeki dan pencipta makhluk yang memanfaatkan rezeki tersebut.

๐Ÿ”นAllaahlah yang menyampaikan rezeki tersebut kepada semua makhluk ciptaanNya.

๐Ÿ”น Allaah juga merupakan Pencipta sebab-sebab menikmatinya.

๐Ÿ”นOleh karena itu, yang wajib dilakukan adalah menyandarkan rezeki tersebut hanya kepada Allaah satu-satu-Nya, kalau kamu mau sesuatu yang pertama disebut dan di mohon adalah Allaah, bukan ibu atau ayah, setelah meminta kepada Allaah dengan cara berdo’a baru pada ibu dan ayah.

๐Ÿ”นAnakku…Wajib bagi kita bersyukur atas seluruh nikmat rezeki ini, dengan cara melaksanakan segala perintah Allaah dan menjauhi semua hal yang dilarangNya.

Bacaan Anak Muslim: Allah Memberiku Makanan
http://bam.raudhatulmuhibbin.org/2011/03/allah-memberiku-makanan.html?m=1

๐Ÿ“š Referensi:
๐Ÿ“Ž Al Quranul Karim
๐Ÿ“Ž http://asysyariah.com/arrazaq/
๐Ÿ“Ž Buku: 99 Nama Indah Allaah, Alkautsar kids

*2. Aqidah: 3 landasan Utama ( lanjutan)*
๐Ÿ‘‰ *3. Seorang Hamba Mengenal Nabinya*

โ“Siapa Nabimu?
โœ… Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam.

๐Ÿ’ฌ Sampaikan pada ananda point-point berikut:

โœ… Beliau adalah Muhammad bin Abdullaah bin Abdum Muththalib al-Hastimi al-Quraisyi.Nabi yang paling mulia dam penutup para Nabi.

โœ… Nabi Muhammad shallalloohu ‘alaihi wasallam diperintahkan Allaah untuk:
๐Ÿ”ปmenyampaikan agama islam
๐Ÿ”ปmentauhidkan Allaah
๐Ÿ”ปmemerintantahkan kepada kita agar melakukan segala bentuk kebaikan dan melarang kita dari segala bentuk kejahatan.

๐Ÿ”ปjika kita ingin dicintai Allaah maka harus mengikuti Nabi.
๐Ÿ‘‰ Menta’ati setiap perkara yang beliau perintahkan
๐Ÿ‘‰ Membenarkanย  setiap berita yang Beliau kabarkan.
๐Ÿ‘‰ Menjauhi setiap perkara yang dilarang Beliau.

๐ŸŒท KARENA ALLAAH TIDAK DIIBADAHI KECUALI DENGAN SYARI’AT YANG DIBAWA NABI MUHAMMAD shallallaahu ‘alaihi wasallam๐ŸŒท

Kegiatan:
๐Ÿ“Œ Bercerita tentang bagaimana Akhlak Rasulullaah, buku: Aku Cinta Rasulullullaah, PQids. Atau

http://bam.raudhatulmuhibbin.org/2010/03kisah-awal-kenabian.html?m=1

๐Ÿ“ŒMembuat pohon silsilah nasab Rasulullaah shallallaahu ‘alayhi wasallam

๐Ÿ“š Referensi:
๐Ÿ” Alquranul Kariim
๐Ÿ” Buku: Anakku Inilah Aqidahmu
๐Ÿ” Buku pelajaran aqidah bagi pemula

*3. Al Quran:ย  QS. Al ‘Araf : 73-79*
๐Ÿ‘‰๐ŸปBacakan pada ananda bunyi ayat dan terjemahnya
๐Ÿ‘‰๐Ÿปbercerita:
kisah Nabi shalih dan unta betina
http://muslimkecil.com/kisah-nabi-shalih/
๐Ÿ‘‰๐ŸปMengambil pelajaran dari kisah

Aktivitas:
๐Ÿ“ Mewarnai gambar unta sambil bercerita:

https://www.google.co.id/search?q=mewarnai+unta&client=ms-android-sonymobile&prmd=inv&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwi79ICz39HQAhVMQY8KHefDDSkQ_AUIBygB&biw=480&bih=724#imgrc=ZX-NpqhBrW_s9M%3A

๐Ÿ“šReferensi:
๐Ÿ”นAlquranul karim
๐Ÿ”นTafsir Ibnu kastir

*4. Hadits*

ุงูŽู„ู’ู…ูŽุฑู’ุกู ู…ูŽุนูŽ ู…ูŽู†ู’ ุงูŽุญูŽุจู‘ูŽูŽ

“Seseorang itu bersama orang yang dicintainya” (HR. Ahmad | Shahih| Shahihul jami)

๐ŸŽˆAktivitas:
โ˜˜Menjelaskan pada ananda jika kita mencintai Rasulullaah maka kita akan bersama Beliau di surga
โ˜˜bunda membuat kaligrafi kata Muhammad dan ananda membuat kolase dari sobekan kertas, kancing, manik-manik, dll. Kemudian menggantungnya ditempat yang bisa dilihat ananda.

Gambar Mewarnai Kaligrafi Lafadz Muhammad
http://jeqweb.com/gambar-mewarnai-kaligrafi-lafadz-muhammad/
โ˜˜Ulanglah hadits ini pada ananda saat mengingatkannya untuk meneladani Rasulullaah dalam berbuat dan berkata

*5. Fiqh ibadah: Mengenal alat bersuci*
๐Ÿ‘‰๐Ÿป Lanjutan materi tentang thoharoh.

๐Ÿ“˜Alat untuk bersuci:
๐Ÿ’ง1. Air muthlaq, yaitu air yg masih dlm kondisi asli dan blm tercampuri sesuatu.
Macam2 air muthlaq: Air hujan๐ŸŒง, air laut ๐ŸŒŠ, air saljuโ„, air sungai ๐Ÿ, mata airโ›ฒ, air sumur๐Ÿ’ง.

๐Ÿœ2. Debu (tanah yang suci), yaitu permukaan bumi ๐ŸŒ yang suci baik berupa debu, pasir, kerikil, batu, atau pun tanah yang masih berair( lumpur)

โ˜€ Pencapaian perkembangan: Ananda memahami konsep thoharoh dengan bahasa sederhana dan alat yang bisa digunakan untuk thoharoh atau bersuci dari segala bentuk najis dan yang menempel dibadan pakaian dan tempat sholat.

๐Ÿ”– Aktivitas:
โœ…bersuci setiap buang hajat
โœ… menggambar bersama ananda gambar macam2 alat bersuci

๐Ÿ“šReferensi:
๐Ÿ“˜Minhajul muslim anak, Arafah
๐Ÿ“˜Ayo belajar bersuci, Pqids

6. *Adab*
Adab sebelum makan:
1. Niat yang benar
2. Memilih makanan yang halal
3. Tidak makan ketika perut masih kenyang
4. Tidak menggunakan bejana emas dan perak
5. Mencuci tangan sebelum makan

Adab saat makan
1. Memulainya dengan membaca bismillah
2. Makan dengan tangan kanan
3. Makan menggunakan tiga jari
4. Memulai makan dari yang terdekat
5. Memulai makanan dari bagian pinggir
6. Mengambil makanan yang jatuh
7. Tidak bernafas dan tidak meniup makanan atau minuman
8. Tidak memakan makanan yang panas
9. Larangan makan sambil bersandar dan tengkurap
10. Mengambil makanan satu persatu
11. Tidak mencela makanan
12. Tidak minum dan makan sambil berdiri
13. Mengambil nafas sebanyak tiga kali ketika minum
14. Makan bersama-sama
15. Mendahulukan makan daripada sholat ketika makanan telah dihidangkan

Adab setelah makan
1. Menjilati jari setelah makan
2. Bersyukur kepada Allah dan berdoa kepada-Nya
3. Mencuci tangan
4. Mencuci mulut dan berkumur-kumur

Referensi:
Adab makan dan minum, terbitan Media Sholih.

7. *Doa*
Doa Sebelum Makan

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู
(Sesuai HR. Abu Daud dan An-Nasai)

Doa Sesudah Makan

ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ ุฃูŽุทู’ุนูŽู…ูŽู†ูู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽุฑูŽุฒูŽู‚ูŽู†ููŠู‡ู ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุญูŽูˆู’ู„ู ู…ูู†ู‘ูู‰ ูˆูŽู„ุงูŽ ู‚ููˆู‘ูŽุฉู.
“Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku.” (Sesuai HR. Tirmidzi)

Doa Jika Lupa Membaca Doa sebelum Makan
Ralat

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ูููŠ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู‡ ูˆูŽุขุฎูุฑู‡ู

Dengan nama Allaah pada awal dan akhirnya (HR. Abu daud, Attirmidzi)

Sumber : https://rumaysho.com/1114-sebelum-makan-bacalah-bismillah.html

Lesson Plan Preschooler Sabumi
Lesson Plan Preschooler Sabumi

 

Selamat Melewati Momen Bahagia Bersama Anak-Anak Buibu Cantik Sholihah

Untuk menemani aktivitas bersama Ananda , bisa di unduh juga kalender aktivitas sebagai ceklist aktivitas selama sepekan
http://familiakreativa.blogspot.co.id/2016/05/download-gratis-kalender-aktivitas.html

Lesson Plan Sabumi bisa dilihat di fanpage Sabumi Homeschooler Club, atau grup FB Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung).

Jika Bunda mempraktekkan Lesson Plan ini, jangan lupa berbagi kisahnya ya, di Grup FB Sabumi.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabaarakaatuh,

Tim Lesson Plan Sabumi

img-20161105-wa0005

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s