Lesson Plan

[Lesson Plan] Ikan – Fish – Samakun

📌

LESSON PLAN DESEMBER WEEK 3

TEMA: IKAN 

TARGET: TODDLER (1-3 TAHUN)

📌

📎 SENIN 📎

SHIRAH

Materi: Kisah ikan paus dan Nabi Yunus

Aktivitas:

🐋 Membacakan kisah ikan paus dan Nabi Yunus
🐋 Mengajak ananda membahas kisah ikan paus dan Nabi Yunus

BAHASA

🐋 Membacakan cerita yang berkaitan dengan ikan
🐋 Membuat flash card ikan dalam 3 bahasa: Ikan (Indonesia ), Fish (Inggris), Samakun(Arab)
🐋 Menggambar dan mewarnai ikan sambil membahas hasil pengamatan ikan.
🐋 Mengenal dan meniru kosakata terkait ikan (anatomi, habitat)

– Dimana ikan hidup? Air

– Ikan bergerak menggunakan? Sirip

– Bernafas menggunakan? Insang

– Tempat tinggal? Laut, kolam

– Jenis ikan laut? Paus, hiu, dll

– Jenis ikan kolam? Ikan Mas, ikan koki, dll

– Warna air? Biru

🐋 Untuk Ananda usia 3 tahun bisa diajak menceritakan pengalaman sederhana terkait ikan

Referensi

☔ Buku kisah 25 nabi dan rasul
☔ Buku ensiklopedia ikan
☔ Buku dr.seuss “one fish, two fish, three fish “
https://www.activityvillage.co.uk/learn-to-draw-a-fish
http://missmaesdays.com/rainbow-fish-craft/?utm_content=buffer213ad&utm_medium=social&utm_source=pinterest.com&utm_campaign=buffer

***

📎 SELASA 📎

ADAB

Materi: Adab makan

Aktivitas: Mengajak Ananda mengenal dan membiasakan adab sebelum, selama, dan setelah makan.

🐬Adab sebelum makan:

1. Niat yang benar
2. Memilih makanan yang halal
3. Tidak makan ketika perut masih kenyang
4. Tidak menggunakan bejana emas dan perak
5. Mencuci tangan sebelum makan

🐬Adab saat makan

1. Memulainya dengan membaca bismillah
2. Makan dengan tangan kanan
3. Makan menggunakan tiga jari
4. Memulai makan dari yang terdekat
5. Memulai makanan dari bagian pinggir
6. Mengambil makanan yang jatuh
7. Tidak bernafas dan tidak meniup makanan atau minuman
8. Tidak memakan makanan yang panas
9. Larangan makan sambil bersandar dan tengkurap
10. Mengambil makanan satu persatu
11. Tidak mencela makanan
12. Tidak minum dan makan sambil berdiri
13. Mengambil nafas sebanyak tiga kali ketika minum
14. Makan bersama-sama
15. Mendahulukan makan daripada sholat ketika makanan telah dihidangkan

🐬Adab setelah makan

1. Menjilati jari setelah makan
2. Bersyukur kepada Allah dan berdoa kepada-Nya
3. Mencuci tangan
4. Mencuci mulut dan berkumur-kumur

DOA

🐟 Doa Sebelum Makan

بِسْمِ اللّٰهِ

(Sesuai HR. Abu Daud dan An-Nasai)

🐟 Doa Sesudah Makan

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنِى هَذَا وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ.

Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku.” (Sesuai HR. Tirmidzi)

🐟 Doa Jika Lupa Membaca Doa sebelum Makan

بِسْمِ اللَّه فِي أَوَّله وَآخِرهُ

Dengan nama Allaah pada awal dan akhirnya (HR. Abu daud, Attirmidzi)

Referensi: 

☔ Buku Adab Makan dan Minum (Penerbit: Media Sholih)
https://rumaysho.com/1114-sebelum-makan-bacalah-bismillah.html

***

📎 RABU 📎

ASMA’UL HUSNA

Materi: al-kholiq (terlampir)

AQIDAH

Materi: kalimah thoyyibah alhamdulillaah

Aktivitas:

🐟 mengenalkan kalimat thoyyibah alhamdulillaah dan bilamana diucapkan
Referensi:

http://bermaindanbelajar.com/mewarnai-kalimat-thayyibah-alhamdulillah.html

SAINS

Materi: Pengamatan ikan

Aktivitas:

🐟Melihat ikan di kolam sambil menceritakan keistimewaan ikan pada anak (5W+1H)

💦What (Apa nama alat pernapasan ikan? Insang)
💦Where (Dimana ikan hidup? Air)
💦When (Kapan kita tahu bahwa ikan sedang tidur? Saat kita melihat ikan tidak bergerak aktif seperti biasa dan cenderung diam. Saat itu ikan memperlambat metabolismenya untuk menghemat tenaga saat tidur serta untuk memulihkan tenaga)
💦Who (Siapa penemu ikan mujair? Iwan Muluk alias Mbah Moedjair asal Indonesia. Nama Mbah Moedjair ini telah mendunia)
💦Why (Mengapa ikan mati jika di darat? Karena insang tidak dapat digunakan untuk bernapas di luar air)
💦How (Bagaimana ikan tidur? Ikan tidak menutup mata karena mereka tidak memiliki kelopak mata. Ikan tidur dengan membenamkan tubuhnya di pasir, menyandar di bebatuan, ada juga yang menyelipkan tubuh di karang)

🐡Menonton video keunikan ikan buntal

🐟Mewarnai gambar ikan dengan potongan batang sawi hijau sambil belajar anatomi ikan.

Cara:

💦Potong batang sawi hijau sepanjang 5 cm
💦Celup batang sawi hijau ke pewarna makanan
💦Minta anak untuk menstempel batang sawi hijau ke gambar ikan
🐠Membuat fizzing fish dengan soda kue dan cuka.

Cara:
💦Siapkan soda kue dalam mangkuk. Warnai dengan pewarna makanan.
💦Siapkan cuka dalam botol. Warnai dengan pewarna makanan.
💦Letakkan mainan ikan plastik pada wadah besar.
💦Taburi ikan dengan soda kue berwarna hingga semua ikan tertimbun soda kue.
💦Minta anak menuangkan cuka di atas soda kue hingga muncul buih.
💦Mengenalkan sains dasar bahwa soda kue yang dicampur dengan cuka akan menghasilkan buih. Gelembung-gelembung buih ini merupakan gas karbondioksida hasil reaksi antara asam asetat (cuka) dan sodium bikarbonat (soda kue).

Referensi:

https://m.youtube.com/watch?v=vqwIIQB1uNs

***

📎 KAMIS 📎

HADITS

Materi: “Kalimah yg baik adalah shadaqah.” ( HR. Ahmad | shahih| Shahihul jami’)

MATEMATIKA-LOGIKA

Materi: Mengenal bentuk geometri dan mengelompokkan warna

Aktivitas:

🐳 Membuat kolase ikan dengan bentuk geometri ( kotak, segitiga, lingkaran)

💦Alat bahan

– kertas karton / kertas mangkuk kue
– kertas A4, warna – warni
– gunting
– lem

💦Cara membuat

1. Bentuk pola ikan dan gunting
2. Print pola geometric kotak, segitiga, lingkaran (warna bebas)
3. Tempelkan bentuk2 geometrik di dalam bentuk ikan

🐳 Matching geometric

1. Membuat bentuk – bentuk geomteri di kertas warna ( kotak, lingkaran, segitiga, bintang)
2. Cocokkan bentuk- bentuk geometri

🐳 Sorting colour ikan

1. Membuat ikan kecil aneka warna dalam jumlah yang cukup banyak
2. Satukan seluruh ikan dalam satu wadah
3. Anak mengelompokkan ikan sesuai dengan warnanya

🐳 Matching colour

1. Membuat Ikan di beberapa kertas warna
2. Gunting sesuai bentuk ikan
3. Buatlah lingkaran di kertas putih, ukuran lingkaran disesuaikan dengan besar badan ikan
4. Tempelkan lingkaran putih polos tersebut di badan ikan
5. Buatlah Lingkaran warna , Ukuran lingkaran sesuai dengan lingkaran di langkah 3, warna sesuai dengan langkah 1.
6. Anak memasangkan lingkaran warna di badan ikan yang memiliki warna yang sama dengan lingkaran

Referensi

https://www.childcareland.com/home/fish-color-match
http://cereschildcare.com/letterf.html
http://www.therealisticmama.com/learning-shapes/
http://www.guruparents.com/shapes-chart/
http://theprincessandthetot.blogspot.co.id/2011/07/toddler-busy-bags.html
http://www.littlefamilyfun.com/2011/09/fish-for-shapes.html
http://www.toddlerapproved.com/2015/06/sticky-fish-craft-for-toddlers.html
http://www.momshavequestionstoo.com/popsicle-stick-shapes-activity-teaching-shapes/

***

📎JUMAT📎

QUR’AN

Materi: ikan makanan yang halal

🐟 QS Al Maidah ayat 96

أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُۥ مَتٰعًا لَّكُمْ وَلِلسَّيَّارَةِ ۖ وَحُرِّمَ عَلَيْكُمْ صَيْدُ الْبَرِّ مَا دُمْتُمْ حُرُمًا ۗ وَاتَّقُوا۟ اللّٰـهَ الَّذِىٓ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ ﴿المائدة:٩٦﴾

Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nya-lah kamu akan dikumpulkan.

CRAFTING

1. Membuat ikan paus dan ikan hiu dari kertas

Bahan :
Kertas origami
Gunting
Tutorial terlampir

http://familiakreativa.blogspot.co.id/2016/12/tutorial-kreasi-kertas-membuat-hiu.html?m=1

2. Membuat diorama tema laut

Bahan :
Kapas
Pewarna makanan
Batu dan asesoris
Binatang laut mainan
Tutorial terlampir

PRACTICAL LIFE SKILL

🐟 Mencuci ikan teri medan (perlu ekstra pengawasan)
💦Minta anak untuk menempatkan teri pada alat saring
💦Minta anak untuk mencuci teri di bawah air mengalir
💦Minta anak untuk menempatkan teri pada wadah
💦Minta anak untuk menyiram teri dengan air panas
💦Minta anak untuk merendam teri sampai air rendaman dingin
💦Minta anak untuk mengangkat dan meniriskan teri
📝Teri medan bisa diganti dengan baby fish mujair

FISIK

🐋 Mengajak anak meniru gerakan bunda atau ayah saat melafalkan nursery rhyme “baby shark”.

Referensi:

https://m.youtube.com/watch?v=XqZsoesa55w

🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊

LAMPIRAN MATERI

Asmaul Husna: Al-Kholiq

📖 Bacakan pada ananda

🔖 Qs. Al Hasyr ayat 24.

هُوَ اللّٰهُ الْخَالِقُ

Artinya: “Dialah Allaah Yang menciptakan…

🔖 Qs. Ar Ra’du: 16

قُلِ اللّٰهُ الْخَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ

Artinya: “Katakanlah, Allãh adalah Pencipta segala sesuatu

💡
Sampaikan pada ananda point2 berikut, ummah bisa menjadikan banyak objek sekitar ananda untuk menyampaikannya, point2 nya:

🔹Allãh Al Kholiq yang artinya Maha Pencipta.

🔹 Allãh Pencipta semua makhluk dan segala sesuatu.

🔹Langit, Bumi, beserta isinya begitu indah, teratur dan sangat luas dan sempurna ini tentu ada yg mnciptakan, Hanya Allãh ta’ala sajalah Yang Maha kuasa untuk menciptakannya, tidak ada yg lain.

🔹 Allãh menciptakan setiap makhluk secara sempurna dan dalam bentuk yang sebaik-baiknya dengan ukuran yang paling tepat. al-Qur’an menegaskan, _”Yang memperindah segala sesuatu yang Dia ciptakan dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah.” (Q.S. As-Sajdah : 7)_

🔹Ajak ananda menyebutkan setiap benda, baik benda hidup ataupun benda mati, dri yg ghoib dan yang nyata, dari yang besar sampai yang kecil, dan tanyakan pada ananda “siapakah penciptanya?”, bimbing ananda utk menyebutkan Allãhlah Pencipta semua nya.

🔹 Manusia bagaimana juga pintarnya, tidak sanggup untuk menciptakn sesuatu yang tida ada menjadi ada, adapun manusia mampu menciptakan mobil, kapal, rumah, mainan, itu karena Allãh telah sediakan bahan-bahannya.

🔹Ajak ananda untuk mentadabburi kebesaran Allãh atas makhluk ciptaannya.

🔹Ajaklah ananda merenungkan makhluk2 Allãh agar bisa merasakan kebesaran dan keagungan Allãh.

🔹Ajaklah ananda untuk bersyukur atas karunia Allãh ta’ala dengan hanya beribadah kepada Nya saja.

Aktivitas:

✅ Menyebutkan benda2 ciptaan Allãh dan ciptaan manusia didalam rumah dan sekitar rumah

✅ Mengajak ananda menyebutkan bahan dasar dari benda2 ciptaan manusia.

📚 Referensi:

* Al Quranul Kariim
* Belajar Mudah Rukun Iman, Pustaka Ibnu ‘Umar.
* Pendidikan Tauhid, Attuqa.
* Hadits

اَلْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَة

Artinya: Kalimah yg baik adalah shadaqah. ( HR. Ahmad | shahih| Shahihul jami’)

🔹Membacakan dan menghafalkan text dan arti hadits

🔹Menjelaskan fidah hadits

http://www.programjodoh.com/hadits-ke-14-kalimat-yang-baik-adalah-sedekah/

🔹Melafalkan setiap kali berkomunikasi dgn ananda terutama saat ananda berbicara kurang baik.

📚Referensi:

* Kitab Hadits Arba’in

📕📘📙📗📕📘📙📗📕📒

LESSON PLAN DESEMBER WEEK 2

TEMA: IKAN

TARGET: PRESCHOOL (4-6 TAHUN)

📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌

📎 SENIN
SHIRAH/ALQURAN

Materi: menceritakan kisah nabi Yunus a.s. yang ditelan ikan paus dalam surat Ash-shaffaat ayat

BAHASA

Materi: menambah wawasan kebahasaan mengenai topik “ikan”

Aktivitas:

💦 Mengenal kosa kata yg berhubungan dengan ikan:

🐠 kolam
🐠 laut
🐠 nelayan
🐠 perahu
🐠 kapal
🐠 kail
🐠 umpan
🐠 jala
🐠 memancing
🐠 melaut
🐠 air tawar
🐠 air laut
🐠 musim
💦 merangkai dua kata dari kata-kata tunggal di atas
💦 menyebutkan benda, hewan, tumbuhan engan awalan kata” i”
💦 membuat flash card ikan dalam 3 bahasa: “ikan”, “fish”, dan “samakun”
💦 tracing huruf س untuk “samakun” (ikan dalam Bahasa Arab)
💦 tracing huruf-huruf yang membentuk kata i-k-a-n
💦 membuat ikan dan bermain tebak-tebakan sambil memancing ikan.

Bahan: Karton warna, Lem, Tali, Magnet, paper clip, Spidol

Cara membuat:

1. Ibu membuat pola ikan pada karton
2. Anak menggunting pola ikan tsb lalu menempelkan magnet (bisa diganti paper clip) pada mata ikan tersebut
3. Ibu menuliskan kata yg berkaitan dengan ikan pada pola ikan yang sdh di gunting
4. Anak membuat pancingannya dng memasang ujung tali pada kayu atau ranting lalu di ujung lainnya di tempelkan magnet
5. setelah jadi dapat dimainkan bersama ibu dan anak

Cara bermain:

Ibu terlebih dahulu bercerita dulu mengenai ikan, lalu ibu memberikan pertanyaan dan anak mencari jawabannya dengan cara memancing ikan yang sdh dibuat bersama
Referensi:

http://www.ideasforpreschoolers.com/fish.php

***

📎 SELASA 📎

ADAB

Materi:
Adab berbicara (terlampir)

HADITS

Materi: “Kalimah yg baik adalah shadaqah.” ( HR. Ahmad | shahih| Shahihul jami’)

PRACTICAL LIFE SKILLS

Materi: memasang kancing dan menyimpulkan tali

Aktivitas:

💦 Anak belajar memasang kancing berukuran kecil
💦 Anak belajar memasang kancing berukuran sedang
💦 Anak belajar memasang kancing berukuran besar
💦 Anak belajar memasang kancing cetet
💦 Anak belajar memasang kancing kait
💦 Anak belajar menyimpulkan tali sepatu
💦 Anak belajar menyimpulkan pita

Referensi:

http://therapyfunzone.net/blog/teaching-shoe-tying-tips-and-tricks/

***

📎 RABU 📎

AQIDAH

Materi: tingkatan dalam agama (terlampir)

SAINS

Materi: Sains tentang ikan

Aktivitas:

💦 mengetahui bagaimana kehidupan ikan di air
💦 mengenal anatomi tubuh ikan

 


Referensi:

http://id.harunyahya.com/id/Buku/4733/makhluk-makhluk-yang-mengagumkan/chapter/10385

https://goo.gl/images/xbNnu7

📎 KAMIS 📎

ASMAUL HUSNA

Materi: al-kholiq (terlampir)

CRAFTING

Materi: membuat diorama kisah Nabi Yunus a.s.

Bahan:
💦Dus bekas
💦Kertas lipat
💦Lem
💦Hiasan

Aktifitas:
💦 Anak mewarnai atau melapis dus bekas dengan kertas lipat biru sebagai dasar lautnya
💦 Anak menggunting pola ikan paus yg sudah disiapkan ibu
💦 Anak membuat origami perahu dengan arahan dari ibu
💦 Anak menempel ikan paus dan perahu yg sdh dibuat pada dus yg sdh diberi dasar biru lalu dihias dengan ornamen atau printables ikan dan terumbu karang
💦 Setelah jadi ibu menceritakan kisah Nabi Yunus

Referensi:

http://www.alexbrands.com/printable-3-fish-crafts/

***

📎 JUM’AT 📎

DO’A

Materi: doa memohon perlindungan dari setan (terlampir)

FIQH IBADAH

Materi: mengenal najis dan macam-macamnya

LOGIKA-MATEMATIKA

Materi: menghitung dan menggambar ikan

Aktivitas: (worksheet terlampir)

(LAMPIRAN)

🌷 Lesson Plan ‘Ulumuddien 🌷

1. Asmaul Husna: Al-Kholiq

📖 Bacakan pada ananda

🔖 Qs. Al Hasyr ayat 24.

هُوَ اللّٰهُ الْخَالِقُ

Artinya: “Dialah Allaah Yang menciptakan…

🔖 Qs. Ar Ra’du: 16

قُلِ اللّٰهُ الْخَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ

Artinya: “Katakanlah, Allãh adalah Pencipta segala sesuatu

💡
Sampaikan pada ananda poin-poin berikut, ummah bisa menjadikan banyak objek sekitar ananda untuk menyampaikannya, point2 nya:

🔹Allãh Al Kholiq yang artinya Maha Pencipta.

🔹 Allãh Pencipta semua makhluk dan segala sesuatu.

🔹Langit, Bumi, beserta isinya begitu indah, teratur dan sangat luas dan sempurna ini tentu ada yg mnciptakan, Hanya Allãh ta’ala sajalah Yang Maha kuasa untuk menciptakannya, tidak ada yg lain.

🔹 Allãh menciptakan setiap makhluk secara sempurna dan dalam bentuk yang sebaik-baiknya dengan ukuran yang paling tepat. al-Qur’an menegaskan, _”Yang memperindah segala sesuatu yang Dia ciptakan dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah.” (Q.S. As-Sajdah : 7)_

🔹Ajak ananda menyebutkan setiap benda, baik benda hidup ataupun benda mati, dri yg ghoib dan yang nyata, dari yang besar sampai yang kecil, dan tanyakan pada ananda “siapakah penciptanya?”, bimbing ananda utk menyebutkan Allãhlah Pencipta semua nya.

🔹 Manusia bagaimana juga pintarnya, tidak sanggup untuk menciptakn sesuatu yang tida ada menjadi ada, adapun manusia mampu menciptakan mobil, kapal, rumah, mainan, itu karena Allãh telah sediakan bahan-bahannya.

🔹Ajak ananda untuk mentadabburi kebesaran Allãh atas makhluk ciptaannya.

🔹Ajaklah ananda merenungkan makhluk2 Allãh agar bisa merasakan kebesaran dan keagungan Allãh.

🔹Ajaklah ananda untuk bersyukur atas karunia Allãh ta’ala dengan hanya beribadah kepada Nya saja.
Aktivitas:

✅ Menyebutkan benda2 ciptaan Allãh dan ciptaan manusia didalam rumah dan sekitar rumah

✅ Mengajak ananda menyebutkan bahan dasar dari benda2 ciptaan manusia.

📚 Referensi:

* Al Quranul Kariim
* Belajar Mudah Rukun Iman, Pustaka Ibnu ‘Umar.
* Pendidikan Tauhid, Attuqa.

2. Aqidah: Tingkatan Dalam Agama:

1. Islam
2. Iman
3. Ihsan

👉🏻Mengulang materi sebelumnya apa itu Islam.

👉🏻Menjelaskan secara ringkas 5 rukun islam

👉🏻Menghafal Rukun islam.

http://muslimkecil.com/tag/rukun-islam/

Aktivitas:

🔹Membuat cetakan lima jari tangan dg cat yg aman buat anak, jk ingin simple dgn membuat pola langsung memakai spidol di kertas, disetiap jari tulis kelima point rukun islam, dan hiasilah sesuka anak.

📚Referensi:

*Buku: Kreasi Asyik mmuslim cilik, Azka Madinah.
* Rukun Islam, Pqids

3. Alquran:

👉🏻 Qs Ash-Shaaffaat 139-148

👉🏻 Qs Al Qalam ayat 49-50
🔹membacakan pada ananda text Al Quran dan terjemahnya

🔹Menceritakan kisah didalamnya: Kisah Nabi Yunus dan Ikan Paus.

http://muslimkecil.com/ikan-nabi-yunus-alaihissalam/

🔹Mengamil hikmah dan peljjaran dari kisah

📚 Referensi:

* Al Quranul kariim
* Tafsir Ibnu katsir
* Al bidayah wannihayah

4. Hadits:

اَلْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَة

ٌArtinya: Kalimah yg baik adalah shadaqah. ( HR. Ahmad | shahih| Shahihul jami’)

🔹Membacakan dan menghafalkan text dan arti hadits

🔹Menjelaskan fidah hadits

http://www.programjodoh.com/hadits-ke-14-kalimat-yang-baik-adalah-sedekah/

🔹Melafalkan setiap kali berkomunikasi dgn ananda terutama saat ananda berbicara kurang baik.

📚Referensi:

* Kitab Hadits Arba’in

5. Fiqh Thoharoh: Mengenal najis dan macam2 nya

🔹Menyampaikan kepada ananda apa itu Najis, terutama saat ananda buang hajat.

🔹Menyebutkan macam-macam najis dan cara menghilangkannya dan melibatkan ananda untuk menghilangkan najis saat buang hajat dan saat ada najis lainya disekitar rumah.
https://moslemsunnah.wordpress.com/2009/07/05/mengenal-najis-cara-menghilangkannya/

📚 Referensi:
* Buku anak: Ayo belajar bersuci, pqids
* Minhajul mualim anak

🌷✅🌷✅🌷✅🌷✅🌷✅🌷✅

6. Adab

Adab berbicara
💧 Menjaga perkataan
💧 Ucapkan perkataan yang baik atau diam
💧 Sedikit bicara
💧 Menjauhi ghibah dan namimah
💧 Tidak menceritakan semua yang didengarkan
💧 Tidak berdusta
💧 Menghindari perkataan yang keji
💧 Meninggalkan perdebatan walaupun dalam keadaan benar
💧 Menjaga rahasia
💧 Menghormati yang lebih tua dalam berbicara
💧 Tidak Memotong Pembicaraan
💧 Tidak tergesa-gesa
💧 Merendahkan suara
💧 Berhati-hati dalam memuji
💧 Tidak mengolok-olok orang lain

Sumber: Buku Adab Berbicara dan Bercanda terbitan Media Sholih

7. Doa

Doa mengusir setan dan godaannya

أَعُوذُ باِللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

Artinya: Aku berlindung kepada Allaah dari godaan setan yang terkutuk. (HR. Abu Daud wa Tirmidzi)

🍒🍏🍒🍏🍒🍏🍒🍏🍒🍏🍒

Selamat Melewati Momen Bahagia Bersama Anak-Anak Buibu Cantik Sholihah

Untuk menemani aktivitas bersama Ananda , bisa di unduh juga kalender aktivitas sebagai ceklist aktivitas selama sepekan
http://familiakreativa.blogspot.co.id/2016/05/download-gratis-kalender-aktivitas.html

☘🌹🍀🌹🍀🌹🍀🌹🍀

Salam hangat dari kami semua❣❣❣❣❣❣

Tim Lp Sabumi 

📕📘📙📗📕📘📙📗📕

Advertisements

One thought on “[Lesson Plan] Ikan – Fish – Samakun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s