Lesson Plan

[Lesson Plan] BURUNG

✏✏✏

LESSON PLAN FEBRUARI WEEK 1

TEMA: BURUNG 

TARGET: TODDLER (1-3 TAHUN)

✏✏✏

*SENIN*

*SHIRAH*

Materi:

🐧🕊Membacakan kisah burung hud-hud, Nabi Sulaiman as, dan Ratu Balqis

🐧🕊Membacakan kisah burung-burung dan Nabi Dawud as

📓Referensi:

– Quran surat An-Naml ayat 20-44

– Quran surat Shad ayat 17-19

– Buku Sejarah 25 Nabi dan Rasul jilid 3 dari Perisai Quran Kids halaman 55-63

– Buku Sejarah 25 Nabi dan Rasul jilid 3 dari Perisai Quran Kids halaman 44-45

http://www.anaksaleh.com/kisah-islami/cerita-al-quran/48-kisah-nabi-sulaiman-dan-ratu-balqis.html
*BAHASA*

Materi: bercerita tentang serba-serbi burung

Aktivitas:

🐧 Menunjuk burung atau gambar burung sambil mengucapkan “itu burung” dengan lafal yang jelas pada anak. Ibu dan ayah bisa pula memberi tahu bahwa burung adalah binatang berkaki dua, bersayap, berbulu, dan biasanya dapat terbang.

🐧🕊Membuat flashcard burung dalam 3 bahasa: burung (Indonesia), bird (Inggris), thoirun (Arab)

🐧 Melafalkan dengan jelas kombinasi kata pada anak. Misal: 

  * Bulu burung penguin lembut.

  * Anak burung belajar terbang sejak lahir. 

🐧🕊Mengenalkan kosa kata terkait burung: sayap, paruh, sarang, terbang, bertelur

🐧 Menceritakan kisah Nabi Musa dan burung yang rajin berdzikir

🐧🕊Melafalkan dengan jelas nursery rhyme “five little bird” pada anak.

🐧Referensi:

http://kbbi.web.id/burung

http://www.ebookanak.com/anak-muslim/kisah-islami/99-kisah-hebat-penuh-hikmah-dan-teladan/nabi-musa-dan-burung-yang-rajin-berzikir/

http://www.ebookanak.com/wp-content/uploads/2016/08/52-kisah-teladan-untuk-Anak-Saleh.jpg-48-zikir-dan-setets-air-laut.jpg

http://littlebabybum.com/five-little-birds/

*SELASA*

*ADAB*

Materi: Adab Bertamu

Aktivitas: 

🐧 Menjelaskan dan berdiskusi dengan anak mengenai adab bertamu yang dicontohkan Rasulullah:

🔹 Minta izin maksimal tiga kali

🔹 Mengucapkan salam & minta izin jika hendak masuk

🔹 Mengetuk pintu dengan ketukan yang tidak mengganggu

🔹 Posisi berdiri tidak menghadap pintu masuk

🔹 Tidak mengintip

🔹 Pulang kembali jika disuruh pulang

🔹 Menjawab dengan nama jelas jika pemilik rumah bertanya “Siapa?”

🐧 Contohkan ketika anak bertamu atau berkunjung ke rumah teman
Sumber: https://muslimah.or.id/58-bertamu-dengan-cara-nabi-shallallahu-alaihi-wa-sallam.html

*DOA*

Materi: bacaan doa keluar rumah

Lafadz bacaan doa keluar rumah dalam bahasa arab: 

 “Bismillah tawakkatu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahi”.

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja”.

*RABU*

*ASMAUL HUSNA

Materi: Al-Ghaniy (Maha Kaya)

وَاللَّهُ الْغَنِيُّ وَأَنْتُمُ الْفُقَرَاءُ

Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang membutuhkan(Nya). [Muhammad/ 47:38].

Maknanya bahwa Allah Maha Kaya dengan apa yang Dia miliki dan apa yang ada disisi-Nya, sehingga Dia tidak butuh kepada selain-Nya. Kitalah sebagai hamba yang membutuhkan-Nya.

Hamba Allah tidak akan mampu menimpakan madharat kepada Allah dan tidak akan mampu memberikan manfaat kepada-Nya. Iman makhluk tidak memberi manfaat apapun kepada Allah dan kekafiran makhluk juga tidak mendatangkan madharat apapun kepada-Nya
Sumber: https://almanhaj.or.id/3396-al-ghaniy-maha-kaya.html
*AQIDAH*

Materi: kalimat “Subhaanallaah”

Aktivitas:

🐧 Menjelaskan penggunaan kalimat “subhanallah”

🐧Mewarnai worksheet
📓Referensi:

“Subhan Allah” Worksheet

https://m.arrahmah.com/kajian-islam/ungkapan-kalimah-thayyibah-subhanallah-sering-tertukar-dengan-ungkapan-masya-allah.html
*SAINS*

Materi: pengetahuan tentang burung

Aktivitas:

🐧Memberi tahu anatomi burung

🐧Menonton video burung manyar saat membuat sarang yang indah

🐧Melakukan eksperimen sains telur melayang

🐧Melakukan eksperimen sains telur tenggelam

🐧Eksplorasi telur burung puyuh

🔹Memberi tahu anak bahwa telur burung puyuh kerap dijadikan bahan makanan di berbagai belahan dunia

🔹Memberi tahu anak bahwa telur burung puyuh lebih kecil dibanding telur ayam dan telur bebek

🔹Mengupas cangkang telur burung puyuh

🔹Memberi tahu anak struktur telur burung puyuh (cangkang, membran, ruang udara, putih telur, dan kuning telur)
📓Referensi:

https://cendekiakids.wordpress.com/2012/04/06/eksperimen-sains-telur-transparan/

https://cendekiakids.wordpress.com/2011/05/07/eksperimen-sains-telur-mengapung-dalam-air-garam/

https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/01/5140_anatomi-burung-struktur-telur_lpsabumi.pdf

*KAMIS*

*HADITS*

Materi: Memuliakan tamu 

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلأخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ

“Barang siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari)
*LOGIKA MATEMATIKA*

Materi: Mengenal konsep 1 – 3, mengenal pola, mengenal tekstur permukaan

🐧Materi 1:

Alat bahan : kertas A4, gambar burung 

Cara membuat

1. Print gambar burung yang berjumlah 1, print lagi gambar burung berjumlah 2 dan 3 dikertas yang berbeda

2. Print gambar burung satuan secara terpisah

3. Pasangkan gambar jumlah burung dengan burung satuan yang telah diprint.

4. Berhitung bersama anak jumlah burungnya

🐧Materi 2: Mengenal pola

Alat bahan : pompom warna/ lego/ stik eskrim warna

1. Beri contoh pola yang diinginkan.

2. Minta anak untuk meniru pola yang sudah dicontohkan sebelumnya.
🐧Materi 3: Mengenal tekstur permukaan 

Aktivitas: meraba bulu burung yang halus, membedakan antara halus dan kasar (boleh gunakan kain) 
📓Referensi:

http://www.themeasuredmom.com/hands-on-math-for-preschool/

http://www.playdoughtoplato.com/wp-content/uploads/2015/05/LEGO-PATTERN-CARDS.pdf

https://drive.google.com/file/d/0Bzjg-fJVa2y7akZTY0djb0U3clU/view

http://frugalfun4boys.com/2013/10/28/two-preschool-math-activities-with-duplo-legos/

*JUMAT*

*ALQURAN*

Materi: QS An Nur, 24 ; 41 dan 42

“Tidaklah engkau ( Muhammad) tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing sungguh telah mengetahui (cara) sembahyang dan tasbihnya, dan Allah Maha mengetahui apa yang mereka kerjakan. Dan milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi, dan hanya kepada Allahlah kembali ( seluruh makhluk)”
*CRAFTING*

Materi: membuat kerajinan burung pelatuk dan burung warna-warni

🐦 Membuat mainan burung pelatuk, cara:

🔹Print model burung pelatuk

🔹 Lipat model burung menjadi dua bagian, lalu gunting 

🔹 Gunting sedotan sepanjang 1 inch lalu tempel di pertengahan model burung

🔹 Rekatkan dua sisi burung dengan lem

🔹 Gunting karet gelang

🔹 Masukkan karet gelang ke dalam sedotan

🔹 Burung pelatuk akan mulai mematuk 

🐦Membuat burung kertas warna-warni

𙱒Referensi:

http://madebyjoel.com/2013/06/oscillating-bird-science-toy-for-kids.html

https://m.youtube.com/watch?v=hQ2mSJ2XAZQ

https://deviazhar.blogspot.co.id/2016/12/diy-burung-kertas-warna-warni.html

*PRACTICAL LIFE SKILLS*

Materi: melatih keterampilan menuang

Aktivitas:

Melakukan tuang isi

– Menuang isi biji-bijian dari satu wadah ke wadah lainnya (sambil me-review biji merupakan makanan burung) 

– Mengganti biji dengan media lain, seperti beras atau air

– Menuang isi air menggunakan corong

– Memindahkan kacang hijau dari satu mangkuk ke mangkuk lainnya dengan menggunakan sendok
*FISIK*

🐦Bermain dengan sayap burung

🔹Mengajak anak membuat sayap burung

🔹Ajak anak bermain di taman

🔹Mengajak anak memakai sayap burung tersebut di taman

🔹Meniru burung saat mengepak-ngepakkan sayapnya
Referensi:

http://www.ehow.com/how_4814537_costume-bird-wings.html

🌿🌾🌷🌿🌾🌷🌿🌾🌷🌿

Selamat Melewati Momen Bahagia Bersama Anak-Anak Buibu Cantik Sholihah

Untuk menemani aktivitas bersama Ananda , bisa di unduh juga kalender aktivitas sebagai ceklist aktivitas selama sepekan

http://familiakreativa.blogspot.co.id/2016/05/download-gratis-kalender-aktivitas.html
✏✏✏✏✏✏✏✏✏✏

LESSON PLAN FEBRUARI WEEK 1

TEMA: BURUNG 

TARGET: PRESCHOOL (4-6 TAHUN)

✏✏✏✏✏✏✏✏✏✏

*SENIN*

*SHIRAH*

Materi:

🐧🕊Membacakan kisah burung hud-hud, Nabi Sulaiman as, dan ratu Balqis

🐧🕊Membacakan kisah burung-burung dan Nabi Dawud as
📓Referensi:

– Quran surat An-Naml ayat 20-44

– Quran surat Shad ayat 17-19

– Buku Sejarah 25 Nabi dan Rasul jilid 3 dari Perisai Quran Kids halaman 55-63

– Buku Sejarah 25 Nabi dan Rasul jilid 3 dari Perisai Quran Kids halaman 44-45

http://www.anaksaleh.com/kisah-islami/cerita-al-quran/48-kisah-nabi-sulaiman-dan-ratu-balqis.html

*BAHASA*

Materi: Bercerita tentang burung Hud hud dan bermain magnet huruf

Aktivitas:

🐧Ibu mendongeng cerita nabi Sulaiman dan burung Hud hud

🐧Bermain menyusun huruf menjadi kata dari pertanyaan-pertanyaan dari dongeng burung Hud hud, misalnya:

– Allah

– Burung

– Sulaiman

– Hud hud

– Terbang

🐧Menyusun huruf-huruf magnet menjadi kosakata yang berkaitan dengan karakteristik binatang burung, misalnya:

– Unggas

– Telur

– Sayap

– Paruh

– Bulu

🐧Menyusun huruf disesuaikan dengan kemampuan anak. Anak-anak yang belum bisa menyusun kata, bisa diajak mencari huruf depan dari setiap kata, sambil mengenal bunyi huruf tersebut. Selain itu, bisa dicoba “matching letter”, ibu menuliskan huruf per kata, kemudian anak diminta menyusun huruf sesuai contoh. 

🐧Membuat flashcard “burung” dalam 3 bahasa: burung (Indonesia); bird (Inggris); thoirun (Arab)

🐧Latihan menulis huruf ط untuk طير (thoirun) 
📓Referensi:

http://familiakreativa.blogspot.co.id/2015/12/worksheet-printable-mengenal-huruf.html?m=1

*SELASA*

*ADAB*

Materi: Adab Menguap

Aktivitas:

Menjelaskan serba serbi menguap dan adab2nya

🌕Menguap adalah sesuatu yang dibenci Allah. Oleh Karena itu ketika engkau merasa akan menguap, maka lakukanlah hal-hal sebagai berikut:

1⃣Berusahalah untuk menolaknya(tidak menguap), Karena menguap adakah perbuatan syetan( Hadist riwayat AL bukhari). Demikian pula ketika engkau sedang sholat ( Hadist riwayat At-Tirmidzi)

2⃣Janganlah mengatakan :”Haa,”Kar ena syetan akan tertawa dengan sebab perbuatan tersebut (Hadist riwayat AL bukhari)

3⃣Jika engkau tidak mampu mencegahnya, maka tutuplah mulutmu dengan tanganmu. Dan janganlah engkau biarkan terbuka Karena syetan bisa masuk ke dalam mulutmu (HR.Muslim)

4⃣Sebaiknya tangan yg digunakan untuk menutupnya adakah tangan kiri, Karena menguap adalah perbuatan yang dibenci. (HR.Abu Daud)

5⃣Tidak ada bacaan khusus ketika menguap; seperti ta’awwudz, istighfar Dan lainnya. Lihat adaabut Tatsaa-ub
📓Referensi:

Buku “Inilah Adab kesehatan anak Muslim”

Pustaka Ibnu Katsir
*DOA*

Materi: Doa sebelum Salam setelah tasyahud akhir

Aktivitas: 

🐧Menyampaikan kepada anak bahwa DOA ini dibaca nabi sebelum Salam berdasarkan Hadist Aisyah.

🐧Muttafaq ‘alaih. Shahih AL Bukhari

🐧🕊Doa ini diajarkan nabi untuk melindungi kita dari 4 perkara, yaitu:

1⃣siksa neraka jahannam

2⃣siksa kubur

3⃣fitnah kehidupandan kematian

4⃣fitnah jahat dajjal

🐧Begitu pentingnya DOA ini, sampai para salafus shalih akan menyuruh anaknya mengulang sholat jika terlupa membaca DOA ini
📓Referensi:

✔Menemukan khusuk yg hilang; Abu sangkan

✔Khusyu dalam sholat

✔Kajian HSI Abdullah Roy

https://goo.gl/images/T88PPG

🏇 *RABU*

*ASMA’UL HUSNA*

Materi: Al-Ghaniy (Maha Kaya)

وَاللَّهُ الْغَنِيُّ وَأَنْتُمُ الْفُقَرَاءُ

Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang membutuhkan(Nya). [Muhammad/ 47:38].

Maknanya bahwa Allah Maha Kaya dengan apa yang Dia miliki dan apa yang ada disisi-Nya, sehingga Dia tidak butuh kepada selain-Nya. Kitalah sebagai hamba yang membutuhkan-Nya.

Hamba Allah tidak akan mampu menimpakan madharat kepada Allah dan tidak akan mampu memberikan manfaat kepada-Nya. Iman makhluk tidak memberi manfaat apapun kepada Allah dan kekafiran makhluk juga tidak mendatangkan madharat apapun kepada-Nya
Sumber: https://almanhaj.or.id/3396-al-ghaniy-maha-kaya.html

*AQIDAH*

Materi: Rukun Iman ke-1 (mengulang materi) 
*SAINS*

Materi: Membuat dan menjelaskan life cycle unggas

Aktivitas:

🐧Menjelaskan siklus kehidupan unggas

🐧Menjelaskan keunikan anatomi tubuh unggas

🐧Menjelaskan struktur telur (asal mula binatang unggas) 

🐧Membuat gambaran siklus kehidupan unggas dengan menggunakan piring kertas dengan bahan-bahan:

1.karton manila

2.spidol

3.lem

4.pewarna makanan/cat air

5.sisa serutan pensil
📓Referensi:

Buku ensiklopedi unggas

http://www.brighthubeducation.com/preschool-lesson-plans/64405-make-a-model-of-the-life-cycle-of-a-chick-preschool-lesson/
*KAMIS*

*HADITS*

Materi: hadits tentang adab menguap
*MATEMATIKA-LOGIKA*

Materi: Berhitung 1-6 dan belajar pengurangan

Aktivitas:

🐧Menghitung jumlah burung di gambar Dan melingkari angka disampingnya

🐧🕊Gambar 1 (berhitung 1-4)

🐧Gambar 2 (berhitung 1-6)

🐧Gambar 3 menghitung jumlah burung berdasarkan warna
Referensi:

1⃣ https://goo.gl/images/5STUuF

2⃣ http://www.kindergartenteacherresources.com/wp-content/uploads/2012/08/kindergarten-worksheets-angry-birds-8.jpg

3⃣ https://www.google.co.id/search?q=bird+math&oq=bird+math&aqs=chrome..69i57.8527j0j4&sourceid=chrome-mobile&ie=UTF-8#imgdii=6RqH6hxIyzS4jM%3A%3B6RqH6hxIyzS4jM%3A%3B7tXeLPtYEVfb9M%3A&imgrc=6RqH6hxIyzS4jM%3A
*JUMAT*

*QUR’AN*

Materi: QS An Nur, 24 ; 41 dan 42

“Tidaklah engkau ( Muhammad) tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. masing-masing sungguh telah mengetahui (cara) sembahyang dan tasbihnya, dan Allah Maha mengetahui apa yang mereka kerjakan. Dan milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi, dan hanya kepada Allahlah kembali ( seluruh makhluk)”
*CRAFTING*

Materi: membuat kerajinan tentang burung dan sarangnya

Aktivitas:

🐧Membuat binatang burung yang bisa berpindah (migratory bird) 

🐧Melatih keterampilan motorik dalam melipat, mewarnai, dan mengelem

🐧Membuat sarang burung dari dus karton bekas 

🐧Membuat hiasan burung terbang warna-warni
📓Referensi:

http://krokotak.com/2016/09/migratory-birds-2/

http://www.craftcreatecook.com/birdhouse-crafts-kids/

https://deviazhar.blogspot.co.id/2016/12/diy-burung-kertas-warna-warni.html
*PRACTICAL LIFE SKILL*

Materi: Cara mengupas dan memotong buah/sayur 

Aktivitas:

🐧Mengenal alat untuk mengupas dan memotong

🐧Mengenal cara-cara mengupas

🐧Mengenal cara-cara memotong, seperti memotong lurus (contoh buah pisang), memotong miring (contoh sayuran wortel), memotong dadu (contoh tahu), membelah (contoh buah apel) 

🐧Meminta anak mencoba mengupas dan memotong sendiri dengan pengawasan
📓Referensi:

🌿🌾🌷🌿🌾🌷🌿🌾🌷🌿

Selamat Melewati Momen Bahagia Bersama Anak-Anak Buibu Cantik Sholihah

Untuk menemani aktivitas bersama Ananda , bisa di unduh juga kalender aktivitas sebagai ceklist aktivitas selama sepekan
http://familiakreativa.blogspot.co.id/2016/05/download-gratis-kalender-aktivitas.html

☘🌹🍀🌹🍀🌹🍀🌹🍀

☕☕

Salam hangat dari kami semua❣❣❣❣❣❣ 
📗📘📙📘📗📘📙📘📗

Tim Lp Sabumi Preschool
📕📘📙📗📕📘📙📗📕

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s