Lesson Plan

[Lesson Plan] Buah Tin

img-20170225-wa0007.jpg

๐ŸŽ

LESSON PLAN FEBRUARI WEEK 4

TEMA: BUAH TIN

TARGET: PRESCHOOL (4-6 TAHUN)

๐ŸŽ

SENIN

SHIRAH

Materi: Kisah sahabat Rasulullah Bilal bin Rabah

Aktivitas:

1. Menceritakan mengenai kisah Bilal bin Rabah
2. Berdiskusi dengan Ananda mengenai keteladanan dari sosok Bilal bin Rabah, seperti :
๐Ÿ’ keteguhan hati
๐Ÿ’ keimanan yang kuat
๐Ÿ’ kecintaan yang sangat pada Rasulullah
๐Ÿ’ beliau termasuk Sahabat yang dijamin masuk surga

๐Ÿ““Referensi:
Buku shirah Rasulullah dan sahabat
60 shirah sahabat Rasulullah salallahu’alaihi wa salam karya Khalid Muhammad Khalid.

BAHASA

Materi: mengenal bahasa mengenai buah tin

Aktivitas:

๐Ÿ’ Menyusun puzzle buah tin
๐Ÿ’ Mengenal huruf-huruf yang membentuk kata “buah tin” yang ada dalam puzzle
๐Ÿ’ Belajar menulis atau tracing huruf-huruf yang membentuk kata “tin”
๐Ÿ’ Membuat flashcard โ€œbuah tinโ€ dalam 3 bahasa: tin (Indonesia); fig (Inggris); ุชูŠู† (Arab)
๐Ÿ’ Latihan menulis huruf ุช dan ุชูŠู† (tiin)
๐Ÿ’ Belajar membaca sambil bermain bowling

Bahan:

Gelas plastik
Kertas
Selotip
Bola

Cara bermain:

1.Anak menempelkan kata yang berkaitan dengan buah tin
Misal: tin, ungu, buah, surga, Alquran,dll pada gelas plastik
2.Anak menyusun gelas plastik yang sdh ditempel kata menjadi menara
3.Anak merubuhkan menara gelas dengan bola(bowling)
4.Anak membaca kata yang ada pada gelas yang jatuh

๐Ÿ““Referensi:

https://en.islcollective.com/resources/search_result?Tags=fruits

https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://nutrition.dadeschools.net/FFVP_files/The%2520Fruit%2520Packet.pdf&ved=0ahUKEwiB1dbll6HSAhUCy7wKHcWPAJAQFghZMA4&usg=AFQjCNH8iVX1Vm2uI50h1mI3MNzmcEsRPw&sig2=8Q1rrukbWWHfye4mweGwIw

https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://nutrition.dadeschools.net/FFVP_files/The%2520Fruit%2520Packet.pdf&ved=0ahUKEwiB1dbll6HSAhUCy7wKHcWPAJAQFghZMA4&usg=AFQjCNH8iVX1Vm2uI50h1mI3MNzmcEsRPw&sig2=8Q1rrukbWWHfye4mweGwIw


SELASA

ADAB

Materi: Adab Minum Susu (materi terlampir)

DOA

Materi: Doa Setelah Minum Susu (materi terlampir)

RABU

ASMA’UL HUSNA

Materi: Al Ghoniyyu (Allah Maha Kaya)

AQIDAH

Materi:

Rukun Iman:
1. Iman kepada Allaah (materi terlampir)

SAINS

Materi: proses pertumbuhan buah tin dan kapilarisasi warna
๐Ÿ’ Mengenal proses pertumbuhan buah tin melalui layer puzzle

Alat & Bahan:

– kardus
– pulpen
– pensil
– penggaris
– gunting
– crayon
– spidol hitam
– cutter
– double tape

Cara:

– Gambar lima buah persegi berukuran 12×12 cm pada kardus menggunakan pulpen dan penggaris
– Gunting kelima persegi tersebut untuk dijadikan layer.
– Gambar biji, tunas, daun, dan pohon tin pada empat layer.
– Biarkan layer kelima kosong untuk alas layer puzzle.
– Potong setiap gambar dengan cutter
– Rekatkan tiap layer dengan menggunakan double tape di setiap sudut layer.
– Tulis kata “tin” pada layer pohon tin.

๐Ÿ““ Referensi:

https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/02/buahtin.pdf

https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/02/layerpuzzleoffigsabumi.pdf

๐Ÿ’ Belajar kapilarisasi & campuran warna dasar

Bahan:

Pewarna makanan
Air
Gelas aqua
Sawi

Aktivitas:

1.Anak mencampur warna dasar merah dan biru
2.Bunda menjelaskan perubahan campuran warna merah& biru menjadi ungu seperti buah tin
3.Anak mencelupkan sawi putih kedalam warna dan tunggu beberapa jam
4.Bunda menjelaskan proses kapilarisasi pada sawi yg berubah menjadi ungu

๐Ÿ““ Referensi:

http://www.scholastic.com/parents/blogs/scholastic-parents-learning-toolkit/vegetable-vampires-colorful-science-activity

KAMIS

HADITS

Materi: Islam itu tinggi dan tidak ada yang dapat menandinginya. (HR. Addaruquthni)

MATEMATIKA-LOGIKA

Materi: mengurutkan angka, berhitung dengan tema buah-buahan

Aktivitas:

๐Ÿ’ Mencari dan menghitung buah-buahan yang sejenis (i spy fruit in Alquran)
๐Ÿ’ Menghubungkan titik angka secara berurutan, kemudian mewarnai buah tin

Referensi:

https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/02/ispy12.pdf

http://www.connectthedots101.com/worksheet/1180-Figs-dot-to-dot

https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://nutrition.dadeschools.net/FFVP_files/The%2520Fruit%2520Packet.pdf&ved=0ahUKEwiB1dbll6HSAhUCy7wKHcWPAJAQFghZMA4&usg=AFQjCNH8iVX1Vm2uI50h1mI3MNzmcEsRPw&sig2=8Q1rrukbWWHfye4mweGwIw

JUMAT

FIQH IBADAH

Materi: Lanjutan Thoharoh, Adab-adab ketika berinstinja (materi terlampir)

QUR’AN

Materi: QS. At-tiin ayat 1-6

CRAFTING

Materi: membuat tie dye warna ungu

Bahan:

Tissue
Pewarna makanan
Karet gelang
Wadah

Aktivitas:

1.Anak mencampur warna dasar merah&biru
2.Bunda menjelaskan perubahan campuran warna merah&biru menjadi ungu
3.Anak melipat tissue menjadi segitiga atau segi empat
4.tissue yg sdh dilipat di ikat oleh karet menjadi 3 atau 4 bagian
5.terakhir dicelupkan pada pewarna makanan

๐Ÿ““ Referensi:

http://familiakreativa.blogspot.co.id/2017/02/membuat-tie-dye-dari-tissue.html?m=0

PRACTICAL LIFE SKILL

Materi: menggunting kuku

Aktivitas:

Menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan kuku
Menjelaskan dos and donts dalam menjaga kesehatan kuku
Latihan menggunting kuku dengan mainan tangan berkuku panjang
Mencoba menggunting kuku sendiri

DO’S AND DONT’S

DONT’S:

– Menggigiti kuku jari
– Mengemut kuku jari
– Membiarkan panjang
-Menggunakan cat kuku sehingga menghalangi air wudhu

DO’S:

– Mencuci sela-sela kuku setelah makan dan bermain kotor
– Mencuci kuku dengan menggunakan sabun
– Memotong kuku jari jika sudah mulai panjang
– Memotong kuku berurutan sesuai sunnah

Referensi:

http://destria-blog.blogspot.co.id/2015/11/pentingnyamenjaga-kesehatan-kuku.html?m=1

https://obatkuku.wordpress.com/tag/urutan-memotong-kuku-menurut-islam/

LAMPIRAN

๐Ÿ“š Lesson Plan ‘Ulumuddien ๐Ÿ“š
1. Asma’ul Husna: ุฅูŽู„ู’ุบูŽู†ููŠูŒู ( Al Ghoniyyu)

๐ŸŒธ Sampaikan pada ananda arti dan makna Al Ghoniyyu

๐Ÿ–‹ Al Ghoniyyu artinya Yang Maha Kaya

๐Ÿ–‹ Makna Al Ghoniyyu yaitu: Bahwa Allรฃh Azza wa Jalla Maha sempurna dengan apa yang Dia miliki dan apa yang ada disisi-Nya, Sehingga Dia tidak butuh kepada selain-Nya. Sifat tidak membutuhkan inilah yang menjadi sifat Allรฃh Azza wa Jalla , dan sifat membutuhkan adalah sifat kekurangan. Seseorang yang membutuhkan adalah seseorang yang memerlukan apa yang dibutuhkannya hingga dapat ia capai dan ia raih.

๐ŸŒธ Sampaikan Dalil Al Quran nya.

๐Ÿ”นQs Al An’am: 133
ูˆูŽุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ุงู„ู’ุบูŽู†ููŠู‘ู ุฐููˆ ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽุฉู
Dan Rabbmu Maha Kaya yang mempunyai sifat kasih sayang.

๐Ÿ”นQs. Muhammad ayat 38.
ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู’ุบูŽู†ููŠู‘ู ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู ุงู„ู’ููู‚ูŽุฑูŽุงุกู
Dan Allรฃh-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang membutuhkan(Nya).

๐ŸŒธ Sampaikan poin-poin di bawah ini:

๐Ÿ”นAllรฃh Maha Kaya dan tidak membutuhkan apapun
๐Ÿ”นHanya Allรฃh yang memberikan kekayaan dan kecukupan
๐Ÿ”นMaha kaya, tidak membutuhkan seluruh makhluk dari sisi manapun. Para makhluk-Nya itu pasti membutuhkan-Nya dalam kondisi apapun.
๐Ÿ”นSeluruh yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allaah, tidak ada yang memilikinya kecuali Allรฃh.
๐Ÿ”นAllรฃh ta’ala Maha kaya begitu dermawan, dan kedermawanan-Nya kepada para makhluk datang secara kontinyu sepanjang malam dan siang, dan kedua tangan-Nya selalu memberi di setiap waktu.
๐Ÿ”นApa yang ada pada diri manusia adalah pemberian Nya.
๐Ÿ”นBila semua makhluk memohon kepada Allรฃh dan Allรขh Ta’ala memberikan apa yang mereka minta, sedikitpun tidak akan mengurangi harta dan kekayaan-Nya.
๐Ÿ”นKalau seandainya seluruh penduduk langit dan bumi, dari makhluk yang paling awal sampai makhluk yang paling akhir berkumpul di satu tanah lapang, kemudian masing-masing mengajukan permintaannya sendiri-sendiri, selanjutnya Allรฃh Azza wa Jalla mengabulkan seluruh permintaan mereka, maka semua itu tidak mengurangi apa yang Dia Azza wa Jalla miliki kecuali seperti jarum yang dicelupkan ke dalam lautan.
๐Ÿ”นAllรฃh Maha kaya, maka memintalah hanya kepada Allรฃh jika membutuhkan sesuatu.
๐Ÿ”นAllaah Maha Kaya dan yang mencukupi seluruh kebutuhan makhlukNya.

๐Ÿ“™Ref:

๐Ÿ”นAl Quranul Kariim

๐Ÿ”น99 Nama indah Allaah, Al kautsar kids

๐Ÿ”นSumber: https://almanhaj.or.id/2811-al-ghaniyyu-allah-maha-kaya.html
*2.Aqidah: Rukun Iman: 1. Iman kepada Allaah*
Sampaikan pada ananda apa arti *iman* secara sederhana.
*Iman* adalah *adalah pengakuan yang melahirkan sikap menerima dan tunduk*

( Syaikh Muhammad bin Shalih Al โ€˜Utsaimin).
Definisi *Iman* menurut para ulama: pembenaran dengan hati, pengakuan dengan lisan, dan amal dengan anggota badan.
๐Ÿ”นSampaikan pada ananda point-point dalam Iman kepada Allaah Ta’ala.
๐Ÿ–‹ Maksud dari beriman kepada Allรฃh:

๐Ÿ‘‰๐Ÿป Membenarkan keberadaan Allaah bahwa Allaah itu *ADA*

๐Ÿ‘‰๐Ÿป Membenarkan bahwa Allรฃh pencipta langit dan bumi serta yang ada di dalamnya

๐Ÿ‘‰๐Ÿป Membenarkan bahwa Allaah ta’ala Maha mengetahui yang ghoib dan yang nyata.

๐Ÿ‘‰๐Ÿป Membenarkan bahwa Allaah pemelihara dan pemilik segala sesuatu.

๐Ÿ‘‰๐Ÿป Meyakini bahwa tiada sesembahan yang berhak diibadahi Selain Allaah.

๐Ÿ‘‰๐Ÿป Meyakini bahwa Allaah Maha sempurna SifatNya dan Maha Suci dari segala kekurangan.
Cat: orang tua bisa mengembangkan materi dlm kehidupan sehari-hari dan membuat berbagai simulasi.
๐Ÿ“™Ref:

๐Ÿ”นMinhajul Muslim anak Seri Aqidah, Arafah.

๐Ÿ”นSumber: http://muslim.or.id/8631-definisi-iman.html
*3. Al Quran Surat At Tiin ayat 1-6*
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…
ูˆูŽุงู„ุชู‘ููŠู†ู ูˆูŽุงู„ุฒู‘ูŽูŠู’ุชููˆู†ู
1. Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun
ูˆูŽุทููˆุฑู ุณููŠู†ููŠู†
2. Dan demi bukit Sinai
ูˆูŽู‡ูŽูฐุฐูŽุง ุงู„ู’ุจูŽู„ูŽุฏู ุงู„ู’ุฃูŽู…ููŠู†ู
3. Dan demi kota (Mekah) ini yang aman
ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ู†ูŽุง ุงู„ู’ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ูŽ ูููŠ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู ุชูŽู‚ู’ูˆููŠู…ู
4. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
ุซูู…ู‘ูŽ ุฑูŽุฏูŽุฏู’ู†ูŽุงู‡ู ุฃูŽุณู’ููŽู„ูŽ ุณูŽุงููู„ููŠู†ูŽ
5. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka)
ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ูˆูŽุนูŽู…ูู„ููˆุง ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูุญูŽุงุชู ููŽู„ูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽุฌู’ุฑูŒ ุบูŽูŠู’ุฑู ู…ูŽู…ู’ู†ููˆู†ู
6. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.
Cat:

Sampaikan pada ananda arti Surat, jumlah surat, urutan surat tempat diturunkan dan tafsir suratnya.
*4. Hadits:*
ุงูŽู„ู’ุงูุณู’ู„ุงูŽู…ู ูŠูŽุนู’ู„ููˆู’ุง ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูุนู’ู„ูฐู‰
Islam itu tinggi dan tidak ada yang dapat menandinginya.

(HR. Addaruquthni)
*5.Fiqh Ibadah: Lanjutan Thoharoh, Adab-adab ketika berinstinja*
1. Menutup diri dan menjauh dari manusia ketika buang hajat.

2. Tidak membawa sesuatu yang bertuliskan nama Allah.

3. Membaca basmalah dan meminta perlindungan pada Allah sebelum masuk tempat buang hajat.

(Do’a masuk Wc terlapir pada materi sebelumnya)

4. Masuk ke tempat buang hajat terlebih dahulu dengan kaki kiri dan keluar dari tempat tersebut dengan kaki kanan.

5. Tidak menghadap kiblat atau pun membelakanginya.

6. Terlarang berbicara secara mutlak kecuali jika darurat.

7. Tidak buang hajat di jalan dan tempat bernaungnya manusia

8. Tidak buang hajat di air yang tergenang.

9. Memperhatikan adab ketika istinjaโ€™ (membersihkan sisa kotoran setelah buang hajat, alias cebok), di antaranya sebagai berikut:

a. Tidak beristinjaโ€™ dan menyentuh kemaluan dengan tangan kanan.

b. Beristinjaโ€™ bisa dengan menggunakan air atau menggunakan minimal tiga batu (istijmar). Beristinjaโ€™ dengan menggunakan air lebih utama daripada menggunakan batu sebagaimana menjadi pendapat Sufyan Ats Tsauri, Ibnul Mubarok, Imam Asy Syafiโ€™i, Imam Ahmad dan Ishaq. Alasannya, dengan air tentu saja lebih bersih.

c. . Memerciki kemaluan dan celana dengan air setelah kencing untuk menghilangkan was-was.
10. Mengucapkan doโ€™a โ€œghufronakaโ€ setelah keluar kamar mandi.
๐Ÿ“™Sumber : https://rumaysho.com/1034-10-adab-ketika-buang-hajat.html

6. *ADAB*
*Adab Minum Air*

1. Memulai dengan membaca bismillah dan mengakhiri dengan membaca alhamdulillah

2. Minum dengan tangan kanan

3. Tidak bernafas di dalam gelas juga tidak meniup ke dalamnya

4. Minum dua kali atau tiga kali, tidak sekali teguk, sebagaimana dijelaskan dalam hadits Nabi:

ุงูุดู’ุฑูŽุจููˆู’ุง ู…ูŽุซู’ู†ูŽู‰ ูˆูŽุซูู„ุงูŽุซูŽ

“Minumlah dua kali atau tiga kali teguk.” (HR. at-Tirmidzi, hadits hasan)
5. Minum dengan posisi duduk

6. Tidak minum langsung dari teko

7. Menutup wadah air pada malam hari

8. Tidak mencela minuman
*Adab Minum Susu*

1. Melakukan sebagaimana adab minum

2. Membaca doa setelah selesai minum susu

3. Membersihkan mulut dengan baik setelah minum susu
7. *DOA*

*Doa Setelah Minum Susu*
ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูููŠู’ู‡ู ูˆูŽุฒูุฏู’ู†ูŽุง ู…ูู†ู’ู‡ู

“Ya Allah, berilah keberkahan kepada kami di dalamnya dan berilah tambahan kepada kami darinya.” (Shahih at-Tirmidzi)

Referensi:

Buku _Panduan Mendidik Anak Muslim Usia Pra Sekolah_ dari Abu Amr Ahmad Sulaiman terbitan Darul Haq halaman 39 dan 42

https://muslimah.or.id/243-wahai-anakku-beginilah-cara-minum-rasulullah.html

https://www.alsofwah.or.id/cetakkajian.php?id=679&idjudul=1

http://ustadzaris.com/sunnah-terkait-susu

http://wanitasalihah.com/sunnah-sunnah-ketika-minum-susu/

ู

๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ‰๐Ÿ‹๐Ÿ…๐Ÿ๐ŸŠ๐ŸŽ๐Ÿ“๐Ÿ‡

Selamat Melewati Momen Bahagia Bersama Anak-Anak Buibu Cantik Sholihah

Untuk menemani aktivitas bersama Ananda , bisa di unduh juga kalender aktivitas sebagai ceklist aktivitas selama sepekan
http://familiakreativa.blogspot.co.id/2016/05/download-gratis-kalender-aktivitas.html
๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ‰๐Ÿ‹๐Ÿ…๐Ÿ๐ŸŠ๐ŸŽ๐Ÿ“๐Ÿ‡

โ˜•โ˜•

Salam hangat dari kami semuaโฃโฃโฃโฃโฃโฃ
๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“˜๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“˜๐Ÿ“—

Tim Lp Sabumi Preschool
๐Ÿ“•๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“—๐Ÿ“•๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“—๐Ÿ“•

๐Ÿ“•๐Ÿ“๐Ÿ“•๐Ÿ“๐Ÿ“•๐Ÿ“๐Ÿ“•๐Ÿ“๐Ÿ“•

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–

LESSON PLAN FEBRUARI WEEK 2

TEMA: BUAH TIN

TARGET: TODDLER (1-3 TAHUN)

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–

๐Ÿ“๐Ÿ“•๐Ÿ“๐Ÿ“•๐Ÿ“๐Ÿ“•๐Ÿ“๐Ÿ“•๐Ÿ“๐Ÿ“•

*SENIN*

*SHIRAH*

๐Ÿ“Œ Materi:

๐Ÿ’ Kisah sahabat Rasulullah: Bilal bin Rabah

๐Ÿ“Œ Aktivitas:

1. Menceritakan mengenai kisah Bilal bin Rabah

2. Berdiskusi dengan Ananda mengenai keteladanan dari sosok Bilal bin Rabah, seperti :

๐Ÿ’ keteguhan hati

๐Ÿ’ keimanan yang kuat

๐Ÿ’ kecintaan yang sangat pada Rasulullah

๐Ÿ’ beliau termasuk Sahabat yang dijamin masuk surga
๐Ÿ“šReferensi:

๐Ÿ‹ Buku shirah Rasulullah dan sahabat yang dimiliki di rumah

๐Ÿ‹ 60 shirah sahabat Rasulullah saw. Karya khalid Muhammad Khalid.
*BAHASA*

1. Menunjukkan buah tin (bila memungkinkan) atau gambar buah tin
2. Bercerita terkait buah tin. Seperti:

๐Ÿ’ mengapa buah tin tertulis di dalam al quran dan dijadikan sebuah surat

๐Ÿ’ bentuk daun, bentuk pohon dan besar buah tin

๐Ÿ’ aneka manfaat memakan buah tin.
3. Membuat flashcard buah tin dalam tiga bahasa:

๐Ÿ’ tin (Indonesia)

๐Ÿ’ fig (Inggris)

๐Ÿ’ tiin (Arab).
4. Mengenalkan kosakata baru terkait buah tin

๐Ÿ’ ungu, manis, vitamin
๐Ÿ“š Referensi:

๐Ÿ‹ (printable) puzzle buah tin: https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/02/img-20170222-wa0018.jpg

๐Ÿ‹ https://id.wikipedia.org/wiki/Tin

๐Ÿ‹ http://buahtin-fig.blogspot.co.id/2013/01/mengenal-tanaman-tin_7151.html

๐Ÿ‹ http://www.cantikitu.com/2015/07/31-manfaat-buah-tin-si-buah-dari-surga.html

๐Ÿ‹ http://tafsir.cahcepu.com/attiin/at-tiin-1-3/
*SELASA*

*ADAB*

๐Ÿ“Œ Materi: Mengenalkan dan membiasakan adab minum

๐Ÿ“Œ Aktivitas:

1. Menjelaskan dan berdiskusi dengan Ananda mengenai adab minum yang dicontohkan Rasulullah

2. Mengajak Ananda mempraktekkan di rumah
(Materi terlampir)
*DOA*

๐Ÿ“Œ Materi: Doa setelah minum susu

๐Ÿ“Œ Aktivitas: melafalkan doa setelah minum susu
(Materi terlampir)
*RABU*

*ASMAUL HUSNA*

๐Ÿ“Œ Materi:

๐Ÿ’ Asy-syaafi ( Allah Maha Penyembuh)
๐Ÿ“š Referensi:

๐Ÿ‹ https://almanhaj.or.id/3679-asy-syaafi-yang-maha-penyembuh.html
*AQIDAH*

๐Ÿ“Œ Materi: Kalimat Thayyibah: Masyaa Allah

๐Ÿ“Œ Aktivitas:

๐Ÿ’ Mengenalkan dan melafalkan kalimat thayyibah ‘Masyaa Allah’

๐Ÿ’ Menjelaskan kepada Ananda mengenai makna dan penggunaan kalimat thayyibah ‘Masyaa Allah’
๐Ÿ“š Referensi:

๐Ÿ‹ https://muslim.or.id/21845-apa-arti-masya-allah.html

*SAINS*

๐Ÿ“Œ Materi: Buah Tin

๐Ÿ“Œ Aktivitas:

1. Mengenalkan buah tin kepada Ananda dengan menunjukkan buah atau gambar bagian luar dan bagian dalam buah tin.

2. Berdiskusi mengenai fakta-fakta tentang buah tin
(Materi terlampir)
2. Membuat layer puzzle tentang daur hidup buah tin

๐Ÿ’ Alat & Bahan:

– kardus

– pulpen

– pensil

– penggaris

– gunting

– crayon

– spidol hitam

– cutter

– double tape
๐Ÿ’ Cara:

– Gambar lima buah persegi berukuran 12×12 cm pada kardus menggunakan pulpen dan penggaris

– Gunting kelima persegi tersebut untuk dijadikan layer.

– Gambar biji, tunas, daun, dan pohon tin pada empat layer.

– Biarkan layer kelima kosong untuk alas layer puzzle.

– Potong setiap gambar dengan cutter

– Rekatkan tiap layer dengan menggunakan double tape di setiap sudut layer.

– Tulis kata “tin” pada layer pohon tin.
๐Ÿ“š Referensi:

๐Ÿ‹ https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/02/layerpuzzleoffigsabumi.pdf
3. Melakukan eksperiman membuat kristal ungu

๐Ÿ’ Alat & Bahan:

– Gelas atau botol bermulut lebar

– Bubuk borax

– Pipe cleaner ungu

– Air

– Tali

– Pensil
๐Ÿ’ Cara:

– Tekuk pipe cleaner menjadi bentuk kristal yang diinginkan

– Isi gelas dengan air yang sudah direbus hingga 3/4 bagian

– Larutkan 3 sendok makan (45 gr) borax ke dalam air

– Aduk sampai larut

– Ikat pipe cleaner dengan tali dan gantung di mulut gelas dengan pensil

– Tunggu kurang lebih 2 jam

– Kristal akan terbentuk
๐Ÿ’ Penjelasan

Air panas bisa melarutkan lebih banyak bubuk borax. Saat air kembali dingin, bubuk mulai menjadi keras, artinya ada perubahan bentuk dari wujud cair ke wujud padat. Endapan wujud padat tadi menempel dan membentuk kristal pada pipe cleaner.
๐Ÿ“š Referensi:

๐Ÿ‹ https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/02/membuatkristalsabumi.pdf
*KAMIS*

*HADITS*

๐Ÿ“Œ Materi: menjaga kebersihan
ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ุชูŽุนูŽุงู„ู‰ ุทูŽูŠูู‘ุจูŒ ูŠูุญูุจูู‘ ุงู„ุทูŽู‘ูŠูู‘ุจูŽ ู†ูŽุธููŠููŒ ูŠูุญูุจูู‘ ุงู„ู†ูŽู‘ุธูŽุงููŽุฉูŽ ูƒูŽุฑููŠู…ูŒ ูŠูุญูุจูู‘ ุงู„ู’ูƒูŽุฑูŽู…ูŽ ุฌูŽูˆูŽุงุฏูŒ ูŠูุญูุจูู‘ ุงู„ู’ุฌููˆุฏูŽ ููŽู†ูŽุธูู‘ูููˆุง ุฃูŽูู’ู†ููŠูŽุชูŽูƒูู…ู’ (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชูŠุฑู…ุฏู‰: 2723)
Artinya:
Sesungguhnya Allah swt. Itu baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan ia menyukai kedermawanan maka bersihkanlah olehmu tempat-tempatmu. (H.R.atโ€“Tirmizi: 2723)
๐Ÿ“Œ Aktivitas:

1. Membacakan hadits mengenai pentingnya menjaga kebersihan

2. Mengajak aktif Ananda dalam kegiatan membersihkan diri dan lingkungan
*LOGIKA MATEMATIKA*

๐Ÿ“Œ Materi:

๐Ÿ’ Mengenal konsep terbesar (biggest)

๐Ÿ’ Mengenal konsep pasangan (other half)

๐Ÿ“Œ Aktivitas:

1. Mengenal konsep terbesar (biggest)

๐Ÿ’ Cetak biggest worksheet

๐Ÿ’ Minta anak melingkari gambar paling besar pada setiap baris

๐Ÿ’ Minta anak menyebutkan nama-nama buah yang ada pada worksheet

2. Mengenal konsep pasangan (other half)

๐Ÿ’ Cetak other half worksheet

๐Ÿ’ Minta anak membuat garis yang menghubungkan masing-masing gambar buah dengan pasangannya

๐Ÿ’ Minta anak menyebutkan nama-nama buah yang ada pada worksheet
๐Ÿ“š Referensi:

๐Ÿ‹ (printable) worksheet biggest: https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/02/img-20170222-wa0020.jpg

๐Ÿ‹ (printable) worksheet other half: https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/02/img-20170222-wa0017.jpg
*JUMAT*

*QUR’AN*

๐Ÿ“Œ Materi: Qs.At-Tiin ayat 1
*CRAFTING*

๐Ÿ“Œ Materi: painting with ice

๐Ÿ“Œ Aktivitas:

๐Ÿ’ siapkan bahan dan alat yang diperlukan

๐Ÿ’ campur air dengan pewarna makanan. Lebih baik jika terdiri dari warna primer: merah, biru, kuning

๐Ÿ’ masukkan air yang telah diberi pewarna ke dalam cetakan es

๐Ÿ’ ajak Ananda membuat warna lain dengan cara mencampur warna primer, seperti: hijau (kuning+biru), ungu (merah+ biru), dst

๐Ÿ’ masukkan cetakan es ke dalam freezer .

๐Ÿ’ saat air sudah setengah beku, tancapkan stik es krim

๐Ÿ’ masukkan kembali cetakan es ke dalam freezer hingga beku seluruhnya
๐Ÿ“š Referensi:

๐Ÿ‹ http://www.firstpalette.com/Craft_themes/Colors/Ice_Cube_Painting

https://

๐Ÿ‹ deviazhar.blogspot.co.id/2015/09/bermain-es-batu-pelangi.html
Kegiatan:

๐Ÿ’ sebelum dimulai, keluarkan es terlebih dahulu selama kurang lebih 5 menit agar es sedikit mencair

๐Ÿ’ ajak Ananda menggambar menggunakan es warna-warni yang sudah dibuat.

๐Ÿ’ tidak perlu menekankan Ananda untuk menggambar ‘sesuatu’ tetapi ajak Ananda diskusi dan mengeksplorasi es, teksturnya, warna, dll
๐Ÿ“š Referensi:

๐Ÿ‹ https://www.scholastic.com/teachers/lesson-plans/teaching-content/painting-colored-ice
*PRACTICAL LIFE SKILLS*

๐Ÿ“Œ Materi: menggunting kuku

๐Ÿ“Œ Aktivitas:

1. Menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan kuku

2. Menjelaskan dos and donts dalam menjaga kesehatan kuku

3. Latihan menggunting kuku dengan mainan tangan berkuku panjang

4. Mencoba menggunting kuku sendiri
DO’S AND DONT’S

DONT’S:

๐Ÿ’ Menggigiti kuku jari

๐Ÿ’ Mengemut kuku jari

๐Ÿ’ Membiarkan panjang

๐Ÿ’ Menggunakan cat kuku sehingga menghalangi air wudhu
DO’S:

๐Ÿ’ Mencuci sela-sela kuku setelah makan Dan bermain kotor

๐Ÿ’ Mencuci kuku dengan menggunakan sabun

๐Ÿ’ Memotong kuku jari jika sudah mulai panjang

๐Ÿ’ Memotong kuku berurutan sesuai sunnah
๐Ÿ“š Referensi:

๐Ÿ‹ http://destria-blog.blogspot.co.id/2015/11/pentingnyamenjaga-kesehatan-kuku.html?m=1

๐Ÿ‹ https://obatkuku.wordpress.com/tag/urutan-memotong-kuku-menurut-islam/
*FISIK*

๐Ÿ“Œ Materi: Senam Jari

๐Ÿ“Œ Aktivitas:

1. Lakukan gerakan-gerakan di bawah ini bersama anak

2. Lakukan 1×8 hitungan untuk setiap gerakan.

๐Ÿ’ Jalan di tempat

๐Ÿ’ Tepuk tangan

๐Ÿ’ Tepuk jari

๐Ÿ’ Tepuk jalin tangan

๐Ÿ’ Silang ibu jari

๐Ÿ’ Adu sisi kelingking

๐Ÿ’ Adu sisi telunjuk

๐Ÿ’ Ketok pergelangan

๐Ÿ’ Ketok nadi

๐Ÿ’ Tekan jari-jari

๐Ÿ’ Buka dan mengepal

๐Ÿ’ Menepuk punggung tangan

๐Ÿ’ Menepuk lengan dan bahu

๐Ÿ’ Menepuk pinggang

๐Ÿ’ Menepuk paha

๐Ÿ’ Menepuk samping betis

๐Ÿ’ Jongkok berdiri

๐Ÿ’ Menepuk perut

๐Ÿ’ Kaki jinjit

๐Ÿ’ Terakhir tutup mata, lalu minta anak ucapkan MasyaaAllah

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
๐ŸŒฟ๐ŸŽ๐ŸŒฟ๐ŸŽ๐ŸŒฟ๐ŸŽ๐ŸŒฟ๐ŸŽ๐ŸŒฟ๐ŸŽ๐ŸŒฟ

*LAMPIRAN MATERI*
*Adab Minum Air*

1. Memulai dengan membaca bismillah dan mengakhiri dengan membaca alhamdulillah

2. Minum dengan tangan kanan

3. Tidak bernafas di dalam gelas juga tidak meniup ke dalamnya

4. Minum dua kali atau tiga kali, tidak sekali teguk, sebagaimana dijelaskan dalam hadits Nabi:

ุงูุดู’ุฑูŽุจููˆู’ุง ู…ูŽุซู’ู†ูŽู‰ ูˆูŽุซูู„ุงูŽุซูŽ

“Minumlah dua kali atau tiga kali teguk.” (HR. at-Tirmidzi, hadits hasan)
5. Minum dengan posisi duduk

6. Tidak minum langsung dari teko

7. Menutup wadah air pada malam hari

8. Tidak mencela minuman
*Adab Minum Susu*

1. Melakukan sebagaimana adab minum

2. Membaca doa setelah selesai minum susu

3. Membersihkan mulut dengan baik setelah minum susu
*Doa Setelah Minum Susu*
ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูููŠู’ู‡ู ูˆูŽุฒูุฏู’ู†ูŽุง ู…ูู†ู’ู‡ู

“Ya Allah, berilah keberkahan kepada kami di dalamnya dan berilah tambahan kepada kami darinya.” (Shahih at-Tirmidzi)

๐Ÿ“š Referensi:

๐Ÿ‹ Buku _Panduan Mendidik Anak Muslim Usia Pra Sekolah_ dari Abu Amr Ahmad Sulaiman terbitan Darul Haq halaman 39 dan 42

๐Ÿ‹ https://muslimah.or.id/243-wahai-anakku-beginilah-cara-minum-rasulullah.html

๐Ÿ‹ https://www.alsofwah.or.id/cetakkajian.php?id=679&idjudul=1

http://ustadzaris.com/sunnah-terkait-susu

๐Ÿ‹ http://wanitasalihah.com/sunnah-sunnah-ketika-minum-susu/
*SAINS Mengenal Buah Tin*

๐Ÿ’ Orang tua bisa menjelaskan bahwa kulit buah tin yang matang bisa berwarna ungu, kuning, cokelat, atau hijau (tergantung jenis)

๐Ÿ’ Sementara daging buah tin memiliki tekstur lembut, empuk, basah, dan berbiji banyak. Daging buah tin berwarna ungu, merah muda, atau cokelat.

๐Ÿ’ Pohon tin bisa tumbuh di tempat kering hingga mencapai usia 50, 70, bahkan 100 tahun

๐Ÿ’ Pohon tin bisa tumbuh dan berbuah di tempat yang tidak bisa ditumbuhi tumbuhan berbuah lain, misal di daerah berbatu, gua, dan pinggir jalan

๐Ÿ’ Pohon tin bisa beradaptasi dan tumbuh pada kondisi tanah yang berbeda- beda sehingga bisa tumbuh dimana saja

๐Ÿ’ Buah tin penuh dengan biji yg renyah, memiliki rasa yang manis, dan tekstur yang kenyal saat dikunyah.

๐Ÿ’ Buah tin kering mengandung fenol tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk sterilisasi karena dapat membunuh bakteri dan virus

๐Ÿ’ Mengandung omega 3 dan 6 yang bisa mengurangi kolesterol

๐Ÿ’ Memiliki kandungan kalsium yang tinggi. 100 gram buah tin setara dengan 2 gelas susu segar sehingga bisa memberi nutrisi pada tulang manusia.
๐Ÿ“š Referensi:

๐Ÿ‹ (printable) gambar buah tin: https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/02/buahtin.pdf

๐Ÿ‹ https://m.youtube.com/watch?v=zHx355IB9Lc

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
๐ŸŒฟ๐Ÿ‡๐ŸŒฟ๐Ÿ‡๐ŸŒฟ๐Ÿ‡๐ŸŒฟ๐Ÿ‡๐ŸŒฟ๐Ÿ‡๐ŸŒฟ
Selamat melewati momen bahagia bersama Anak-Anak, Buibu cantik shalihah
Untuk menemani aktivitas bersama Ananda , bisa diunduh juga kalender aktivitas sebagai ceklist aktivitas selama sepekan
http://familiakreativa.blogspot.co.id/2016/05/download-gratis-kalender-aktivitas.html
๐ŸŒฟ๐Ÿ‡๐ŸŒฟ๐Ÿ‡๐ŸŒฟ๐Ÿ‡๐ŸŒฟ๐Ÿ‡๐ŸŒฟ๐Ÿ‡๐ŸŒฟ
Salam hangat dari kami semua โค
๐Ÿ“‹ Tim LP Sabumi Toddler ๐Ÿ“‹

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s