Lesson Plan

[Lesson Plan for Preschoolers] : Zaitun

img-20170401-wa0005.jpg

LESSON PLAN MARET WEEK 3

TEMA: BUAH ZAITUN

TARGET: PRESCHOOL (4-6 TAHUN)

🍎🍊🍐🍅🍋🍇🍉🍍🍓🍏
SENIN

SHIRAH

🍈Materi : Kisah sahabat nabi – Umar bin Khattab

🍈Aktivitas:

– Menceritakan kisah Umar bin Khaththab
– Berdiskusi dengan Ananda mengenai keteladanan Umar bin Khaththab
a. Pemimpin yang bertanggung jawab dan adil
b. Pemimpin yang pemberani
c. Pemimpin yang sederhana
d. Pemimpin yang dermawan

📓Referensi

🍬 Buku kisah sahabat nabi

🍬 http://kisahmuslim.com/4061-keutamaan-umar-bin-al-khattab.html

🍬 http://www.gulalives.co/2016/06/24/kisah-umar-bin-khattab/

BAHASA

🍈 Materi: belajar membaca dan menulis buah zaitun

🍈 Aktivitas:

1. Belajar menulis dengan mengerjakan worksheet buah zaitun
2. Menyusun puzzle buah zaitun
3. Belajar membaca dengan games menempelkan sightwords buah zaitun pada pohon nya yang dibuat dari karton
Contoh sightwords: zaitun, minyak, buah, tumbuhan, dll.

📓 Referensi:

🍬 https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/03/img-20170331-wa0024.jpg

🍬 https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/03/img-20170331-wa0007.jpg

🍬 http://danahaynes.deviantart.com/art/Mommysbiz-O-Olive-Green-Preschool-Worksheet-408998481

🍬 http://thelittleladybird.com/?p=Trees__Olive-Tree__2

SELASA

ADAB

🍈 Materi: Adab Mengucapkan Salam

🍈 Aktivitas:

– Menjelaskan adab mengucapkan salam

🎀 Mengucapkan salam dengan sempurna: “assalamu’alaykum warohmatulloohi wabarokaatuh”

Hal ini berdasarkan hadits dari ‘Imran bin Hushain radiallahu ‘anhu, ia berkata: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengucapkan , ‘Assalaamu’alaikum’. Maka dijawab oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam kemudian ia duduk, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sepuluh’. Kemudian datang lagi orang yang kedua, memberi salam, ‘Assalaamu’alaikum wa Rahmatullaah.’ Setelah dijawab oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ia pun duduk, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Dua puluh’. Kemudian datang orang ketiga dan mengucapkan salam: ‘Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa baraakaatuh’. Maka dijawab oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian ia pun duduk dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Tiga puluh’.” (Hadits Riwayat Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no. 986, Abu Dawud no. 5195, dan At-Tirmidzi no. 2689 dan beliau meng-hasankannya).

🎀 Mengulangi salam tatkala berjumpa lagi walaupun berselang sesaat

🎀 Tidak mengganggu orang yang tidur

🎀 Tidak memulai ucapan salam kepada orang Yahudi dan Nasrani

🎀 Wajib membalas salam

🎀 Berusaha membalas salam dengan yang lebih baik

🎀 Setiap kali masuk dan keluar senantiasa mengucapkan salam

🎀 Hendaknya yang muda memberi salam kepada yang lebih tua, yang berjalan mengucapkan salam kepada yang duduk, yang berkendara mengucapkan salam kepada yang berjalan

🎀 Mengucapkan salam kepada orang yang dikenali maupun yang tidak dikenali

📓Referensi:

🍬 https://muslimah.or.id/62-ucapkanlah-salam-jawablah-salam.html

🍬 https://muslim.or.id/12085-senyum-salaman-dan-salam.html

🍬 https://rumaysho.com/182-ucapan-salam-amalan-mulia-yang-ditinggalkan.html

🍬 Buku Panduan Mendidik Anak Muslim Usia Pra Sekolah terbitan Darul Haq

DOA

🍈 Materi: Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismillahi tawakkaltu ‘alaallahi, walaa haula wa laa quuwata illa billah” 

Arti:

“Dengan nama Allah. Aku bertawakal kepada-Nya, dan tiada daya dan kekuatan, kecuali karena pertolongan Allah.” (HR. Abu Dawud 4/325)

🍈Keutamaan dzikir ketika keluar rumah:

– Mendapatkan petunjuk dari Allah
– Mendapatkan kecukupan lahir batin
– Mendapatkan perlindungan dari segala keburukan

📓Sumber:

🍬 https://muslimah.or.id/1161-keutamaan-doa-keluar-rumah.html

🍬 https://muslim.or.id/5761-keutamaan-dzikir-ketika-keluar-rumah.html

RABU

ASMAUL HUSNA

Materi: Allah As-Salam (materi terlampir)

AQIDAH

Materi: Rukun Iman ke 3: Beriman Kepada Kitab-Kitab Allaah

SAINS

🍈 Materi: mengenal magnet

🍈 Aktivitas 1: Mengenal Sifat Magnet

– Menyiapkan magnet dan berbagai macam benda (lihat worksheet)
– Mencoba menarik benda-benda dengan magnet
– Meneliti benda yang tertarik magnet dan tidak
– Mencatat hasil
– Mengetahui sifat magnet

🍈 Aktivitas 2: Magnetic Marble Mazes

– Menyiapkan mazes dan magnet
– Menarik magnet sesuai alur maze

📓 Referensi:

🍬 http://www.themeasuredmom.com/free-magnet-worksheet-for-kids/

🍬 http://teachbesideme.com/magnetic-marble-mazes/

KAMIS

HADITS

🍈 Materi: Hadits anjuran menebarkan salam

أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ تَحَابُّوا

Arti: “Sebarkanlah salam diantara kalian, niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR al-Hakim)

🍈 Aktivitas:

– Memberi tahu Ananda lafadz hadits tentang anjuran menebarkan salam
– Memberi tahu Ananda bahwa salam merupakan perintah Allah dan Rosul
– Memberi tahu Ananda bahwa salam dapat menimbulkan rasa cinta di antara sesama muslim
– Melafadzkan hadits tersebut berulang-ulang selama dua minggu

📓 Referensi:

https://muslim.or.id/514-tebarkan-salam.html

https://rumaysho.com/182-ucapan-salam-amalan-mulia-yang-ditinggalkan.html

LOGIKA MATEMATIKA

🍈 Materi: Belajar menghitung penjumlahan buah zaitun & perbandingan lebih banyak atau lebih sedikit

🍈Aktivitas:

1.Belajar menghitung penjumlahan buah zaitun dengan mengisi worksheet
2.Belajar mengenal perbandingan lebih banyak, lebih sedikit atau sama dengan menggunakan media stik es dan buah-buahan

Cara bermain:

1.Sediakan dua jenis buah yg berbeda dng jumlah yang berbeda-beda
2.minta anak untuk membandingkan mana yang lebih banyak jumlahnya lalu gunakan stik es untuk membuat simbol (> ,=,atau<)

📓 Referensi:

🍬 https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/03/img-20170331-wa0021.jpg

🍬 https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/e1/ac/e5/e1ace591eb295239ca2e1b2ff5bd499d.jpg

🍬 [Basic Addition Worksheets for 1st Grade | Education.com] is good,have a look at it! https://www.education.com/slideshow/basic-addition/

JUMAT

FIQH IBADAH

Materi: Pembatal Wudhu

ALQURAN

Materi:

🍈 QS. At-Tien ayat 1

🍈 QS. An-Nur ayat 35

CRAFTING

🍈 Materi: membuat kerajinan bertema buah zaitun

🍈 Aktivitas:

– Menyiapkan alat dan bahan: template gambar buah zaitun, kertas berwarna hijau, lem, dan gunting
– Menggunting kertas berwarna berbentuk persegi panjang
– Menggulung potongan2 kertas persegi panjang (diumpamakan butiran buah zaitun)
– Menempel setiap gulungan dalam template buah zaitun

📓 Referensi:

http://krokotak.com/2015/10/grapes-cut-and-glue/

PRACTICAL LIFE SKILL

🍈 Materi: Memasak omlette bayam tuna dengan minyak zaitun

🍈 Aktivitas:

Anak belajar mengiris, memotong, mengocok telur, dan memasak omelette dengan teflon

📓 Referensi:

https://cookpad.com/id/resep/931648-omelette-bayam-tuna-spicy-menu-diet-with-olive-oil

FISIK

Wheelbarrow Puzzle Walk

– Siapkan papan puzzle kayu di tengah ruangan
– Sebarkan potongan puzzle di sekeliling ruangan
– Pegang pergelangan kaki anak dan angkat ke atas hingga anak bisa berjalan dengan tangan mereka
– Minta anak mencari potongan puzzle di sekeliling ruangan
– Anak harus mengambil potongan puzzle satu per satu lalu memasangkannya pada papan puzzle hingga puzzle lengkap

LAMPIRAN MATERI ‘ULUMUDDIEN

1. AQIDAH

🍃Rukun Iman ke 3: Beriman Kepada Kitab-Kitab Allaah

📌Sampaikan kepada Ananda Rukun iman ke 3, dan poin-poin di bawah ini:

🔹Di dalam kitab-kitab Allaah terdapat:

👉🏻 Ajaran Tauhid, menyembah hanya kepada Allaah saja.
👉🏻 Perintah Beriman kepada Alaah dan para Rasul-Nya
👉🏻 Menerangkan apa yang dihalalkan dan apa yang diharamkan Allaah ta’ala bagi manusia
👉🏻 Sebagai pelajaran hidup agar senantiasa melakukan kebaikan dan menjauhi keburukan, kemusyrikan, kekafiran dan kesesatan.

🔹Sampaikan kpd Ananda utk beriman kepada kitab yang dijelaskn namanya oleh Allaah Ta’aala, yakni:

1. Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sallallaahu ‘alaihi wasallam.
2. Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa ‘Alaihis salaam
3. Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa ‘Alaihis salaam
4. Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud ‘Alaihis salaam
5. Dan secara umum, kita beriman kepada kitab-kitab di atas

🔹Meyakini kitab-kitab tersebut diturunkan dari siai Allaah Ta’ala.

🔹Membenarkan berita-berita yang shahih (benar) dari kitab-kitab tersebut. Semua berita-berita dari Al-Quran adalah benar, adapun kitab-kitab selainnya telah mengalami perubahan dan pergantian oleh sebagian manusia.

🔹Mengamalkan hukum-hukum yang ada di dalam Al-Quran. Kita *wajib ridho dan tunduk kepada hukum-hukum tersebut.

🔹Sampaikan bahwa seluruh kitab yang diturunkan sebelum Al-Quran semuanya telah dihapus dan tidak boleh diamalkan.

📌Ananda harus meyakini buah keimanan kepada kitab-kitab Allaah:

1. Menyadari betapa besarnya perhatian Allaah Ta’ala terhadap suatu kaum dari hamba-hamba-Nya, sehingga Dia menurunkan kitab-kitab tersebut, agar masing-masing kaum mendapat petunjuk dengannya

2. Mengetahui bahwa Allaah ta’ala menurunkan syari’at yang berbeda-beda, yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kaum tersebut.
ماشآءالله

📚 Referensi:

📘Belajar mudah Rukun Iman 6, Pustaka Ibnu Umar.

2. ALQURAN

🔺 QS. At-Tien ayat 1
بسم الله الرحمن الرحيم
والتّين والزيتون (١)

” Demi buah Tin dan Zaitun (1)”.

🔺 QS. An-Nur: 35

Surat An-Nur Ayat 35
اللَّهُ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ مَثَلُ نُورِهِ كَمِشْكَاةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ ۖ الْمِصْبَاحُ فِي زُجَاجَةٍ ۖ الزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُوقَدُ مِنْ شَجَرَةٍ مُبَارَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِيءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ

نُورٌ عَلَىٰ نُورٍ ۗ يَهْدِي اللَّهُ لِنُورِهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ (٣٥)

Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Qs. An-Nur: 35)

=================

👉🏻 Bacakan pada ananda ayat yang menyebutkan buah zaitun

👉🏻 Allaah bersumpah dengan buah tin dan buah Zaitun karena ke dua buah tersebut sangat istimewa (Umma bisa menceritakan keistimewaan dari manfaat buah dan sains) dan keberadaannya sangat penting (lihat ringkasan tafsir ibnu katsir jilid 4 dan untuk tafsir surat An-Nur pada Tafsir ibnu Katsir jilid 3 utk menceritakan lebih lanjut)

📚 Referensi:

– Al-Quran Al-Karim
– Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Muhammad Nasib Ar-rifa’i

3. FIQH IBADAH: PEMBATAL WUDHU

❎ Pembatal Wudhu:

a. Keluar sesuatu dari dua lubang kemaluan baik qubul dan dubur, berupa air seni, madzi, wadi, kotoran maupun angin.
b. Tidur pulas dgn posisi terlentang.
c. Hilang akal dan kesadaran, contoh: gila, mabuk atau pingsan.
d. Menyentuh kemaluan tanpa penghalang dengan syahwat
e. Murtad
f. Makan daging unta

👉🏻 Sampaikan pada Ananda bahwa sholat tidak diterima Allaah ta’ala jika dilakukan tanpa berwudhu.

👉🏻 Bimbing Ananda supaya mengenali pembatal wudhu dari peristiwa sehari-hari yang ia alami.

👉🏻 Saat bunda mengalami batal wudhu, katakan pada Ananda wudhu ibu batal karena sebab ada pembatal wudhu, misal keluar angin.

📚Referensi:

* Minhajul Muslim Anak, Tim Maktabah Dhiya’ul Ilmi, penerbit Arafah
* https://almanhaj.or.id/725-pembatal-pembatal-wudhu.html
* Modul Fiqh 1, has

4. ASMAUL HUSNA

Asma’ul Husna: السَّلام (As-Salam)

Sampaikan pada Ananda apa arti As-Salam, makna dan dalilnya.
♡ Arti As-Salam: Maha Memberi Keselamatan
♡ Makna As-Salam
– Allah selamat dari segala cacat, aib, kejelekan, kekurangan.
– Nama, dzat, sifat, perbuatan Allah sempurna dalam arti selamat dari penyerupaan dengan makhlukNya.
♡ Sampaikan dalil QS Al Hasyr ayat 23

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ
“Dia-lah Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Maha Raja Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera.” (Al-Hasyr 23)

♡ Sampaikan pada ananda poin-poin yang berkaitan dengan Allah As-Salam

– Allah Maha Memberi Keselamatan kepada setiap makhluk yang ada di muka bumi ini
– Tidak ada makhluk yang bisa menjamin keselamatan dirinya sendiri tanpa kehendak Allah
– Kita tidak pantas bermaksiat kepada Allah. Kita harus patuh dan taat mengerjakan segala perintah Allah agar mendapatkan keselamatan dariNya, baik di dunia maupun di akhirat.
– Saat kita berdoa dengan menyebut As-Salam, kita meminta keselamatan kepada Allah dari setiap gangguan, kejahatan manusia, kemaksiatan, penyakit hati, serta dari api neraka.

🍏🍍

Selamat Melewati Momen Bahagia Bersama Anak-Anak Buibu Cantik Sholihah

Untuk menemani aktivitas bersama Ananda , bisa di unduh juga kalender aktivitas sebagai ceklist aktivitas selama sepekan

http://familiakreativa.blogspot.co.id/2016/05/download-gratis-kalender-aktivitas.html

🍏🍍

Salam hangat dari kami semua❣❣❣❣❣❣

📗📘

Tim Lp Sabumi Preschool

📕📘

.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s