Lesson Plan

[Lesson Plan for Toddlers] : Zaitun

img-20170401-wa0003.jpg

LESSON PLAN MARET WEEK 3

TEMA: BUAH ZAITUN

TARGET: TODDLER (1-3 TAHUN)

🍎🍊🍐

SENIN

SHIRAH

🍈Materi : Kisah sahabat nabi – Umar bin Khattab

🍈Aktivitas:

– Menceritakan mengenai kisah Umar bin Khaththab
– Berdiskusi dengan ananda keteladanan Umar bin Khaththab

a. Pemimpin yang bertanggung jawab dan adil
b. Pemimpin yang pemberani
c. Pemimpin yang sederhana
d. Pemimpin yang dermawan

📓Referensi

🍬 Buku kisah sahabat nabi

🍬 http://kisahmuslim.com/4061-keutamaan-umar-bin-al-khattab.html

🍬 http://www.gulalives.co/2016/06/24/kisah-umar-bin-khattab/

BAHASA

🍈 Menunjukkan buah zaitun (bila memungkinkan) atau gambar buah zaitun

🍈 Bercerita terkait buah zaitun. Seperti:

1. Bentuk buah, warna buah, bentuk daun, bentuk pohon, dll
2. Buah zaitun bisa dibuat menjadi minyak zaitun
3. Aneka manfaat memakan buah atau mengonsumsi minyak zaitun.

🍈 Membuat flashcard buah zaitun dalam tiga bahasa:

– zaitun (Indonesia)
– olive (Inggris)
– zaytuun (Arab)

🍈 Mengenalkan kosakata terkait buah zaitun: minyak, zaitun, hijau, biji

📓 Referensi:

Link: https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/03/kartuzaitun.pdf

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Zaitun

SELASA

ADAB

🍈 Materi: Adab Mengucapkan Salam

🍈 Aktivitas:

– Menjelaskan adab mengucapkan salam

🎀 Mengucapkan salam dengan sempurna: “assalamu’alaykum warohmatulloohi wabarokaatuh”

Hal ini berdasarkan hadits dari ‘Imran bin Hushain radiallau ‘anhu, ia berkata: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengucapkan , ‘Assalaamu’alaikum’. Maka dijawab oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam kemudian ia duduk, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sepuluh’. Kemudian datang lagi orang yang kedua, memberi salam, ‘Assalaamu’alaikum wa Rahmatullaah.’ Setelah dijawab oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ia pun duduk, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Dua puluh’. Kemudian datang orang ketiga dan mengucapkan salam: ‘Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa baraakaatuh’. Maka dijawab oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian ia pun duduk dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Tiga puluh’.” (Hadits Riwayat Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no. 986, Abu Dawud no. 5195, dan At-Tirmidzi no. 2689 dan beliau meng-hasankannya).

🎀 Mengulangi salam tatkala berjumpa lagi walaupun berselang sesaat
🎀 Tidak mengganggu orang yang tidur
🎀 Tidak memulai ucapan salam kepada orang yahudi dan nasrani
🎀 Wajib membalas salam
🎀 Berusaha membalas salam dengan yang lebih baik
🎀 Setiap kali masuk dan keluar senantiasa mengucapkan salam
🎀 Hendaknya yang muda memberi salam kepada yang lebih tua, yang berjalan mengucapkan salam kepada yang duduk, yang berkendara mengucapkan salam kepada yang berjalan
🎀 Mengucapkan salam kepada orang yang dikenali maupun yang tidak dikenali

📓Referensi:

🍬 https://muslimah.or.id/62-ucapkanlah-salam-jawablah-salam.html

🍬 https://muslim.or.id/12085-senyum-salaman-dan-salam.html

🍬 https://rumaysho.com/182-ucapan-salam-amalan-mulia-yang-ditinggalkan.html

🍬 Buku Panduan Mendidik Anak Muslim Usia Pra Sekolah terbitan Darul Haq

DOA

🍈 Materi: Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismillahi tawakkaltu ‘alaallahi, walaa haula wa laa quuwata illa billah” 

Arti:

“Dengan nama Allah. Aku bertawakal kepada-Nya, dan tiada daya dan kekuatan, kecuali karena pertolongan Allah.” (HR. Abu Dawud 4/325)

🍈Keutamaan dzikir ketika keluar rumah:

– Mendapatkan petunjuk dari Allah
– Mendapatkan kecukupan lahir batin
– Mendapatkan perlindungan dari segala keburukan

📓Sumber:

🍬 https://muslimah.or.id/1161-keutamaan-doa-keluar-rumah.html

🍬 https://muslim.or.id/5761-keutamaan-dzikir-ketika-keluar-rumah.html

RABU

ASMAUL HUSNA

Materi: Allah As-Salam (materi terlampir)

AQIDAH

🍈 Materi : Tauhid

🍈 Aktivitas :

– Melakukan tanya jawab dengan anak tentang “siapa tuhanmu?”, “apa agamamu?”, “siapa nabimu?”
– Mengajarkan rububiah Allah (contoh: Allah yang ciptakan Usamah. Allah yang ciptakan Ummi. Allah yang ciptakan Abi. Allah yang ciptakan pohon. Allah yang ciptakan kucing. Dst ….)
– Mengeksplorasi sekitar dan bertanya siapa yang menciptakan
– Membuat kolase lafaz Allah Swt dengan menggunakan kancing/manik – manik.

📓Referensi :

🍬 http://ummiummi.com/pendidikan-akidah-bagi-anak-0-3-tahun

🍬 Panduan mendidik anak muslim usia pra sekolah – Darul Haq

🍬 Lagu anak muslim siapakah tuhanmu https://www.youtube.com/watch?v=BKjBKBYK5l4

🍬 Buku ‘kreasi anak muslim cilik’ – proumedia

SAINS

🍈 Materi: mengenal magnet

🍈 Kegiatan: mengamati magnet (harus didampingi orangtua)

Alat:

1. Magnet (paling mudah didapat adalah magnet hiasan kulkas)
2. Kertas hvs

Aktivitas:
1. Ajak Ananda bermain di luar
2. Dekatkan magnet ke tanah, (sebaiknya tanah yang kering dan agak berpasir) amati akan ada serbuk besi yang menempel
3. Pindahkan serbuk besi yang menempel di magnet ke hvs
4. Pisahkan serbuk besi dari tanah/ pasir dengan cara mengulangi menempelkan magnet.
5. Mainkan serbuk besi dengan cara menempelkan magnet di bawah kertas. Serbuk besi akan ‘menari’ mengikuti arah gerakan magnet.

Diskusikan dengan Ananda mengenai apa itu magnet, mengapa serbuk besi bisa menempel pada magnet, dan ternyata ada benda yang dapat menempel dan yang tidak pada magnet. Sambil bermain, Ananda juga dapat diajak meraba pasir dan serbuk besi. Bila serbuk besi sulit didapat, ajak Ananda berkeliling rumah dan menemukan benda apa saja yang dapat menempel pada magnet

📓Referensi:

🍬 https://id.m.wikipedia.org/wiki/Magnet

KAMIS

HADITS

🍈 Materi: Hadits anjuran menebarkan salam

أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ تَحَابُّوا

Arti: “Sebarkanlah salam diantara kalian, niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR al-Hakim)

🍈 Aktivitas:

– Memberi tahu ananda lafadz hadits tentang anjuran menebarkan salam
– Memberi tahu ananda bahwa salam merupakan perintah Allah dan Rosul
– Memberi tahu ananda bahwa salam dapat menimbulkan rasa cinta di antara sesama muslim
– Melafadzkan hadits tersebut berulang-ulang selama dua minggu

📓Referensi:

https://muslim.or.id/514-tebarkan-salam.html

https://rumaysho.com/182-ucapan-salam-amalan-mulia-yang-ditinggalkan.html

LOGIKA MATEMATIKA

🍈 Materi: ukuran benda (lanjutan biggest-smallest)

🍈 Aktivitas:

– Print dan gunting worksheet pada link
– Ajak Ananda mengurutkan gambar dari ukuran terkecil hingga terbesar. Atau sebaliknya.
– Untuk permulaan, dapat dimulai dengan 3 potong gambar. Kemudian dapat ditambah menjadi 4 potong gambar.

📓Referensi:

https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/03/log-mat-zaitun-1.pdf

JUM’AT

QUR’AN

Materi:

🍈 QS. An nahl ayat 11

يُنْبِتُ لَكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَالزَّيْتُونَ وَالنَّخِيلَ وَالْأَعْنَابَ وَمِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. 

🍈 QS. Al-An’am ayat 141

۞ وَهُوَ الَّذِي أَنْشَأَ جَنَّاتٍ مَعْرُوشَاتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَاتٍ وَالنَّخْلَ وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۚ كُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَآتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ ۖ وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan”

CRAFTING

🍈 Materi: Mewarnai buah zaitun

📓 Referensi:

🍈 Materi: DIY tissue tree

✂ Aktivitas: Membuat pohon Zaitun dengan menggunakan tisu (tisu bisa diganti dengan kain atau kertas bekas)

✂Cara membuat:

1. Warnai tisu/kain/kertas bekas dengan warna hijau (bisa dicelup, atau dicat dengan jari atau kuas)
2. Remas-remas tisu/kain/kertas bekas
3. Siapkan Batang pohon, tempel di kertas
4. Tempel-tempel remasan tisu sebagai daun-daun pohonnya
5. Bisa ditambahkan pola lingkaran sebagai buah zaitunnya

📓Referensi:

🍬 http://www.makingtimeformommy.com/2012/04/17/10-earth-day-activities-crafts/

🍬 http://www.housingaforest.com/tissue-paper-trees/

Practical Life Skill

🍈 Materi: transferring (memindahkan benda dengan alat)

🍈 Aktivitas :

– Menyendok cairan dari satu wadah ke wadah lain. Bisa menggunakan beragam cairan mulai air biasa dan atau minyak zaitun.
– Transfer cairan menggunakan eyedropper/pipet.

FISIK

🍈 Materi: Lompat pada target

🍈 Aktivitas: Melompat pada lingkaran

Alat dan bahan:

Kapur tulis warna-warni
1. Ajak Ananda bermain di halaman.
2. Buat lingkaran berbagai ukuran dan warna di jalan/ halaman dengan menggunakan kapur tulis
3. Ajak Ananda melompat dari 1 lingkaran ke lingkaran lain dengan beberapa instruksi. Misal: lompat ke lingkaran terkecil, lompat ke lingakaran hijau besar, dll
4. Ananda dapat diajak untuk melepas alas kaki agar dapat merasakan berbagai tekstur tanah/ jalan

LAMPIRAN

ASMAUL HUSNA

Asma’ul Husna: السَّلام (As-Salam)

Sampaikan pada ananda apa arti As-Salam, makna dan dalilnya.
♡ Arti As-Salam: Maha Memberi Keselamatan
♡ Makna As-Salam

– Allah selamat dari segala cacat, aib, kejelekan, kekurangan.
– Nama, dzat, sifat, perbuatan Allah sempurna dalam arti selamat dari penyerupaan dengan makhlukNya.

♡ Sampaikan dalil QS Al Hasyr ayat 23

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ

“Dia-lah Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Maha Raja Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera.” (Al-Hasyr 23)

♡ Sampaikan pada ananda poin-poin yang berkaitan dengan Allah As-Salam

– Allah Maha Memberi Keselamatan kepada setiap makhluk yang ada di muka bumi ini
– Tidak ada makhluk yang bisa menjamin keselamatan dirinya sendiri tanpa kehendak Allah
– Kita tidak pantas bermaksiat kepada Allah. Kita harus patuh dan taat mengerjakan segala perintah Allah agar mendapatkan keselamatan dariNya, baik di dunia maupun di akhirat.
– Saat kita berdoa dengan menyebut As-Salam, kita meminta keselamatan kepada Allah dari setiap gangguan, kejahatan manusia, kemaksiatan, penyakit hati, serta dari api neraka.

🍏🍍

Selamat Melewati Momen Bahagia Bersama Anak-Anak Buibu Cantik Sholihah

Untuk menemani aktivitas bersama Ananda , bisa di unduh juga kalender aktivitas sebagai ceklist aktivitas selama sepekan

http://familiakreativa.blogspot.co.id/2016/05/download-gratis-kalender-aktivitas.html

🍏🍍

Salam hangat dari kami semua❣❣❣❣❣❣

📗📘

Tim Lp Sabumi Toddler
📕📘📙📗📕📘📙📗📕

 

Advertisements

One thought on “[Lesson Plan for Toddlers] : Zaitun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s