Lesson Plan

[Lesson Plan for Toddlers] Tema : ANGGUR

🍇🍀🍇🍀🍇🍀🍇🍀🍇🍀

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

LESSON PLAN APRIL PEKAN 2

TEMA: BUAH ANGGUR

TARGET: BATITA (1-3 TAHUN)

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

🍇🍀🍇🍀🍇🍀🍇🍀🍇🍀
🌻 *SENIN* 🌻

🔹 *SHIRAH*

🍇Materi : Kisah sahabat nabi – Utsman bin Affan 

🍇Aktivitas:

1. Menceritakan kisah Utsman bin Affan

2. Berdiskusi dengan ananda tentang keteladanan Utsman bin Affan

– Meneladani sifat pemalunya 

– Meneladani kedermawanannya

– Meneladani kesabaran

– Meneladani keteguhan juga akhlaknya yang mulia 
📚Referensi 

🍭 Buku kisah sahabat nabi

🍭 http://kisahmuslim.com/4066-keutamaan-utsman-bin-affan.html

🍭 60 Sirah Sahabat Rasulullah SAW 
🔹 *BAHASA*

🍇 Materi: bercerita mengenai buah anggur

🍇Aktivitas:

1. Bercerita mengenai buah anggur (sambil menunjukkan gambar), mengenai bentuk, rasa, warna, bentuk daun, bentuk pohon, dll. 

2. Membuat flash card buah anggur dalam tiga bahasa: anggur (bahasa Indonesia), grape (bahasa Inggris), dan عنب atau ‘inabun (bahasa Arab) 

3. Melatih delapan kosakata yang berkaitan dengan buah anggur. Mengulang-ulang kosakata tersebut dengan pelafalan yang jelas: anggur, merah, hijau, bulat, manis, asam, biji, tangkai

4. Tracing huruf ع untuk عنب dengan menggunakan stiker lingkaran (bisa diganti cat) berwarna ungu seperti buah anggur

5. Membuat lapbook huruf A
🌻 *SELASA* 🌻

🔹 *ADAB*

🍇 Materi: Adab berpergian atau ditempat umum

1. Membaca doa saat keluar rumah 

2. Bepergian ditemani orang tua atau orang dewasa

3. Menutup aurat 

4. Tidak menunjukkan kesombongan

5. Membaca doa saat akan naik kendaraan

6. Bertakbir (mengucapkan اللهُ أَكْبَرُ (Allahu Akbar)) ketika sedang jalan mendaki dan bertasbih mengucapakan سُبْحَانَ الله (Subhanallaah) ketika jalan menurun.

7. Memperbanyak doa , karena doa orang yang dalam perjalanan mustajab (didengar dan dikabulkan Allah)

8. Menjaga semua fasilitas umum/ tidak merusak misalnya:

– Membuang sampah pada tempatnya

– Tidak mencoret-coret di dinding/ tembok

– Tidak mencabut tanaman atau daun

9. Jangan main sendiri tapi tetap bersama orang tua 

10. Minta izin apabila mau pergi ke tempat berbeda

11. Apabila telah sampai shalat dua rakaat seperti Rasulullah 
📚 Sumber:

🍭 https://almanhaj.or.id/4007-adab-adab-safar.html

🍭 http://muzakarahimandanamal.blogspot.qa/2012/07/adab-berjalan.html
🔹 *DOA*

🍇Materi: Doa Naik Kendaraan
Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat
سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ
Artinya :

_Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami_
📚Referensi

🍭 http://juanramadhan.com/doa-ketika-naik-kendaraan.html
🌻 *RABU* 🌻

🔹 *ASMAUL HUSNA*

🍇 Materi: Al-Afuw  (yang maha pemaaf) 

_materi lengkap dalam lampiran_
Al-‘Afuw adalah zat yang maha menghapuskan dosa-dosa dan memaafkan perbuatan-perbuatan maksiat.

🍇 Aktivitas:

1. Bunda menyebutkan dan mengenalkan sifat Allah Al-Afuw pada anak dan beri tahu artinya adalah yang maha pemaaf

2. Bunda memberi pengertian pada anak bahwa Allah akan selalu memaafkan hambaNya yang berbuat dosa apabila hambaNya itu bertaubat

3. Bunda memberi pengertian pada anak bahwa kita harus mencontoh sifat Allah yang maha pemaaf dalam kehidupan sehari-hari.

4. Ajak anak untuk selalu memaafkan kesalahan yang dilakukan oleh ibu, ayah, adik, atau kakaknya dan orang-orang sekitar karena ini termasuk akhlak yang mulia.
📚Sumber:

🍭 https://muslim.or.id/1832-al-afuw-yang-maha-pemaaf.html
🔹 *AQIDAH* 

🍇Materi: Mengenalkan 2 kalimat syahadat

1. Menjadikan kata-kata pertama yang diucapkan anak kita kalimat ‘Laa ilaaha Illallaah’. Dan memberitahukkannya kelak saat akan meninggal kata-kata terakhirnya pun, kalimat ‘Laa ilaaha illallaah’”. 

2. Para sahabat mendidik kalimat ‘Laa ilaaha illallaah kepada setiap anak yang baru mulai berkata-kata, sebanyak tujuh kali, sehingga kalimat tauhid ini menjadi ucapan mereka yang pertama kalinya

3. Apabila anak telah mampu mengucapkan kata-kata, maka ajarkan mereka kalimat ‘Laa ilaaha illallaah, Muhammadar Rasulullah. 

4. Dan jadikan suara yang pertama kali didengar oleh anak berupa pengetahuan tentang Allah. Tentang Keesaan-Nya, bahwa Allah selalu mengawasi kita dan selalu mendengar percakapan kita.

5. Mengulang dan terus mengulang dan memberitahukan arti kalimat tauhid dan syahadat
📚 Referensi

🍭 http://terapkan-tauhid.blogspot.qa/2012/03/pengertian-kalimat-tauhid-laa-ilaaha.html

🍭 https://buletin.muslim.or.id/aqidah/makna-dua-kalimat-syahadat

🍭 https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/04/img-20170414-wa0004.jpg

🍭 lagu syahadat diva https://youtu.be/CmM00nzfPCI
🔹 *SAINS*

🍇Materi: Kismis menari

Alat dan bahan:

– gelas kaca bening

– 1 sdm baking soda

– cuka

– 3 buah kismis dipotong menjadi dua bagian

– air

– sendok

🍇Aktivitas:

1. Ajak anak untuk menuangkan air ke dalam gelas sampai setengahnya penuh

2. Minta anak untuk memasukkan 1 sdm baking soda lalu kocok sampai larut

3. Ajak anak untuk memasukan kismis satu per satu ke dalam gelas

4. Minta anak untuk menuangkan cuka ke dalam gelas sampai 3/4 penuh

5. Kocok sedikit lalu ajak anak untuk memerhatikan kismisnya akan bergerak-gerak di dalam gelas seperti menari

Ps: 

– Apabila kismis tidak bergerak bisa tambahkan cuka

– Apabila masih tidak bergerak, potong kismis menjadi lebih kecil lagi
📚Sumber: 

🍭 http://www.123homeschool4me.com/2016/01/dancing-raisins-science-experiment.html?m=1
🌻 *KAMIS* 🌻

🔹 *HADITS*
كُناَّ إِذَا صَعِدْنَا كَبَّرْنَا وَ إِذَا نَزَلْنَا سَبَّحْنَا.
_“Kami apabila berjalan menanjak mengucapkan takbir (Allahu Akbar) dan apabila jalan menurun membaca tasbih (Subhanallaah).”_
[HR. Al-Bukhari no. 2993-2994, Ahmad III/333, ad-Da-rimi no. 2677, an-Nasa-i dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 541 dan Ibnu Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 516)
🔹 *LOGIKA MATEMATIKA*

🍇Materi: Membuat bentuk menggunakan anggur

Alat dan bahan:

– anggur

– tusuk gigi

🍇Aktivitas:

1. Bunda membuat bentuk segi empat, segi tiga, dan segi lima menggunakan anggur yang disambung menggunakan tusuk gigi

2 Ajak anak untuk mencontoh bunda membuat bentuk
🍇 Materi: Menghitung kancing

Alat dan bahan:

– kertas karton

– spidol

– kancing

– lem

🍇Cara membuat:

– buat tabel dengan 2 kolom 10 baris pada kertas karton 

– tulis pada kolom pertama angka 1-10

🍇Aktivitas:

Ajak anak untuk menempelkan kancing pada kolom kedua sesuai jumlah yang tertera pada kolom pertama
📚Sumber

🍭 http://www.coffeecupsandcrayons.com/grape-shapes-activity/

http://

🍭 http://www.wellnourishednest.com/2015/05/27/math-activities-for-preschoolers-button-counting/
🌻 *JUMAT* 🌻

🔹 *QURAN*

🍇Materi: QS Al-Baqarah: 266
أَيَوَدُّ أَحَدُكُمْ أَنْ تَكُونَ لَهُ جَنَّةٌ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأنْهَارُ لَهُ فِيهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ وَأَصَابَهُ الْكِبَرُ وَلَهُ ذُرِّيَّةٌ ضُعَفَاءُ فَأَصَابَهَا إِعْصَارٌ فِيهِ نَارٌ فَاحْتَرَقَتْ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ
_“Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya.”_ (QS Al Baqarah: 266)
📚Sumber: 

🍭 https://muslimah.or.id/6178-yang-disebutkan-dalam-al-quran-buah-anggur.html
🔹 *CRAFTING*

🍇Materi: Membuat gambar anggur menggunakan bekas gulungan tisu toilet

🍇Alat dan bahan:

– gulungan tisu toilet

– cat air atau cat poster warna ungu dan hijau

– kertas karton

– spidol

🍇Cara membuat:

– bunda menggambar tangkai dan daun buah anggur

– lalu ajak anak untuk mencelupkan ujung gulungan tisu ke dalam cat air lalu mengecapkannya ke kertas karton

– ulangi terus hingga terbentuk banyak buah anggur
🍇Materi: Menempel buah anggur*

🍇Alat dan bahan:

– hasil karya membuat gambar anggur menggunakan gulungan tisu toilet

– lem

– gulungan tisu toilet

– kertas warna ungu

– pulpel

– gunting

🍇Cara membuat:

– bunda mencetak gulungan tisu toilet pada kertas warna ungu lalu gunting

– ajak anak untuk menempelkan kertas warna ungu yang telah digunting pada gambar anggur pada kertas
🍇Materi: Anggur dari Bubble wrap*

🍇Alat dan bahan:

– plastik bubble wrap

– kertas kardus/ kertas yang agak keras

– cat air

– kuas

– gunting

– lem

🍇Cara membuat:

– bunda membuat pola berbentuk buah anggur pada kertas dan bubble wrap lalu gunting

– tempelkan bubble wrap pada kertas

– siapkan cat air warna ungu

– ajak anak untuk mencat bubble wrap
📚Sumber:

🍭https://www.thespruce.com/purple-projects-to-make-with-kids-1250402?utm_source=pinterest&utm_medium=social&utm_campaign=mobilesharebutto

🍭 http://www.momshavequestionstoo.com/purple-tot-trays/

🍭 http://www.notimeforflashcards.com/2009/01/what-a-bunch-of.html
🔹 *PRACTICAL LIFE SKILL*

🍇 Materi: Memakan buah anggur

🍇 Aktivitas:

1. Belajar membersihkan buah anggur sebelum dimakan dengan cara dicuci menggunakan air.

2. Memakan buah anggur menggunakan tangan kanan.

3. Membaca bismillah sebelum makan buah anggur.
🔹 *FISIK*

🍇Materi: Tebak kata dan bermain petak umpet.

🍇Aktivitas:

1. Tebak kata dan gambar

– sediakan flash card khusus buah anggur ditambah flash card buah lainnya yg sudah di LP ( zaitun, pisang, tin, delima)

– sambil menyembunyikan gambarnya diberikan tebak tebakan ciri khusus setiap buah 

– yang benar bisa diberikan pelukan atau ciuman atau makanan favorit atau stiker

2. Mencari harta buah buahan 

– sediakan gambar buah buahan , dan kata buah buahan (flash card)

– sediakan gambar panah menuju tempat disembunyikan (bisa juga penunjuk arah dengan permen atau mainan lainnya)

– buat peta sesuai dengan peta rumah kita diberi gambar buah buahan yg disembunyikan

– sediakan wadah khusus untuk mengumpulkan harta buah buahan

– simpan kata dan gambar buah di sebuah tempat yang mudah dijangkau misal di dapur, di kamar, di dekat meja makan atau dimanapun yg aman buat anak

– kalau sudah ketemu simpan gambar buah dan kata di tempat harta buah

– hadiahnya boleh divariasikan seperti tadi (pelukan atau ciuman atau makanan favorit)
📚 Sumber

🍭http://id.m.wikihow.com/Membuat-Peta-Harta-Karun#Menciptakan_Desain
🍭http://www.parenting.co.id/balita/serunya+main+berburu+harta+karun
🍭https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/04/fruit-flash-card-1.pdf

🌻 *Lampiran* 🌻

🍇 Materi Asmaul Husna 🍇
Syaikh Abdurrahman as-Sa’di ketika menafsirkan firman Allah Ta’ala,
{إنَّ اللهَ لَعَفُوٌّ غَفُوْرٌ}
“Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pema’af lagi Maha Pengampun” (QS al-Hajj:60).
Beliau berkata, “Artinya: Dia maha memaafkan orang-orang yang berbuat dosa, dengan tidak menyegerakan siksaan bagi mereka, serta mengampuni dosa-dosa mereka. Maka Allah menghapuskan dosa dan bekas-bekasnya dari diri mereka. Inilah sifat Allah Ta’ala yang tetap dan terus ada pada zat-Nya (yang maha mulia), dan inilah perlakuan-Nya kepada hamba-hamba-Nya di setiap waktu, (yaitu) dengan pemaafan dan pengampunan…”.
Sifat “memaafkan” dan “mengampuni” ini adalah termasuk sifat-sifat yang tetap dan terus-menerus ada pada dzat Allah (yang Maha Mulia). Dan senantiasa pengaruh (baik) sifat-sifat ini meliputi semua makhluk-Nya di siang dan malam hari. Karena sifat “memaafkan” dan “mengampuni” (yang dimiliki)-Nya meliputi semua makhluk, dosa , dan perbuatan maksiat.
Padahal, mestinya perbuatan dosa dan maksiat yang dilakukan manusia menjadikan mereka ditimpa berbagai macam siksaan, akan tetapi pemaafan dan pengampunan-Nya menghalangi turunya siksaan tersebut. Allah Ta’ala berfirman:
{ولو يؤاخذ الله الناسَ بما كسبوا ما ترك على ظهرها من دابة ولكن يؤخرهم إلى أجل مسمى، فإذا جاء أجلهم فإن الله كان بعباده بصيرا}
“Dan kalau sekiranya Allah menyiksa manusia disebabkan perbuatan (dosa) mereka, niscaya Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi suatu makhluk yang melatapun, akan tetapi Allah menangguhkan (penyiksaan) mereka sampai waktu yang tertentu; maka apabila datang ajal mereka, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Melihat (keadaan) hamba-hamba-Nya” (QS Faathir:45).
Inilah kesempurnaan pemaafan-Nya, yang kalau bukan karena itu niscaya Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi suatu makhluk yang melatapun. Sesungguhnya pintu-pintu pemaafan dan pengampunan-Nya senantiasa terbuka (lebar), dan Dia senantiasa dan selalu bersifat maha pemaaf dan pengampun. Sungguh Dia telah menjanjikan pengampunan dan pemaafan bagi orang-orang yang mengusahakan sebab-sebabnya, sebagaimana dalam firman-Nya,
{وإني لغفار لمن تاب وآمن وعمل صالحاً ثم اهتدى}
“Dan sesungguhnya Aku benar-benar Maha Pengampun bagi orang yang bertobat, beriman, beramal shaleh kemudian tetap di jalan yang benar” (QS Thaaha:82)
🌻🍃🌻🍃🌻🍃🌻🍃🌻🍃

Selamat Melewati Momen Bahagia Bersama Anak-Anak Buibu Cantik Sholihah

🌻🍃🌻🍃🌻🍃🌻🍃🌻🍃
Untuk menemani aktivitas bersama Ananda , bisa di unduh juga kalender aktivitas sebagai checklist aktivitas selama sepekan

http://familiakreativa.blogspot.co.id/2016/05/download-gratis-kalender-aktivitas.html

☕☕

Salam hangat dari kami semua❣❣❣❣❣❣  

🔹🔸🔹🔸🔹🔸🔹

Tim Lp Sabumi Batita

🔹🔸🔹🔸🔹🔸🔹

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s