Lesson Plan

[Lesson Plan for Preschoolers] Kurma

IMG-20170510-WA0011
LESSON PLAN SABUMI

TEMA: KURMA

TARGET: BALITA 4-6 TAHUN

*SENIN*

*SHIRAH*

๐Ÿ’Œ Materi: Khalifah Ali bin Abi Thalib

๐Ÿ’Œ Aktivitas:

๐Ÿ”ป Membacakan buku tentang Ali bin Abi Thalib

๐Ÿ”ป Menceritakan keutamaan Ali bin Abi Thalib

๐Ÿ Ali bin Abi Thalib diasuh Nabi Muhammad dan Khadijah sejak usianya 6 tahun

๐Ÿ Ali bin Abi Thalib menyatakan keislamannya di usia 10 tahun

๐Ÿ Ali bin Abi Thalib dikenal sebagai lautan ilmu

๐Ÿ Ali bin Abi Thalib berani dan taat pada perintah Rasul. Ia memenuhi permintaan Rasul untuk tidur menggantikan Rasul di tempat tidur Rasul dengan berselimutkan burdah Rasul. Padahal saat itu para pemuda Quraisy tengah mengepung rumah Rasul dan berencana membunuh Rasulullah

๐Ÿ Ali bin Abi Thalib mengikuti peperangan-peperangan yang terjadi di zaman Rasulullah. Di perang Uhud, Ali memegang bendera perang.

๐Ÿ Ali bin Abi Thalib adalah pemimpin adil yang taat hukum

๐Ÿ Ali bin Abi Thalib adalah sosok yang sederhana. Bisa tercermin dari kisah ini:

Pada suatu malam, Ali bin Abi Thalib kedinginan sedangkan dia hanya memiliki selimut yang pendek. Seseorang berkata kepadanya: “Engkau pemimpin dan Allah memberikan harta kepadamu, kenapa engkau tidak mengambil harta dari pemerintah?”. Ali menjawab: “Demi Allah, aku tidak akan mengambil sedikitpun harta masyarakat, hanya selimut ini yang aku bawa dari rumahku.”

๐Ÿ“š Referensi:

๐Ÿ”– Buku Sirah Nabawiyah Perjalanan Hidup Rasul yang Agung Muhammad terbitan Darul Haq

๐Ÿ”– Buku Serial Sahabat Dijamin Masuk Surga 1 Seri Ali bin Abi Thalib terbitan Perisai Quran Kids

๐Ÿ”– https://m.youtube.com/watch?v=Qzi04IyZeN0

๐Ÿ”– https://m.youtube.com/watch?v=XVozz1PT7CY

*BAHASA*

๐Ÿ’Œ Materi

๐Ÿ”ปBelajar membaca sambil bermain sondah

๐Ÿ”ปBercerita kisah Nabi Muhammad dan pohon kurma

๐Ÿ’Œ Aktivitas

๐Ÿ”ปBermain sondah dimana tiap petak nya di tulis kata-kata yg berkaitan dengan kurma seperti: palma, obat, lonjong, biji, cokelat, dan lain-lain.

Cara bermain sama dengan permainan sondah hanya ada tambahan membaca kata dalam petak yang terkena beanbagnya.

๐Ÿ”ปBunda menceritakan kisah-kisah nabi Muhammad dan pohon kurma lalu memberikan beberapa pertanyaan untuk dijawab anak

๐Ÿ“š Referensi

http://infokhazanah.blogspot.com/2015/05/kisah-kesedihan-pohon-terhadap-nabi.html?m=1

*PRACTICAL LIFE SKILL*

๐Ÿ’Œ Materi

๐Ÿ”ปMenanam benih tanaman

๐Ÿ’Œ Aktivitas

๐Ÿ”ปAnak memasukkan tanah ke dalam pot kecil

๐Ÿ”ปMelubangi tanah dalam pot

๐Ÿ”ปMemasukan benih

๐Ÿ”ปMenyiram

๐Ÿ”ปBunda dapat menjelaskan proses benih tumbuh menjadi tunas

๐Ÿ“šReferensi

๐Ÿ”– http://www.pre-kpages.com/lorax-planting-seeds-preschoolers/

*SELASA*

*ADAB*

๐Ÿ’Œ Materi: Adab Terhadap Kedua Orang Tua

๐Ÿ’Œ Aktivitas:

๐Ÿ”ปMemberi tahu ananda tentang adab terhadap kedua orang tua:

๐Ÿ”ปTaat kepada orang tua selama bukan maksiat kepada Allah

๐Ÿ”ป Menghormati orang tua. Caranya dengan:

๐Ÿ Berbicara lembut pada orang tua

๐Ÿ Tidak membentak orang tua

๐Ÿ Tidak berbicara lebih keras dari orang tua

๐Ÿ Tidak mengucapkan ‘ah’

๐Ÿ Tidak mencela orang tua

๐Ÿ Tidak berjalan di depan mereka

๐Ÿ Tidak memandang orang tua dengan tatapan yang tidak menyenangkan

๐Ÿ Tidak duduk di depan orang tua sementara mereka berdiri

๐Ÿ Tidak bepergian dari rumah kecuali dengan izin mereka

๐Ÿ”ปBerbakti pada keduanya. Caranya dengan membantu pekerjaan rumah orang tua dan melakukan hal-hal yang disenangi orang tua.

๐Ÿ”ปMeminta maaf pada orang tua jika melakukan kesalahan

๐Ÿ”ปMendoakan keduanya

๐Ÿ“šReferensi

๐Ÿ”– Buku Minhajul Muslim Anak Seri Adab terbitan Arafah

๐Ÿ”– https://m.youtube.com/watch?v=CEOWiL6sknk

๐Ÿ”– https://muslim.or.id/27537-beberapa-adab-terhadap-orang-tua.html

๐Ÿ”– https://rumaysho.com/882-bagaimana-seorang-anak-beradab-dengan-orang-tuanya-seri-1.html

๐Ÿ”– https://rumaysho.com/883-bagaimana-seorang-anak-beradab-dengan-orang-tuanya-seri-2.html

*DOA*

๐Ÿ’Œ Materi: Doa untuk kedua orang tua

ุฑูŽุจู‘ู ุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠู’ ูˆูŽู„ููˆูŽุงู„ูุฏูŽูŠู‘ูŽ
ROBBIGHFIRLII WALIWAALIDAYYA

Arti:ย “Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku”. (QS.Nuh 28)

ุฑูŽุจูู‘ ุงุฑู’ุญูŽู…ู’ู‡ูู…ูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ุฑูŽุจู‘ูŽูŠูŽุงู†ููŠ ุตูŽุบููŠู’ุฑู‹ุง
ROBBIR HAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIROO

Arti:ย “Wahai Rabb-ku, kasihilah keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidikku sewaktu kecil.” (QS. Al Isra’ 24)

๐Ÿ“šReferensi

๐Ÿ”– Al-Qur’an

๐Ÿ”– https://almanhaj.or.id/989-menggapai-ridha-allah-dengan-berbakti-kepada-orang-tua.html

*FIQIH IBADAH*

๐Ÿ’Œ Materi: Macam-macam shalat (terlampir)

*FISIK*

๐Ÿ’Œ Materi: permainan tradisional engklek

๐Ÿ’Œ Aktivitas: bermain engklek

๐Ÿ“šReferensi

๐Ÿ”– http://www.parenting.co.id/usia-sekolah/ajari+anak+bermain+engklek

*RABU*

*ASMAUL HUSNA*

๐Ÿ’Œ Materi: Al-‘Alim (terlampir)

*AQIDAH*

๐Ÿ’Œ Materi: Iman kepada para Nabi dan Rasul (terlampir)

*SAINS*

๐Ÿ’Œ Materi

๐Ÿ”ปMengenal buah, biji, dan daun kurma

๐Ÿ”ปPercobaan kurma menari

๐Ÿ’Œ Aktivitas

๐Ÿ”ปSiapkan alat dan bahan:

๐Ÿ Gelas

๐Ÿ Soda

๐Ÿ Biji buah

๐Ÿ”ปMasukkan soda kedalam gelas bening

๐Ÿ”ปMasukkan biji buah seperti biji apel

๐Ÿ”ปBeberapa menit kemudian biji akan naik ke atas seperti menari
๐Ÿ“šReferensi

๐Ÿ”– http://www.coffeecupsandcrayons.com/apple-seed-science-fun-kids/

*KAMIS*

*HADITS*

๐Ÿ’Œ Materi: Anjuran memberi hadiah (terlampir)

*LOGIKA MATEMATIKA*

๐Ÿ’Œ Materi: Belajar berhitung dengan menggunakan biji kurma

๐Ÿ’Œ Aktivitas

๐Ÿ”ปTracing angka dengan menggunakan biji kurma

๐Ÿ Bersihkan biji kurma dengan air dan keringkan

๐Ÿ Lakukan tanya jawab mengenai jumlah biji kurma

๐Ÿ Anak menjawab secara non verbal, dengan membuat angka memakai biji kurma

๐Ÿ Bantu dengan 5 pertanyaan:

1. Berapa usiamu?

2. Berapa usia kakak/adik?

3. Berapa usia ibu?

4. Tanggal berapakah hari ini?

5. Tahun berapa hijriahkah sekarang?

๐Ÿ”ปBelajar penjumlahan sederhana dengan menggunakan biji kurma sebagai objek riil

๐Ÿ Siapkan addition board

๐Ÿ Siapkan kartu angka 1-5

๐Ÿ Taruh dua angka pada dua kotak angka yang akan dijumlah

๐Ÿ Taruh sejumlah biji kurma di bawah angka

๐Ÿ Minta anak untuk menghitung total biji kurma

๐Ÿ“šReferensi

๐Ÿ”– http://thestay-at-home-momsurvivalguide.com/2016/04/practicing-addition-busy-bag.html

*JUMAT*

*QURAN*

๐Ÿ’Œ Materi: Al-Qamar ayat 20 (terlampir)

*CRAFTING*

๐Ÿ’Œ Materi: Berkreasi dengan kardus bekas

๐Ÿ’Œ Aktivitas: Membuat DIY TV kardus

๐Ÿ“šReferensi

๐Ÿ”– http://www.hellowonderful.co/post/EASY-DIY-RECYCLED-CARDBOARD-TV-SHOWING-OFF-YOUR-KIDS—–ART#_a5y_p=4828933

๐Ÿ”– http://www.instructables.com/id/Low-Tech-Cardboard-TV-Toy/

*Lampiran Materi ‘Ulumuddien*

*1. Qur’an*

๐Ÿ’Œ Materi: Al Qamar ayat 20

๐Ÿ’Œ Aktivitas: Membacakan surat Al Qamar ayat 20

ุชูŽู†ุฒุนู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ูƒูŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽุนู’ุฌูŽุงุฒู ู†ูŽุฎู’ู„ู ู…ูู†ู’ู‚ูŽุนูุฑู

Arti:ย “yang menggelimpangkan manusia seakan-akan mereka pokok kurma yang tumbang.” (QS Al Qamar: 20)
Tafsir:

Azab Allah terhadap kaum ‘Ad sangatlah dahsyat. Seseorang dari mereka diterbangkan hingga tidak terlihat lagi. Kemudian dijatuhkan dengan kepala di bawah, hingga hancurlah kepalanya dan yang tersisa hanyalah tubuhnya saja tanpa kepala. Seakan-akan mereka pohon kurma yang tumbang.

๐Ÿ“šReferesi

๐Ÿ”– Al Quran

๐Ÿ”– Tafsir Ibnu Katsir

*2. Aqidah*

๐Ÿ’Œ Materi: Iman Kepada Para Nabi dan Rasul

๐Ÿ’Œ Aktivitas

๐Ÿ”ปMenyampaikan pada ananda agar memercayai bahwa Allah telah memilih Nabi dan Rasul pada tiap-tiap umat.

๐Ÿ”ปMenyampaikan persamaan dan perbedaan Nabi dan Rasul

Persamaan Nabi dan Rasul:

๐Ÿ Nabi dan Rasul sama-sama utusan Allah yang diberi wahyu oleh Allah.

๐Ÿ Nabi dan rasul sama-sama diutus untuk menyampaikan syariat.

๐Ÿ Nabi dan rasul ada yang diturunkan kepadanya kitab, ada pula yang tidak.

Perbedaan Nabi dan Rasul:

๐Ÿ Nabi diberi wahyu untuk disampaikan kepada kaum yang sudah bertauhid atau untuk diamalkan bagi dirinya sendiri. Rasul diutus untuk menyampaikan syariat kepada kaum yang menyelisihinya.

๐Ÿ Nabi mengikuti syariat sebelumnya yang sudah ada, sedangkan Rasul terkadang mengikuti syariat sebelumnya dan terkadang membawa syariat baru.

๐Ÿ”ปMenyampaikan cara beriman pada Nabi dan Rasul

๐Ÿ Beriman bahwasanya risalah yang mereka bawa benar-benar risalah yang berasal dari wahyu Allah.

๐Ÿ Beriman terhadap nama-nama mereka yang kita ketahui.

๐Ÿ Membenarkan berita-berita yang shahih dari mereka.

๐Ÿ Beramal dengan syariat Rasul yang diutus kepada kita, yaitu penutup para Nabi, Muhammad shalallahu โ€˜alaihi wa sallaam.

๐Ÿ“šReferensi

๐Ÿ”– Minhajul Muslim Anak seri aqidah terbitan Arafah

๐Ÿ”– https://muslimah.or.id/41-iman-kepada-rasul.html

๐Ÿ”– https://muslim.or.id/2022-mengimani-para-utusan-allah.html

*3. Fiqih Ibadah*

๐Ÿ’Œ Materi: Macam-macam shalat

๐Ÿ’Œ Aktivitas

Menjelaskan macam-macam shalat

๐Ÿ”ป Shalat Fardhu

Shalat fardhu ada lima yaitu: zhuhur, ashar, maghrib, isya’, dan subuh

๐Ÿ”ป Shalat sunnah

Shalat sunnah terbagi menjadi :

๐Ÿ Sunnah muakkadah, seperti shalat witir, qobla subuh, idul fitri, idul adha, kusuf, dan istisqa’.

๐Ÿ Sunnah ghairu muakkadah, seperti shalat tahiyatul masjid, shalat rawatib, dhuha, tarawih, dan qiyamul lail.

๐Ÿ”ปShalat Nawafil

Shalat sunnah selain mu’akkad dan ghairu muakkadah yang dikerjakan siang atau malam hari.
๐Ÿ“šReferensi

๐Ÿ”– Minhajul Muslim Anak seri ibadah terbitan Arafah

*4. Hadits*

๐Ÿ’Œ Materi: Anjuran Memberi Hadiah

๐Ÿ’Œ Aktivitas

๐Ÿ”ปSampaikan pada ananda hadits tentang memberi hadiah:
ุชูŽู‡ูŽุงุฏููˆู’ุง ุชูŽุญูŽุงุจูู‘ูˆู’ุง
Arti: ” Saling menghadiahilah kalian niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR. Al-Bukhari)
๐Ÿ”ป Memberi tahu ananda bahwa hadiah adalah suatu pemberian (kenang-kenangan, penghargaan, penghormatan), ganjaran (karena memenangkan perlombaan), tanda kenang-kenangan (tentang perpisahan), atau cendera mata.

๐Ÿ”ปMemberi tahu ananda bahwa hadiah bisa menumbuhkan cinta dan kasih sayang antar sesama manusia.

๐Ÿ”ปMemberi tahu ananda bahwa memberi hadiah itu mubah dalam Islam. Namun, hadiah bisa menjadi haram atau mengantarkan kepada keharaman, jika ia berupa sesuatu yang haram atau termasuk dalam kategori sogokan atau sejenisnya.

๐Ÿ”ปMemberi tahu ananda agar tidak memberi hadiah terkait perayaan tertentu yang merupakan budaya non-Islam seperti ulang tahun.

๐Ÿ“šReferensi

๐Ÿ”– http://asysyariah.com/berilah-hadiah/

๐Ÿ”– http://sunnah.or.id/buletin-assunnah/hukum-hadiah-dalam-islam.html

๐Ÿ”– http://kbbi.web.id/hadiah

*5. Asmaul Husna*

๐Ÿ’Œ Materi: Asmaโ€™ul Husna: ุงู„ู’ุนูŽู„ููŠู…ู (Al-‘Alim)

Sampaikan pada ananda apa arti Al-‘Alim, makna dan dalilnya.

โ™ก Arti Al-‘ Alim: Maha Mengetahui

โ™ก Makna Al-‘Alim

Allah Maha Berilmu, ilmu-Nya meliputi segala yang berada di alam baik yang tersembunyi maupun yang tampak. Allah meliputi segala sesuatu dan tidak memiliki sifat lupa. Allah mengetahui apa yang telah terjadi, yang sedang terjadi pada waktu ini, apa yang akan terjadi besok, dan urusan yang belum terjadi.

โ™ก Sampaikan dalil QS Al Maidah ayat 97
ุฐูŽูฐู„ููƒูŽ ู„ูุชูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆุง ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ู…ูŽุง ูููŠ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงูˆูŽุงุชู ูˆูŽู…ูŽุง ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุจููƒูู„ู‘ู ุดูŽูŠู’ุกู ุนูŽู„ููŠู…ูŒ
Arti:

“Allah menjadikan hal itu agar kamu tahu, sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Al Maidah: 97)

โ™ก Sampaikan pada ananda poin-poin yang berkaitan dengan Allah Al-‘Alim

๐Ÿ”ปIlmu Allah mencakup seluruh alam semesta, yang atas dan yang bawah. Tiada suatu tempat atau waktu pun yang lepas dari ilmu Allah SWT. Allah mengetahui yang gaib dan yang tampak, yang lahir dan yang batin, serta yang jelas dan yang tersembunyi.

๐Ÿ”ปAllah mengetahui segala sesuatu sampai hal-hal terkecil, baik yang di dasar lautan maupun yang di dalam bumi, juga yang ada dalam lubuk hati.

๐Ÿ”ปBagaimanapun amal dan ucapan ananda, Allah Maha Mengetahuinya. Oleh karena itu, ananda harus yakin bahwa Allah selalu mengawasi ananda dalam segala keadaan dan di setiap tempat. Walaupun ananda melakukannya di malam hari, di tempat yang gelap dan sepi, Allah Subhanahu wataโ€™ala sangat mengetahuinya.

๐Ÿ“šReferensi

๐Ÿ”– http://asysyariah.com/khazanah-al-aliim

***

Selamat melewati momen bahagia bersama anak-anak buibu cantik sholihah

Salam hangat dari kami semua..๐Ÿ’•

TIM LP BALITA SABUMI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s