Lesson Plan

[Lesson Plan for Toddlers] Kurma

img-20170510-wa0010.jpg

LESSON PLAN MEI MINGGU KE-2

TEMA: BUAH KURMA 

TARGET: BATITA (1-3 TAHUN)

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

*SENIN*

*SHIRAH*

🍪 Materi: kisah Ali bin Abi Thalib

🍪 Aktivitas:

Ceritakan kepada ananda kisah Ali bin Abi Thalib. Ajak ananda berdiskusi mengenai teladan yang bisa diikuti pada sosok Ali bin Abi Thalib
📓 Sumber:

🌼 Buku shirah nabi Muhammad

🌼 Buku shirah sahabat nabi Muhammad
*BAHASA*

🍪 Materi: tema buah kurma

🍪 Aktivitas:

1. Menunjukkan buah kurma atau gambar kurma sambil menceritakan tentang pohon kurma dan kurma itu sendiri

2. Bercerita mengenai hal-hal yang berkaitan dengan buah kurma. Seperti:

🍒 eksplorasi warna kurma yg berbeda

🍒 rasa buah kurma

🍒 beragam cara memakan buah kurma. (Dimakan langsung, dijus, atau di rendam dulu)

🍒 manfaat memakan buah kurma

3. Membuat flashcard buah kurma dalam tiga bahasa:

🍒 kurma ( Indonesia)

🍒 date (Inggris)

🍒 tamr ( Arab)

4. Mengenal kosakata baru terkait buah kurma, yaitu

🍒 hitam

🍒 gurun pasir

🍒 Arab

🍒 manis

🍒 haji

5. Bermain puzzle buah kurma

📓 Referensi:

🌼 https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/05/img-20170506-wa0001.jpg

🌼 https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/05/img-20170506-wa0002.jpg

*SELASA*

*ADAB*

🍪 Materi: Adab ketika bersin

🍪 Aktivitas:

1. Mengajak ananda berdiskusi mengenai adab yang dicontohkan Rasulullah saw ketika bersin.

2. Mengajak ananda mempraktikkannya dalam keseharian.

🌴 Ketika bersin hendaknya kita:

🍒 Merendahkan suara

🍒 Menutup mulut dan wajah

🍒 Tidak memalingkan leher

🍒 Mengeraskan bacaan hamdalah, walaupun dalam keadaan shalat.

🍒 Wajib menjawab dengan doa apabila mendengar seorang muslim bersin kemudian mengucapkan hamdallah.

“Hak seorang muslim atas muslim yang lain ada enam: jika engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, jika ia mengundangmu maka datanglah, jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah nasihat, jika ia bersin lalu ia mengucapkan alhamdullilah maka doakanlah, jika ia sakit maka jenguklah, jika ia meninggal maka iringilah jenazahnya.” (HR Muslim)

📓 Referensi :

🌼 https://muslimah.or.id/217-adab-menguap-dan-bersin.html

*DOA*

🍪 Materi: Doa ketika bersin

🌴 doa ketika bersin, yaitu:

🍒 اَلْحَمْدُ ِللهِ.
“Segala puji bagi Allah” [HR. Al-Bukhari no. 6223, at-Tirmidzi no. 2747]

🍒 اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
“Segala puji bagi Allah Rabb seru sekalian alam.” [HR. Al-Bukhari di dalam al-Adaabul Mufrad no. 394, an-Nasa-i dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 224, Ibnu Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no.259. Lihat Shahihul Jami’ no. 686]

🍒 اَلْحَمْدُ ِللهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ.
“Segala puji bagi Allah atas segala hal” [HR. Ahmad I/120,122, at-Tirmidzi no. 2738, ad-Darimi II/283, al-Hakim IV/66. Lihat Shahih at-Tirmidzi II/354 no. 2202]

🍒 اَلْحَمْدُ ِللهِ حَمْدًا كَثِِيْرًا طَيِّباً مُبَارَكاً فِيْهِ كَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَ يَرْضَى.
“Segala puji bagi Allah (aku memuji-Nya) dengan pujian yang banyak, yang baik dan penuh ke-berkahan sebagaimana yang dicintai dan diridhai oleh Rabb kami.” [HR. Abu Dawud no. 773, al-Hakim III/232. Lihat Shahih Sunan Abi Dawud I/147 no. 700]

🌴 Wajib bagi setiap orang yang mendengar orang bersin (dan mengucapkan alhamdulillah) untuk melakukan tasymit kepadanya, yaitu dengan mengucapkan,

🍒 يَرْحَمُكَ اللهُ
“Semoga Allah memberikan rahmat kepadamu.”

🌴 Apabila tidak mendengarnya mengucapkan al-hamdulillah, maka janganlah mengucapkan tasymit (ucapan yarhamukallah) baginya, dan tidak perlu mengingatkannya untuk mengucapkan hamdallah (ucapan alhamdulillaah)

📓 Referensi :

🌼 https://almanhaj.or.id/4010-adab-adab-menguap-dan-bersin.html

*RABU*

*ASMAUL HUSNA*

🍪 Materi: الْعَلِيمُ (Al-‘Alim)

🍪 Aktivitas:

1. Sampaikan pada ananda apa arti Al-‘Alim, makna dan dalilnya.

🌴 Arti Al-‘ Alim: Maha Mengetahui

🌴 Makna Al-‘Alim

Allah Maha Berilmu, ilmu-Nya meliputi segala yang berada di alam baik yang tersembunyi maupun yang tampak. Allah meliputi segala sesuatu dan tidak memiliki sifat lupa. Allah mengetahui apa yang telah terjadi, yang sedang terjadi pada waktu ini, apa yang akan terjadi besok, dan urusan yang belum terjadi.

🌴 Sampaikan dalil QS Al Maidah ayat 97
ذَٰلِكَ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَأَنَّ اللَّهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
Arti:

“Allah menjadikan hal itu agar kamu tahu, sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Al Maidah: 97)

2. Sampaikan pada ananda poin-poin yang berkaitan dengan Allah Al-‘Alim

🌴 Ilmu Allah mencakup seluruh alam semesta, yang atas dan yang bawah. Tiada suatu tempat atau waktu pun yang lepas dari ilmu Allah SWT. Allah mengetahui yang gaib dan yang tampak, yang lahir dan yang batin, serta yang jelas dan yang tersembunyi.

🌴 Allah mengetahui segala sesuatu sampai hal-hal terkecil, baik yang di dasar lautan maupun yang di dalam bumi, juga yang ada dalam lubuk hati.

🌴 Bagaimanapun amal dan ucapan ananda, Allah Maha Mengetahuinya. Oleh karena itu, ananda harus yakin bahwa Allah selalu mengawasi ananda dalam segala keadaan dan di setiap tempat. Walaupun ananda melakukannya di malam hari, di tempat yang gelap dan sepi, Allah Subhanahu wata’ala sangat mengetahuinya.

📓 Referensi:

🌼 http://asysyariah.com/khazanah-al-aliim/

*AQIDAH*

🍪 Materi: Beramal hanya untuk Allah: berbuat baik agar Allah sayang

🍪 Aktivitas :

🌴 Membacakan ayat Al-quran tentang Allah mencintai orang yang berbuat baik ( QS. 3: 149 )

🌴 Berdiskusi dengan ananda hal-hal yang termasuk kebaikan

🌴 Mengapresiasi setiap kebaikan yang dilakukan ananda

📓 Referensi :

🌼 http://www.islam-damai.com/2015/02/ayat-al-quran-berbuat-kebaikan-kasih-sayang.html

*SAINS*

🍪 Materi: mengenal tenggelam dan terapung

🍪 Aktivitas: percobaan sederhana tenggelam dan terapung

🌴Alat dan bahan:

🍒 2 buah jeruk / jeruk nipis

🍒 2 buah kurma

🍒 gelas besar berisi air

🌴 Cara main :

1. Ajak ananda memasukkan 1 buah jeruk ke dalam gelas yang berisi air. Ajak ananda mengamati jeruk yang terapung

2. Ajak ananda mengupas 1 jeruk lainnya.

3. Masukkan jeruk yang sudah dikupas ke dalam gelas berisi air. Amati apa yang terjadi. Jeruknya tenggelam!

Mengapa ya, bisa begitu? Bukankah jika kita membuang kulit jeruk, jeruknya menjadi lebih ringan? Tapi justru jeruknya malah tenggelam??

🌴 Ternyata, kulit jeruk itu sama seperti jaket pelampung, memiliki gelembung udara yang dapat membuat jeruk nipis mengapung. Selain itu, kebanyakan kulit buah itu memiliki lapisan yang dapat menghalangi air untuk masuk ke dalam daging buah. Sedangkan jeruk nipis tanpa kulit tidak memiliki gelembung udara, serta tidak ada lapisan pelindungnya. Sehingga saat dimasukkan ke dalam air, perlahan-lahan air masuk ke dalam daging buah dan dapat menjadikannya lebih berat dan tenggelam.

4. Jika kita memasukkan buah kurma ke dalam gelas, apa yang terjadi ya ?

📓 Referensi:

🌼 https://www.instagram.com/p/BSb0pWbD4fg/

🌼 http://www.rumahbunda.com/games-creativities/game-sains-tenggelam-atau-mengapung/

*KAMIS*

*HADITS*

🍪 Materi: Anjuran Memberi Hadiah

🍪 Aktivitas:

🌴 Sampaikan pada ananda hadits tentang memberi hadiah:
تَهَادُوْا تَحَابُّوْا
Arti: ” Saling menghadiahilah kalian niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR. Al-Bukhari)

🌴 Memberi tahu ananda bahwa hadiah adalah suatu pemberian (kenang-kenangan, penghargaan, penghormatan), ganjaran (karena memenangkan perlombaan), tanda kenang-kenangan (tentang perpisahan), atau cendera mata.

🌴 Memberi tahu ananda bahwa hadiah bisa menumbuhkan cinta dan kasih sayang antar sesama manusia.

🌴 Memberi tahu ananda bahwa memberi hadiah itu mubah dalam Islam. Namun, hadiah bisa menjadi haram atau mengantarkan kepada keharaman, jika ia berupa sesuatu yang haram atau termasuk dalam kategori sogokan atau sejenisnya.

🌴 Memberi tahu ananda agar tidak memberi hadiah terkait perayaan tertentu yang merupakan budaya non-Islam seperti ulang tahun.

📓 Referensi:

🌼 http://asysyariah.com/berilah-hadiah/

🌼 http://sunnah.or.id/buletin-assunnah/hukum-hadiah-dalam-islam.html

🌼 http://kbbi.web.id/hadiah
*LOGIKA MATEMATIKA*

🍪 Materi: mengenal bentuk

🍪 Aktivitas: bermain tangram

🌴 Tangram (Bahasa Mandarin : 七巧板 (qī qiǎo bǎn), secara harafiah berarti “tujuh papan keterampilan”) adalah suatu puzzle yang terdiri dari tujuh keping bangun datar (disebut ‘tans’) :

🍒Dua segitiga siku-siku sama kaki (besar)

🍒Dua segitiga siku-siku sama kaki (kecil)

🍒Satu segitiga siku-siku sama kaki (sedang)

🍒Satu bujur sangkar (kecil),

🍒Satu jajaran genjang

🌴 Tujuan dari permainan tangram adalah untuk menyusun ketujuh kepingan itu (tanpa tumpang tindih) menjadi suatu bentuk – entahkah itu bentuk yang hanya ada dalam imajinasi kita, menyerupai binatang, orang, barang tertentu atau apa saja yang dapat kita pikirkan.

🌴 Tangram memberikan kesempatan pada pemain (segala usia, baik anak-anak hingga orang dewasa) untuk menggunakan permainan ini sebagai alat peraga guna membentuk pengertian akan ide-ide geometri, juga mengembangkan kemampuan spasial.

🌴 Ananda dapat menggerakkan kepingan-kepingan tangram untuk menyadari relasi bentuk geometri tiap keping, dan juga mempelajari mengenai pembalikkan, pemindahan dan perputaran (refleksi, rotasi dan pemindahan posisi).

🌴 Cara membuat tangram :

🌴 Cara main :

Ajak Ananda membuat berbagai macam bentuk menggunakan tangram. Pasti seru!

*JUMAT*

*AL-QUR’AN*

🍪 Materi:

🌴 Qs. Maryam ayat 25

‘Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yg masuk kepadamu’

🌴 QS. Al mu’minuun ayat 19

‘Lalu dengan air itu, kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur ; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yg banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan.’

📓 Referensi:

🌼 Http://tafsirq.com/topik/maryam+25

http://tafsirq.com/topik/Al+mu%27minuun+19

*CRAFTING*

🍪 Aktivitas 1 : spray bottle nature art

🌴 Alat

• aneka daun/ranting/potongan buah/sayur ( jika memungkinkan bentuk pohon kurma)

• botol spray

• aneka pewarna makanan ( untuk kurma, warna hijau dan coklat)

• kertas hvs

🌴 Cara membuat :

• siapkan air berwarna dan masuk kan ke dalam botol spray

• letakkan / rekatkan sementara daun kering ke atas kertas

• semprotkan air warna ke kertas yg sudah direkatkan daun

• angkat daun dan lihat apa yg terjadi

🍪 Aktivitas 2 : mengenal pohon kurma

🌴Alat

• kawat bulu berwarna coklat

• cotton bud

• pewarna hijau

• edible playdough

🌴Cara membuat :

• tempelkan kawat bulu berwarna coklat di kertas A4

• potong cotton bud menjadi dua bagian

• celup cotton bud ke pewarna hijau

• pasangkan playdough untuk menjadi urat daun

• pasangkan cotton bud pada playdough untuk menjadi daun

• tanaman kurma sudah jadi

📓 Referensi :

🌼 http://thepinterestedparent.com/2016/04/nature-tie-dye-shirts/

*PRACTICAL LIFE SKILLS*

🍪 Aktivitas:

1. memisahkan daging kurma dengan bijinya

2. membuka dan menutup benda

Berikan aneka macam benda yg bisa dibuka dan ditutup

🌴 Benda yg menggunakan ritsleting

🌴 Benda yg menggunakan lancing

🌴 Benda yg seperti tempat makan, ditekan dan ditarik

🌴 Benda yg memiliki ulir

*FISIK*

🍪 Materi: Mengenal naik dan turun

🍪 Aktivitas:

🌴 naik dan turun tangga

🌴 naik dan turun bidang miring, untuk usia lebih kecil bisa menggunakan tumpukan bantal.

🌴 melompat dari ketinggian setelah belajar naik.

🌿🍇🌿🍇🌿🍇🌿🍇🌿🍇🌿

Selamat melewati momen bahagia bersama anak-anak, buibu cantik shalihah
Untuk menemani aktivitas bersama ananda , bisa diunduh juga kalender aktivitas sebagai checklist aktivitas selama sepekan

http://familiakreativa.blogspot.co.id/2016/05/download-gratis-kalender-aktivitas.html

🌿🍇🌿🍇🌿🍇🌿🍇🌿🍇🌿

Salam hangat dari kami semua ❤
📋 Tim LP Sabumi Toddler 📋​

Advertisements

5 thoughts on “[Lesson Plan for Toddlers] Kurma

      1. Naam bund sudah gabung ko di grup fb sabumi nya selanjutnya gimana kalau ingin ikut grup2 suapaya bisa ikut kegiat2an playdate dll. Terimakasih
        Sent from my Samsung Galaxy smartphone.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s