Lesson Plan

LESSON PLAN RAMADHAN – TODDLER

🕌🌴🕌🌴🕌🌴🕌🌴🕌🌴〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

LESSON PLAN BULAN RAMADHAN

TEMA: RAMADHAN

TARGET: TODDLER (1-3 TAHUN)

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

🕌🌴🕌🌴🕌🌴🕌🌴🕌🌴
🌙 *SENIN* 🌙
📖 *SHIRAH* 📖

🌵 Materi: Nuzulul Qur’an

🌵 Aktivitas:

1. Menceritakan kisah Nuzulul Qur’an yang terjadi di bulan Ramadhan

2. Memberi tahu ananda tentang cara memperingati Nuzulul Qur’an
📚 Referensi: 

https://muslim.or.id/17594-kajian-ramadhan-14-nuzulul-quran-dan-tadabbur-al-quran.html

https://muslim.or.id/21887-bulan-al-quran.html

https://muslim.or.id/1307-bagaimana-kita-merayakan-nuzulul-quran.html

https://almanhaj.or.id/3956-ramadhan-dan-turunnya-al-quran.html
📖 *BAHASA* 📖

📌 *WEEK 1 & 2*

🌵 Materi: Membuat banner kata Ramadhan

📌 *WEEK 3 & 4*

🌵Materi: Membuat banner kata Mubarak

🌵Aktivitas:

Alat dan bahan:

– Printout banner dari link yang telah disediakan

– Gunting 

– Lem

– Benang wol/kasur

– Manik/ potongan kertas

– Baki

– Pasir/tepung/beras
🌵 Cara membuat:

1. Guntinglah printout banner (2-4 huruf dahulu)

2. Hias huruf dengan manik-manik, potongan kertas, dan lain-lain

3. Untuk tambahan:

Isi baki dengan pasir/ beras/ tepung. Minta anak menuliskan huruf-huruf pada kalimat Ramadhan Mubarak di media tersebut.
📚 Referensi:

– Sakina Ramadan Banner: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ramadanjoy.com/wp-content/uploads/2012/07/Sakina_Ramadan_Banner-for-Ramadan-Joy-.pdf&ved=0ahUKEwjQudGGnY3UAhVBQo8KHUBJALcQFghZMA4&usg=AFQjCNGI-0fpy6zON5NVAA9OFypCmHAOzg&sig2=Hg5i0vjf4S28C80raq7Ilg
🌙 *SELASA* 🌙
📖 *ADAB & DOA* 📖

📌 *WEEK 1*

🌻 Materi: Adab pada orang tua

1. Menaati mereka selama tidak mendurhakai Allah. Kewajiban taat hanya pada hal yang ma’ruf.

2. Berbakti dan merendahkan diri di hadapan kedua orang tua. Di antara bakti kepada kedua orang tua adalah:

– Menjauhkan ucapan dan perbuatan yang dapat menyakiti kedua orang tua walaupun dengan isyarah atau ucapan “ah”

– Senantiasa membuat mereka ridha dengan melakukan apa yang mereka inginkan

– Tidak mengeraskan suara melebihi suara kedua orang tua atau di hadapan mereka berdua

– Tidak boleh berjalan di depan mereka, atau mendahului mereka, atau masuk dan keluar mendahului mereka, atau mendahului urusan mereka berdua

3. Berbicara dengan lembut di hadapan mereka

4. Menyediakan makanan untuk mereka

5. Meminta izin kepada mereka sebelum pergi

6. Membuat keduanya ridha dengan berbuat baik kepada orang-orang yang dicintai oleh mereka

7. Tidak mencela orang tua atau tidak menyebabkan mereka dicela orang lain

8. Mendahulukan berbakti kepada ibu daripada ayah

9. Tidak meninggikan suara ketika bicara dengan keduanya
📚 Referensi

https://muslim.or.id/27537-beberapa-adab-terhadap-orang-tua.html

http://www.jadipintar.com/2014/01/Adab-Berbakti-Kepada-Kedua-Orang-Tua-di-Waktu-Hidup-dan-Setelah-Matinya.html
🌻 Materi: Doa untuk kedua orang tua
ﺭَﺏِّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟِﻲْ ﻭَﻟِﻮَﺍﻟِﺪَﻱَّ
Arti: “Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku”. (QS.Nuh 28)
ﺭَﺏِّ ﺍﺭْﺣَﻤْﻬُﻤَﺎ ﻛَﻤَﺎ ﺭَﺑَّﻴَﺎﻧِﻲ ﺻَﻐِﻴْﺮًﺍ
Arti: “Wahai Rabb-ku, kasihilah keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidikku sewaktu kecil.” (QS. Al Isra’ 24)
📚 Referensi

– Al-Qur’an

https://almanhaj.or.id/989-menggapai-ridha-allah-dengan-berbakti-kepada-orang-tua.html
📌 *WEEK 2*

🌻 Materi: Adab membaca Alquran

1. Mengikhlaskan niat untuk Allah 

2. Suci dari hadats besar dan kecil

3. Memilih waktu dan tempat yang cocok

4. Menghadap kiblat

5. Bersiwak

6. Membaca istiadzah dan basmalah

7. Membaca dengan tartil

8. Memperindah suara dan bacaan Alquran

9. Tadabbur, khusyu dan menangis

10. Mengeraskan bacaan jika tidak mengganggu orang lain

11. Mewaqafkan bacaan pada akhir ayat

12. Tidak membaca sewaktu mengantuk

13. Sujud tilawah seusai membaca ayat sajdah
📚 Referensi

https://rumaysho.com/11261-8-adab-membaca-al-quran.html
🌻 Materi: Doa sebelum dan sesudah membaca alquran

1. Doa sebelum membaca alquran
ﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥِ ﺍﻟﺮَّﺟِﻴﻢِ
Arti: “Aku berlindung kepada Allah dari (godaan) setan yang terkutuk.”
2. Doa sesudah membaca Alquran
ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ‏[ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ‏] ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ، ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ، ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚَ
Arti: “Maha suci Engkau, ya Allah sambil memuji-Mu. Tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada Mu.”
📚 Referensi

https://almanhaj.or.id/3025-tilawah-al-quran-dan-adab-adabnya.html

https://muslim.or.id/104-adab-membaca-al-quran.html

https://rumaysho.com/2811-ucapan-shodaqollahul-azhim.html
📌 *WEEK 3*

🌻 Materi: Adab berbuat amal kebaikan

1. Memiliki iman dan mentauhidkan Allah

2. Berniat ikhlas hanya karena Allah

3. Mengikuti​ ajaran dan contoh dari Rasulullah 
📚 Referensi

https://muslimah.or.id/2054-jangan-sampai-susah-payah-beramal-tetapi-sia-sia.html
🌻 Materi: Doa untuk kebaikan orang lain

1. Doa bagi orang yang berbuat kebaikan kepada kita
ﺟَﺰَﺍﻙَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺧَﻴْﺮًﺍ 
Arti: “Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan”. (HR. At-Tirmidzi).
2. Dan bagi seseorang yang mengucapkan kepada kita,
ﺑَﺎﺭَﻙَ ﺍﻟﻠّﻪُ ﻓِﻴْﻙَ
Arti: “Semoga Allah memberimu keberkahan”.
Kita menjawab,
ﻭَ ﻓِﻴْﻙَ ﺑَﺎﺭَﻙَ ﺍﻟﻠّﻪ
Arti: “Semoga Allah memberi mu keberkahan pula”.

(HR. An-Nasa’i, al-Bani berkata bahwa sanadnya bagus)
📚 Referensi

– Buku Panduan mendidik Anak Muslim usia Pra Sekolah Darul Haq

http://annida-online.com/ini-jawaban-saat-diberi-ucapan-jazakallahu-khairan-dan-barakallahu-fiik.html
📌 *WEEK 4*

🌻 Materi: Adab berpegian atau di tempat umum

1. Membaca doa saat keluar rumah 

2. Bepergian ditemani orang tua atau orang dewasa

3. Menutup aurat 

4. Tidak menunjukkan kesombongan

5. Membaca doa saat akan naik kendaraan

6. Bertakbir (mengucapkan اللهُ أَكْبَرُ (Allahu Akbar)) ketika sedang jalan mendaki dan bertasbih mengucapakan سُبْحَانَ الله (Subhanallaah) ketika jalan menurun.

7. Memperbanyak doa , karena doa orang yang dalam perjalanan mustajab (didengar dan dikabulkan Allah)

8. Menjaga semua fasilitas umum/ tidak merusak misalnya:

– Membuang sampah pada tempatnya

– Tidak mencoret-coret di dinding/ tembok

– Tidak mencabut tanaman atau daun

9. Jangan main sendiri tapi tetap bersama orang tua 

10. Minta izin apabila mau pergi ke tempat berbeda

11. Apabila telah sampai shalat dua rakaat seperti Rasulullah 
📚 Referensi:

https://almanhaj.or.id/4007-adab-adab-safar.html

http://muzakarahimandanamal.blogspot.qa/2012/07/adab-berjalan.html
🌻 Materi: Doa menaiki kendaraan 
 ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟََّﺬِﻱ ﺳَﺨَّﺮَ ﻟَﻨَﺎ ﻫَﺬَﺍ ﻭَ ﻣَﺎ ﻛُﻨَّﺎ ﻟَﻪُ ﻣُﻘْﺮِﻧِﻴْﻦَ ﻭَ ﺇﻧَّﺎ ﺇﻟﻰ ﺭَﺑِّﻨَﺎ ﻟَﻤُﻨْﻘَﻠِﺒُﻮْﻥَ 
Arti: “Maha Suci Dzat yang telah menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami dahulu tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kepada Rabb kamilah, kami akan kembali.” (QS. Az-Zukhruf: 13-14)
📚 Referensi

– Al-Quran

https://almanhaj.or.id/3004-etika-safar.html
🌙 *RABU* 🌙
📖 *ASMAUL HUSNA* 📖

📌 *WEEK 1 & 2*

🌷 Materi: Asma’ul Husna: العفو (Al-‘Afuww)

🌷 Aktivitas:

1. Sampaikan pada ananda apa arti Al-‘Afuww, makna dan dalilnya.

♡ Arti Al-‘Afuww: Maha Pemaaf

♡ Makna Al-‘Afuww

Allah banyak memaafkan dosa hambaNya dan tidak membalas hambaNya yang berbuat salah. Bahkan Allah Al-‘Afuww tidak hanya memaafkan , tapi juga menghapus dosa hambaNya.

2. Sampaikan dalil QS Asy-Syura ayat 25
وَهُوَ الَّذِي يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ وَيَعْفُو عَنِ السَّيِّئَاتِ وَيَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ

Arti: 

” Dan Dialah yang menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Asy-Syura: 25)

3. Sampaikan pada ananda kisah Nabi Muhammad yang sabar dan memaafkan orang yang meludahi beliau.

4. Sampaikan pada ananda poin-poin yang berkaitan dengan Allah Al-‘Afuww

– Salah satu sifat pemaaf Allah adalah Dia menutupi dosa hambaNya di dunia, tidak membukanya di depan umum, dan menutupi sebagian besar dosa hambaNya kelak di akhirat.

– Sebesar apapun kesalahan dan dosa kita, Allah akan memaafkan. Asalkan, kita mau mengakui kesalahan, menyesali dan tidak mengulanginya, serta memohon maaf pada Allah. Rahmat Allah akan mengalahkan murkaNya.

– Sebagai hamba Allah, kita harus selalu memohon maaf kepadaNya agar diampuni dengan sifat pemaafNya

– Jika orang lain berbuat salah, kita harus memaafkannya. Tetapi jika kita yang bersalah, maka kita lah yang harus meminta maaf.

– Memperbanyak perbuatan-perbuatan baik karena Allah berfirman dalam surat Huud 114 bahwa perbuatan-perbuatan baik bisa menghapus perbuatan-perbuatan buruk.

– Kita harus senantiasa rutin beristigfar agar Allah mengampuni kesalahan-kesalahan kita.

– Di bulan ramadhan, kita harus memperbanyak permohonan maaf pada Allah karena bulan ini merupakan bulan penuh rahmat dan ampunan.
📚 Referensi:

https://muslim.or.id/1832-al-afuw-yang-maha-pemaaf.html

http://m.republika.co.id/berita/koran/halaman-1/15/12/28/o01xw71-keluhuran-ahlak-nabi-muhammad-saw

– Buku Tamasya ke Taman Asmaul Husna seri 9 terbitan Zikrul Kids

– Buku 99 Asmaul Husna terbitan Zikrul Kids
📌 *WEEK 3 & 4*

🌷 Materi: Asma’ul Husna: المجيب (Al-Mujib)

🌷 Aktivitas:

1. Sampaikan pada ananda apa arti Al-Mujib, makna dan dalilnya.

♡ Arti Al-Mujib: Maha Mengabulkan Doa

♡ Makna Al-Mujib

Allah menjawab, mengabulkan, atau mengijabahi doa hamba yang berdoa kepada-Nya.

2. Sampaikan dalil QS Al Baqarah 186

 

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Arti: 

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Al-Baqarah: 186)

3. Sampaikan pada ananda kisah Allah yang mengabulkan doa keluarga Imran.

4. Sampaikan pada ananda poin-poin yang berkaitan dengan Allah Al-Mujib

-Allah mengabulkan doa kita dengan 3 cara: mengabulkan secara langsung, menunda, mengganti dengan yang lebih baik

– Selain belajar dan bersungguh-sungguh mencapai cita-cita, kita harus berdoa kepada Allah. Karena, Dialah Al-Mujib.

– Agar doa kita dikabulkan Allah, kita harus memperhatikan tata cara berdoa.
📚 Referensi:

http://asysyariah.com/al-mujib/

– Buku 99 Asmaul Husna terbitan Zikrul Kids
📖 *AQIDAH* 📖

📌 *WEEK 1*

🌷 Materi: Rukun Islam

🌷 Aktivitas: 

1. Bercerita mengenai rukun islam

2. Mengenal lima pokok rukun islam

3. membuat pohon rukun islam
📚 Referensi:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Rukun_Islam

http://ibraheemtoyhouse.com/blog/2016/03/23/20-fun-ways-to-teach-the-5-pillars-of-islam-2/

http://muslimtoysanddolls.com/index.php?main_page=popup_image&pID=1508
📌 *WEEK 2*

🌷 Materi: Shaum

🌷 Aktivitas: 

– Menjelaskan shaum sebagai salah satu Rukun Islam

– Menjelaskan perintah shaum

– Menjelaskan keutamaan shaum

– Merencanakan latihan shaum bersama anak sesuai kemampuan anak

– Membuat diorama siang dan malam dan menandai waktu makan sahur, berpuasa, dan buka puasa, sholat tarawih
📚 Referensi:

https://rumaysho.com/7414-keutamaan-puasa.html

https://hafizatulismisite.wordpress.com/2015/12/13/15/

https://belalangcerewet.com/2016/09/21/cara-asyik-parenting-dengan-buku-catatan-mainan-diy-anak/

– “Membuat diorama siang dan malam” dari Buku Catatan Mainan DIY Anak 
📌 *WEEK 3*

🌷 Materi: mengenal zakat

🌷 Aktivitas:

1. Menjelaskan zakat sebagai salah satu Rukun Islam

2. Menjelaskan perintah zakat

3. Menjelaskan keutamaan zakat

4. Mengajak anak menyiapkan zakat, baik berupa uang atau beras

5. Membuat amplop (melipat kertas menjadi amplop) untuk uang zakat

6. Transfer beras sejumlah ukuran untuk zakat

7. Mengajak anak ketika orang tua akan memberikan zakat

8. Mengenal macam-macam mustahiq zakat
📚 Referensi:

https://rumaysho.com/1811-13-keutamaan-menunaikan-zakat.html
📌 *WEEK 4*

🌷 Materi: mengenal hari Raya idul fitri

🌷 Aktivitas:

1. Menceritakan makna Hari Raya Idul Fitri

2. Mengenal kebiasaan hari raya

3. Menceritakan sunnah-sunnah di hari Raya idul fitri

4. Membuat ceklis dos and don’ts saat hari raya dan menyepakatinya
📚 Referensi:

http://www.fimadani.com/adab-dan-sunnah-berhari-raya-idul-fithri-dan-idul-adh-ha/
📖 *SAINS* 📖

📌 *WEEK 1*

🌷 Aktivitas: Perahu dan sabun

🌷 Alat dan Bahan:

1. Perahu kertas atau kartu nama (untuk digunakan sebagai perahu)

2. Baskom yang lebar

3. Air

4. Sabun cair/ sabun colek 
🌷 Cara Bermain:

1. Buatlah sebuah perahu dari kertas. Jika belum bisa, mintalah kakak atau orang tua untuk membantu membuatnya. 

2. Kartu nama dapat digunakan sebagai perahu. Gunting salah satu sisi kartu nama hingga berbentuk segitiga untuk memudahkan ‘perahu’ melaju. 

3. Isi baskom dengan air. Pastikan baskom sudah dibilas bersih hingga tidak ada sisa sabun 

4. Oleskan sabun pada bagian belakang perahu

5. Letakkan perahu di air. Dan wuuuusshh perahu akan melaju. 

Mengapa bisa ya?  

(Untuk mengulangi percobaan, ganti air dalam baskom dan bilas baskom hingga tidak ada sisa sabun)
📚 Referensi: 

https://sciencebob.com/build-a-soap-powered-model-boat/

https://www.instagram.com/p/BNPJFY8gkIN/
📌 *WEEK 2*

🌷 Aktivitas: Air yang lebih berat 

🌷 Alat dan Bahan:

 1. 2 gelas kaca

 2. Garam

 3. Pewarna makanan

 4. Air

 5. Sendok 
🌷 Cara Bermain:

1. Pada gelas pertama, tambahkan 2 atau 3 sendok teh garam

2. Pada gelas kedua, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan  

3. Tambahkan air pada kedua gelas, aduk hingga larutan tercampur dengan baik. Menghasilkan air garam pada gelas pertama dan air berwarna pada gelas kedua

4. Secara perlahan, tuangkan larutan air berwarna ke dalam larutan air garam

5. Perhatikan apa yang terjadi. Air yang berwarna akan berada diatas air garam. Mengapa bisa begitu ya?  
📚 Referensi:

http://www.kidspot.com.au/things-to-do/activities/floating-coloured-water-experiment?ref=collection_view%2Cscience-experiments
📌 *WEEK 3*

🌷 Aktivitas: Rambutnya tumbuh!  

🌷 Alat dan Bahan:

1. Spidol warna warni

2. Gelas atau botol plastik bening

3. Tanah atau media tanam lainnya

4. Biji atau benih tanaman 
🌷 Cara Bermain:

1. Potong botol plastik menjadi dua bagian. Ambil bagian bawah botol

2. Hias gelas atau botol dengan menempelkan kertas yang ditulisi spidol warna-warni. 

3. Isikan tanah atau media tanam ke dalam wadah

4. Tanam biji atau benih dengan perlahan

5. Siram air sedikit demi sedikit

6. Simpan di tempat yang sejuk dan terkena sinar matahari 

7. Ajak ananda menyiram secara rutin. Amati dari hari ke hari, tanaman akan tumbuh dan semakin tinggi 
📚 Referensi: 

https://www.instagram.com/p/BTjKt6CjM3M/

http://www.kidspot.com.au/things-to-do/activities/how-do-seeds-grow-experiment?ref=collection_view%2Cscience-experiments
📌 *WEEK 4*

🌷 Aktivitas: Ayo main musik! 

🌷 Alat dan Bahan:

1. 5 atau lebih gelas atau botol kaca

2. Air 

3. Tongkat kayu atau pensil 

 

🌷 Cara Bermain 

1. Bariskan gelas dan isi kelima gelas dengan ketinggian air yang berbeda. Gelas pertama berisi paling sedikit air dan gelas terakhir berisi paling banyak air. 

2. Dengan menggunakan pensil, pukul gelas dengan air terbanyak. Amati bagaimana suaranya ? Kemudian coba pukul gelas dengan air yang paling sedikit, amati bagaimana suaranya ? Gelas mana yang menghasil suara lebih tinggi ? 

3. Pukul gelas lain secara bergantian. Amati bagaimana suaranya? Apakah kamu bisa menyusun gelas berdasarkan suara yang dihasilkannya?
📚 Referensi: 

http://www.sciencekids.co.nz/experiments/makemusic.html

https://www.instagram.com/p/BTJexLyjGHk/
🌙 *KAMIS* 🌙
📖 *HADITS* 📖

📌 *WEEK 1 & 2*

🍂 Materi: hadits pintu surga dibuka & neraka ditutup saat Ramadhan
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ
”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”

(HR. Bukhari no. 3277 dan Muslim no. 1079, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)
Al Qodhi ‘Iyadh mengatakan, “Hadits di atas dapat bermakna, terbukanya pintu surga dan tertutupnya pintu Jahannam dan terbelenggunya setan-setan sebagai tanda masuknya bulan Ramadhan dan mulianya bulan tersebut.” Lanjut Al Qodhi ‘Iyadh, “Juga dapat bermakna terbukanya pintu surga karena Allah memudahkan berbagai ketaatan pada hamba-Nya di bulan Ramadhan seperti puasa dan shalat malam. Hal ini berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Di bulan Ramadhan, orang akan lebih sibuk melakukan kebaikan daripada melakukan hal maksiat. Inilah sebab mereka dapat memasuki surga dan pintunya. Sedangkan tertutupnya pintu neraka dan terbelenggunya setan, inilah yang mengakibatkan seseorang mudah menjauhi maksiat ketika itu.”
📌 *WEEK 3-4*

🍂 Materi: hadits Allah mengampuni dosa manusia & mengabulkan doa di bulan Ramadhan
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ
”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.”
HR. Al Bazaar, dari Jabir bin ‘Abdillah. Al Haitsami dalam Majma’ Az Zawaid (10/149) mengatakan bahwa perowinya tsiqoh (terpercaya). Lihat Jaami’ul Ahadits, 9/224.
📚 Referensi:

https://muslim.or.id/4007-keutamaan-bulan-ramadhan.html
📖 *LOGIKA-MATEMATIKA* 📖

📌 *WEEK 1*

🍂 Materi: pattern matching puzzle

🍂 Alat dan bahan:

1. Kertas Kado berbagai motif

2. Kertas warna berbagai warna

3. Pensil

4. Gunting

5. Kertas karton atau kertas yang tebal (bisa menggunakan kertas bekas kalender)

6. Lem

🍂 Cara membuat:

1. Bentuk bulat besar pada kertas kado dan kertas warna menggunakan pensil

2. Gunting lalu tempelkan pada kertas karton menggunakan lem

3. Gunting kembali lingkaran menjadi 2 bagian setengah lingkaran

4. Setelah semua digunting lalu acak

5. Ajak anak untuk mencocokan motif yang sama
📚 Sumber:

http://www.notimeforflashcards.com/2012/09/easy-pattern-matching-for-preschoolers.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed:+NoTimeForFlashCards+(No+time+for+flash+cards)
📌 *WEEK 2*

🍂 Materi: Peg color matching game

🍂 Alat dan bahan:

1. Kardus bekas

2. Kertas warna merah, biru, hijau, dan kuning

3. Jepitan jemuran warna merah, biru, hijau, dan kuning

4. Lem

5. Gunting

🍂 Cara membuat:

1. Tempel kertas warna merah, biru, hijau, dan kuning membentuk segiempat pada karton lalu gunting

2. Ajak anak untuk menjepit jepit jemuran sesuai warna pada karton
📚 Sumber:

http://pin.it/kXoZI7A
📌 *WEEK 3*

🍂 Materi: Simple shape puzzle

🍂 Alat dan bahan:

1. Kertas kardus

2. Kertas warna atau kain felt

3. Pensil

4. Gunting

5. Spidol

🍂 Cara membuat:

1. Buat pola bentuk: lingkaran, segitiga, segiempat, persegi panjang, bintang, dan hati pada kertas warna atau kain felt lalu gunting

2. Bentuk pola yang sama pada kertas kardus

3. Ajak anak untuk mencocokan bentuk pada kertas warna / kain felt dengan pola bentuk pada kardus
📚 Sumber: 

http://laughingkidslearn.com/simple-diy-shape-puzzle-for-babies-and-toddlers/
📌 *WEEK 4*

🍂 Materi: Fishing math game

🍂 Alat dan bahan:

1. Foam sheet warna warni (kalau tidak ada bisa diganti kain felt atau kertas warna)

2. Sumpit kayu

3. Benang wol

4. Klip kertas

5. Gunting

6. Spidol

7. Lem

8. Magnet kecil

🍂 Cara membuat ikan:

1. Buat pola bentuk ikan pada foam sheet warna warni (terdapat free printable pada link sumber)

2. Beri nomor pada setiap ikannya

3. Selipkan klip kertas pada ikan

Cara membuat pancingan:

1. Siapkan sumpit lalu tempel benang wol pada sumpit

2. Tempel magnet pada ujung benang wol

🍂 Cara bermain:

1. Untuk toddler, bunda sebutkan warna ikan lalu ajak anak untuk memancing ikan yang sesuai warna yang bunda sebutkan sebelumnya
📚 Sumber: 

http://buggyandbuddy.com/fishing-math-game-with-free-printables/

🌙 *JUMAT* 🌙

📖 *QUR’AN* 📖

🍒 Materi: Al Baqarah 185 (keutamaan bulan Ramadhan)
Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Bulan ini dipilih sebagai bulan untuk berpuasa dan pada bulan ini pula Al Qur’an diturunkan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ
“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185)
Ibnu Katsir rahimahullah tatkala menafsirkan ayat yang mulia ini mengatakan, ”(Dalam ayat ini) Allah Ta’ala memuji bulan puasa –yaitu bulan Ramadhan- dari bulan-bulan lainnya. Allah memuji demikian karena bulan ini telah Allah pilih sebagai bulan diturunkannya Al Qur’an dari bulan-bulan lainnya.
🍒 Materi: Al Qadr 1-3 (lailatul qadr malam penuh kemuliaan)
Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3
”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadr (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).
📚 Sumber: 

https://muslim.or.id/4007-keutamaan-bulan-ramadhan.html
📖 *CRAFTING* 📖

📌 *WEEK 1*

🍒 Materi : Ribbon banner 

Belajar menguntai dan mengenal tekstur kertas atau kain flanel

🍒 Alat bahan :

– Kertas warna atau kain flanel

– Gunting, penggaris, pensil, 

– Lem/Velcro (untuk flanel)

🍒 Cara membuat:

1. Potong kertas warna atau flanel menjadi bentuk persegi panjang kecil

2. Rangkai kertas–kertas yang sudah dipotong dengan menggunakan velcro atau lem sehingga membentuk seperti rantai 

3. Tempel manik bintang atau hiasan lainnya

4. Selamat belajar melipat dan meronce ya nak 
📚 Referensi

https://www.buzzfeed.com/mikespohr/super-fun-ways-you-can-celebrate-ramadan-with-your-kids?sub=4268045_8794410&utm_term=.eyxJ6d4K6#.omRW6RlZ6
📌 *WEEK 2*

🍒 Materi : Paper Craft Moon Plate

Belajar sensori dengan aneka jenis manik-manik

🍒 Alat bahan :

– Piring kertas 

– Kertas warna 

– Gunting, penggaris, pensil

– Lem

– Cat warna biru, kuning

– Aneka manik–manik (berbagai ukuran dan bentuk)

🍒 Cara membuat :

1. Potong kertas warna menjadi bntuk bulan sabit dan bintang

2. Warnai piring kertas oleh cat 

3. Setelah kering tempelkan bentuk bulan sabit dan bintang di tengah piring kertas.

4. Tempelkan manik–manik pada bulan sabit dan bintang

5. Tunggu hingga kering, lalu mainkan. Selamat bermain sensori
📚 Referensi

https://www.mylittlemoppet.com/ramadan-activities-for-toddlers/
📌 *WEEK 3*

🍒 Materi : Kolase Masjid

Belajar aneka bentuk dan tekstur

🍒 Alat bahan :

– Kertas flanel aneka warna

– Gunting, penggaris, pensil

– Lem

🍒 Cara membuat :

1. Cetak bentuk–bentuk yang diperlukan untuk membuat masjid. Misal: bentuk persegi panjang, segitiga, setengah lingkaran, dan bentuk kubah

2. Gunting bentuk–bentuk tersebut

3. Tempelkan dan susun bentuk–bentuk tersebut menjadi sebuah masjid

4. Taraaa, masjid sudah jadi. Selamat beraktivitas di masjid
📚 Referensi

https://www.mylittlemoppet.com/ramadan-activities-for-toddlers/
📌 *WEEK 4*

🍒 Materi : Cap Bulan Sabit dan Bintang

🍒 Alat bahan :

– Kardus dalam bekas gulungan tisu toilet

– Gunting, penggaris, pensil

– Cat warna

🍒 Cara membuat :

1. Bentuk bekas gulungan tisu menjadi bentuk bulan sabit dan bintang

2. Minta anak untuk mencelupkan bentuk bintang dan bulan sabit ke dalam cat warna

3. Tempelkan bentuk tersebut ke kertas lain

4. Taraa jadilah bentuk bulan sabit dan bintang tersebut
📚 Referensi 

http://www.helloholydays.com/project/cardboard-tube-stamps/
🌙 *SABTU* 🌙
📖 *PRACTICAL LIFE SKILL* 📖

📌 *WEEK 1*

🍴 Materi: Membuat hidangan berbuka

🍴 Aktivitas:

1. Ajak ananda membuat agar-agar cokelat. 

2. Biarkan ananda menuang semua bahan sendiri.
🍴 Bahan : 

– 1 bungkus agar agar rasa cokelat

– 1 gelas gula

– 3 1/2 gelas air

 

🍴 Cara membuat:

– masukkan 1 bungkus agar-agar ke dalam panci

– masukan 1 gelas gula dan 3 1/2 gelas air 

– masak dalam api sedang hingga mendidih

– matikan api dan masukkan dalam cetakan

– tunggu hingga dingin
📌 *WEEK 2*

🍴 Materi: Melipat mukena dan sajadah

🍴 Aktivitas:

1. Bunda memberi kesempatan ananda untuk melipat mukena dan sajadahnya sendiri.

2. Berikan pujian atas usaha ananda

3. memberi tahu ananda cara merawat mukena
📚 Referensi : 

https://m.youtube.com/watch?v=8vs-XMLJhvE

http://muslimoutfit.weebly.com/blog/cara-merawat-mukena-yang-benar
📌 *WEEK 3*

🍴Materi: Menyapu dan mengepel lantai sendiri
📚 Referensi :

https://www.cleanipedia.com/id/lantai-karpet-langit-langit/cara-mengepel-lantai-produk-pembersih-lantai
📌 *WEEK 4*

🍴Materi: Mengambil air sendiri dari dispenser

🍴 Aktivitas:

1. Memberi tahu fungsi dispenser

2. Memberi tahu fungsi tombol-tombol pada dispenser

3. Memberi tahu cara menggunakan dispenser

4. Minta anak mencoba menuang air dari dispenser ke gelas

5. Awasi anak saat mencoba menuang air dari diapenser ke gelas
🌙 *MINGGU* 🌙
📖 *FISIK* 📖

📌 *WEEK 1*

🚴‍Materi: Bersepeda 

🚴‍Aktivitas:

1. Bersepeda di sekitar rumah/lapangan selama 30 menit sd 1 jam

2. Berlomba dengan anggota keluarga lain (bisa dengan sepeda atau jalan atau lari)

3. Berlomba dengan estafet

4. Berlomba menuju pos tertentu, misalnya yang sampai dulu di masjid yang menang

5. Hadiah dengan makanan atau minuman favorit saat berbuka puasa
📌 *WEEK 2*

🏃🏻Materi: Berjalan/lari kecil

🏃🏻Aktivitas:

Berjalan/berlari kecil di sekitar rumah atau lapangan sekitar 30 menit s.d 1 jam
📌 *WEEK 3*

🙆🏻‍Materi: Workout 1

🙆🏻‍Aktivitas:

1. Berjalan di tempat

2. Gerakan memutar pinggang

3. Gerakan tangan menyentuh ujung kaki/sepatu

4. Gerakan tangan meregangkan tangan dari bawah ke atas

5. Gerakan jempol ke kanan dan ke kiri

6. Gerakan tangan gulung-gulung
📚 Sumber

http://englishmilagrosa.blogspot.co.id/2014/01/workouts-for-kids.html
📌 *WEEK 4*

🏠Materi: House chores 1

🏠Aktivitas:

1. Membereskan mainan

2. Menyimpan pakaian kotor pada tempatnya

3. Membuang sampah ke tempat sampah 
🌻🍃🌻🍃🌻🍃🌻🍃🌻🍃

Selamat Melewati Momen Bahagia Bersama Anak-Anak Buibu Cantik Sholihah

🌻🍃🌻🍃🌻🍃🌻🍃🌻🍃
Untuk menemani aktivitas bersama Ananda , bisa di unduh juga kalender aktivitas sebagai ceklist aktivitas selama sebulan
https://sabumibdg.files.wordpress.com/2017/05/starlist-ramadhan-sabumi.pdf

☘🌹🍀🌹🍀🌹🍀🌹🍀

☕☕

Salam hangat dari kami semua❣❣❣❣❣❣ 
🔹🔸🔹🔸🔹🔸🔹

Tim Lp Sabumi Toddler

🔹🔸🔹🔸🔹🔸🔹

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s